09 Januari 2013

Rangkuman Cara Pasang Hardisk External di PS2 Fat dan PS2 Slim

Sebelumnya sudah pernah di bahas mengenai rangkuman pemasangan hardisk pada PS2 Fat yang menggunakan Network Adapter (NA) mulai dari awal sampai bisa PS2-nya dipake main game pakai harddisk disini, Dan alangka baiknya Teman-teman membaca postingan tersebut, karena sebagian dari cara-cara tersebut kita gunakan juga pada instalasi harddisk external yang akan kita bahas pada postingan ini seperti contohnya cara dan penggunaan UlauncELF pada PS2 yang akan kita pasangi harddisk.

Karena yang kita gunakan disini adalah harddisk external atau bisa juga kita gunakan Flashdisk/media penyimpanan data yang lain yang mana media penyimpanan tersebut kita sambungkan dengan PS2 lewat port USB, maka tentunya penggunaan main game PS2 pakai hardisk external ini bisa kita terapkan baik pada PS2 tebal maupun pada PS2 tipis, karena ke dua perangkat game konsole tersebut masing-masing mempunyai port USB.

Cara penggunaan harddisk external pada PS2 sebenarnya sudah pernah saya bahas diblog ini dan saya rasa sudah lengkap cara-caranya mulai dari awal sampai PS2-nya bisa kita gunakan main game PS2, tapi karena mungkin postingannya pisah-pisah ditambah lagi karena banyaknya istilah-istilah sehingga sebagian dari teman-teman masih susah memahami cara-cara tersebut. Dan untuk itu lewat postingan ini Saya mencoba menyatukan kembali cara-caranya yang saya anggap pilihan terbaik (dari sekian postingan terdahulu yang pernah saya tulis) kita gunakan main game pakai flashdisk/harddisk external pada PS2 Fat dan Slim pada saat postingan ini Saya tulis.

Okley....

Untuk lebih jelasnya lagi, kita mulai saja membahasnya.

Pertama-tama kita sediakan dulu alat-alat apa yang mesti kita persiapkan seperti berikut:
  • Media Penyimpanan Data. Media penyimpanan data ini merupakan media atau alat yang kita gunakan untuk menyimpan semua data-data game serta data-data keperluan lainnya untuk memainkan game PS2, dimana media penyimpanan data tersebut bisa berupa Harddisk, Flashdisk, atau Flashcard dan sejenisnya.
  • Converter USB. Converter USB ini merupakan alat yang kita gunakan untuk menghubungkan media penyimpanan data dengan PS2-nya, seperti contohnya jika kita menggunakan harddisk, maka tentunya kita juga memerlukan lagi alat converter USB untuk menghubungkan harddisk yang kita gunakan dengan PS2 lewat port USB. Dan begitupun juga jika kita menggunakan Flashcard, maka kita juga memerlukan tambahan alat konferter USB lagi yang kita kenal dengan nama Card Reader untuk kita gunakan menghubungkan antara flashcard-nya dengan PS2, kecuali jika kita menggunakan flashdisk, maka alat konverter USB-nya tidak kita butuhkan lagi, karena model flashdisk sudah memiliki konektor USB dan tinggal kita sambungkan langsung dengan PS2.
Seperti yang sudah pernah saya bahas diblog ini tentang cara menggunakan atau menghubungkan harddisk external dengan PS2 yang bisa teman-teman coba baca disini.

Sekarang langka selanjutnya adalah menjalankan file booting yang akan kita gunakan untuk membaca dan memainkan semua game yang nantinya kita instal diharddisk-nya. Dan file-file booting yang bisa kita gunakan dalam keperluan memainkan game PS2 di harddisk external ada beberapa program bootloader diantaranya:
  • Open PS2 Loader (OPL) Rekomendasi
  • PS2ESDL
  • USB Advance
  • dan lainnya (sorry sudah lupa namanya Malu-malu)
Dari beberapa file booting diatas, saya pribadi merekomendasikan menggunakan Open PS2 Loader (OPL) dengan alasan karena OPL mendukung atau bisa memainkan lebih banyak game jika kita bandingkan dengan file booting yang lain, disamping itu OPL lebih bagus tampilannya serta adanya dukungan penggunaan virtual memory card untuk menyimpan save permainan, dan yang lebih terpenting lagi kalau OPL ini sampai sekarang (saat tulisan ini saya posting) para pengembangnya masih terus membahas file booting tersebut, dan berita perkembangan OPL ini bisa teman-teman coba ikuti di www.psx-scene.com.

Okey....

Dari cara instalasi serta penggunaan dan pengaturan dari beberapa file booting tersebut sebenarnya bisa dibilang sama, tapi karena adanya perbaikan dan penambahan beberapa fitur/kemampuan dari softwarenya, maka cara penggunaan/pengaturan khususnya untuk file booting Open PS2 Loader sedikit berbeda dari file booting lainnya, walaupun sebenarnya saat awal-awal pengembangan OPL ini dibuat cara penggunaan softwarenya bisa dibilang sama dengan file booting yang lain, tapi karena adanya penambahan atau kelebihan fitur-fiturnya yang membuat OPL ini mengalami perubahan dalam cara instalasi/penggunaanya.

Untuk itu biar tulisan bisa lebih simple, maka saya akan membahas penggunaan hd external di PS2 ini dengan menggunakan Open PS2 Loader saja, karena dari sekian file booting tersebut, OPL-lah yang lebih banyak support sama game-game PS2 serta adanya tambahan fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh file booting yang lain seperti yang sudah saya uraikan diatas.

Jadi sekali lagi, pada tulisan ini saya akan menggunakan pilihan pada Open PS2 Loader sebagai file booting yang akan kita gunakan main game dengan menggunakan harddisk external baik pada PS2 fat maupun pada PS2 Slim

Sekarang kita lanjutkan dengan bagaimana caranya kita menjalankan file booting yang kita pilih tersebut pada PS2-nya.

Dan untuk itu cara menjalankan file booting tersebut bisa teman-teman baca dan klik dibawah ini sesuai dengan kondisi PS2-nya

- PS2 dengan Optik masih berfungsi (minimal bisa baca CD).
- PS2 dengan Optik rusak atau tanpa optik.



PS2 dengan optik masih berfungsi

Jika PS2 masih mempunyai optik minimal masih bisa membaca CD game, maka penggunaan harddisk untuk main game pada PS2 tersebut bisa kita lakukan dengan beberapa cara diantaranya:

- Menggunakan CD Booting.
- Menggunakan MC Booting.
- Menggunakan Modchip tertentu untuk membantu menjalankan file booting.



PS2 dengan optik rusak atau tanpa optik

Jika PS2 sudah rusak optiknya atau optiknya sudah dilepas, maka penggunaan harddisk untuk main game pada PS2 tersebut bisa kita lakukan dengan beberapa cara diantaranya:

- Menggunakan MC Booting.
- Menggunakan Modchip tertentu untuk membantu menjalankan file booting.



Menggunakan CD Booting

Jika memilih menggunakan CD Booting, maka langka-langka penggunaan harddisk external untuk main game di PS2 tebal atau pada PS2 slim sebagai berikut:
Burning file booting di CD dalam hal ini file booting Open PS2 Loader (versi 8 keatas), dan cara membuat file booting yang sifatnya umum yang bisa teman-teman pergunakan untuk membuat CD Booting untuk OPL bisa coba baca-baca disini
Tip Burning CD/DVD
CD/DVD terdiri dari dua jenis yaitu CD-R/DVD-R dan CD+R/DVD+R.
Sebaiknya menggunakan keping CD+R/DVD+R untuk burning data buat tujuan penggunaan pada PS2, karena sebagian software burning mendukung otomatis memburning image ke booktype CD ROM/DVD ROM jika menggunakan keping CD+R/DVD+R, dan hampir semua modchip PS2 mendukung atau bisa membaca format booktype CD ROM/DVD ROM.
Penyalahgunaan CD/DVD Backup atau kopian diluar tanggung jawab Satriogame... just sharing ajatwink 
Jika CD Booting OPL sudah selesai kita buat dan berjalan dengan baik pada PS2-nya, maka langka selanjutnya adalah Format media penyimpanan yang akan kita gunakan untuk main game.



Menggunakan MC Booting

Jika memilih menggunakan MC Booting, maka tentunya teman-teman harus menyediakan Memory card PS2 minimal 8mb, dimana memorycard PS2 ini nantinya yang akan kita instalkan atau simpan file bootingnya.
Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menginstalkan software Free MCBoot di memorycard PS2-nya.
Catatan :
Free MCBoot ini tidak bisa cuma dicopy saja antar memory yang sudah terinstal Free MCBoot, melainkan setiap memorycard harus diinstalkan Free MCBoot ini baru bisa berjalan sebagaimana mestinya.
Cara menginstal dan download software Free MCBootnya sudah pernah saya bahas diblog ini, bagi yang belum tahu cara menginstal softwarenya, teman-teman bisa coba-coba baca disini.
Bisa juga teman-teman baca-baca disini.
Sementara untuk mengatur setting Free MCBootnya bisa teman-teman baca disini.

Setelah MC Booting berhasil kita buat dan jalan normal di PS2-nya sesuai dengan yang kita harapkan, maka kita lanjutkan ke cara Format media penyimpanan yang akan kita gunakan untuk main game.



Menggunakan Modchip tertentu

Jika memilih menggunakan modchip atau chip tempelan, maka yang pertama-tama yang harus teman sediakan selain dari PS2-nya sendiri adalah modchipnya.
Modchip yang sebaiknya kita gunakan untuk keperluan main game pakai harddisk external ini adalah Modchip Modbo versi 5.

Sedikit mengenai Modchip Modbo versi 5 ini adalah, modchip dari jenis Modbo yang sudah ditingkatkan lagi kemampuannya dibandingkan dengan versi-versi modchip modbo sebelumnya, dimana kemampuan dari versi 5 ini adalah adanya tambahan kemampuan untuk menjalankan file booting yang tersimpan di harddisk external atau media penyimpanan yang kita gunakan yang terkoneksi dengan PS2 lewat port USB-nya (mass) yang bisa kita jalankan lewat menu boot pada modchip modbo 5 ini.

Jadi artinya disini teman-teman setidaknya punya sedikit keberanian untuk membongkar casing PS2-nya sekaligus memasang chip-nya pada board PS2.
Cara memasang modchip dari jenis tersebut sudah pernah saya bahas diblog ini, teman-teman bisa coba membacanya disini. sebagai panduan untuk memasang Modbo versi 5 ini

Titik jumper pemasangan modchip Modbo sama ditiap versinya

Setelah modchip sudah berhasil kita pasang, selanjutnya kita mengatur setting modchipnya dengan cara nyalakan PS2 yang sudah kita pasangi modchip Modbo versi 5, kemudian tekan tombol dan tahan
 Segitiga+Linkaran (stik) sampai masuk dimenu konfigurasi chip,
Selanjutnya atur untuk Boot Mode = MASS, sementara untuk setting yang lain tinggal sesuaikan dengan kebutuhan (saran = engga usah diubah).
Setelah itu simpan settingan modchip dengan menekan START

Setelah semua sudah berfungsi dengan normal, selanjutnya kita Format media penyimpanan yang akan kita gunakan main game.




Format Media Penyimpanan

Format harddisk yang kita gunakan adalah FAT (FAT32).

Jika media penyimpanan yang kita gunakan seperti flashdisk atau flashcard, maka untuk memformat-nya bisa langsung kita format lewat windows explorer saja atau menggunakan bantuan software format seperti yang pernah saya bahas disini.

Tapi jika media pnyimpanan yang kita format tidak bisa menggunakan cara tersebut, maka teman-teman bisa mencoba memformatnya menggunakan USBExtreme format versi DOS yang pernah saya bahas disini.

Okey....

Setelah media penyimpan yang kita gunakan sudah di format ke FAT (FAT32), maka kita bisa lanjutkan ke proses instalasi game-nya.

Dan khusus teman-teman yang memilih menggunakan Modchip Modbo 5 untuk menjalankan file bootingnya, maka PENTING untuk mengatur file system yang akan dibaca oleh modchip modbo 5 ini nantinya di media yang sudah kita format tadi.

Cara membuat/mengatur file system pengaturan boot menu Modchip Modbo 5 bisa teman-teman baca disini

Tapi bagi teman-teman yang malas membuatnya bisa mendownload file system pengaturan boot menu modchip di website Modbo 5 disini dan merubahnya agar bisa menggunakan Open PS2 Loader, atau bisa juga menggunakan system boot menu yang saya edit dan sudah menggunakan Open PS2 Loader (ditambah dengan uLaunchELF, SMS, biar boot menu chip-nya lebih banyak fungsihWkwkwkwk), bagi yang minat silahkan download link system boot menu modbo 5 dibawah ini


Setelah itu extract file-nya dan simpan semua file pengaturan boot menu di harddisk external-nya yang sudah diformat FAT32 pada folder system seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Setelah ini kita lanjutkan ke proses instal game



Instal Game

Untuk menginstal game pada media yang digunakan, OPL versi 8 keatas mendukung atau bisa kita lakukan dengan 2 cara diantaranya.

  1. Menginstal game dengan cara mempart-part file iso game seperti cara yang digunakan oleh file-file booting yang lain seperti USBAdvance dan PS2ESDL, yaitu dengan menggunakan software instaler game yang bernama USBUtil, dan cara menggunakan USBUtil ini salasatunya bisa teman-teman baca disini.
  2. Selain dari cara tersebut, OPL dengan pengembangan kemampuan dari programnya, maka menginstal game bisa juga kita lakukan dengan cara mengcopy langsung file game dalam format iso ke harddisk external-nya atau media yang kita gunakan menyimpan data game yang caranya sudah pernah saya posting disini Rekomendasi
Dari kedua cara tersebut, saya sendiri merekomendasikan menggunakan cara yang kedua karena lebih praktis. Dan nanti kita gunakan cara yang pertama jika file game yang kita instal lebih dari 4GB (gigabyte).

Untuk membuat file iso game dari CD/DVD game, salasatu caranya bisa teman-teman baca disini.dan bisa juga yang ini buat tambah-tambah info

Setelah tidak ada lagi game yang ingin kita instal, selanjutnya teman-teman bisa lanjutkan ke cara variasi dari Open PS2 Loader ini agar tampilannya lebih keren, seperti penambahan tema, icon, background, dan lainnya yang sudah saya bahas lengkap diblog ini untuk versi 0.8, sementara untuk versi 0.9 Insya Allah akan saya coba bahas juga (jika kesempatan ada dan kemauan/mood mendukungWkwkwkwk)
Tanpa melakukan variasi ini pun sebenarnya Open PS2 Loader sudah bisa kita gunakan main game
Setelah tidak ada lagi yang akan kita masukkan di harddisk externalnya, maka sekarang tinggal kita hubungkan harddisk external-nya atau media penyimpan lainnya yang kita gunakan dengan PS2-nya dan setelah semuanya sudah terpasang dengan baik, tinggal hubungkan PS2 dengan TV lewat kabel AV-nya, Pasang stik/controller game dan....

Bagi yang menggunakan CD Booting,
  • On kan PS2,
  • Masukkan CD Booting di PS2,
  • Tekan power dan tunggu hingga CD berhasil dibaca oleh PS2 dengan tanda logo Playstation 2 muncul dilayar TV, dan setelah itu booting akan mendeteksi harddisk.external-nya.
  • Kemudian atur settingan OPL agar membaca USB Games yang caranya bisa teman-teman coba baca disini
  • Pilih judul game dan...mainkan.
Bagi yang menggunakan MC Booting,
  • Masukkan MC Bootingnya di slot memory,
  • Kemudian On kan PS2 dan tekan tombol power,
  • Tunggu sampai free mcboot berhasil dijalankan oleh PS2,
  • Pilih menu booting yang kita gunakan dalam hal ini Open PS2 Loader, dan setelah itu booting akan mendeteksi harddisk external-nya.
  • Kemudian atur settingan OPL agar membaca USB Games yang caranya bisa teman-teman coba baca disini
  • Pilih judul game dan...mainkan.
Bagi yang menggunakan Modchip Modbo 5
  • On kan Ps2,
  • Kemudian tekan tombol power, setelah itu logo chip akan muncul dilayar TV (jika settingnya di on-kan), dan sekaligus menjalankan boot menu chipnya yang settingannya sudah kita atur/simpan sebelumnya di harddisk, flashdisk, atau media lain yang kita gunakan.
  • Pilih Open PS2 Loader dan setelah itu booting akan mendeteksi harddisk external-nya.
  • Kemudian atur settingan OPL agar membaca USB Games yang caranya bisa teman-teman coba baca disini
  • Pilih judul game dan...mainkan.


Catatan

Jika PS2 yang kita gunakan sudah mendeteksi/menampilkan semua game yang ada diharddisknya dan dipastikan tidak ada masalah sama PS2-nya, tapi game yang kita pilih tidak bisa dimainkan, maka coba defrag harddisk-nya yang salasatu caranya bisa teman-teman baca disini

Jika PS2 sama sekali tidak bisa membaca game yang terinstal di harddisk external atau flashdisk, kemungkinan masalahnya dari konverter USB atau flashdisk yang kita gunakan, dan kalau soal konverter USB-nya yang bermasalah atau flashdisk-nya, maka solusinya yang saya tahu sampai saat postingan ini saya tulis cuma 1, yaitu MENGGANTINYA dengan yang lainWkwkwkwk

Selesai.


58 komentar:

borescope mengatakan... #

rangkumannya bagus bangte gan makasih

timbangan mengatakan... #

nice info gan, ane coba langsung makasih

Anonim mengatakan... #

mas,bisa gak satu hardisk eksternal utk dua buah ps 2 slim?kalo bisa kasih tau caranya dong.



Satrio Bahar mengatakan... #

Bisa atau tidaknya belum tau juga mas, soalnya belum pernah juga coba mencari caranya.
Maklum sudah lama tidak/jarang nongkrong lagi depan PS, kebanyakan setiap harinya depan PC terus hehehe

Mungkin teman-teman yang lain ada yang bisa membantu informasinya

dhikaandesker\ mengatakan... #

tnks, knjungi jga almat kmi di motogp.unsri.ac,id

Admin mengatakan... #

bagus banget blognya meski pake blogcepot. mangtaps. ajarin atuh cara buatnya, kirim email ke sy ya. ngareup ni...

Satrio Bahar mengatakan... #

hehehe, blognya biasa-biasa aja koq mas.

Jangan anggap reme blogcepot lho mas, Saya sudah coba buktikan sendiri kemarin-kemarin, cuma dari pajang-pajang iklannya orang hasilnya alhamdulillah lebih dari cukup buat beli domain dan sewa tempat hosting, padahal itu baru 1 blog, bagaimana lagi seandainya lebih dari 1 blog + bikin blog berhasa asing, tentu lebih banyak lagi hasilnya hehehe.

Sekarang ni cuma sekedar nyalurin hobby aja utak atik blog mas, dan format blog saya ini saya kembalikan seperti awal saya bikin blog ni yang tidak banyak iklan-iklannya.

Anonim mengatakan... #

Mas, saya kmarin bru beli ps2 slim bekas yg udah pake flashdisk,.. Klo mau ngisi/nambah game ke flashdisk tsb, apa perlu cara2 diatas ?

Satrio Bahar mengatakan... #

Ia, Mas tinggal liat dulu booting apa yang digunakan ps yang mas beli tersebut,
Jika booting-nya menggunakan opl versi 0.8, maka tinggal mas instal/isi game pakai cara yang sudah saya bahas diatas.

Selesai, selanjutnya terserah sama mas, Mau lanjut main atau ..... ;)

Muzafar ahmad mengatakan... #

om ane mau naya nih ko hardis ane gak konek sih k ps .. padahal kmren2 mash jlan . ane pke hardis yg kecil( leptop ) .. tp hardis y yala.. knpe tuh .?
apa gra2 memory card ? ngaruh gak ?

Satrio Bahar mengatakan... #

kalau komentar masalahnya cuma seperti itu mas, hehehe
Saya sendiri juga bingung masalahnya dimana.

Gini.
Cek dulu, sudah masuk bootloader game atau belum,
kalau sudah masuk booting bootloader, cek lagi pengaturannya jika mas menggunakan opl apa boot mode-nya sudah USB Game.

Dan itupun masih bisa banyak kemungkinan masalahnya lagi, soalnya saya sendiri engga tau apa mas menggunakan free mcboot, atau menggunakan modchip (modchipnya versi berapa?), trus cara menjalankan bootingnya pake cara yang gimana?, belum lagi konektor usb yang mas gunakan bisa juga jadi masalah.

Anonim mengatakan... #

Gan Satrio.....
mau nanya nih..... tentang hardisk ext 32 FAT....
pas mau copy game PS2 yang sizenya diatas 4 Gb ada peringatan max file FAT 32 ngak boleh lebih besar dari 4 Gb......
mohon pencerahannya Gan......

Satrio Bahar mengatakan... #

maksudnya copy file iso game atau instal game pakai instaler game mas :-?
dan pesan peringatan ini muncul dimana ?, dikomputer atau di PS2 saat mas mau mainkan game-nya

Saran
Kalau file game lebih besar dari 4 GB, mas coba instal game pakai usbutil ke harddisk externalnya

Anonim mengatakan... #

pas copy iso file yang diatas 4 Gb......
pesannya muncul di Komputer pas mau copy iso file diatas dari hardisk komp ke hardisk ext yang bakal di mainin di ps2....
wa pake opl 0.9 jadi tinggal copy game ke folder DVD di Hardisk Ext....

ntar wa mau coba pake usbutil.....
thank's sarannya gan..... ^^

Satrio Bahar mengatakan... #

Sip (y)

Dengan menginstal menggunakan usbutil, maka file iso tersebut akan dipart-part nantinya di harddisk externalnya, seperti cara instal game buat pengguna usbadvance

goo gile mengatakan... #

Gan saya punya ps2 slim pas matrix abisnya ada tulisan disabled

Satrio Bahar mengatakan... #

:) ya, itu biasa terjadi jika kita menekan start saat PS2 menyala sampai logo matrix ilang, dan itu artinya kalau modchip matrixnya dinonaktifkan.

Mas reset aja kembali PS2 untuk mengaktifkan kembali modchipnya tanpa menekan start lagi ;)

Jremos mengatakan... #

coba dicabut dulu stiknya siapa tahu tombol startnya lengket.

Muhammad Gusti Kurniawan mengatakan... #

gan, ane denger2 ps 2 slim yang bisa di pasang HDD external itu cuma buat ps 2 slim yang seri ny 70xxxx, kalo dah naik jd 75xxxx ato 77xxxx dan seterus ny gak bisa ;(

Satrio Bahar mengatakan... #

Kalau mas baca" di blog ini, maka mas akan mendapatkan PS2 slim yang saya gunakan untuk mencoba sekaligus membantu mengambil gambar" pendukung dari tulisan/postingan beberapa persoalan penggunaan harddisk external PS2 diblog ini, itu adalah PS2 Slim SCPH 77006.

saya rasa dari info itu bisa memberi gambaran betul atau keliru apa yang mas denger" tersebut :d

Muhammad Gusti Kurniawan mengatakan... #

waah, kebetulan gan ps slim ane juga SCPH 77006 hihihi (y)
tak coba langsung

Anonim mengatakan... #

gan ane mau tanya , ane punya ps2 dh dpsang hardisknya trus pas ane lihat isi hardisknya da folder system dan ps2ESDL , trus hbis itu tak hubungin ke ps2 slimnya, udah booting, trus udah mncul gambanya trus ane pencet ikon pertama yang ada isi gamnenya, eh pas habis pncet ikon prtama loadingnya lama gak selesai selesai itu gimana ya

Satrio Bahar mengatakan... #

Mas coba pakai aja OPL, karena OPL lebih banyak sy bahas diblog ni.

Tapi kalau tetap mau gunakan PS2ESDL, coba mas browsing cari blog web altrnatif yang lain, siapa tau ada yang lengkap ngebahas PS2ESDL selain diblog nya Liu Woon Yung
Soalnya disini kelupaan dulu coba" lebih jauh menggunakan bootloader game yang satu ini :d

Tapi menurut saya masalahnya mirip dengan OPL, paling yang bedakan interface sama cara menggunakan programnya.
Atau ada teman" yang lain bisa bantu :)

Anonim mengatakan... #

Permisi Mas. aq punya ps2 slim 90006.udah aq ganti modbo 5.0.skema sperti yg di web-nya modbo 5 itu. udah berhasil setting bios jg,pake kaset jg bisa. Tapi pas aq tancepin hardisk 160 gb ps2 full game koq loading lama g habis".pdhl bios udah aq ubah ke mass.stelah aq baca di atas klo pake opl harus ngopy fail system ke folder system di hardisk.aq mau pake opl 0.9.1.masalahnya hardisknya gak kedetect di explorer windows7q.jadi gmn bisa ngopy.bingung nih.

Satrio Bahar mengatakan... #

Kan sudah full game, jadi waktu mas copy game ke harddisk-nya pakai apa ?

Kalau dipastikan harddisk tidak bermasalah, berarti kemungkinan Converter harddisk to usb mas yang bermasalah,
Engga ada cara lain selain mas usahakan agar harddisknya bisa dibaca di laptop yang mas gunakan.
Atau jika mas punya PC Destop yang pakai windows XP atau (ada teman yang punya), saya rasa itu lebih baik mas kerja aja di PC desktop tersebut.

Mungkin Bisa sih kalau cuma file system aja yang mas mau copy, bisa mas gunakan CDBooting ulaunchELF aja, dimana semua file system boot menu modchip modbo5-nya sudah mas burning bersama ulaunchELF di CDBooting tersebut, tapi ya... cara itu belum tentu berhasil 100%, karena CDBooting yang mas buat belum tentu bisa dibaca juga oleh optik PS slim yang mas gunakan :).

Anonim mengatakan... #

ow gitu.tadi aq coba pake flashdisk.aq copy file systemnya. bisa masuk menu opl tapi iso game winning eleven yg aq copy lansung ke flashdisk pake windows explorer gak kebaca.apa ngisinya harus pake winhiip. klo Hardiskq mau aq format tapi gak kebaca di windows explorer win7. jadi gmn memformatnya biar kebaca di explorer, biar bisa ngopy file system opl nya.

Satrio Bahar mengatakan... #

hehehe, dari komentar mas kentara kalau mas belum membaca dan pahami tulisan saya diatas :). tu buktinya sebut" winhiip, padahal tulisan saya diatas tidak menggunakan winhiip buat instal game :)

Saya saranin mas baca ulang tulisan saya diatas dan coba pahami biar mas lebih mengerti ;)

Soal harddisknya tidak kebaca diwindows 7, saya perlu tahu dulu, kan diawal komentar mas bilang kalau harddisknya 160 gb ps2 full game, jadi waktu isi harddisknya full game itu caranya gimana ?.
Soalnya engga mungkin kan harddisk bisa terisi game (full lagi) kalau tidak perna terhubung sama komputer :d

Anonim mengatakan... #

Thanks mas skrng udh bisa jalan hardisknya. ternyata di postingan blog ini ada cara agar format hardisk bisa kebaca lagi di windows.lewat manage storage disk management. balik ke format fat32. jadi udh bisa ngopy file systemnya. sebelumnya aq copy semua game ke hd kompi pake winhiip.alhamdulillah...ternyata dulu aq salah memformat pake winhiip (hd loader), jadi gak kedetect explorer windows. tapi bisa masukin/hapus game klo pake winhiip itu.sekarang udh fat32, bisa kedetect windows.walau gak bisa isi game pake winhiip lagi, tapi pake usbutil 2.0 baru bisa isi game.main deh.....

Satrio Bahar mengatakan... #

Sip (y)

Penjelasan
(siapa tahu ada teman" yang lain juga memerlukan info-nya ;) )

Kenapa harddisk setelah diformat pake winhiip dan selanjutnya kita instalkan game keharddisknya tidak terbaca lagi di semua windows itu karena format harddisk-nya sudah berubah keformat unix yang tidak dikenali lagi oleh windows.
Karena windows yang dibaca/dikenali itu format Fat/fat32 sama NTFS.

Jadi winhiip itu digunakan untuk menginstal game jika ingin menggunakan harddisk internal yang biasa kita terapkan pada PS2 Tebal yang dipasangi NA (network adapter), dan selain winhip bisa juga digunakan HD Handiness untuk menginstal game(semuanya sdh ada diblog ini).

Sementara USB Util digunakan untuk menginstal game jika ingin menggunakan harddisk external yang biasa kita terapkan pada ps2 tebal dan ps2 slim yang dihubungkan dengan harddisk/flashdisk lewat port usb-nya dan format harddisk yang digunakan adalah FAT32. Selain usbutil bisa juga digunakan USB Extreme instaler, isotoopl.
Tapi saya sarankan menggunakan usbutil saja karena lebih mudah penggunaannya.
Dan disamping itu khusus yang menggunakan harddisk external dimana format harddisk yang digunakan itu adalah FAT32 yang dikenali juga windows, maka cara menginstal game ada lebih gampang lagi yaitu dengan meng-copy file iso game saja keharddisknya lewat explorer windows dengan cara yang sudah juga dibahas diblog ini.

Muhammad Gusti Kurniawan mengatakan... #

mas satrio, saya kan pake opl o.8 rev 536, udh saya instal sekitar 20 game dan lancar semua kecuali harvest moon a wonderful life, harvest fishing, dan SRS. pdhl udh saya defragment hardisk external ny, bahkan saya format ulang tetep aja ketiga game itu lg yg ga mau

khusus game harvest moon a wonderful life, saya coba ga patch dg usbtill file iso ny, dan hasil ny jalan, tetapi pas tahap ada tulisan "now loading" mentok di situ2 terus ;((

Satrio Bahar mengatakan... #

Trik patch game dgn USBUtil itu buat yang menggunakan USBAdvance mas, sementara kalau di OPL kita patch game malah kadang justru membuat game tidak bisa jalan normal.

Pastikan game yang mas instal itu masih seperti aslinya, artinya file iso game-nya belum pernah dipatch baik menggunakan USBUtil maupun dengan trik patch DNAS, dan jika masih belum jalan juga coba mas disable IGR (pengaturan 6 aktifkan).

Saya Pengguna HD Internal (HDD Games), dan Harvesmoon wonderful life dan back to nature jalan normal mas, sementara harves fishing dan SRS engga punya :d

Atau ada yang teman" yg lain bisa bantu.

Muhammad Gusti Kurniawan mengatakan... #

owh, jd kalo opl ga perlu pake patch macem2 y gan :))

hmm, kalo d upgrade opl ny jd versi 0.9 misal ny, apa ada kemungkinan game yg td ny bermasalah td bisa jalan? kan versi baru gitu =))

dan kalo bole tau opl tu kan ada yg nama ny opl Childproof dan opl NoVMC, maksud ny apa sih, apa ada kelebihan tertentu d versi tersebut :-#

Satrio Bahar mengatakan... #

Untuk melihat pengembangan opl, mas liat dulu changelog pengembangan-nya salasatunya bisa mas baca disini
Disitu disertakan apa saja yang sudah ditambahkan pada oplnya

Sementara untuk memastikan game-nya support sama opl atau tidak, jangan cuma mencari info di blog ini saja :) (banyak keterbatas saya, banyak game yg tidak saya punya dan disamping itu sudah tidak aktif sperti dulu pelajari soal ps2),ada baiknya mas search juga digoogle soal itu, siapa tau ada blogger atau forum game yang lain masih aktif ngebahasnya.

Dari nama opl-nya saja sudah bisa ketauan tu maksudnya gimana, Childproof kalau kata google translate pengaman, jadi artinya opl yang ada pengamannya.
Kemudian No artinya tidak atau tiada, sementara VMC singkatan dari virtual MC, jadi artinya saya rasa mas sudah tau :d
Dan jika masih penasaran lagi, tidak ada yang lebih baik selain mas mencobanya sendiri ;)

Anonim mengatakan... #

kan ane dah burning ke dvd-rw nih mas satrio kok malah ga kebaca di ps2, ane dah liat tips dari mas satrio apa memang harus pake cd/dvd+rw baru bisa kebaca di ps2 soal ny susah cari cd/dvd+rw ny ... ?

Satrio Bahar mengatakan... #

Saya tidak pernah pakai baik CD-RW maupun DVD-RW, apalagi CD+RW ataupun DVD+RW untuk keperluan main di PS2 :)

"Coba mas baca" kembali tulisan saya diatas"
Sebelumnya saya cuma gunakan CD-R atau DVD-R tapi tidak semua chip ps2 bisa mendukungnya, sementara jika saya gunakan CD+R atau DVD+R baru bisa dibaca semua PS2 yg kebetulan saya gunakan mencoba, itupun jika format booktype-nya di set ke DVD-ROM, pakai nero otomatis memburning ke booktype CD-ROM atau DVD-ROM jika media yg digunakan disupport dalam hal ini CD/DVD yg digunakan CD+R atau DVD+R

Info
CD-R/DVD-R tidak sama dengan CD+R/DVD+R, apalagi dengan CD-RW/DVD-RW jauh beda :)
Silahkan search aja digoogle perbedaan masing jenis CD/DVD tersebut.

Anonim mengatakan... #

sandy : saya mau tanya saya menggunakan OPL ver0.8
saya sudah berhasil memasukan OPL ke MC lalu mencoba memasukan game warrior orochi 2 yang besarnya 3.6GB ke flashdisk 8GB dan di OPL pun itu terbaca namun pada saat saya start game na yang terjadi hanya black layar TV saya
saya menggunakan PS 2 slim tipe SCPH 75004 namun tidak tau apakan sudah di pasang chip matrix atau belum
tolong secepat nya ya ^^ dah 2 hari blon tidur kwkw ;((

Satrio Bahar mengatakan... #

Kemungkinan data warrior orochi di flashdisk mas yang terfragmentasi, coba mas defrag dulu flashdisknya yg caranya sdh saya bahas disini.

Atau bisa juga mas format ulang aja dulu flashdisknya, baru copy/instal kembali game ke flashdisk-nya.

Mending mas baru 2 hari blom tidur, sementar saya baru ini hari sempat tidur ;( "tidur siang :)) "

Info
OPL 0.8 bisa jalan normal baik pada PS2 yg sudah dipasangi modchip maupun yg tidak mempunyai modchip.

Anonim mengatakan... #

mas ps saya kan udh pake HDD,klo mau masukin game di flashdisk tinggal ikutin langkah insta/isi game aja yah ?? apa masih ada langkah lain nya mas ??

satu lagi nih mas,klo liat booting gitu dmn ya ?? saya kurang ngerti sama yg bginian

Satrio Bahar mengatakan... #

Karena mas berkomentar dihalaman dimana yg saya bahas disini adalah penggunaan flashdisk atau harddisk external di PS2, maka saya anggap kalau PS2 mas menggunakan harddisk external.

Ia mas, tinggal mas copy/instal aja game-nya ke flashdisknya.

untuk booting harddisk external itu bisa lewat MC, bisa juga lewat harddisk/flashdisknya, jadi mas lihat saja, kalau saat mas nyalakan ps2-nya harus pakai MC, maka file bootingnya itu tersimpan di MC pada folder BOOT, biasanya dengan extensi *.ELF (BOOT.ELF)
untuk melihat file" di MC, mas bisa gunakan ulaunchELF.

Sementara jika tidak memerlukan lagi MC saat mas mau mainkan game diharddisknya, maka bootingnya tersimpan di harddisk/flashdisk, dan cara ini bisa dilakukan jika PS2-nya sudah menggunakan modchip modbo 5
Dan file bootingnya tersimpan didalam folder system, mas bisa melihatnya di PS2 menggunakan ulaunchELF atau bisa juga di komputer menggunakan explorer windows dengan nama file booting-nya biasanya extensi *.ELF.

Anonim mengatakan... #

oke mas, saya sudah mengerti..
dan misal nya saya ingin menghapus game yang ada di hardisk external saya langkah nya bagaimana? apa di delete secara manual / ada cara lain nya?

Satrio Bahar mengatakan... #

Ya, mas delete aja secara manual di explorer windows jika mas menginstal/meng-copy file iso game keharddisk externalnya seperti yg pernah saya bahas disini.

Tapi jika game tersebut diinstal dengan cara di part", maka mas gunakan usbutil untuk hapus-nya.

Saat menghapus sebuah game diharddisk external ada kemungkinan saat menginstal game baru yang lain diharddisk tersebut mengalami fragmentasi data game-nya,
Dan jika game mengalami fragmentasi data, maka opl tidak bisa menjalankannya
untuk masalah fragmentasi data ini mas bisa coba" baca disini

Anonim mengatakan... #

saya klo isi game,harddisk eksternal saya harus di format ulang apa itu untuk menghindari fregmentasi data ??
setelah di format ulang masih ada juga beberapa game yg tidak bisa di mainkan -_- dan ada juga game yg di mainkan berhenti sendiri (klo bahasa kaset 'macet') itu knp mas ??

sebelum nya trima kasih mas,maaf maaf klo bnyak nnya :d

Satrio Bahar mengatakan... #

"saya klo isi game,harddisk eksternal saya harus di format ulang apa itu untuk menghindari fregmentasi data ??"

Memangnya bukan mas yang format harddisk-nya ya?, soalnya dari pertanyaannya seakan masih bingung koq harddisknya mas diformat kalau mau isi game :d.

Coba mas baca dulu disini, kenapa harddisk itu diformat serta tujuannya, dan tidak selamanya kalau isi game itu harus format harddisk dulu, tergantung keadaannya saja, okey ;)

Game yang tidak jalan itu, game apa saja mas ?
Sementara game yang awalnya jalan, terus berhenti saat memainkannya,
- pengaruhnya bisa jadi karena memang gamenya ada yang rusak datanya, sebagian pengaruh karena game backup atau game editan atau game yang sudah dipatch dengan patch booting game yang lain yang tidak sesuai dengan opl.
- bisa juga karena harddisknya ada yang sudah bad sector (cacat dari hardwarenya).
- bisa juga karena prilaku org yang memainkan gamenya terlalu cepat menekan tombol-tombol stik, smentara kecepatan transfer usb itu terbatas dan tidak secepat kalau menggunakan harddisk internal atau pakai optik (CD/DVD Game), ibarat orang yang makan disuapin, belum ditelan makanannya uda disuapin lagi, akhirnya bukannya kenyang malah muntah :d.

Anonim mengatakan... #

saya biasa bawa k tempat isi game mas :d

saya coba pahami dulu soal fregmentasi data,maklum otak agak lola mas :))

game yg tidak bisa final fantasy 12 dan samurai warrior 2 empires,apa bisa dengan langkah" fragmentasi data game nya bisa d main kan kembali ??
klo yg berhenti tiba tiba GUN sama naruto ultimate ninja 5
klo GUN mungkin kya yg mas bilang,terlalu cepet mencet stik :d maklum nama nya juga game tembak"an (battlefield 2 game tembak"an lancar" aja [-( )
klo naruto pas mau bertarung sama wood-nya macet mas

Satrio Bahar mengatakan... #

coba mas gunakan dulu opl yg versi terakhir 0.9.1 rev 650, opl itu sdh diperbaharui modulnya oleh sp193.

Final fantasi 12 coba mas gunakan yg masih original DVD gamenya, artinya belum pernah dipatch buat game HDLoader atau patch booting lainnya. sementara game yang berhenti sementara dimainkan gun sama naruto-nya aktifkan setting opl untuk disable IGR-nya dan pastikan game yg mas instal memang tidak rusak file game-nya, karena pernah juga saya alami game NFS Underground selalu macet saat dimainkan dan baru normal setelah saya ganti dengan file iso game langsung dari DVD game yang saya pastikan tidak macet lagi game-nya (krna DVD game-nya saya coba langsung di ps optik)

Anonim mengatakan... #

kalo kita mau ngopy game yg ada di hardis yg udah diformat usbutil ke flasdisk,apakah nantinya bisa kedetect FDnya pas kita mainkan ?

mohon pencerahannya gan,, ;((

Anonim mengatakan... #

setting IGRS itu dmana ya mas ??
heheh saya tidak tahu :-)

Satrio Bahar mengatakan... #

disini pernah saya bahas soal fitur IGR OPL

Satrio Bahar mengatakan... #

Kalau yang mas gunakan OPL
maka soal copy game dari harddisk ke FD, dimana game yang diharddisknya dipart" karena sebelumnya diinstal menggunakan usbutil, maka ada baiknya mas jadikan saja dulu iso file menggunakan usbutil juga, dan nanti mas copy file iso tersebut ke flashdisk dengan cara disini

Soal FD bisa kedetek atau tidak bukan karena gara" game-nya mas, tapi karena FD itu sendiri ada yang bisa didetek, ada juga yang tidak bisa
FD yang saya gunakan samapai sekarang buat tes merk kingston 8 GB yg contoh gambarnya dibawah ini
http://img.diytrade.com/cdimg/326815/12229711/0/1276909965/wholesale_64GB_Kingston_DataTraveler_101_USB_flash_disk.jpg

Satrio Bahar mengatakan... #

Maaf untuk tautan komentar ini saya tutup, dan tidak saya tampilkan lagi tautan berikutnya
Okey... ;)
Karena semua pakai nama anonim, sementara pertanyaanya tidak berkaitan, jadi susah saya jawabnya :d

Kalau ada teman" yang punya masalah ingin dibahas, silahkan buat tautan komentar baru dibawah dengan meng-klik Tambah Komentar

rizki razak mengatakan... #

mas..aku udah burning ulaunch.iso nya ke cd-r, tapi tidak juga kebaca di ps2 saya seri 77000..
Padahal isinya udah ada dummy, boot, dan system..
Tolong mas bro,,, udah 8cd-r yg saya korbankan.. :'(

Satrio Bahar mengatakan... #

Saran saya sih, ya hentikan mas gunakan CDbooting untuk menjalankan ulaunchELF

Menggunakan CDBooting ulaunch kan bukan satu"nya cara mas :)

Saran saya lebih baik mas gunakan modchip modbo 5, lebih mudah dan tidak perlu makan banyak ongkos untuk perhitungan kedepannya :). dan kalau tidak berani pasang sendiri, bisa mencoba menggunakan jasa tukang services di daerah mas ;)

nia andiny mengatakan... #

klo ps2 slim yg scph nya 90004 bisa dipasang hardisk external gak ya? & klo emang bisa gmana cara pasang & brp puluh/ratus kapasitas game yg bisa di isi? & brp duit biaya tuk smua nya.. mhon info dari agan2 sekalian hehe mklum endeso.. thanx ,,

arie sumantri mengatakan... #

Mas mau nanya Game PS1 yg Harvest Moon BTN,, bisa dimainkan di HDD PS2, mohon bantuan jawabanxa,, makasih?

Satrio Bahar mengatakan... #

Belum pernah saya coba juga mas

Satrio Bahar mengatakan... #

Bisa mas, pasang modbo 5 di PS2 slim-nya, semua cara"-nya sudah saya bahas diblog ini, mas cari saja ;), Terus soal ongkos-nya jika mas yang kerja semuanya kira" masih lebih mahal harga PS2 Slime baru, harga pastinya silahkan tanyakan pada penjualnya ;).

Anger29 mengatakan... #

mas satrio, kalau mau upgrade browser v2.0 bisa gak via hdd ext? saya gak punya hdd int & NA.

Satrio Bahar mengatakan... #

Belum bisa mas sekarang, HDD-OSD 1.10U (browser v2) khusus buat pengguna harddisk internal (PS2 Fat+NA)

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini