12 November 2012

Rangkuman Cara Pasang Harddisk di PS2 Tebal\Fat

Pada postingan ini Saya cuma sekedar mengulangi kembali semua yang pernah saya tulis di blog ini tentang cara pasang harddisk di PS2 tebal mulai dari awal sampai bisa PS2-nya dimainkan menggunakan harddisk.

Pikir Lama baru ketik-ketik lagi, bingung mau mulai dari mana Whew
Minum Kopi dulu ach, refresh otak  dulu  WkwkwkwkWkwkwkwkWkwkwkwk

Tulisan ini juga sekaligus menjawab pertanyaan yang dominan masuk di email satriogame tentang permasalahan penggunaan harddisk di PS2 yang sebenarnya dan Saya rasa sudah lengkap dibahas diblog ini dan sangat berharap tidak ada lagi yang bertanya atau bingung lagi soal pemasangan dan penggunaan harddisk di PS2.
Kepingin dan Berharap Habis Lihat Blog ini, Semuanya Sudah Bisa dan Mengerti Cara Pasang Harddisk di PS2
Tapi ternyata masih ada juga yang masih bingung, padahal sebenarnya jawaban permasalahannya sudah lama saya tulis/upload/posting dengan Ikhlas, Gratis, Bebas Antri Wkwkwkwk di blog ini.

Untuk itu pada postingan ini Saya mencoba merangkum kembali semua tulisan yang berhubungan dengan pemasangan harddisk mulai dari awal sampai Anda tidur hizzz

Okley...mulai reloading...

Sedikit mengenai cara kerja PS2 pake harddisk ini sehingga bisa digunakan untuk main game adalah, PS2 pake harddisk maksudnya disini adalah PS2 yang memainkan sebuah game tidak menggunakan piringan CD/DVD game lagi, tapi semua data-data game-nya diload atau dimainkan langsung dari harddisk yang terpasang atau terhubung di PS2.

Perlengkapan yang perlu kita siapkan sebelum merakit PS2 menggunakan Harddisk sudah pernah saya bahas diblog ini, yang ingin tahu apa saja yang kita perlukan serta cara memasangnya bisa dilihat disini

Dan untuk meload atau memainkan game dari harddisk tidak cukup hanya dengan memasang atau menghubungkan harddisk dengan PS2 saja, tapi kita memerlukan sebuah bantuan software loader untuk meload/membaca data game yang sudah tersimpan di harddisk-nya. Dan sofware loader tersebut kita kenal juga dengan nama file Booting.
File atau software Booting untuk PS2 ini (saat postingan ini saya tulis) yang populer digunakan diantaranya
  • HDLoader.
  • OPL (Open PS2 Loader).<< Rekomendasi
  • HDPro.
  • PS2ESDL
Dan masih banyak lagi file booting yang lain seperti USB Advance, USB Extreme, Toxic os, HD Advance, dan yang lainnya (Sorry sudah lupa namanya Bingung), tapi karena file-file booting tersebut sudah tidak dikembangkan oleh pembuatnya masing-masing, maka file booting tersebut sudah jarang atau sudah tidak ada lagi yang menggunakannya.

Jadi yang berperang atau yang memegang peranan penting dalam main game menggunakan harddisk adalah file-file booting tersebut, Untuk itu salasatu syarat utama agar bisa main game pakai harddisk adalah kita harus bisa menjalankan software-software booting tersebut terlebih dahulu di PS2-nya, dan nanti setelah jalan file-file booting tersebut baru bisa kita memilih game dan selanjutnya memainkan game tersebut dari harddisk-nya.

Okey...

Sebelum kita memulai proses penggunaan harddisk pada PS2, terlebih dahulu kita harus mempunyai satu software penting lagi (hukumnya wajib kli ya buat para utak-atikers PS2 Wkwkwkwk), Dimana software ini harus bisa kita jalankan di PS2 yang akan kita pasangi harddisk, dan software yang saya maksud adalah uLaunchELF (dalam blog ini biasa saya sebut/tulis juga dengan nama ULE).
uLaunchELF ini adalah fungsinya sama dengan Explore di Windows PC yaitu sebagai software buat manajemen file di PS2 dengan kemampuan seperti Copy, Paste, Rename, dan lain-lain, jadi uLaunchELF ini bukan atau tidak sama fungsinya dengan file" booting yang sudah dijelaskan diatas, dan uLaunchELF ini kita gunakan hanya buat membantu kita dalam proses penggunaan harddisk di PS2 yang artinya setelah PS2 sudah bisa atau sudah berhasil kita mainkan dengan mempergunakan harddisk, maka uLaunchELF tidak kita butuhkan lagi dipenggunaan PS2 harddisk tersebut selanjutnya.
Jika teman-teman sudah bisa menjalankan uLaunchELF pada PS2 yang akan dipasangi harddisk, maka lewati dan lanjutkan baca tulisan dibawah ini, tapi jika belum tau atau belum bisa menjalankan uLaunchELF maka klik >> Instalasi uLaunchELF

Sebelum kita memulai pergantian atau pemasangan harddisk di PS2, terlebih dahulu kita memeriksa kondisi PS2-nya, apakah PS2 tersebut optiknya masih berfungsi dengan normal (minimal bisa membaca CD game backup), atau PS2 tersebut optiknya sudah tidak berfungsi lagi atau optiknya sudah dilepas.

Selanjutnya klik link dibawah ini sesuai dengan keadaan/kondisi PS2-nya.
Masih pingin pake harddisk khan bertanya

- PS2 dengan optik masih berfungsi (minimal bisa baca CD).
- PS2 dengan optik rusak atau tanpa optik.



PS2 dengan optik masih berfungsi

Jika PS2 masih mempunyai optik minimal masih bisa membaca CD game, maka penggunaan harddisk untuk main game pada PS2 tersebut bisa kita lakukan dengan beberapa cara diantaranya:

- Upgrade Browser v. 2.00 dan HDD-OSD
- Menggunakan CD Booting.
- Menggunakan MC Booting.
- Menggunakan Modchip tertentu untuk membantu menjalankan file booting.



PS2 dengan optik rusak atau tanpa optik

Jika PS2 sudah rusak optiknya atau optiknya sudah dilepas, maka penggunaan harddisk untuk main game pada PS2 tersebut bisa kita lakukan dengan beberapa cara diantaranya:

- Upgrade Browser v. 2.00 dan HDD-OSD
- Menggunakan MC Booting.
- Menggunakan Modchip tertentu untuk membantu menjalankan file booting.


Menggunakan CD Booting

Jika memilih menggunakan CD Booting, maka langka-langka penggunaan harddisk untuk main game di PS2 tebal sebagai berikut:
Burning salasatu file booting di CD, dan sala satu software booting yaitu HDloader sudah perna saya bahas caranya disini, dan membuat file booting yang sifatnya umum bisa coba baca-baca disini
Tip Burning CD/DVD
CD/DVD terdiri dari dua jenis yaitu CD-R/DVD-R dan CD+R/DVD+R.
Sebaiknya menggunakan keping CD+R/DVD+R untuk burning data buat tujuan penggunaan pada PS2, karena sebagian software burning mendukung otomatis memburning image ke booktype CD ROM/DVD ROM jika menggunakan keping CD+R/DVD+R, dan hampir semua modchip PS2 mendukung atau bisa membaca format booktype CD ROM/DVD ROM.
Penyalahgunaan CD/DVD Backup atau kopian diluar tanggung jawab Satriogame... just sharing ajatwink 
Jika sudah bisa membuat dan menjalankan software bootingnya, kemudian kita lanjutkan ke cara instal game keharddisknya



Menggunakan MC Booting

Jika memilih menggunakan MC Booting, maka tentunya teman-teman harus menyediakan Memory card PS2 minimal 8mb, dimana memorycard PS2 ini nantinya yang akan kita instalkan atau simpan file bootingnya.
Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menginstalkan software Free MCBoot di memorycard PS2-nya.
Catatan :
Free MCBoot ini tidak bisa cuma dicopy saja antar memory yang sudah terinstal Free MCBoot, melainkan setiap memorycard harus diinstalkan Free MCBoot ini baru bisa berjalan sebagaimana mestinya.
Cara menginstal dan download software Free MCBootnya sudah pernah saya bahas diblog ini, bagi yang belum tahu cara menginstal softwarenya, teman-teman bisa coba-coba baca disini.
Bisa juga teman-teman baca-baca disini.
Sementara untuk mengatur setting Free MCBootnya bisa teman-teman baca disini.

Setelah MC Booting berhasil kita buat dan jalan normal di PS2-nya sesuai dengan yang kita harapkan, maka kita lanjutkan ke instalasi game pada harddisk-nya.



Menggunakan Modchip tertentu

Jika memilih menggunakan modchip atau chip tempelan, maka yang pertama-tama yang harus teman sediakan selain dari PS2-nya sendiri adalah modchipnya.
Modchip yang kita gunakan dan banyak beredar ditempat kita dikenal atau bernama chip Modbo dan Matrix. Dan tentunya apapun pilihan chip yang akan kita gunakan harus kita pasang pada motherboard PS2-nya, yang artinya disini teman-teman setidaknya punya sedikit keberanian untuk membongkar casing PS2-nya sekaligus memasang chip-nya pada board PS2.
Cara memasang modchip tersebut sudah pernah saya bahas diblog ini, teman-teman bisa coba membacanya disini.

Selanjutnya kita mengatur setting modchipnya dengan cara nyalakan PS2 yang sudah kita pasangi modchip kemudian tekan tombol dan tahan Segitiga+Linkaran (stik) sampai masuk dimenu konfigurasi chip,
Selanjutnya atur untuk Boot Mode = DEV2, sementara untuk setting yang lain tinggal sesuaikan dengan kebutuhan (saran = engga usah diubah).
Setelah itu simpan settingan modchip dengan menekan START
Setelah berfungsi dengan normal, maka langka selanjutnya adalah, menginstal file booting pada harddisk-nya.



Cara Menginstal File Booting ke Harddisk

Untuk menginstal file booting ke harddisk sudah pernah saya bahas diantaranya disini.
Saya sarankan menggunakan software installer DEV2 Installer (DEV2i) untuk menginstal file booting yang akan kita gunakan, karena dengan menggunakan software DEV2i ini hasilnya lebih terjamin dan kemungkinan error lebih kecil jika dibandingkan dengan menggunakansoftware yang lain.
Intinya jika menggunakan software DEV2i adalah, kita tinggal tempatkan dalam satu folder software DEV2i beserta dengan file yang akan kita instal keharddisknya yang kita rename/ubah namanya menjadi BOOT.ELF.
Umpamanya jika HDLoader.ELF kita mau instal, maka HDLoader.ELF kita ubah dulu namanya menjadi BOOT.ELF dan tempatkan bersama dengan DEV2i dalam folder yang sama.
Begitu juga jika OPL.ELF yang ingin kita instal, maka OPL.ELF kita ubah dulu namanya menjadi BOOT.ELF dan tempatkan bersama dengan DEV2i dalam folder yang sama.

Jadi sekali lagi, apapun yang ingin kita instal keharddisknya, maka terlebih dahulu kita ubah namanya dengan BOOT.ELF, baru setelah itu tempatkan bersama dengan software installernya (DEV2i).

Jika booting sudah berhasil kita instal, maka langka selanjutnya adalah menginstal game keharddisknya.



Cara Instal Game ke Harddisk

Untuk cara menginstal game keharddisk PS2 sudah pernah saya bahas diblog ini, bagi teman yang belum tahu cara instal game keharddisk PS2, silahkan coba-coba baca disini dan lanjutannya disini Bisa juga coba-coba baca yang disini.
Sementara jika ingin menginstal game tanpa bongkar harddisk dari PS2-nya, bisa teman coba-coba baca disini buat booting HDLoader dan disini buat booting OPL
Setelah tidak ada lagi game yang ingin diinstal ke harddisk-nya, selanjutnya pasang kembali harddisk di PS2




Cara Pasang Harddisk di PS2

Untuk cara pasang atau cara menghubungkan harddisk dengan PS2 sudah pernah saya bahas diblog ini, bagi yang ingin membacanya silahkan klik disini.
Setelah semuanya sudah terpasang dengan baik, tinggal hubungkan PS2 dengan TV lewat kabel AV-nya, Pasang stik/controller game dan....

Bagi yang menggunakan CD Booting,
  • On kan PS2,
  • Masukkan CD Booting di PS2,
  • Tekan power dan tunggu hingga CD berhasil dibaca oleh PS2 dengan tanda logo Playstation 2 muncul dilayar TV, dan setelah itu booting akan mendeteksi harddisk sekaligus membaca dan menampilkan judul-judul game yang ada diharddisk-nya,
  • Pilih judul game dan...mainkan.
Bagi yang menggunakan MC Booting,
  • Masukkan MC Bootingnya di slot memory,
  • Kemudian On kan PS2 dan tekan tombol power,
  • Tunggu sampai free mcboot berhasil dijalankan oleh PS2,
  • Pilih menu booting yang kita gunakan, dan setelah itu booting akan mendeteksi harddisk sekaligus membaca dan menampilkan judul-judul game yang ada diharddisk-nya,
  • Pilih judul game dan...mainkan.
Bagi yang menggunakan Modchip Modbo atau Matrix,
  • On kan Ps2,
  • Kemudian tekan tombol power, setelah itu logo chip akan muncul dilayar TV (jika settingnya di on-kan), dan sekaligus menjalankan file booting yang tersimpan diharddisk yang kemudian membaca dan menampilkan judul-judul game yang ada diharddisk-nya.
  • Pilih judul game dan...mainkan.


Instalasi uLaunchELF

Untuk instalasi uLaunchELF sudah pernah saya bahas disini
Untuk mempermudah dalam instalasi uLaunchELF, maka PS2-nya harus masih mempunyai optik yang berfungsi (minimal bisa baca CD), tapi jika PS2-nya sudah rusak optiknya, maka kita harus mempunyai PS2 cadangan yang masih mempunyai optik berfungsi untuk kita gunakan menjalankan uLaunchELF.
Atau bisa juga kita gunakan bantuan PS2 yang sudah pake harddisk dimana uLaunchELF kita instal terlebih dahulu diharddisk PS2-nya, dan setelah itu menjalankan uLaunchELF dari menu game bootloader dari PS2 cadangan yang sudah pake harddisk tersebut, dan setelah itu kita buat MC Booting yang isinya adalah uLaunchELF. Dan nanti MC Booting uLaunchELF tersebut kita gunakan pada PS2 yang sudah rusak optiknya dan ingin kita pasangi harddisk.

Jika sudah bisa membuat MC Booting, maka teman-teman lewati tulisan saya dibawah ini dan lanjutkan ketahap proses pemasangan harddisk selanjutnya.



Instalasi MC Booting

Untuk instalasi MC Booting sudah pernah saya bahas, salasatunya bisa baca-baca disini






43 komentar:

kiflistmik mengatakan... #

thanks mas satrio atas ilmunya...,,,jgn bosan update informasinya ya...,gue tunggu...,sukses buat kamu....

kiflistmik mengatakan... #

aQ tunggu tutor instal linux di ps2...,

linux buat apaan sih di ps2...???

Satrio Bahar mengatakan... #

linux buat PS2 itu yang saya tau dibuat biar orang bisa menjalankan program open source yang sifatnya bebas digunakan oleh siapa saja di PS2.

Maaf mas saya engga terlalu mengerti soal linux, coba mas gabung dikomunitas linux PS2, search aja digoogle

Dar Yanti mengatakan... #

wah mumet.....

Satrio Bahar mengatakan... #

hehehe, kalau mumet gara-gara pasang harddisk?
Mas bawa aja PS2-nya ketempat service PS2 yang pasang harddisk juga mas, dijamin engga mumet lagi itu mas.

Kalau sudah berusaha kemana-mana belajar dan tidak bisa" juga, itu artinya memang bukan rejeki kita, ikhlaskan aja lha eman manusia engga ada yang sempurna, masing" diberikan kekurangan dan kelebihan biar saling membutuhkan satu sama lainnya.

Sekalian bagi-bagi rejeki buat teman-teman kita yang punya usaha service PS2, iya kan mas?

Santoso mengatakan... #

Makasih banget rangkumannya mas satrio, saya mo nanya agak macam2 dikit kalau boleh.
Untuk Peralatan dah ready Baik NA ataupun HDD.

Yang jadi pertanyaan dan masih tak bingungkan :
1. Untuk Cek PS2 yang udah tertanam chip gimana?
2. Apakah PS2 tanpa chip matrix bisa pake hdd internal? > Klo udah di bahas boleh linknya dong
3. Aq udah coba Pasang HD di ps2 dan udah di format menggunakan winhip, dah tak install boot.elf, tapi belum kebaca juga tuh list gamenya, kira2 apa masalahnya yah.

Tutorial yang aq coba semua dari web ini dan sangat bermanffat sekali buat belajar saya, walaupun hanya di konsumsi pribadi, kebetulan ada ps2 anak saya klo lagi pas nganggur pengin belajar yang lebih ttg ps2.

Sebelum dan sesudahnya terimakasih.

Satrio Bahar mengatakan... #

Terimakasih juga sudah berkunjung diblog ini

1. Untuk Cek PS2 yang udah tertanam chip gimana?
= chip itu dalam pengertian umum bisa dikatakan sekumpulan rangkaian elektronik yang disatukan dalam satu modul, jadi chip pada PS2 yang standar-pun (bawaan dari pabrik) pasti ada, Tapi kalau dibilang modchip atau chip tempelan tidak semua PS2 punya, hanya PS2 yang sudah diutak-atik dengan tujuan untuk membuka kunci yang dibuat oleh pembuatnya PS2 agar PS2 tersebut bisa menggunakan/membaca CD/DVD Backup/bajakan.
Jadi untuk mengetahuinya tinggal kita lihat saja PS2 tersebut, kalau bisa baca CD/DVD backup artinya sudah dipasangi modchip, tapi kalau PS2 tersebut hanya bisa baca cd/dvd original maka PS2 tersebut tidak terdapat modchip didalamnya (atau modchip-nya rusak).

2. Apakah PS2 tanpa chip matrix bisa pake hdd internal? > Klo udah di bahas boleh linknya dong
= PS2 bisa pake hdd internal bukan dari masalah PS2 tersebut sudah pake modchip matrix atau modchip lainnya, Tanpa dipasangi modchip-pun (PS2 bawaan pabrik) bisa juga kita gunakan main game lewat hdd internal, syaratnya adalah, kita bisa menjalankan bootloader game di PS2 tersebut
(bootloader itu contohnya HDLoader dan OPL).
dan cara menjalankan bootloader tersebut sudah saya bahas diatas tu mas
(cara membaca tulisan saya diatas dengan mengklik tulisan warna hijau sesuai dengan kondisi atau cara yang mas mau baca, jangan mas baca semua secara langsung dari atas sampai akhir)

3. Masalahnya karena boot.elf yang sudah mas instal belum dijalankan oleh PS2.
PS2 standar tidak bisa menjalankan file boot.elf yang mas sudah instal diharddisknya, untuk menjalankannya, PS2 harus dipasangi modchip modbo atau matrix, dan nanti modchip modbo ini yang akan membantu menjalankan boot.elf yang mas sudah instal diharddisknya pada saat pertamakali mas nyalakan PS2-nya

Santoso mengatakan... #

Wah makasih banyak mas satrio, dah bersedia menjelaskan sampai panjang lebar begitu.

Tambahin lagi kalau setau saya ini aq pake, aq cdnya biasa beli yang murah n bisa kebaca. :D

Sekali lagi terimakasih mas satrio. Mantap banget penjelasannya

Anonim mengatakan... #

mo nanya ni ma ms satrio, ps2 saya sudah pake hdd, tapi sekarang hdd nya nggak bisa kebaca/rusak, pa bisa langsung ganti hdd yang baru n langsung diisi game?. trims atas perhatiannya.v

Satrio Bahar mengatakan... #

Iya mas, tinggal mas ganti harddisknya dengan harddisk yang sama jenisnya dengan harddisk sebelumnya.
dan setelah diformat harddisknya, instal dulu bootloader game di harddisk jika PS2-nya sudah menggunakan modchip modbo atau matrix yang mas mau gunakan (OPL atau HDLoader), baru setelah itu menginstal game pada harddisknya.

Kalau mas menggunakan harddisk internal pada PS2 tebal+NA, caranya disini.

Kalau mas menggunakan harddisk external pada PS2 tebal atau PS2 slim caranya disini.

Anonim mengatakan... #

terimakasih mas satrio..saya sgt terbantu dgn artikel2nya..meski saya hanya silent reader..
Byk sekali yg sudah saya praktekkan dan berhasil
Mudah2an Tuhan membalas amal kebaikan orang2 spt mas satrio.

Akhir2 ini saya mencari artikel bagaimana bisa mengakses internet dari PS2.
Just info aja krn sptnya ada juga yg sdg mencari artikel itu pada pertayaan di atas :

stlh browsing ke sana kemari akhirnya saya sampai pada kesimpulan..mudah2an ga salah.

1.meskipun ada kemungkinan bisa utk browsing via ps2 (dgn OS linux) tapi spesifikasi PS2 teryata krg mendukung (terutama ramnya yg hanya 32mb)

2.dengan ram sekecil itu tentu byk aplikasi yg tdk bisa tercover.

3.Kit internet browser utk browsing ini hanya support dgn PS SERI 10000,15000 DAN 18000 yg terdapat soket pcmia.

4.sofware ini sptnya sebuah open source tapi tidak berkembang.

Dgn adanya kendala2 diatas itulah mengapa Internet browser berbasis linux di PS2 tidak populer mengingat diluncurkannya sudah begitu lama.

Hanya itu yg dpt saya tulis, ini adalah pemahaman dan kesimpulan pribadi.
Jika ada kesalahan mohon dikoreksi.

Trims. Aris

Satrio Bahar mengatakan... #

Terimakasih juga sudah berkunjung diblog ini.

Untuk membuat tulisan soal linux artinya saya harus nongkrong depan PS2 lagi untuk mencoba sekaligus ambil gambar" buat kelengkapan tulisan, dan saya rasa itu sudah susah dan tidak tau kapan bisanya.
Waktu luang saya tidak seperti dulu lagi mas, saya harus kerja mulai dari pagi sampai malam dan bukan PNS (wiraswasta yang tidak ada tanggal merah-nya, paling kalau kecapean liburin diri sendiri,hehehe).

Jadi bagi teman-teman yang mau belajar soal linux buat PS2 (bukan buat PC) silahkan tanyakan langsung sama salasatu pengembangnya Mega Man yang tempat nongkrongnya disini.

Sementara untuk linux v3 PS2 sendiri bisa didownload disini (sesuaikan dengan system TV yang digunakan PAL/NTSC. Disitu sudah lengkap file yang dibutuhkan untuk menjalankan linux di PS2 seperti KLOADER.ELF, kernel, RAM disc, dan file lainnya.

Kedua link tersebut menggunakan bahasa Inggris, bagi yang ribet soal bahasa, coba gunakan cara yang sudah saya bahas disini.

yogi habibi mengatakan... #

mantap gan... ane langsung coba ah...

frenkyputra putra mengatakan... #

Mas satrio tlng ajari saya cara mengisi data game ps2 ke hardist matrix,,itu memerlukan data2 apa saja tlng mas trimakasih....

Satrio Bahar mengatakan... #

Saya coba luruskan ya mas
Harddisk itu media penyimpanan data (game), sementara matrix itu salasatu mrek modchip yang digunakan di PS2, okey....

Untuk mengisi/mengisntal game ke harddisk sudah saya jelaskan diatas tu mas.
Mas bisa gunakan winhip atau PS2 HD Handiness

Irfan Herdiansyah mengatakan... #

Mas satrio saya mau nanya ps2 seri 10000 bisa dipasang chip matrix ga ?

Satrio Bahar mengatakan... #

Ada teman" yang lain bisa bantu, skalian share jumper chipnya ;)

Anonim mengatakan... #

Mas satrio kalo instal game dari kaset ke harddisk aku dah tau caranya tapi kalo kaset nya itu kaset yang bajakan bisa tidak?

Satrio Bahar mengatakan... #

Bisa

Mas bisa juga membuatnya jadi file iso game, dan menyimpannya di harddisk PC (buat backup), baru setelah itu menginstal dari file iso game ke harddisk PS2 nya.

Kalaupun yang biasanya terjadi saat menginstal game dari kaset (CD/DVD) backup/bajakan setelah diinstal keharddisk game tidak berjalan sebagaimana mestinya, kemungkinannya ada yang error pada file game-nya atau bisa juga karena susunan LBA file game-nya tidak sesuai dengan susunan LBA file game originalnya. dan kalau itu terjadi, mas tinggal mengextrack file game-nya ke pc kemudian perbaiki susunan LBA file" game dan menyimpannya menjadi file iso game.
Semua caranya sudah pernah saya tulis diblog ini, mas search aja ;)

viqrii mengatakan... #

om master ps bantu donk

sya kan beli ps2 fat hdd dari toko 5 bulan lancar maen game pke hdd

tpi setelah itu harddisk nya rusak,
niat nya saya mau ganti harddisk , software apa aja yang diperluin buat ngejadiin harddisk saya kebaca dan bisa di masukin game buat ps2 yang udh pke modchip matrix ini .
mohon bantuannya

Satrio Bahar mengatakan... #

Caranya sudah lengkap saya bahas diatas tu mas, tinggal mas mulai dari format harddisknya pakai winhiip, trus instal booting yang mas mau gunakan diharddisk baru tersebut, setelah itu instal game keharddisknya pakai winhiip, selesai,
Pasang hdd+NA ke PS2, dan main dha ;)

Semua caranya sudah saya bahas diatas mas, atau jika masih bingung cara-caranya, mas bisa search/cari aja tulisan diblog ini yang berkaitan dengan yang mas cari pada kolom pencarian dibagian kanan atas blog ini (dibawah Pilih Bahasa)

viqrii mengatakan... #

mas satrio boleh sms an ga , dikasih pulsa deh .
untuk pemberitahuannya lewat sms .

eheheh .

kalo boleh itu juga , masukin lewat pesan fb nomor mas satrio (viqrii.moett@gmail.com)

viqrii mengatakan... #

om satria , tanya donk .

jika ps2 fat matrix yang kemren udah jalan lancar pakai hdd .
trus hdd nya rusak .

apakah itu udah keinstal ulaunch dll .

jdi tinggal format hdd jadi fat32 dan instal game trus masukin hdd nya dan jalan .
atau hrus instal ulaunch dan lain lain lagi ??

Satrio Bahar mengatakan... #

kan sudah ada komentar blog ni mas, jdi kalau mas ada masalah bisa tulis langsung aja dikomentarnya ;), dan kelebihannya juga jika komentarnya ditulis diblog ini adalah teman" yang lain bisa juga melihatnya, siapa tau ada yang ingin bantu mencari solusi permasalahan mas, atau jika ada teman" yang lain punya masalah yang sama, bisa melihat dan membaca komentarnya juga :d

Satrio Bahar mengatakan... #

:) sebenarnya PS2 yang mas gunakan itu yang bagaimana ?, koq mau diformat FAT32 lagi.

Kalau format hd Fat32 itu mas, buat pengguna harddisk external, dan jika memang PS2 yang mas gunakan menggunakan harddisk external, maka coba mas baca dulu disini, soalnya dipostingan ini membahas harddisk internal yang biasa digunakan pada PS2 Fat + NA (network adapter)

viqrii mengatakan... #

PS2 yang besar mas TEBAL ,
cuman kemren hdd nya aja yang rusak .

jdi beli lagi deh HDD ATA/IDE nya
nah yang saya bingung apa harus pake Ulaunchelf (dll) lagi ??
atau ga usah .

Satrio Bahar mengatakan... #

Sebenarnya sy masih bingung. soalnya mas cuma bilang PS2 tebal dengan harddisk ata, sementara saya belum tau apa mas menggunakannya pada harddisk external (USB Games) atau harddisk internal (HDD Games dengan Network Adapter).

Jadi gini, jika mas menggunakan harddisk external (USB Games), baca dulu disini, tapi jika mas menggunakan harddisk internal (HDD Games) dengan harddisk ATA + Network adapter (NA), maka mas tetap perlu memerlukan ulaunchELF di PS2 tersebut untuk membantu mas menginstal file bootingnya pada harddisknya.

Bisa sih mas tidak menggunakan lagi ulaunchELF dalam menginstal bootingnya di harddisk ATA nya dengan menggunakan MCBooting khusus instal booting yang sudah jadi/siap pakai (untuk membuat mcbooting tersebut sudah pernah saya bahas disini, tapi untuk membuat mcbooting tersebut dari awal memerlukan juga ulaunchELF).

Selain dari itu, mas bisa juga tidak menggunakan ulaunchELF untuk menginstal bootingnya, tapi dengan syarat PS2 tersebut masih bisa menggunakan optik yang masih mampu membaca CD/DVD game, jadi untuk menginstal booting lewat CD botiing yang mas buat sendiri (cara buatnya sudah lengkap juga saya bahas diblog ini).

Kemungkinan yang lain bisa mas lakukan tanpa perlu menggunakan ulaunchelf untuk membantu menginstal bootingnya adalah dengan menggunakan software PS2PFSExplorer, cuma ya itu sedikit sulit dalam penggunaanya karena harddisk ata nya mas hubungan dgn PC lewat kabel IDE (PC sekarang rata" sudah menggunakan SATA), untuk cara menggunakan softwarenya bisa mas baca disini.

Jelas mas msh memerlukan beberapa software lagi untuk membuat harddisk mas bisa digunakan main game, karena harddisk baru jelas itu tidak ada sama sekali isinya, dan bisa dikatakan kalau mas membuat PS2 menggunakan harddisk dari awal lagi,
cuma bedanya disini, mas tidak modifikasi lagi PS2nya karena sebelumnya sudah dipasangi memang modchip, jadi yang mas lakukan tinggal mengisi harddisknya dengan software yang dibutuhkan dengan cara seperti yang saya tulis diatas (jika mas menggukan PS2 tebal dengan harddisk ATA + Network adapter)

Ardi Dion mengatakan... #

Mas satrio sy ♍ɑ̣̣̝̇̇ω̃̃ menanyakan, bisa tidak free MMC BOOT dicopy dari memory 1 ke memory 2. Mohon pencerahan.

Satrio Bahar mengatakan... #

yg pernah saya coba untuk file system-nya tidak bisa mas, kecuali untuk file booting-nya bisa dicopy antar MC, tapi kalau file systemnya harus diinstal

pulsa murah mengatakan... #

thanks mas bro. . nice info nih

Sudana Salim mengatakan... #

BLOG YANG BAGUS TERIMA KASIH SUDARAKU SATRIO SANGAT MEMBANTU SEKALI SEMOGA AMAL DAN IBADAH ANDA DITERIMA DISISI TUHAN AMIIIIN

Satrio Bahar mengatakan... #

Sama" mas :)
Terimakasih juga atas doa dan kunjungannya diblog ni.
Amin...

Satrio Bahar mengatakan... #

Thanks too ;)

MK Cahyo mengatakan... #

Bos cara masang hard disk x gmn? apa bisa pake Harddisk yg SATA mohon pencerahannya...

Satrio Bahar mengatakan... #

Cara pasang harddisknya itu sudah saya tulis diatas link-nya,
Sementara harddisk SATA bisa mas pakai jika mas mendapatkan Network Adapter (NA) konektor sata :d

INFO
Selama ini untuk Network adaptor (NA) yg saya dapat/pakai cuma konektor IDE jadi harddisk yang digunakan dari jenis ATA :d

Budie Nase Art mengatakan... #

mas satrio tolong dong bantu saya

saya punya ps2 fat hdd+na nah kan ceritanya saya lagi nyoba ngisi game sendiri pake winhiip. begonya saya malah salah pencet eh hdd saya ke format xD terus bingung mau dari mana mulainya yaudah saya isi game lagi dngn winhiip. terus pas saya coba di ps2 saya yg sudah menggunakan chip matrix dan jalan ps2nya di dahulukan logo metrix pas sesudah itu di layar tv hanya ada warna hitam, kyknya gk kebaca list gamenya. mohon petunjuknya master :)

Satrio Bahar mengatakan... #

Mas install booting yang ingin mas gunakan di harddisk-nya, contohnya HDLoader atau OPL.

Untuk cara instalasi file booting bisa mas coba baca disini

Budie Nase Art mengatakan... #

tapi matrix saya versi 1.5 gk bisa ganti mode mass di setingan matrixnya..

(tidak punya optik.
Ada dua cara yang bisa Anda lakukan.
Cara Pertama :
Anda membutuhkan Ulauncer (baca di tips instal Ulauncer), Flash disk.)

master saya mau tanya, flashfisk buat apa yaa? sedangkan chip matrix 1.5 saya gk bisa ubah mode mass terus caranya gmn? mohon petunjuk

Satrio Bahar mengatakan... #

kalau flashfisk, maaf saya juga engga tau itu apa dan buat apa :).
tapi kalau maksudnya mas flashdisk, mas baca saja tulisan saya, disitu juga ada koq nanti buat apa itu flashdisk.

karena ps2 mas sudah pakai modchip, saran pilihan buat menjalankan ulaunchelf yang bisa mas lakukan diantaranya

1. Beli MCBooting ulaunchELf sudah jadi/siap pakai yang buat PS2 modchip modbo/matrix.

2. Ganti modchip mas ke modbo 5 (cara pasangnya bisa mas baca disini), dan selanjutnya mengikuti cara booting lewat port usb/mass yang sudah saya bahas disini.

3. Pinjam PS2 teman mas yang sudah normal pakai harddisk (jika ada), dan PS2 tersebut yang mas gunakan buat membuat MCbooting ulaunchelf-nya yang nantinya mcbooting tersebut mas jalankan di PS2 mas yang ingin di instalkan file booting (HDLoader atau OPL).

4. Bawa PS2-nya ke tukang services di daerah mas :)

Budie Nase Art mengatakan... #

master rumahnya di mana?? kalo deket boleh tuh saya minta servisin di sana..
dan masih jakarta atau luar kota?

Satrio Bahar mengatakan... #

Maaf mas, saya tinggal di makasar
Dan saya bukan tukang services PS2, dan tidak punya toko game serta tidak menjual alat" yang berhubungan dengan game :).

Kerjaan utama saya dimakasar tidak ada hubungannya sama sekali dengan PS2.
Saya nge-blog sekedar hiburan dan nyalurin hobby saja, sekalian bagi" ilmu, siapa tahu ada yang bisa berguna buat orang lain :).

Itung-itung bisa membantu memberikan orang ide/jalan keluar untuk buka usaha sendiri, soal-nya sekarang itu cari kerja semakin susah, lebih baik kita yang ciptakan lapangan kerja itu sendiri :d

Budie Nase Art mengatakan... #

yaudah kalo gitu sy minta bantuannya secara mendetail biar sy ngerti.. tolong ya broo di bantu.

ps2 saya fat+ hdd internal+ na
nah apa yg di perlukan ps2 saya agar bisa membaca isi game di hdd saya?

ulauncelf.iso di instal di winhiip dan data ulaunc pasti ada di hdd. nah cara menjalankan ulaunc kan lwt ps, sementara itu psku kan gk bisa ngebaca hddku solusinya gmn?

master tolong yaa pengen nih bisa main ps hasil otak utik sendiri ... lagian juga di rumah ps2 nganggur gara2 ke format dan gk bisa ngebaca isi gamenya... eh apa mesti di format fat32 dulu apa ya ? biar bisa ke baca binguuunggg badaiiii X(

Satrio Bahar mengatakan... #

Jalan keluar atau dasar menjalan ulaunch di kondisi PS2 mas itu dikomentar saya sebelumnya sudah saya berikan 4 solusi pilihan yang bisa mas lakukan,

Pilih sala satu dari 4 pilihan tersebut yang sekiranya bisa mas lakukan.

Dan jika dari ke 4 pilihan itu tidak ada satupun pilihan yang bisa mas lakukan, maka saya rasa susah/tidak bisa menjalankan ulaunch di PS2-nya mas :)

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini