02 September 2013

Cara Upgrade Browser V. 2.00 PS2 Fat HDD-OSD 1.10U #2

Pada postingan sebelumnya sudah dibahas mengenai cara upgrade browser versi 2 atau instal HDD-OSD di PS2 tebal yang menggunakan harddisk internal + NA (network adapter) dengan cara dumping image, dan klik saja disini bagi yang membutuhkan info-nyatwink


Kelebihan dari cara dumping image HDD-OSD ke harddisk PS2 diantaranya adalah kemudahan dalam proses instalasi HDD-OSD-nya karena semua proses awalnya dilakukan semua dikomputer sampai selesai. Sementara format harddisk yang akan di-dumping image bisa diformat dulu menggunakan WinHIIP dengan format HDLoader 28 bit, 48 bit, Toxic osd, bisa juga harddisk-nya masih menggunakan format harddisk windows seperti NTFS atau FAT/FAT32 untuk selanjutnya langsung melakukan proses dumping image ke harddisk-nya. Dan setelah itu harddisk siap digunakan di konsole PS2 Fat (bukan region Japan SCPH 10000/15000/18000 ) dengan tentunya sudah terinstal HDD-OSD yang siap digunakan.

Dengan kemudahan dari proses instalasinya, tentunya punya juga kekurangan karena proses dumping image akan menimpa isi dari harddisk sebelumnya dengan isi dari file image yang kita dumping, atau dengan kata lain setelah proses dumping, maka isi dari harddisknya sama dengan isi dari file imagenya, sementara isi harddisk sebelum kita dumping akan hilang.

Dari kemudahan proses dumping tersebut akan bisa berubah menjadi merepotkan, terutama jika isi harddisk yang akan di dumping sudah banyak games, dimana kita harus mem-backup-nya terlebih dahulu ke harddisk yang lain, dan nanti setelah proses dumping baru mengembalikan/menginstal semuanya kembali yang kemungkinan membutuhkan waktu lebih lama dari pada proses dumping image-nya sendiri.

Untuk itu pada postingan ini akan saya coba bahas cara upgrade/install HDD-OSD ke harddisk PS2-nya dengan cara yang bisa kita terapkan pada harddisk yang sudah ada terinstal game-nya tanpa perlu mem-format ulang harddisk-nya, karena disini prosesnya hanya menambahkan saja HDD-OSD pada harddisk PS2 yang kita gunakan (tampa proses dumping image).

INFO
Cara ini bisa kita terapkan pada harddisk yang kapasitas game yang terinstal sekitar 128 GB dan dalam keadaan masih tersusun rapi setiap file game pada harddisk-nya.

Sementara jika harddisk tersebut sudah sering mengalami hapus dan instal game yang mengakibatkan susunan file didalam harddisk ter-fragmentasi berat, maka kemungkinan cara ini bisa diterapkan, bisa juga tidak bisa kita terapkan. Dan jika mengalami hal tidak bisa masuk browsing HDD, maka harddisk harus di-format ulang dulu lagi, baru kemudian menerapkan cara instalasi yang dibahas pada postingan ini.

Hasil dari proses instal HDD-OSD yang dibahas pada postingan ini bisa diterapkan baik pada PS2 tebal yang menggunakan modchip, maupun PS2 tebal yang tidak menggunakan modchip.

Sebelum ke proses instalasi HDD-OSD yang dibahas pada postingan ini, saya informasikan kalau kita akan membutuhkan bantuan uLaunchELF lagi untuk membantu proses instalasi-nya. uLaunchELF bisa teman-teman jalankan nanti dari MCBooting, atau dari uLaunchELF dimenu games bagi pengguna yang sebelumnya sudah berhasil  menggunakan OPL atau HDLoader pada harddisk-nya, atau bisa juga menggunakan trik yang lainnya yang kemungkinan bisa diterapkan pada PS2 yang teman-teman gunakan.

Okey...twink

File-file pendukung yang saya gunakan pada cara instalasi hdd-osd ini bukan saya yang patch, tapi dari file yang sudah siap pakai (credits pada semua yang mengembangkan program ini).

Untuk lebih jelasnya, maka kita mulai membahasnya.

Harddisk yang saya gunakan pada contoh ini adalah harddisk 160 GB dengan isi 45 game, yang sebelumnya digunakan bermain game menggunakan booting OPL (DEV2).

Dan susunan partisi harddisk-nya jika dilihat menggunakan WinHIIP seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Download software pendukung-nya dulu, kemudian extract dan akan mendapatkan dua folder seperti pada contoh gambar di bawah ini.


Copy semua isi dari setiap folder ke partisi masing-masing di harddisk PS2-nya menggunakan bantuan uLaunchELF.

Umpamanya isi dari folder __sysconf di-copy ke partisi __sysconf di HDD PS2, begitupun juga dengan isi dari folder __system di-copy ke partisi __system di HDD PS2.

Seperti pada contoh gambar dibawah ini setelah semua files saya copy ke masing-masing partisi HDD PS2 dengan menggunakan uLaunchELF

Pada partisi __sysconf

Pada partisi __system

Selanjutnya kita patch MBR untuk HDD-OSD, download dulu dan extract.

Kemudian jalankan FIXMBR.elf menggunakan ulaunchELF.

Dan setelah itu akan dilakukan patch mbr hdd-osd seperti pada contoh gambar dibawah ini


Tunggu sebentar hingga update MBR selesai (done)

Okey... HDD-OSD sudah selesai kita install/patch pada harddisk-nya.

Reset PS2 dan silahkan dicoba menggunakan HDD-OSD browser versi 2 ini.

Bagi PS2 yang menggunakan modchip modbo/matrix, maka untuk masuk di-browser-nya tekan dan tahan tombol Kali sampai masuk di-browser

Dan pada contoh ini setelah masuk di HDD Browser seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Karena sebelumnya games tersebut saya install menggunakan WinHIIP, sehingga icon games belum auto booting jika dipilih dengan tanda pesan muncul Insert Disc seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Untuk cara membuat icons game tersebut auto boot atau game langsung bisa jalan jika dipilih icon-nya, serta cara menyembunyikan (hidden) icons game dan lainnya, bisa teman-teman baca disini.


Selesai.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini