11 Mei 2009

Instal Game HDLoader Lewat LAN


Pada tips kali ini, kita akan coba membahas cara menginstal game buat pengguna PS2 dengan harddisk + Network HD.

Pada tips" yang terdahulu sudah kita coba menginstal game ke harddisk PS2 lewat koneksi kabel USB to IDE atau dari koneksi langsung dari kabel IDE dengan menggunakan software Winhiip, dan cara ini udah membantu banyak kepada kita semua dalam hal manejemen game di harddisk PS2 khususnya bagi pengguna booting HDLoader.


Disamping kelebihan" yang ditawarkan oleh Winhiip dalam hal manajemen file" game di harddisk PS2, tentu ada juga beberapa kekurangannya yang mungkin bagi beberapa orang justru merepotkan dan jika salah" atau semberono, malah rentang terjadi kerusakan pada harddisk atau Network HDnya.


Kerusakan yang biasa atau sering terjadi adalah pin" konektor harddisk kadang patah atau bengkok,hal ini disebabkan karena setiap kali kita ingin mengkoneksikan harddisk dengan komputer, maka harddisknya harus kita lepaskan dulu dari Network HD baru kemudian kita sambungkan dengan kabel IDE, dan setelah kita selesai menginstal gamenya, harddisknya kita pasang kembali di Network HDnya baru kemudian kita pasang di PS2, karena sering cabut pasang inilah yang biasa merusak pin" harddisknya, belum lagi jika harddisk terjatu atau terbentur karena penanganan yang kurang hati".


Dan pada tips ini, kita akan melakukan instal game keharddisk PS2nya dengan cara lain, dimana Harddisk dan Networknya tidak perlu kita keluarkan lagi. jadi disini kita menginstal game ke harddisk PS2nya dalam kondisi Harddisk PS2 dan Network HD terpasang di Game PS2nya. Dan resiko terjadinya kerusakan harddisk atau kerepotan kita waktu harus cabut pasang harddisk dan NAnya bisa kita minimalkan.


Untuk memulai trik ini, selain software pendukung yang perlu kita persiapkan, kita harus menyediakan koneksi yang kita gunakan untuk menghubungkan komputer dan PS2nya.


Disini yang kita gunakan untuk menghubungkan PS2 ke PC adalah konektor LAN yang terdapat di Network HD, maka tentu yang harus dipersiapkan dulu adalah Kabel LAN.


Cara bikin kabel LAN ini udah banyak Blogger" kita yang membahasnya, baik dari pembahasan yang sederhana, sampai pembahasan yang detail.


Sedikit mengenai kabel LAN ini adalah, Kabel yang biasa disebut juga dengan kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), hal ini disebut Unshielded Twisted Pair, karena kabel jenis ini tidak tahan terhadap interfrensi gelombang elektromaghnetik dan kabelnya terdiri dari pasangan kabel" yang saling berlilitan, contoh kabelnya seperti gambar dibawah ini,




Sambungan kabel" dalam kabel LAN UTP ini terdiri dari 2 type, yaitu type Straight dan type Cross, dan kita engga akan membahas keduanya, karena yang kita perlukan dalam trik ini adalah sambungan kabel type Cross.


Type Cross disini maksudnya adalah, sambungan kabel dimana sambungannya bersilangan, atau bingung yah ?..., Sama nih, saya juga bingung ngejelasinnya.sengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi


Mungkin dengan gambar, temen" bisa lebih mengerti maksud dari sambungan type Cross ini, dan gambar sambungannya seperti dibawah ini.




TX maksudnya disini adalah yang mengirim atau mengeluarkan data, sementara RX adalah yang menerima data, jadi dari gambar diatas dapat kita pahami adalah bagian TX dari PS2 disambungkan ke RX PC, sementara bagian TX dari PC kita sambungkan ke RX di PS2.


OK, untuk sambungan kabelnya saya rasa udah dimengerti kali yach.


Sekarang untuk lebih perjelas lagi sambungan kabel LAN UTPnya, maka kita akan mencoba membuatnya,


Yang kita butuhkan setelah kabel UTPnya udah siap adalah, konektor atau colokan kabel LAN UTPnya yang biasa kita sebut RJ-45,


RJ-45 ini banyak dijual ditoko" elektronik dan bentuknya menyerupai colokan kabel telpon, cuma ukurannya lebih besar dan mempunyai pin sebanyak 8, sesuai dengan jumlah kabel LAN UTPnya, gambar RJ-45 seperti dibawah ini,




Digambar diatas juga sudah terlihat nomer urutan dari pin" RJ-45, Nah dari urutan pin" tersebut, tinggal kita cocokkan aja atau samakan dengan urutan nomer sambungan kabel pada gambar diatas, dan RJ-45 ini kita pasang di 2 ujung kabel LAN UTPnya.


Cara memasukkan kabelnya cukup muda, tinggal colokkan masuk satupersatu sampai mentok diujung konektor RJ-45, dimana posisi kabel berada dibagian bawah dari pin plat besi (warna kuning digambar diatas), dan disini ujung kabel" yang kita masukkan tidak perlu kita kelupas pembukus luar kabelnya, Colokin aja langsung


Setelah ke 8 kabel sudah terpasang dan dipastikan semuanya berada tepat dibagian bawah masing" pin plat besi, kemudian pin" nya kita genjet atau crim dengan tang khusus, yang gambarnya seperti dibawah ini,




Pasang RJ-45 dikedua ujung kabel LAN UTPnya dengan cara yang sama seperti yang diuraikan diatas.


Dan setelah selesai, tinggal kita periksa kabel LANnya, apakah pin" plat besinya udah bersentuhan dengan kabel" dibawahnya, dan untuk memastikan kalau udah bersentuhan antara pin" dan kabel"nya, maka kita bisa gunakan AVO Meter, caranya adalah tempelkan ujung jarum tes disalah satu pin dikonektor RJ-45, kemudian jarum tes yang satunya kita tempelkan juga dipin konektor RJ-45 satunya dengan melihat jalur dari sambungan kabelnya, dan jika jarum bergerak ke kanan (AVO Analog) atau menunjukkan angka 0 (AVO Digital), berarti sambungan pinnya sudah bagus, tes semua pin" terutama sambungan pin untuk RX dan TX.


Okey, setelah itu untuk kabel LAN UTPnya udah selesai dan siap beraksi.


Sekarang kita melakukan setting koneksi di PC yang akan kita gunakan untuk menghubungkan dengan PS2.


Caranya sebagai berikut :


Klik Control Panel >> Network Connections >> Local Area Connection, seperti pada contoh gambar dibawah ini


Selanjutnya >>
HDL_Dump
HDL_Server + IP PS2

0 komentar:

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini