11 Juli 2013

Cara Instal File Game 4 GB+ di HD External pada OPL #1

Sejak OPL atau Open PS2Loader memasuki versi 0.8, maka kemampuan membaca file game khususnya bagi pengguna HD External (USB Games) bisa langsung dari file iso game, disamping bisa juga membaca format instalasi game yang dipart-part seperti format game yang dibaca oleh OPL diawal-awal pengembangannya.

Dan cara menginstal/memainkan file iso games di opl ini sudah pernah saya bahas diblog ini, dan bagi yang memerlukan infonya, silahkan klik saja disini.

Tetapi penggunaan iso game di OPL sebatas atau dimana game tersebut berkisar besar file 4 gigabyte, dan jika besar file game sudah diatas 4 gb atau saat file iso tersebut tidak bisa lagi kita copy keharddisk external atau flashdisknya karena adanya keterbatas alokasi transfer file diformat yang digunakan oleh opl yakni format FAT32, maka untuk menginstal game tersebut kita lakukan cara seperti sebelumnya yaitu dengan menginstal game dengan cara dipart-part yang sebenarnya sudah pernah juga dibahas diblog ini.

Dan pada postingan ini saya bahas lebih khusus lagi dengan memberikan contoh salasatu game yang ukuran file-nya lebih dari 4 Gigabyte.

Pada contoh ini, game yang akan saya jadikan contoh adalah game Suikodon V (SLUS_212.91) dengan besar file iso-nya 4.504.649.728 bytes atau 4,19 GB.

Okey....

Sekarang untuk menginstal game-nya di flashdisk atau harddisk external kita gunakan USBUtil dengan cara seperti sebelumnya yang sudah pernah juga saya bahas diblog ini.

Seperti contoh gambar dibawah ini setelah saya buka USButil dan memilih game yang akan diinstal, dalam hal ini adalah Suikodon V (SLUS_212.91).


Seperti pada contoh gambar diatas, kalau file iso yang akan diinstal adalah SLUS_212.91.Suikoden V.iso

Dan drive tujuan atau akan diinstal pada drive G, yang dalam hal ini adalah drive dimana flashdisk atau harddisk externalnya kita hubungkan dengan PC.

Catatan.
  • File iso game yang akan diinstal sebaiknya file iso yang tidak pernah kita patch menggunakan USBUtil ataupun patch game yang lain, yang artinya disini adalah file iso game yang akan kita instal adalah file iso game yang isinya sama dengan isi dvd game aslinya.
  • Selain menginstal dari file iso game, kita bisa juga menginstal langsung dari DVD game-nya tanpa perlu membuat iso file-nya terlebih dahulu dengan cara seperti yang sudah pernah saya bahas diblog ini tentang cara penggunaan USBUtil.
  • Menginstal file game untuk digunakan di Open PS2Loader atau OPL, semua patch game sebaiknya tidak ada yang diaktifkan.
  • Cara menginstal game ini berlaku juga buat file game dibawah 4 gigabyte.
Selanjutnya klik Create, dan setelah itu akan dilakukan proses install game-nya, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Tunggu hingga proses instalasi game-nya selesai, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya klik Close.

Kemudian setelah itu file game yang ukuran besar filenya lebih dari 4 gigabyte selesai diinstal di harddisk external atau flashdisknya, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Dan pada drive harddisk external atau flashdisk-nya akan didapatkan file game tersebut dipart-part sesuai dengan format yang dibaca oleh opl, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Okey...

Cara menginstal game yang dibahas pada postingan ini bisa juga dikombinasikan dengan cara mengcopy iso game langsung ke harddisk external atau flashdisknya seperti yang sudah saya bahas disini, tinggal teman-teman sesuaikan dengan kebutuhan game yang akan diinstall pada harddisk-nya.


Selesai.

Jika umpamanya teman-teman lebih memilih menggunakan format iso game ketimbang menggunakan format game yang dipart-part seperti hasil dari instalasi usbutil, maka cara selanjutnya bisa teman-teman baca dipostingan berikutnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini