14 Maret 2009

Tips Bikin MCBoot Multi Kreasi Suka"


MC Boot adalah Memory card yang bisa kita gunakan untuk memboot langsung file elf dari PS2, sementara untuk yang multi boot adalah memory card yang bisa kita gunakan untuk memboot lebih dari satu file elf yang tersimpan di MC.
Dibbrapa tips yang lalu sudah kita coba membikin MC Boot, baik yang kita gunakan pada PS2 yang sudah diupgrade chipnya ke matrix atau modbo, maupun yang blum, dan pada tips ini kita akan mencoba membuatnya kembali MC Bootnya seusai dengan keperluan atau kreasi kita sendiri.
Cara membikin MC Boot ada bbrapa trik yang bisa kita gunakan, diantaranya adalah :
  • Mengoptimalkan fungsi shorcut tombol stik dari chip yang kita gunakan,
  • Mengoptimalkan fungsi dari software MC Boot yang kita gunakan.
  • Dengan bantuan shortcut file dari uLaunchELF
dan ketiga trik tersebut akan kita coba bahas dalam tips kali ini.
Fungsi dari tips ini diantaranya adalah, Kita lebih mudah dalam memilih booting yang kita perlukan tanpa harus mengganti-ganti MC Bootnya, karena didalam satu MC, udah terdapat lebih dari satu file booting (elf).
Dan untuk lebih jelasnya trik ini, kita mulai lagi tipsnya.
Trik yang pertama yaitu dengan memanfaatkan shortcut tombol stik dari chip yang kita gunakan, dan trik ini cuma bisa kita terapkan di PS2 yang sudah diupgrade chipnya ke matrix atau modbo.
Dan shortcut tombol dari chip tersebut yang bisa kita fungsikan diantaranya, untuk tombol
  • R1 : Akan memboot file BOOT.ELF yang tersimpan di MC yang berada pada folder BOOT.
  • R2 : Akan memboot file BOOT2.ELF yang tersimpan di MC yang berada pada folder BOOT.
Cara membuatnya sederhana saja, yaitu kita tinggal menyediakan 2 file elf yang akan kita simpan di MC, kemudian sala satu kita rubah nama filenya menjadi BOOT.ELF dan satunya lagi kita rubah nama filenya menjadi BOOT2.ELF.
Umpamanya file yang akan kita simpan di MC adalah USB Advance dan SMS dimana jika nanti kita tekan R1 maka yang ngeboot adalah USB Advance sementara jika menekan R2 yang ngeboot adalah SMS, maka kedua file elf tersebut kita rubah nama filenya menjadi,
USB Advance.elf menjadi BOOT.ELF (harus huruf kapital)
SMS.elf menjadi BOOT2.ELF (harus huruf kapital)
Kemudian copy kedua file tersebut yaitu BOOT.ELF (USBAdvance) dan BOOT2.ELF (SMS) ke flashdisk.
Setelah itu kita lanjutkan lagi pekerjaan di PS2, Tancap MC di port 0 dan flashdisknya diport USB PS2, kemudian jalankan uLaunchELF, setelah masuk di uLaunchELF, masuk dipath flashdisk dengan memilih mass:/ kemudian tekan takbole, setelah itu tandai kedua file BOOT.ELF dan BOOT2.ELF dengan memilihnya dan tekan takbole, kemudian munculkan menu uLaunchELF dengan menekan takbole, setelah itu pilih Copy dan tekan takbole.
Kemudian kita keluar dari path mass:/ dengan menekan takbole, setelah itu kita masuk lagi dimemory card yang sudah kita pasang diport 0 atau port sebelah kiri memory card di game PS2 dengan memilih mc0:/ dan tekan takbole.
Setelah itu kita bikin foldernya dulu dengan cara tekan takbole, kemudian pilih New Dir dan tekan takbole, setelah itu kita tulis nama foldernya, tulis dengan nama BOOT (harus huruf kapital), setelah itu pilih OK dan tekan takbole, maka folder baru akan dibuat dengan nama BOOT.
Kemudian masuk lagi didalam folder BOOT dengan memilihnya, selanjutnya tekan takbole, setelah itu tekan takbole, kemudian pilih Paste dan tekan takbole, maka kedua file yang sudah kita copy tadi diflashdisk, akan dipindahkan kefolder BOOT, tunggu prosesnya hingga selesai, dan setelah proses paste selesai, maka didalam folder BOOT akan ada dua file, yaitu BOOT.ELF dan BOOT2.ELF, supaya data yang barusan tidak dianggap data rusak oleh PS2 jika kita lihat dibrowse MC, maka buatkan icon didalam folder BOOT tersebut., cara bikin icon mc bisa dibaca disini


Cara Menggunakannya :
Masukkan MCBootnya diport 0 PS2, kemudian nyalakan PS2nya yang udah upgrade chip matrix a/ modbo, kemudian tekan dan tahan R1 atau R2 sampai logo Matrix hilang dilayar TV atau sampai masuk dibooting yang diinginkan.
Selesai.

Trik yang kedua yang akan kita coba adalah dengan memanfaatkan fasilitas software MC Boot yang kita gunakan, dan trik ini bisa diterapkan di PS2 baik yang udah upgrade chip ataupun yang blum.
Pada Tips ini kita akan mencoba membuat MCBooting multi dengan software Free MC Boot, yaitu free mcboot versi 1.5 dan versi 1.8.
Saya coba ngebahas keduanya karena masing" punya kelebihan dari segi tampilan awal booting atau interfacenya.
Versi 1.5
Pada versi 1.5, yang saya suka dari versi ini adalah, pada saat/awal ngeboot file yang tersimpan diMC tidak banyak embel"nya, engga ada tampilan awal atau tampilan logo mcboot tapi langsung masuk dibooting yang kita inginkan.
Dan kita akan membuat MCBooting multi dengan memanfaatkan fungsi shortcut tombol stik dari software ini.
Cara membuatnya sebagai berikut :
Pertama-tama kita sediakan dulu file" yang akan kita copy ke MC untuk kita booting nantinya lewat MC.
Umpamanya file " elfnya antara lain :
HD Loader
uLaunchELF.elf
USB Advance.elf
Codebreaker.elf
SMS.elf
Setelah itu yang perlu kita harus tahu dulu adalah shortcut tombol" dari softw free mcboot versi 1.5 ini, dan shortcut tombol"nya antara lain :
  • R1 : Akan memboot file BOOT1.ELF yang tersimpan di MC atau FD (Flashdisk) yang berada pada folder BOOT.
  • R2 : Akan memboot file BOOT2.ELF yang tersimpan di MC atau FD yang berada pada folder BOOT.
  • L1 : Akan memboot file BOOT3.ELF yang tersimpan di MC atau FD yang berada pada folder BOOT.
  • L2 : Akan memboot file BOOT4.ELF yang tersimpan di MC atau FD yang berada pada folder BOOT.
  • Tidak Menekan Tombol : akan memboot file BOOT.ELF yang tersimpan di MC yang berada pada folder BOOT.
Jadi setelah kita tau shortcut tombolnya, sekarang tinggal kita atur yang mana file" yang akan ngeboot jika menekan tombol L atau R Stik.
Umpamanya jika ditekan :
R1, maka yang ngeboot adalah uLaunchELF.elf,
R2, maka yang ngeboot adalah USB Advance.elf,
L1, maka yang ngeboot adalah Codebreaker.elf,
L2, maka yang ngeboot adalah SMS.elf,
Tidak menekan tombol, maka yang ngeboot adalah HD Loader.
Maka file" elf tersebut kita rubah nama filenya menjadi
Ulaunc.elf menjadi BOOT1.ELF (harus huruf kapital)
USB Advance.elf menjadi BOOT2.ELF (harus huruf kapital)
Codebreaker.elf menjadi BOOT3.ELF (harus huruf kapital)
SMS.elf menjadi BOOT4.ELF (harus huruf kapital)
HD Loader menjadi BOOT.ELF (harus huruf kapital)
Setelah itu copy semua file" elf yang sudah kita rubah namanya beserta free mcbootnya (v.1.5) di FD, dan setelah itu pekerjaan kita lanjutkan di PS2nya.
Colokkan MCnya diport 0 dan FDnya di port USB PS2nya, setelah itu, jalankan uLaunchELF.
Pertama-tama kita instal dulu free mc bootnya dengan cara.
Setelah masuk dibrowse, masuk dipath flashdisk dengan memilih mass:/ kemudian tekan takbole,
Setelah itu pilih software free mcbootnya, kemudian tekan takbole, tinggal ikuti instruksi instal softwarenya hingga selesai.
Setelah selesai dan reset PS2nya, cabut memory cardnya kemudian nyalakan lagi PS2nya,
Jalankan lagi uLaunchELF dan setelah masuk diprogram uLaunchELF, tancapkan kembali memory cardnya yang sudah tadi diinstal free mc boot diport 0 PS2nya.
Kemudian kita masuk lagi diflashdisk dengan memilih mass:/ kemudian tekan takbole, setelah itu, tandai semua file" elfnya yang akan kita copy ke MC dengan cara memilih file elfnya kemudian tekan takbole, setelah itu tekan takbole, kemudian pilih Copy dan tekan takbole, setelah itu kita keluar dari path mass dengan menekan takbole,
Pilih mc0:/ dan tekan takbole, dan akan ada beberapa folder tempat file free mcbootnya yang tadi sudah diinstal.
Pilih BOOT kemudian tekan takbole, setelah masuk difolder BOOT akan ada file" icon, tekan takbole kemudian pilih Paste dan tekan takbole, maka semua file" elf yang sudah kita tandai tadi yang tersimpan diflashdisk akan dipindahkan didalam folder BOOT, tunggu hingga proses paste selesai, jadi didalam folder BOOT akan berisi file seperti brikut
BOOT
BOOT1
BOOT2
BOOT3
BOOT4
BOOT.icn
icon.sys
Cara Menggunakannya :
Tancapkan MCBootingnya diport 0 PS2nya dan nyalakan,
Tekan dan tahan tombol L atau R sesuai dengan booting yang diinginkan, tombol ditekan dan ditahan sampai masuk dibooting yang diinginkan atau hingga lampu analog stik menyala.
Selesai.
Versi 1.8
Sementara untuk versi 1.8 ini, bukan cuma shortcut tombol lagi yang kita gunakan, tapi software ini udah mendukung kita tambahkan file booting dimenunya atau itemnya kita tambahkan sesuai dengan kebutuhan kita, jadi kita tinggal pilih booting yang diinginkan yang tentunya didukung dengan pengaturan programnya yang bersahabat dan mudah dimengerti.
Seperti sebelumnya yang perlu kita siapkan adalah file" elf yang akan kita pake booting, dan file"nya bisa dicopy diMC jika MCnya muat, tapi jika kapasitas MCnya udah engga muat, file bootnya bisa disimpan di FD dengan asumsi pada saat melakukan booting, FDnya harus juga kita tancapkan diport USB PS2nya.
Umpamanya file" elfnya seperti sebelumnya, yaitu
HDLoader
uLaunchELF.elf
USB Advance.elf
Codebreaker.elf
SMS.elf
Maka copy semua file" elfnya ke flashdisk beserta softw free mc bootnya (versi 1.8).
Tancapkan FD diportnya dan MCnya diport 0, kemudian nyalakan PS2nya.
Jalankan uLaunchELF, kemudian kita masuk dipath FD dengan memilih mass:/ kemudian tekan takbole,
Pilih software free mc bootnya dan tekan takbole, maka akan masuk dimenu instal free mc boot, instal free mc bootnya dan tunggu hingga proses instalasi selesai dan berhasil.
Setelah itu keluarkan atau cabut memory cardnya, kemudian reset dan nyalakan kembali Game PS2nya, dan jalankan kembali uLaunchELF,
Setelah masuk di uLaunchELF, tancapkan kembali memory cardnya diport 0 PS2,
Masuk lagi diflashdisk dengan memilih mass:/ kemudian tekan takbole ,
Kemudian tandai semua file" elf yang tadi dicopy keflashdisk (file elfnya seperti diatas dengan nama file tidak dirubah) dengan menekan tombol takbole, setelah itu tekan takbole, kemudian pilih Copy dan tekan takbole,
Keluar dari path mass:/ dengan menekan takbole, kemudian kita masuk ke path memorycard, dengan memilih mc0:/ kemudian tekan takbole dan didalam memory card udah ada beberapa folder didalamnya yaitu folder instalasi mcbootnya, diantaranya :
B*EXEC-SYSTEM/ (* sesuai dengan ps2nya)
BOOT/
SYS-CONF/
Setelah itu kita pilih BOOT/ kemudian tekan takbole, dan setelah masuk didalam folder BOOT akan menemukan lagi file icon diantaranya :
BOOT.icn
icon.sys
Setelah itu tekan takbole, pilih Paste dan tekan takbole, maka semua file elf yang tadi ditandai dan dicopy di flashdisk akan dipindahkan di MC, tunggu hingga proses paste selesai dan setelah selesai, file" didalam folder BOOT akan seperti berikut :
Codebreaker.elf
HDLoader.elf
SMS.elf
uLaunchELF.elf
USB Advance.elf
BOOT.icn
icon.sys
Setelah itu keluarkan CD atau DVD booting uLaunchELF jika menggunakan CD atau DVD Booting, kemudian reset dan nyalakan kembali PS2nya.
Setelah MCBootnya berhasil ngeboot, maka akan muncul logo freemcbootnya diawal booting, dan selanjutnya akan langsung masuk ke browser PS2 dengan tampilan menu sesuai dengan format free mcboot v. 1.8.
Dan dimenu browser akan ada beberapa menu yang bisa dipilih, diantaranya
Browser
System Configuration
HD Loader
Simple Media System
Launch Disk
Reload Configuration
Free McBoot Configurator
Gunakan tombol Dpad untuk memilih menu, dan tekan takbole untuk masuk dimenu yang dipilih.
Sekarang kita atur dulu konfigurasi menu dari free mcboot ini agar file" elf yang kita masukkan bisa ditampilkan juga dimenu free mcboot.
Pilih Free McBoot Configurator dan tekan takbole, dan setelah itu tekan aja takbole lagi, dan akan masuk dipengaturan free mcbootnya, seperti dibawah ini
Free McBoot Settings
Load CNF from MC0
Load CNF from MC1
Load CNF from MASS
Configure E1 launch keys...
Configure E2 launch keys...
Configure E3 launch keys...
Configure OSDSYS options...
Configure ESR path...
FastBoot : ON
Debug Screen : OFF
Pad Delay : 0.0
Save CNF To MC0
Save CNF To MC1
Save CNF To MASS
Return to loader
PS2 Browser (FMCB Restart)
Sekarang pilih Configure OSDSYS options... dan tekan takbole, maka akan masuk disetting OSD, dan isi menunya antara lain
OSD Settings
Hacked OSDSYS : ON
Configure Item 1 : uLaunchELF
Configure Scrolling Options
Dan bbrapa lagi dibawahnya
Sekarang yang kita edit adalah Configure Item.
Configure Item terdiri dari 100 item, jadi dimenu tampilan awal free mcbootnya bisa ditampilkan lebih dari 100 baris item yang bisa kita pilih.
Wow....MCBootnya jadi Super Multi Boot nih
Cara mengedit Configure Itemnya sebagai berikut :
Pilih Configure Item 1 : uLaunchELF, dan tekan takbole, maka akan masuk di setting item 1, dan isi menunya antara lain :
Item 1 Settings
Name: uLaunchELF
Path1: mass:/BOOT/BOOT.ELF
Path2: mc?:/BOOT/BOOT.ELF
Path3: mc?:/B?DATA/BOOT.ELF
Retrun
Sekarang kita rubah dulu nama menunya dengan memilih Name : uLaunchELF dan tekan takbole, setelah itu tulis nama yang diinginkan dengan terlebih dahulu menghapus nama yang sudah ada, pada contoh ini saya tulis Explorer PS2, dan setelah itu pilih OK dan tekan takbole, maka yang dulunya Name: UlaunchELF akan berganti menjadi Name: Explorer PS2
Sekarang kita edit lagi pathnya, maksudnya disini adalah jika nantinya menu Explorer PS2 dipilih maka yang diboot adalah file yang ditentukan dipathnya.
Pilih Path1: mass:/BOOT/BOOT.ELF kemudian tekan takbole,
Setelah ini akan dimunculkan path yang bisa kita pilih sebagai tempat file elfnya atau file bootingnya kita simpan, file pathnya yang bisa kita pilih antara lain :
mc0:/
mc1:/
mass:/
Karena disini file elfnya kita simpan di memory card yang kita colokkan diport 0, maka pilih mc0:/ kemudian tekan takbole,
Setelah itu pilih BOOT, kemudian tekan takbole, maka akan muncul file elf yang tadi kita copy,
Karena disini yang kita cari adalah fileuLaunchELF, maka pilih uLaunchELF.elf dan tekan takbole,
Maka path1 akan menjadi :
Path1: mc0:/BOOT/uLaunchELF.elf
Untuk Path2 dan path3 yang sudah terisi, hapus saja pathnya dengan memilihnya kemudian tekan takbole, jadi setelah itu kira" akan seperti dibawah ini
Item 1 Settings
Name: Explore PS2
Path1: mc0:/BOOT/uLaunchELF.elf
Path2:
Path3:
Retrun
Ok. pengaturan untuk item pertama udah selesai, tekan takbole, dan sekarang kita atur lagi untuk item selanjutnya.
Sekarang pilih Configure Item lagi dan gunakan tombol takbole atau takbole untuk memilih item selanjutnya, dan caranya sama dengan yang diatas.
Dan setelah semua item" kita tambahkan maka di OSD Settings pilih Retrun dan tekan takbole.
Kemudian di Free McBoot Settings pilih Save CNF To MC0 dan tekan takbole untuk menyimpan pengaturan file yang tadi sudah kita edit di memorycard.
Dan setelah itu maka reset PS2, dan nyalakan kembali PS2nya dan setelah Free McBootnya berhasil booting, maka dimenu browser akan bertambah menunya, kira" seperti dibawah ini
Browser
System Configuration
Explorer PS2
HD Loader
Simple Media System
USB Advance
Codebreaker
AV Player
Free McBoot Configurator
Cara Menggunakannya :
Gunakan dpad atau tombol arah atas dan bawah untuk menscroll menu dan setelah itu tekan takbole
Selesai.
Trik yang terakhir yang akan kita bahas adalah menggunakan bantuan dari tombol" shortcut dari uLaunchELF yang kita copy ke MC.
Trik ini dapat digabung dengan trik" yang sudah kita bahas diatas, tinggal kreatifitas kita masing" agar mcbooting yang kita buat bisa lebih sesuai dengan keinginan atau kebutuhan kita.
Cara kerja trik ini adalah memanfaatkan shortcut tombol stik dari uLaunchELF, jadi disini yang pertama-tama dibooting adalah Ulauncnya, nanti setelah masuk di-uLaunchELF baru kemudian kita tekan tombol" yang sebelumnya sudah kita atur didalam setting shortcut tombol dari uLaunchELF itu sendiri.
Umpamanya file" elf yang akan kita jadikan MC Booting multi adalah :
HDLoader.elf
USB Advance.elf
Codebreaker.elf
SMS.elf
Dan sala satu kelebihan dari uLaunchELF adalah, mendukung adanya gambar background atau gambar latar, jadi sebelum kita bikin lebih lanjut MC Bootingnya, terlebih dahulu kita buat dulu gambar yang akan kita jadikan latar dari uLaunchELF nanti yang tentunya gambar yang kita bikin mencerminkan isi dari MC Booting yang kita buat.
Salasatu contoh gambar latar dari uLaunchELF untuk keperluan MC Booting ini udah perna saya ulas ditutorial yang lain, dan untuk cara membuat gambarnya itu sendiri, kita bisa menggunakan software pengolah gambar semacam gimp atau photoshop.
Dan gambar yang kita butuhkan adalah format JPG dengan ukuran gambar 640 X 480 Pixel.
Dan yang perlu diperhatikan dalam pembuatan gambarnya nanti adalah keterangan tombol"nya yang kita tampilkan digambarnya, umpamanya untuk
Tombol takbole adalah HD Loader
Tombol takbole adalah USBAdvance
Tombol takbole adalah Codebreaker
Tombol takbole adalah SMS atau AV Player
Maka setelah gambarnya sudah jadi, kira" seperti contoh dibawah ini
Untuk yang ingin mengedit gambar diatas sesuai dengan keinginannya, download aja file psdnya, filenya tinggal diedit diphotoshop
Sekarang yang kita persiapkan lagi file" elfnya.
File" elf yang kita perlukan adalah, sesuai dengan isi dari mc booting multi yang kita bikin, ditambah dengan uLaunchELF, jadi pada contoh ini file" elf yang kita perlukan adalah :
HDLoader.elf
USB Advance.elf
Codebreaker.elf
SMS.elf
ditambah dengan uLaunchELF.elf
Sebelumnya file uLaunchELF.elf nya kita rubah namanya menjadi BOOT.ELF, sementara file" elf yang lain boleh dirubah atau tidak dirubah nama filenya tidak ada masalah.
Sekarang kita lanjutkan lagi mengedit file LAUNCHELF.CNF.
Sedikit mengenai file launchelf.cnf ini adalah file yang memuat setting dalam uLaunchELF yang kita simpan dalam satu folder bersama dengan uLaunchELF.elf di memory card.
Sebenernya tanpa mengedit file launchelf.cnf inipun terlebihdahulu, kita sudah bisa melanjutkan pekerjaan kita diplaystation, karena file launchelf.cnf ini akan otomatis dibuat oleh uLaunchELF.elf pada saat kita mengedit dan save setting uLaunchELF di MC, tapi supaya editnya lebih mudah dan tidak bertele-tele, maka kita akan mengedit file launchelf.cnfnya aja di komputer, file ini sudah saya persiapkan khusus untuk project kita kali ini dan tinggal kita edit sesuai dengan keperluan.
Cara mengeditnya sebagai berikut
Buka Notepad, dan drag masuk file LAUNCHELF.CNF, dan isi filenya sebagai berikut :
CNF_version = 3
LK_auto_E1 =
LK_Circle_E1 = mc:/BOOT/SMS.elf
LK_Cross_E1 = mc:/BOOT/HDLoader.elf
LK_Square_E1 = mc:/BOOT/Codebreaker.elf
LK_Triangle_E1 = mc:/BOOT/USB Advance.elf
LK_L1_E1 = MISC/FileBrowser
LK_R1_E1 =
LK_L2_E1 =
LK_R2_E1 =
LK_L3_E1 =
LK_R3_E1 =
LK_Start_E1 =
Misc = MISC/
Misc_PS2Disc = PS2Disc
Misc_FileBrowser = FileBrowser
Misc_PS2Browser = PS2Browser
Misc_PS2Net = PS2Net
Misc_PS2PowerOff = PS2PowerOff
Misc_HddManager = HddManager
Misc_TextEditor = TextEditor
Misc_JpgViewer = JpgViewer
Misc_Configure = Configure
Misc_Load_CNFprev = Load CNF--
Misc_Load_CNFnext = Load CNF++
Misc_Set_CNF_Path = Set CNF_Path
Misc_Load_CNF = Load CNF
Misc_ShowFont = ShowFont
Misc_Debug_Info = Debug Info
GUI_Col_1_ABGR = 00808080
GUI_Col_2_ABGR = 00404040
GUI_Col_3_ABGR = 00000060
GUI_Col_4_ABGR = 00000000
GUI_Col_5_ABGR = 00006060
GUI_Col_6_ABGR = 00006000
GUI_Col_7_ABGR = 00E0E0E0
GUI_Col_8_ABGR = 00000000
SKIN_FILE =
GUI_SKIN_FILE = mc0:/BOOT/SATRIOGAME_mcboot.jpg
SKIN_Brightness = 50
TV_mode = 0
Screen_Interlace = 1
Screen_X = 652
Screen_Y = 72
Popup_Opaque = 0
Menu_Frame = 1
Show_Menu = 0
LK_auto_Timer = 10
Menu_Hide_Paths = 1
Init_CDVD_Check = 0
Init_Reset_IOP = 1
Menu_Pages = 1
GUI_Swap_Keys = 0
USBD_FILE =
NET_HOSTwrite = 0
Menu_Title =
Init_Delay = 0
USBKBD_USED = 1
USBKBD_FILE =
KBDMAP_FILE =
Menu_Show_Titles = 1
PathPad_Lock = 0
CNF_Path =
USBMASS_FILE =
LANG_FILE =
FONT_FILE =
JpgView_Timer = -1
JpgView_Trans = -1
JpgView_Full = 0
PSU_HugeNames = 0
PSU_DateNames = 0
PSU_NoOverwrite = 0
FB_NoIcons = 0
PathPad_Lock = 0
Tinggal yang kita edit adalah tulisan yang warna MERAH, kita edit sesuai dengan keperluan atau seusai dengan data yang kita masukkan di memorycard.
Diantaranya yang kita edit adalah
LK_Circle_E1 = mc:/BOOT/SMS.elf
LK_Cross_E1 = mc:/BOOT/HDLoader.elf
LK_Square_E1 = mc:/BOOT/Codebreaker.elf
LK_Triangle_E1 = mc:/BOOT/USB Advance.elf
LK_L1_E1 = MISC/FileBrowser
LK_R1_E1 =
LK_L2_E1 =
LK_R2_E1 =
LK_L3_E1 =
LK_R3_E1 =
LK_Start_E1 =
Artinya keterangan yang ada diatas adalah
Jika tombol takbole ditekan, maka yang diboot adalah SMS.elf yang tersimpan di mc pada folder BOOT.
Jika tombol takbole ditekan, maka yang diboot adalah HDLoader.elf yang tersimpan di mc pada folder BOOT.
Jika tombol takbole ditekan, maka yang diboot adalah Codebreaker.elf yang tersimpan di mc pada folder BOOT.
Jika tombol takbole ditekan, maka yang diboot adalah USB Advance.elf yang tersimpan di mc pada folder BOOT.
Jika tombol L1 ditekan, maka akan masuk ke File Browser.
Untuk tombol" selanjutnya tinggal kita tambahkan kodenya sesuai dengan yang kita perlukan.
Dan untuk pengaturan tombol seperti tombol L1 pada contoh ini adalah, tombol shortcut MISC, dan tools yang ada di MISC ini ada beberapa macam, untuk format penulisannya bisa diliat difile LAUNCHELF.CNF, dibagian seperti dibawah ini
Misc_PS2Disc = PS2Disc
Misc_FileBrowser = FileBrowser
Misc_PS2Browser = PS2Browser
Misc_PS2Net = PS2Net
Misc_PS2PowerOff = PS2PowerOff
Misc_HddManager = HddManager
Misc_TextEditor = TextEditor
Misc_JpgViewer = JpgViewer
Misc_Configure = Configure
Misc_Load_CNFprev = Load CNF--
Misc_Load_CNFnext = Load CNF++
Misc_Set_CNF_Path = Set CNF_Path
Misc_Load_CNF = Load CNF
Misc_ShowFont = ShowFont
Misc_Debug_Info = Debug Info
Dan untuk gambar backgroundnya kita edit adalah
GUI_SKIN_FILE = mc0:/BOOT/SATRIOGAME_mcboot.jpg
pada contoh ini nama file gambarnya adalah SATRIOGAME_mcboot.jpg, jadi nama filenya tinggal sesuaikan dengan nama file gambar yang kita masukkan.
Setelah semuanya sudah diedit dan tidak ada lagi yang mau dirubah, sekarang klik File dan klik Save atau tekan CTRL + S.
OK, sekarang file" sudah siap, sekarang copy semua file" elf dan file gambarnya ke flashdisk, pada contoh ini file"nya semua adalah
HDLoader.elf
USB Advance.elf
Codebreaker.elf
SMS.elf
BOOT.elf
SATRIOGAME_mcboot.jpg
LAUNCHELF.CNF
Setelah itu pekerjaan kita lanjutkan di PS2nya.
Gunakan uLaunchELF untuk mengcopy semua file"nya ke memory card dan paste didalam folder BOOT seperti pada cara kita di trik yang diatas.
Selesai.
Klik disini

13 komentar:

hendri mengatakan... #

kereen, Om. gw dah lama jadi plagiat disini. Thanks buat ilmunya :) :) :)

foxprobersama mengatakan... #

numpang tanya dunk om.. PS2 Type SCPH-75004 bisa gak di pasang external hardisk,

Delta Playstation mengatakan... #

Very nice buanget....thank's for SB....suskes slalu.....!!!

Global Information Guide mengatakan... #

proses pada file FREE MCBOOT.ELF setelah setengah jalan langsung gagal, kata mesin tidak ditemukan file boot yang akan di instalkan di folder install. KET. MMC 32MB

Satrio Bahar mengatakan... #

Mas periksa dulu di MCnya apa sudah berhasil diinstal Free MCBootnya dengan cara memeriksanya bisa dilihat dibrowser mc ps2 dimana sdh ada icon free mcboot yang muncul di TV atau bisa juga kita periksa dengan melihatnya menggunakan ulaunchELF, kalau free mcboot-nya sdh terinstal, tinggal mas copy secara manual file boot yang tidak ditemukan tersebut.

file boot itu adalah file yang di boot oleh free mc boot-nya nanti setelah dijalankan di PS2, jadi file boot itu terserah dari keperluan mas, bisa opl, hdloader, atau program ps2 lainnya, dan cara mengcopy secara manual file" boot tersebut sdh saya jelaskan diatas tu mas

dennis mengatakan... #

mas mw tanya donk,di memory sy kan banyak game yg tersimpan,pas sy apus eh malah smuanya ke apus,jd mc bootnya ga kbuka,mohon solusinya gan

Satrio Bahar mengatakan... #

File Free MCBoot yang tersimpan di MC diantaranya :
B*EXEC-SYSTEM/
BOOT/
SYS-CONF/
*) Sesuai dengan region PS2, PAL atau NTSC)
Dan setiap file" tersebut diwakili satu icon jika dilihat pada browser MC PS2.

Kalau yang mas hapus file system Free MCBootnya, maka mas instal ulang lagi Free MC Boot di MC-nya.

Tapi jika yang ikut ke hapus cuma file yang ada difolder BOOT pada MC-nya (kalau dilihat dibrowser PS2 dengan icon kotak hitam dengan tulisan BOOT), maka mas copy ulang kembali file BOOT.elf-nya pada folder BOOT di MC-nya dengan menggunakan uLaunchELF seperti yang sudah diuraikan diatas tu mas.

alan mengatakan... #

mas bagaimana pengaturan freemcb agar bisa langsung booting opl tanpa harus masuk ke browser?

Satrio Bahar mengatakan... #

mas gunakan Free MCBoot versi 1.5, caranya sudah saya jelaskan diatas tu mas.

Postingan diatas menggunakan HDLoader, tapi jika opl yg mas mau gunakan, maka opl yang kita ganti namanya menjadi BOOT.ELF dan tempatkan pada folder BOOT pada mc-nya, sementara file ELF yg lain bisa mas sertakan, bisa juga tidak (tergantung kebutuhan)

Anonim mengatakan... #

Bang Satrio,sy mw nanya ne waktu sy instal freemcboot 1.5,eror pas wraiting osd file,kr2 apa mslhx,apakah ad yg krg dg file nya ato gmn,mohon pencerahan nya ya,trm ksh.

Satrio Bahar mengatakan... #

Gini mas.
Yang biasa bikin eror atau gagal instal free MCBoot itu paling karena MC yg digunakan belum diformat full atau cacat di MC-nya dengan gejala biasanya kapasitas MC tidak sesuai/berkurang dari yg seharusnya.

Jadi jika mas sudah format MC tapi masih error juga saat proses instal, maka mas coba instal di MC yg lain.

Dan satu lagi file" system Free MCBoot itu harus diinstal disetiap MC, tidak bisa cuma dicopy saja antar MC, kecuali untuk file bootingnya jika mengalami error karena filenya tidak ditemukan, maka bisa kita copy dari satu MC ke MC yg lain atau dari flashdisk ke MC menggunakan bantuan ulaunchELF

Anonim mengatakan... #

Ok Bang setelah sy format mc nya instalasi freemcboot nya sucsesful,satu lg kalau boleh nanya bang,pada saat sy copy semua file botingnya dari flasdis ke mc,cuma 1 yg berhasil yaitu BOOT.ELF (HDLoader)sementara BOOT1,2,3,dan 4 failed,sekali lg mohon pencerahan nya bang,trm ksh,semoga bang satrio sucses selalu.

Satrio Bahar mengatakan... #

Terimakasih, mungkin kapasitas MC-nya sudah tidak mencukupi mas buat muat file booting yang lain, jadi mas prioritaskan saja file booting apa yang mas mau dipakai, maka itu yang mas copy saja ke flashdisknya.
Seperti contohnya jika cuma hdloader saja, atau opl saja, atau cuma ulaunchelf saja,
Maka file tersebut mas ubah namanya menjadi BOOT.ELF seperti yg sudah saya bahas diatus tu mas, sementara file untuk BOOT1 dan sterusnya bisa digunakan dan bisa juga tidak digunakan ;)

Info
Seingat saya dulu mc 8mb yang diinstalkan free mcboot masih bisa memuat beberapa file booting (*.elf)"dengan catatan tidak ada save game yg tersimpan di mc-nya", kemungkinan mc mas yg sudah berkurang kapasitasnya dari yang seharusnya.

Mas bisa juga mencoba menggunakan program ini di PS2 untuk format MCnya, siapa tau bisa memperbaiki mc yg sudah cacat di memory penyimpanan datanya.

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini