21 Juli 2013

Cara Instal File Game 4 GB+ di HD External pada OPL #4

Pada postingan terdahulu sudah kita bahas cara menginstal file game dengan besar file diatas 4 giga byte dengan menggunakan usbutil, maka pada postingan ini kita akan membahas lagi cara menginstal yang sama dengan menggunakan software alternatif yang lain lagi, dimana kegunaannya sama dengan usbutil, cuma lebih simple lagi dalam penggunaanya.

Software yang akan kita coba gunakan untuk menginstal file game diatas 4 giga ini adalah iso2opl, yang bisa menjadi alternatif pilihan install game jika program installer game yang lain bermasalah.

Untul lebih jelasnya mengenai cara menggunakan program ini, maka kita akan mulai membahas-nya.

Iso2opl ini merupakan program yang jalan di DOS, atau dengan kata lain program iso2opl kita jalankan dengan terlebih dahulu membuka DOS (cmd), kemudian mengeksekusi programnya dengan perintah tertentu untuk menginstal game dengan besar file diatas 4 GB pada harddisk external, flashdisk, atau pada folder SMB-nya (PS2SMB).

Perintah dari iso2opl ini sebagai berikut:
iso2opl [sumber_iso_game] [tujuan_instal_game] [judul_game] [type_game]
Contoh perintah yang lainnya diantaranya sebagai berikut:
iso2opl F:\ISO\GTA3.iso E GTA_3 DVD
iso2opl "F:\ISO\GTA 3.iso" E "GTA 3" DVD
iso2opl F:\ISO\GTA3.iso E "GTA 3" DVD
iso2opl "F:\ISO\GTA 3.iso" E GTA_3 DVD

Penjelasan :

Pada contoh perintah diatas sengaja saya beda-bedakan warna setiap bagian perintah-nya agar teman-teman lebih mudah mengenali perintah dan perbedaan setiap perintahnya, Okey...

  • iso2opl dengan tulisan warna merah merupakan program installernya.
  • F:\ISO\GTA3.iso dengan tulisan warna hijau artinya kalau file iso game yang akan diinstal bernama GTA3.iso (tanpa ada spasi dinama file iso-nya) yang berada di komputer (PC) pada drive F:\ISO\, sementara jika nama file game yang akan di-install menggunakan spasi, maka penulisan perintahnya diantarai oleh tanda kutip (") seperti pada contog diatas "F:\ISO\GTA 3.iso".
  • E dengan tulisan warna cyan merupakan alamat drive dimana file iso tersebut akan di-install.
  • GTA_3 (tanpa spasi) dengan tulisan warna pink merupakan judul dari game yang akan di-instal dimana nama judul dari game-nya tidak menggunakan spasi, tatapi jika nama judul game-nya mengandung spasi, maka penulisan perintah judul game-nya diantarai oleh tanda petik (") seperti pada contoh "GTA 3".
  • DVD dengan tulisan warna kuning merupakan type media dari game-nya, yang dalam hal ini adalah DVD.
Okey...

Gimana ?, mudah-mudahan sudah mengerti cara penulisan perintah install game iso2opl-nya.

Sementara bagi teman-teman yang masih repot harus keluar ke dos untuk menggunakan softwarenya, ditambah lagi adanya perbedaan dari setiap penulisan perintah nama yang menggunakan spasi dan yang tidak, maka untuk mempermudah menggunakan program ini, maka sudah saya buatkan script bat command siap pakai dan sudah juga saya pack menjadi exe file hehehe

yang tampilan pertama dari script iso2opl setelah dijalankan seperti contoh gambar dibawah ini.


Cara menggunakan softwarenya sebagai berikut:

Copy terlebih dahulu program-nya pada folder dimana file-file iso disimpan atau file-file iso yang akan diinstal pada harddisk external, flashdisk, atau pada folder SMB, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya jalankan program installer-nya dan pada menu awal ada tiga pilihan diantaranya
  1. Install Game Iso ke HDD/FD/Folder PS2SMB, merupakan pilihan jika teman-teman ingin menginstal iso game ke harddisk external, flashdisk, atau pada folder PS2SMB dengan besar file iso game tersebut diatas 4 gigabyte.
  2. Ubah nama game dengan Format Iso Games, merupakan pilihan jika teman-teman ingin merubah nama iso game sesuai dengan format game yang dibaca oleh opl dengan menggunakan iso game format untuk main game seperti cara yang pernah dibahas disini.
  3. Bantuan, merupakan pilihan jika teman-teman ingin mendapatkan bantuan info menggunakan program ini twink.
Karena yang kita bahas disini adalah cara menginstal file iso game diatas 4 gigabyte, maka pilih nomer 1 lalu tekan Enter.

Selanjutnya ketik atau masukkan nama file iso game yang akan diinstal dengan cara:
  • Bisa menulis semua nama file dengan lengkap sesuai dengan nama file iso game-nya, seperti contoh Grand Theft Auto III (USA).iso
  • Bisa juga ditulis cuma awal nama file iso game-nya saja, atau kita ketik kata yang mewakili nama dari salah satu file iso-nya, selanjutnya kita tambahkan tanda bintang (*) setelahnya, dan dilanjutkan dengan mengetikkan extensinya (.iso), seperti contoh grand*.iso
Seperti pada contoh gambar dibawah ini, kalau nama file iso yang saya masukkan/ketikkan adalah nama yang mewakili nama file iso game yang akan diinstall yakni Grand Theft Auto III (USA).iso.

Cara ini berguna untuk mempercepat menginputkan nama file game, terutama jika nama file iso tersebut termasuk panjang hehehe


Selanjutnya tekan Enter.

Kemudian ketikkan judul game yang nantinya akan ditampilkan di OPL.

Seperti pada contoh gambar dibawah ini setelah judul game saya ketikkan.


Selanjutnya tekan Enter.

Kemudian kita masukkan media atau type dari game yang akan kita instal seperti CD atau DVD.

Dan pada contoh ini type game yang akan diinstal adalah DVD, maka cara pengetikannya sebagai berikut
  • Jika besar file yang diinstal kurang dari 800 MB, maka kita ketikkan CD.
  • Jika besar file diatas/lebih besar dari 800 MB, maka kita ketikkan DVD.
  • Jika teman-teman bingung atau ingin cepat memasukkan type dari game yang diinstal, maka tekan saja Enter, maka otomatis script-nya akan membaca type dari file yang akan diinstal twink
Seperti pada contoh gambar dibawah ini setelah saya tekan saja Enter tanpa mengetikkan type (CD/DVD) game yang akan diinstal.


Nah... Seperti contoh gambar diatas kalau script membaca otomatis type dari game yang akan diinstal adalah DVD twink

Okey....

Selanjutnya kita masukkan nama atau alamat drive dimana file iso game-nya akan kita install dengan cara sebagai berikut:
  • Jika alamat drive yang akan kita installkan game-nya adalah usb mass storage device seperti halnya harddisk external atau flashdisk, maka kita cukup mengetikkan nama dari drive-nya seperti E, F, G, dan lainnya.
  • Jika game yang akan kita instal di PC pada folder PS2SMB yang mana biasa digunakan oleh teman-teman yang menggunakan mode ETH Games seperti yang sudah pernah dibahas disini, maka kita ketikkan alamat drive-nya adalah PS2SMB.
Seperti pada contoh ini dimana alamat drive dari flashdisk yang saya gunakan terhubung di port usb PC adalah G, maka akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya tekan Enter, dan akan ada konfirmasi seperti gambar dibawah ini sesuai dengan data game yang sudah kita masukkan sebelumnya.


Pada pilihan Apa data sudah benar ? di-inputkan sebagai berikut:

  • Ketik N, jika masih ada data yang ingin diubah.
  • Ketik Y atau tekan saja Enter, jika data sudah benar.
Selanjutnya tekan Enter, maka iso game akan mulai di-install sesuai dengan data yang sudah dimasukkan, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Tunggu proses instalasi selesai.

Dan setelah selesai akan ada konfirmasi seperti gambar dibawah ini


Jika masih ingin menginstal file iso game yang lain, maka klik sembarang tombol, tapi jika sudah tidak ada lagi file yang ingin di-instal, maka close/tutup dos window-nya.

Dan pada contoh ini yang saya gunakan adalah flashdisk, maka setelah file iso game-nya di install pada FD akan seperti pada contoh  gambar dibawah ini.


Okey...

Cara menginstal pada postingan ini berlaku atau bisa juga kita terapkan pada file iso game yang besarnya kurang dari 4 gigabyte.

Selesai.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini