18 April 2009

Tips USButil ver 2.00 Beta

USButil adalah software yang kita gunakan untuk mengelola file" game pada booting usbadvance.


Pada tips yang lalu sudah kita bahas tentang software ini, dan pada kesempatan ini kita akan ngebahasnya kembali dengan kelebihan" USBUtil pada versi yang ke 2 ini.


Walaupun versinya masih dalam BETA Version, yang artinya, versi USBUtil ini masih belum selesai dan masih dalam tahap penyempurnaan, tapi softwarenya sudah bisa kita gunakan dan memiliki lagi banyak penyempurnaan atau kelebihan dibandingkan dengan versi sebelumnya.


Pada software USBUtil versi 2 beta ini, selain masih memiliki fungsi" yang sama seperti pada versi sebelumnya, juga memiliki beberapa lagi kelebihan yang lain, diantaranya :


  • Sudah disertakan Patch file IMG (IOPRP/DNAS), jadi kita tidak perlu mengedit lagi file gamenya secara manual jika kita ingin mengganti file ioprp/dnas file game yang support sama usbadvance, tapi cukup dengan menpatch file gamenya dengan file ioprp/dnas yang dibutuhkan pada file iso, baik yang masih tersimpan diharddisk PC atau yang sudah terinstal di harddisk external (Harddisk PS2).
  • Memiliki fungsi untuk merip video dari game, artinya kita tidak perlu mengedit video" yang terdapat digame secara manual, kita tinggal menggunakan fungsi dari rip video dari software ini.
  • Memiliki fungsi untuk merip game, artinya, kita bisa memperkecil file game yang ingin kita instal diharddisk external (harddisk ps2), (Blum optimal, sebagian game belum bisa dirip sampai selesai).
  • Memiliki beberapa fasilitan lagi dalam mengecek struktur atau konfigurasi dari suatu game.
  • Serta beberapa lagi kelebihan lainnya yang belum sempat saya coba.

Karena sotware yang saya dapat pada versi beta ini masih dalam bahasa Spanyol, jadi masih terkendala pada bahasa yang digunakan oleh software ini, dan untuk itu saya mencoba-coba untuk mentranslatenya kebahasa Inggris.


Dan sebelumnya saya mohon maap jika hasil translatenya masih banyak yang keliru atau ejaan yang salah dan terjemahannya belum 100 % ke bahasa Inggris, senyumMaklum masih belajarsenyum.


Untuk lebih jelasnya kelebihan" yang dimiliki software ini, kita mulai aja tipsnya.


Download softwarenya dulu yach nerdkenyit
USBUtil Ver. 2.00 Beta Spanyol
USBUtil Ver. 2.00 Beta English (Translate by SB)


Setelah itu Open dan tampilan awal dari software ini seperti gambar dibawah ini,




Pada software ini masih memiliki Fungsi" yang sama dari software sebelumnya, yakni

  • Fungsi mengcopy atau memindahkan file game dari Harddisk ke harddisk (Copy/Move).
  • Fungsi sortir daftar nama game (Sort).
  • Fungsi untuk menghapus nama dan file game yang terinstal di harddisk external (Delete)
  • Fungsi untuk mengextrack file game yang sudah terinstal diharddisk external menjadi file ISO ke harddisk PC (To ISO).
  • Fungsi mark atau menandai nama game yang ada didaftar game untuk selanjutnya kita edit (Selection).
  • Fungsi untuk merubah nama game yang sudah terinstal diharddisk external pada daftar gamenya (Rename).
  • Fungsi untuk merestore ulang kapasitas harddisk external yang rusak (Rest. Spc)
  • Fungsi untuk merefresh atau meload kembali daftar game ul.cfg (Reload)
  • Serta beberapa fungsi" lainnya di tab menunya.

Pada versi yang terdahulu (Versi 1), file pendukungnya terdiri dari satu file saja yaitu usbutil.ljs, maka pada versi ke 2 ini file pendukungnya terdiri dari 3 file yaitu :

  • usbutil.rcn, file ini memuat data" game yang sudah kita instal/edit, yang kita perlukan jika dikemudian hari kita ingin merestore ulang file gamenya.
  • usbutil.ljs, file ini memuat daftar compatible game buat usbadvance, yang mana isi daftar gamenya masih bisa kita edit lagi dikemudian hari dibagian Help > Some games tested.
  • usbutil.dna, file ini memuat file patch ioprp dan dnas yang compatible dengan usbadvance yang diperlukan software ini pada saat menpatch file gamennya.

Sekarang kita mulai mencoba kelebihan software ini.

Menpatch file ISO Game.

Menpatch file iso game bisa kita lakukan dengan beberapa cara sebagai berikut :
  1. Menpatch pada saat kita menginstal gamenya.
  2. Menpatch game setelah terinstal diharddisk external (harddisk ps2).
  3. Menpatch iso game yang masih tersimpan diharddisk PC (komputer).
Cara Pertama.

Menpatch iso game pada saat kita menginstal gamenya bisa kita lakukan pada file iso game yang baru kita instal diharddisk external, caranya sebagai berikut,

Klik File kemudian klik Create games from ISO atau tekan CTRL + J, seperti pada contoh gambar dibawah ini,


Setelah itu akan seperti gambar dibawah ini,


Pada tanda panah gambar diatas terlihat dua patch yang bisa kita terapkan yaitu patch DNAS dan patch IOPRP, dan cara menerapkannya adalah dengan mencentang kotak disebelahnya.

Umpamanya pada contoh ini saya akan menginstal Underground 2, maka sebelumnya kita centang dulu patchnya seperti gambar dibawah ini,


Jangan lupa tentukan tujuan instal gamenya atau drive harddisk externalnya seperti pada contoh gambar diatas, dan setelah dirasa pengaturan sudah benar, Klik Crear dan akan seperti gambar dibawah ini,


Keterangan untuk bagian ini adalah :
  • Si artinya filenya sudah kompetibel dengan usbadvance dan tidak perlu lagi dipatch.
  • No artinya filenya tidak kompetibel dengan usbadvance dan bisa kita patch.
  • No Hay atau Imposibel artinya file patch untuk game tersebut, tidak tersedia didatabase USBUtil (usbutil.dna)
Pada gambar diatas terlihat kalau game underground 2, file DNAS280 tidak kompetibel dengan usbadvance, dan tentunya file DNASnya harus kita patch, maka file yang tidak kompetibel kita klik, pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini


Keterangan untuk bagian ini adalah :
Jika terdapat lebih dari satu file img yang tidak kompetibel, maka kita menandainya dengan cara menekan dan tahan tombol CTRL, kemudian klik kiri file imgnya yang tidak kompetibel.
Setelah file imgnya sudah ditandai seperti pada contoh gambar diatas, maka klik PATCH, dan setelah itu proses instal sekaligus patch file imgnya akan dimulai, seperti pada contoh gambar dibawah ini,


Cara Kedua.

Menpatch file IOPRP atau DNAS game setelah terinstal diharddisk external bisa kita coba lakukan jika game yang sudah kita instal diharddisk external belum jalan sebagaimana mestinya karena pengaruh dari file ioprp atau dnas yang tidak kompetibel dengan usbadvance.

Caranya sebagai berikut :

Klik kanan di nama game pada daftar game, kemudian klik Patch to DNAS/IOPRP, seperti pada contoh gambar dibawah ini pada game Burnout Reveange,


Dan setelah itu, akan seperti gambar dibawah ini


Klik semua file img yang tidak disupport dengan sebelumnya menahan tombol CTRL, dan setelah itu klik PATCH, dan proses patchnya akan dimulai, dan untuk meyakinkan kalau file img sudah dipatch, alangka baiknya untuk mencoba menpatchnya kembali seperti cara kita barusan, dan setelah itu akan ditampilkan lagi informasi file img (ioprp/dnas), dan pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini,


Cara Ketiga.

Menpatch file iso game yang masih tersimpan diharddisk PC bisa kita lakukan agar supaya kita tidak lagi menpatch filenya jika kita ingin menginstalnya dikemudian hari.

Caranya sebagai berikut :

Klik File, kemudian klik Open ISO atau tekan CTRL + I, seperti pada contoh gambar dibawah ini,


Setelah itu akan seperti gambar dibawah ini,



Sekarang klik file iso game yang ingin dipatch, dan setelah itu filenya akan ditandai, umpamanya pada contoh ini Underground2, dan setelah diklik akan seperti gambar dibawah ini,


Setelah itu baru kita klik kanan dinama file game yang sudah ditandai, seperti contoh gambar dibawah ini,


Setelah itu klik Patch to DNAS/IOPRP, dan selanjutnya caranya sama seperti cara" sebelumnya.

Merip Video dari Game

Pada versi yang kedua ini juga memiliki kelebihan untuk merip video dari game, dan yang saya coba dari rip video dari software beta ini adalah, baru file video yang dibaca adalah dengan extensi PSS dan M2V,

Dan fungsih untuk merip video pada software ini ada tiga pilihan yang bisa kita terapkan, dan masing" fungsinya sebagai berikut :

Video [Enable], fungsihnya untuk mengaktifkan kembali video yang sudah kita rip, jadi jika dirasa setelah merip video dari suatu game dan gamenya tidak berjalan lagi sebagaimana mestinya, maka gunakan fungsih ini untuk merestore kembali file video yang sudah kita rip dengan menggunakan fungsih rip video yang lainnya pada software versi kedua ini.

Video [Disable], fungsihnya untuk mematikan atau menonaktifkan video dari game yang kita rip, jadi dengan menggunakan fungsih ini, maka video dari game tidak ditampilkan lagi pada saat kita memainkannya, jadi keuntungannya game bisa berjalan lebih cepat dan tidak tersendat-sendat lagi dalam menampilkan video dari setiap scene. Disamping kelebihannya fungsih ini, tapi juga memiliki kekurangan, dan kekurangannya adalah tidak semua game berjalan dengan normal setelah videonya kita disable, atau bahkan bisa" malah membuat game tersebut tidak berjalan lagi alias Hang. Jadi disini kita harus selektif menerapkan fungsih ini pada setiap game.

Video [Coincide], fungsihnya untuk merip video, yang mana hasil ripnya akan mengganti semua video yang ditemukan pada suatu game dengan video yang dirasa memiliki ukuran file lebih kecil diantara video" yang lain dari game yang kita rip tersebut. Jadi disini videonya diganti dengan video dari game itu sendiri yang memiliki ukuran file lebih kecil dibandingkan dengan file video yang lainnya, jadi keuntungannya durasi video bisa diperpendek disamping lebih menormalkan tampilan dari game karena ukuran video yang dirender lebih kecil dari sebelumnya, dan bahkan sebagian game harus kita rip dengan fungsih ini baru bisa berjalan diusbadvance. Jadi jika pada saat kita mendisable video dari suatu game, dan ternyata gamennya malah ngadat, maka fungsih ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk merip video dari game.

Cara merip video ini bisa kita lakukan dengan 2 cara, yakni :
  1. Merip video setelah game terinstal diharddisk external.
  2. Merip video pada file Iso game yang masih tersimpan diharddisk PC.
Cara pertama.

Trik ini bisa kita terapkan pada file game yang sudah kita instal diharddisk external, yang mana setelah kita mencoba memainkan game tersebut diusbadvance, maka kita merasa kalau video dari game tersebut yang menjadi penyebab sehingga game yang kita mainkan tidak berjalan dengan normal.

Caranya sebagai berikut :

Umpamanya pada contoh ini kita akan mencoba merip video dari game Burnout Reveange dengan menggunakan fungsih Video [Coincide].

Klik kanan nama didaftar game, dan setelah itu pilih FILE : Configuration, terus pilih Option to Video, seperti pada contoh gambar dibawah ini,


Setelah itu klik Video [COINCIDE], dan tunggu sebentar, dan setelah itu file videonya sudah selesai dirip dengan metoda mengganti file video digame tersebut dengan video yang ukurannya lebih kecil.

Cara kedua.

Trik ini bisa kita terapkan pada file Iso game yang tersimpan diharddisk PC, jadi keuntungannya setelah kita merip file isonya, kita tidak perlu mengedit atau merip videonya lagi jika dikemudian hari kita ingin menginstalnya lagi diharddisk external.

Caranya sebagai berikut :

Klik File, terus klik Open ISO atau tekan CTRL + I, seperti contoh gambar dibawah ini,


Setelah itu akan seperti gambar dibawah ini,



Setelah itu klik nama gamenya yang akan kita edit, dan pada contoh gambar diatas gamenya adalah Burnout Reveange, dan setelah itu nama gamenya akan ditandai seperti gambar dibawah ini,


Kemudian klik kanan di nama gamenya, terus pilih FILE : Configuration, terus pilih Option to Video, seperti pada contoh gambar dibawah ini,


Setelah itu klik Video [COINCIDE], tunggu sebentar, dan setelah itu file Isonya sudah selesai dirip videonya.


0 komentar:

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini