14 Januari 2013

Cara Edit System Boot Menu v1.00 Modbo 5

Kehadiran Modchip Modbo versi 5 ini membawa perubahan yang berarti bagi pengguna PS2 khususnya yang menggunakan harddisk external.

Kalau pada versi sebelumnya (versi 4 kebawah) kemampuan chip cuma bisa menjalankan file bootloader yang tersimpan di harddisk yang terkoneksi lewat port IDE PS2 dengan menggunakan Network Adapter (NA), tapi pada versi 5 ini kemampuan chip ditingkat lagi dimana bisa menjalankan file booting yang terkoneksi lewat port USB PS2 atau dengan kata lain chip mampu menjalankan aplikasi PS2 yang tersimpan di harddisk external, flashdisk, flashcard yang kita hubungkan di PS2 lewat port USB-nya.

Untuk menjalankan aplikasi di harddisk external, flashdisk dan sejenisnya, modchip modbo 5 ini menggunakan fitur chipnya sendiri yang pada saat postingan ini saya tulis bernama boot_menu v1.00. Lewat boot menu ini modchip menjalankan sebuah aplikasi (APPS) yang dipilih oleh user atau yang menggunakan modchip tersebut pada PS2-nya.

Boot menu modchip modbo 5 ini dalam prosesnya membutuhkan file-file system pengaturan menu-nya baru bisa berjalan sebagaimana mestinya. Dan file system pengaturan boot menu chip ini tersimpan di media yang kita gunakan (harddisk, flashdisk dan sejenisnya) atau yang kita hubungkan di port USB PS2-nya.

Mungkin sudah banyak teman-teman yang sudah mengerti sama file-file system boot menu modchip modbo 5 ini, dan pada postingan ini saya akan membahasnya kembali siapa tahiu masih ada teman-teman yang masih membutuhkan informasi ini dikemudian hari.

Untuk lebih jelasnya, maka kita mulai saja membahasnya.

Di website modbo 5.0 sudah dijelaskan dan diberikan file system yang sudah siap pakai yang gambar tampilan boot menu v1.00 di layar TV seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Dan jika file-file system boot menu ini tidak berhasil dibaca oleh modchip modbo 5 di harddisk external atau flashdisk-nya, maka dilayar TV akan ditampilkan gambar seperti dibawah ini.


File-file system boot menu modchip modbo 5 ini terdiri dari :
  • Gambar. Gambar-gambar yang dibaca oleh chip ini berextensi *.bmp yang digunakan untuk menampilkan icon-icon menu serta background dari menu boot-nya sendiri. Dimana untuk gambar icon berukuran 96x96 pixel, sementara untuk gambar background berukuran 512x384 pixel.
  • config.txt. File ini merupakan file text berextensi *.txt yang memuat kode-kode pengaturan tertentu untuk mengatur penggunaan menu boot chip-nya. Dan file config ini bisa kita bikin menggunakan Notepad (windows) atau program text editor lainnya.
  • File Aplikasi. File aplikasi/program ini adalah file extensi *.elf yang akan kita jalankan nanti dari menu chipnya.
Penjelasan selanjutnya :

Gambar icon menu terdiri dari 2 gambar untuk 1 menu (jadi jika terdiri dari 4 menu, maka gambar icon-nya terdiri dari 8 gambar). Kedua gambar tersebut digunakan/ditampilkan saat menu tersebut dipilih dan saat tidak terpilih, dimana nama file gambarnya sebagai berikut:
  • Jika icon gambar tersebut dipilih, maka gambar yang ditampilkan bernama appx_selected.bmp.
  • Jika icon gambar tersebut tidak terpilih, maka gambar yang ditampilkan bernama appx_idle.bmp.
  • x merupakan nomer urut dari icon-nya seperti 1,2,3,4, hingga penulisannya menjadi app1,app2,app3,app4.
Contoh gambar icon (96 x 96 pixel) umpamanya seperti dibawah ini.


Sementara untuk gambar background berukuran 512x384 pixel umpamanya seperti contoh gambar dibawah ini.


Sekarang kita beralih ke membuat file config.txt. yang memuat kode-kode, dimana kode penulisan untuk config yang dibaca modbo 5 sebagai berikut

APPx_ELF=   APPS.ELF    
APPx_DESC=  Uraian Icon

Penjelasan :

  • x = Nomer urut dari menu icon seperti yang sudah dijelaskan diatas seperti 1,2,3,4
  • APPS.ELF = Nama aplikasi yang akan disimpan bersama file pengaturan system boot menu chip yang nantinya akan dijalankan jika menu icon tersebut dipilih.
  • Uraian Icon = Nama atau judul aplikasi yang akan ditampilkan dilayar TV jika icon aplikasi tersebut dipilih.
Umpamanya :

Jika kita akan membuat dimana icon 1 tersebut jika dipilih akan menampilkan uraian icon-nya adalah Open PS2 Loader dan jika ditekan Kali (stik) akan menjalankan file OPL.ELF, maka penulisan kodenya sebagai berikut.
APP1_ELF=   OPL.ELF    
APP1_DESC=  Open PS2 Loader
Umpamanya lagi jika icon 2 dipilih akan menampilkan uraian icon adalah Pemutar Audio Video, dan jika ditekan Kali (stik) akan menjalankan file SMS.ELF maka kode icon kedua ini kita tambahkan saja dibawahnya kode diatas, sehingga penulisan semua kodenya menjadi

APP1_ELF=   OPL.ELF   
APP1_DESC=  Open PS2 Loader


APP2_ELF=   SMS.ELF    
APP2_DESC=  Pemutar Audio Video
Untuk kode icon ke 3 dan ke 4 sama dengan diatas, tinggal kita tambahkan kode selanjutnya dibawah-nya.

Umpamanya setelah semua kode-nya kita tulis seperti contoh dibawah ini
APP1_ELF=   OPL.ELF    
APP1_DESC=  Open PS2 Loader

APP2_ELF=   SMS.ELF
APP2_DESC=  Pemutar Audio Video

APP3_ELF=   SNES.ELF
APP3_DESC=  Super Nintendo

APP4_ELF=   OSDSYS
APP4_DESC=  System Browser
OSDSYS merupakan kode untuk keluar ke browser PS2

Semua kode tersebut kita ketik di program notepad atau program text editor lainnya, dan kita save dengan nama config.txt seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Okey

Selanjutnya semua file-file pengaturan yang sudah jadi kita copy di harddisk external, flashdisk, atau media penyimpanan lainnya pada folder system bersama dengan file-file elf yang dibutuhkan, seperti pada contoh gambar dibawah ini setelah saya copy ke flashdisk.


Jadi jika sudah masuk di menu boot modchip modbo 5 akan seperti contoh gambar dibawah ini



Selesai

16 komentar:

borescope mengatakan... #

ohhh begitu cara editnya hehehe

timbangan mengatakan... #

keren gan edit systemnya mantappp

firman cipit mengatakan... #

tolong bantu dong system boot menu ane tidak berhasil ke baca apa yang salah ya tepat persis gambar 4 tanda ! apa yang salah ni gan tolong bantu dong?

Satrio Bahar mengatakan... #

Semua file" pengaturan menu boot-nya dipastikan sudah benar dan disimpan di dalam folder system mas, seperti yang sudah sy tulis diatas.

Dan jika msh muncul tanda ! seperti yang saya tulis pada postingan ini, artinya pengaturan menu boot-nya tidak dideteksi/dianggap belum ada di flashdisk/harddisk yang kita hubungkan di USB PS2

Masalahnya, jika mas pake flashdisk, pastikan format-nya FAT32, tpi jika msh belum dibaca artinya flashdisknya tidak dikenali oleh chip, Coba mas gunakan flashdisk yang lain (Saya sendiri mencoba-nya menggunakan flashdisk 8 gb merk Kingston), kemungkinan dari driver USB flashdisk yang tidak cocok sama PS2

Jika mas gunakan harddisk external, pastikan format harddisk-nya fat32, jika msh belum dikenali, artinya masalah bisa jadi sama converter usb-nya, mas coba gunakan converter USB yang lebih besar (case HD)

Atau mungkin ada teman-teman lain yg punya saran yang?

havi mengatakan... #

thanks buat tutornya gan

Anonim mengatakan... #

mas bahar,dalam pemakaian ESDL tampak tampilan tulkisan game yg agak buram dan goyang,gmn cara merubah tampilan tulisan game biar tampak jelas dan menarik.trims,wasssallam...

Satrio Bahar mengatakan... #

ESDL itu apa mas?

Anonim mengatakan... #

pemakaian syestem dari modbo 50 untuk hd external ps2 slim.terlihat tampilan list game yg goyang dan tak jelas,serta tulisan yg sangat buram.SANGAT BEDA DGAN TAMPILAN LIST GAME DI OPL.makanya sya selalu memakai syestem OPL 8,0 dgan bantuan modcip MODBO 50.ada solusi lain mas bahar..?
........wassalam,.

Satrio Bahar mengatakan... #

Sebenarnya saya bingung sama masalahnya mas

"pemakaian system dari modbo 50 untuk hd external ps2 slim.terlihat tampilan list game yg goyang dan tak jelas,serta tulisan yg sangat buram"

file system modbo 5 bukan loader game mas, jadi system modbo 5 tidak bisa tampilin list/daftar game yang ada diharddisk externalnya.
file system modbo 5 itu cuma file pengaturan chipnya saja untuk menjalankan file elf yang ada diharddisk external/flashdisk seperti yg sdh saya tulis diatas

antara file system modbo 5 dan OPL itu tidak sama mas fungsinya

liddo mengatakan... #

mas satrio,
kalo nyantol di tulisan 'loading boot_menu v1.00...' itu kira2 mas ada masukan apa sebabnya?
saya makai file system dari punya mas satrio baik yang 0.8 maupun 0.91 dan di-ekstrak ke dalam folder system pada flashdrive fat32, namun hasilnya sama.
apa harus bikin folder THM dll trus ada file config lagi ya mas?
tolong pencerahannya mas.

Satrio Bahar mengatakan... #

Kalau nyantol atau maksudnya freeze diam membeku kali yah :)

Mas reset saja PS2, trus booting ulang PS2-nya, biasanya pengaturan systemnya sudah berhasil dibaca kembali oleh modchip-nya.

Sebaiknya file system boot menu modchip tersebut lebih awal atau pertama mas copy ke harddisk atau flashdisk-nya sebelum mengisi/mengistal game-game yang lain, biar modchip lebih cepat menemukan file system pengaturannya saat awal PS2 dinyalakan.

Pastinya untuk masalah ini belum mengerti juga mas, mudah-mudahan jika masalah itu dari firmware modchip, diversi berikutnya modbo 5 bisa lebih stabil dalam membaca file pengaturan system di mode mass.

liddo mengatakan... #

terima kasih mas satrio, setelah ikutin saran mas sudah bisa :b) :) memang sebaiknya system nya saja dulu yang dikopi.

angkatan tua nih ps2 saya. mesin 30000, dulu pake messiah, hdloader dgn network adapter n hdd ide belakang.

trus rusak, dibenerin skalian digantiin dg modbo 5. lumayan tnyata, barusan nyoba neo geo battle coliseum yang dulunya ga bisa pake hdl hdd blkg, pake opl hdd ext bisa jalan. :d

Satrio Bahar mengatakan... #

(y) sama" mas
Terimakasih juga sudah menambah game yang support sama OPL ;)

ramonpierce mengatakan... #

saya mau nanya nh mas satrio ,PS2 saya kan dipasang modbo 5 lalu bootingnya mnggunakan USB advance,

kalo saya hanya memakai booting OPL apakah itu bisa kebaca ?
lalu apakah ada pengaturan yg harus disetting ??

Satrio Bahar mengatakan... #

Ia, bisa ke-baca mas.
Terus pengaturannya mas setting saja agar opl-nya membaca USB Games secara otomatis dan menu defauld-nya set ke USB Games.

Dan penting juga, karena sebelumnya mas menggunakan USBAdvance, dan bisa jadi sebagian game yang mas gunakan sudah dipatch entah itu menggunakan USBUtil atau patch game yang lain yang tujuannya agar game tersebut bisa jalan di USBAdvance, namun cara-cara patch tersebur kadang justru membuat game tidak bisa jalan di OPL. Jadi jika mas mendapatkan game yang tidak jalan di OPL, maka mas instal ulang game tersebut dengan menggunakan file game yang belum dipatch atau file game yang sama dengan aslinya.

Dan di OPL juga sangat berpengaruh jika data game terfragmentasi, beda dengan USBAdvance yang tidak terlalu berpengaruh terhadap data game yang terfragmentasi, jadi kemungkinan bisa jadi ada data game yang terfragmentasi diharddisk mas yang sekarang, jadi sebaiknya mas format ulang saja dulu harddisk-nya baru kemudian menginstal ulang game-nya

ramonpierce mengatakan... #

okeee maass satrio (y) *-)..
terimakasih banyak atas ilmunya ya maass hehe :d :d :d

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini