23 Juli 2013

Free Memory Card Boot (FMCB) 1.8c Installer

Tentunya teman-teman semua sudah pada tahu apa itu FMCB dan kegunaannya, karena masalah FMCB ini sudah pernah kita bahas pada beberapa postingan terdahulu.

Dan pada postingan ini saya akan membahas installer dari FMCB 1.8c yang dikembangkan oleh SP193 yang bisa teman-teman lihat perkembangan project-nya di ichiba.geocities.jp.

Sedikit mengenai apa yang akan kita bahas disini adalah FMCB installer yang ditambahkan beberapa fungsi oleh pengembangnya pada menu instalasi-nya, dan FMCB yang digunakannya adalah FMCB versi 1.8c.

Dan installer FMCB 1.8c ini pada saat tulisan ini saya posting sudah sampai pada versi 0.94c Beta.

Tampilan dari awal installer FMCB ini bisa teman-teman lihat pada contoh gambar dibawah ini.


Penjelasan Menu :

Pada menu yang digunakan oleh installed FMCB 1.8c ini menggunakan tombol Linkaran untuk mengeksekusi perintahnya, sementara untuk memilih menu menggunakan tombol D-pad atas dan bawah.

  • Install : Menu ini berguna untuk menginstall FMCB pada MC-booting, dimana mc-booting tersebut hanya bisa digunakan dimana FMCB tersebut di instal, atau pada PS2 yang mempunyai type dan region yang sama dimana FMCB tersebut diinstal
  • Multi-Install : Menu ini berguna untuk menginstal FMCB pada MC-booting, dimana mc-booting tersebut nantinya bisa digunakan dibanyak PS2, termasuk cross region PS2.
  • Uninstall FMCB : Menu ini berguna untuk menghapus FMCB pada MC-booting.
  • Uninstall MI : Menu ini berguna untuk mengganti dari FMCB multi-install menjadi install, atau dari FMCB yang bisa digunakan dibanyak PS2/cross region ke FMCB yang hanya bisa digunakan pada PS2 yang mempunyai type dan region yang sama.
  • Format MC : Menu ini digunakan untuk memformat Memory Card.
  • Dump MC : Menu ini berguna untuk membuat file image dari isi MC, dan menyimpannya dalam bentuk file *.bin di Flashdisk atau media USB storage lainnya.
  • Restore MC : Menu ini berguna untuk mengembalikan file image ke MC.
  • Exit : Menu untuk keluar dari program installer.
Okey...

Sekarang kita coba menginstal FMCB-nya.

Pada contoh ini saya akan mencoba menginstal FMCB 1.8c yang bisa digunakan di banyak PS2 walaupun PS2 tersebut beda region, dan untuk itu setelah installernya berjalan, kemudian pilih pada menu Multi-Install, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya tekan Linkaran, dan akan seperti contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya pilih Yes dan tekan Linkaran.

Maka proses instalasi FMCB akan dimulai seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Tunggu hingga proses instalasi berhasil.

Dan setelah itu akan ada pesan Installation completed., seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya tekan Linkaran

Okey... FMCB 1.8c sudah selesai kita install.

MC-booting yang sudah berhasil kita instalkan FMCB 1.8c untuk multi-install/cross region dilihat menggunakan uLaunchELF, maka isi path mc-nya diataranya:

APPS/ = Folder tempat booting atau aplikasi (elf) yang bisa kita simpan (dibutuhkan pengaturan lebih lanjut untuk file cfg FMCB-nya).
BAEXEC-SYSTEM/ = Folder tempat system FMCB untuk ps2 region America
BEEXEC-SYSTEM/ = Folder tempat system FMCB untuk ps2 region Eropa
BIEXEC-SYSTEM/ = Folder temapat system FMCB untuk ps2 region Asia
BOOT/ = Folder tempat file booting (elf)
SYS-CONF/ = Folder tempat pengaturan system FMCB-nya.

Seperti pada contoh gambar dibawah ini.


 Dan jika MC (Saya gunakan MC 8 MB) dilihat dibrowser PS2 akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Untuk menggunakannya tinggal, kita tancapkan MC-bootingnya pada PS2 baik yang sudah pakai modchip maupun PS2 yang tidak menggunakan modchip, kemudian nyalakan PS2, dan tunggu beberapa saat hingga masuk dimenu FMCB 1.8c seperti pada contoh gambar dibawah ini.


FMCB sudah siap untuk digunakan, dan pada installer FMCB 1.8c ini sudah ikut juga file BOOT.ELF yakni uLaunchELF versi 4.42d yang bisa kita jalankan lewat menu uLaunchELF seperti pada contoh gambar diatas.

Selesai.




27 komentar:

indra_edogawa666 mengatakan... #

Semua tulisan Om sangat2 membantu dalam perkembagan net saya. he he he. saya mau tanya Om Satrio perkembngan PS3. apa bisa. kaya OPL SMB network. gitu. jika ya pake apa Software nya.. adain artikel detail ttng ps3 song om. sebelum ancang2 mau beli. biar tak menyesal akhirnya saya. he he trmkasih sebelumnya. postingan2 Om.. membntu orang2 cari makan (y) trmkasih

indra_edogawa666 mengatakan... #

Terimkasih Om satrio semua postingan Om sangat membantu.. Om bahas ttng PS3 dong semua Plus Minus nya. ttng software2nya.. acang2 bagi para pengsuha beli ps3 rental kejayaan ps2 tinggal menghitung hari rasanya.

Satrio Bahar mengatakan... #

Terimakasih juga sudah berkunjung diblog ini.

Persoalan PS3 rasanya saya masih susah untuk membahasnya diblog ini mas, karena konsole-nya saya tidak punya.
Sementara saya menulis tidak enak rasanya jika saya tidak mencobanya sendiri seperti hampir semua tulisan saya tentang PS2 diblog ini :d.
Tujuannya biar saya lebih mengerti apa yang saya tulis.

Salah satu tujuan awal blog ini seperti yang mas bilang itu, jadi saya berharap yang tidak tahu bisa tahu, sementara yang sudah tahu jangan pelit memberi tahu kepada yang lain selama kita pikir dampaknya lebih banyak ke positif dari pada negatif-nya ;)

Satrio Bahar mengatakan... #

Untuk persoalan PS3 coba mas search saja di google mas, banyak koq saya lihat yang membahasnya ;)

Sementara saya sampai sekarang belum berpikir punya PS3 karena dari pengalaman disekitar tempat saya rental PS3 susah berkembang/malah sebagian besar sudah mati, Masalahnya kala bersaing sama warnet games soal tarif-nya.

Warnet/Game Center sekarang disekitar tempat saya 3rb-2rb/jam (malah ada yang lebih murah lagi untuk paket tertentu), sementar PS3 mau ikuti tarif tersebut rasanya susah sekali menyesuaikannya.

Dan biasanya yang kebanyakan main game konsole itu khan paling game bola (PES 2013 sekarang lagi ngetop), dan di komputer-pun game tersebut bisa dimainkan, tinggal kita pakaikan saja Stik USB, rasanya sudah sama jika main di game konsole :), belum lagi yang main bisa online juga sekalian dengan tarif yang sama.

Dan dari segi modal yang dibutuhkan juga beda jauh, sekitar 3jutaan dengan menggunakan komputer+monitor, game tersebut sudah bisa dimainkan, sementara kalau menggunakan konsole PS3, modal 3jutaan saya rasa mas sudah tahu itu cukup buat beli apa-nya dulu :d.

Dari segi modal perawatan atau perbaikan jika ada kerusakan, komputer jauh lebih murah ketimbang ps3.

Dan malah rental PS2 sekarang saya lihat masih lebih banyak peminatnya dibanding dengan PS3, mungkin karena persoalan tarifnya kali ya :d

Anonim mengatakan... #

om satrio tu file fmcb 1.8c klo di extrak corrup terus datanya,padahal dah download 4x tetap begitu,mohon bantuannya om...........

Satrio Bahar mengatakan... #

Format kompres filenya itu mas 7-zip (FMCBInstaller_bin.7z).

Walaupu file *.7z bisa juga diextract oleh beberapa program extractor, tapi kadang mengalami error dalam prosesnya, jadi agar lebih stabil dalam menguraikan file *.7z, mas gunakan 7-zip.

Software extractornya bisa mas download dilink yang saya cantumkan disidebar kiri blog ini (tab Software), atau klik saja disini (Freeware)

bapluh oganilir mengatakan... #

kalo pake ini gak perlu instal ulaunch lagi ya om?

Satrio Bahar mengatakan... #

Begini, difile yang bersama dengan installer dari FMCB 1.8c sudah disertakan ulaunchELF yang bisa dilihat pada folder install\BOOT, seperti contoh gambar dibawah ini.
http://2.bp.blogspot.com/-yEyEop4O_54/UfmJYl_5s7I/AAAAAAAAH_U/_KvIhrzla2M/s1600/a1.jpg

BOOT.ELF itu adalah ulaunchELF versi 4.42d.
Jadi nantinya setelah komplit diinstal FMCB 1.8c, maka file BOOT.ELF juga akan ikut diinstall di MC-nya.
File ulaunchELF itu bisa mas ganti dengan file elf yang mas perlukan seperti contoh OPL atau yang lainnya, kemudian me-rename dengan nama BOOT.ELF dan menggantikan file boot.elf tersebut, baru mas instal FMCB 1.8c di MC-nya.

Tapi untuk menjalankan file installer FMCB-nya, tentu mas setidaknya memerlukan bantuan ulaunchELF juga untuk menjalankan file installer-nya, terutama jika mas menyimpan file installer FMCB tersebut diflashdisk atau media penyimpan USB Storage lainnya ;).
Nanti setelah terinstall FMCB 1.8c di MC-nya, baru mas tidak memerlukan lagi ulaunchELF untuk menjalankannya, karena FMCB 1.8c yang terinstall di MC akan otomatis jalan saat PS2 mas nyalakan.

bapluh oganilir mengatakan... #

hmmhh..buat instalin ulaunch pertama nya ini yang gak bisa ane bro..optik udah bener2 rusak..PS lain gak ada hehehe..td udah baca2 juga yang bikinnya di PS yg udah pake OPL atau HDLoader tp masih bingung..

Satrio Bahar mengatakan... #

Kalau kondisi PS2 mas sudah seperti itu pilihan untuk menjalankan ulaunchELF masih bisa mas lakukan dengan cara diantaranya:

- Pasang modchip modbo 5 di PS2 mas, cara pasangnya sudah saya bahas diblog ini berikut cara menggunakannya. Cara pasangnya sebenarnya mudah saja, tapi jika masih takut" masang sendiri :), mas bisa gunakan jasa tukang service PS2.

- Mas gunakan MCBooting ulaunchELF yang sudah jadi, MCBooting ini bisa mas pinjam dari teman mas (kalau ada :) ), bisa juga mas beli di toko" game atau beli online.
Pernah saya dapat blog yang menjual MCBooting yang sudah jadi, mas search aja di google atau ada teman" yang lain kebetulan menjual MCBooting yang ingin membantu, silahkan post saja lapak-nya dipostingan komentar dibawah ini ;)

tholib mengatakan... #

download file fmcb elf nya dmn... mas

aanderlen mengatakan... #

mas ps2 saya fat tidak bisa detek HDD, gimana mas solusinya, kemungkinan rusak apanya ya

Satrio Bahar mengatakan... #

Klik Download FMCB 1.8c

Satrio Bahar mengatakan... #

Karena komentar mas tidak detail mengenai masalahnya, jadi kemugkinan masalah-nya bisa banyak :d

- Bisa Harddisk-nya rusak.
- Bisa Network Adaptornya rusak "NA" (Pengguna harddisk internal).
- Bisa Converter hardisk usb rusak (Pengguna harddisk external).
- Bisa Converter yang mas gunakan tidak support dengan PS2 (Pengguna harddisk external).
- Format harddisk-nya tidak sesuai dengan booting game yang mas gunakan.
- Kerusakan pada mainboard PS2-nya di bagian untuk powersupplay tegangan harddisknya (Pengguna harddisk internal).
- Setting pada booting yang mas gunakan tidak sesuai.
- Bisa juga karena booting game belum diload saat ps2 mas dinyalakan, sehingga isi dari HDD-nya tidak terbaca.
- HDD-nya tidak koneksi/tersambung dengan PS2-nya.
- Serta masih banyak lagi kemungkian yg lain, karena saya sendiri tidak tahu masalah sebenarnya apa di PS2-nya, HDD-nya, atau orang yang memasang-nya :d

tholib mengatakan... #

makasi mas tak coba dah bisa booting fmcb nya

Mas Risto mengatakan... #

Kalau kita belum punya MC buat Booting sama sekali bagaimana cara memindahkan hasil bootingn gambar yang masih ada di komputer atau Flashdisk. yang saya tahu kalau MCnya sudah ada botngannya tinggal dimasukin di PS dan tekan R1 akan kebaca dan bisa baca isi dari MC dan Flash disk. terima kasih atas semua ulasan yang pernah diterbitkan yang sangat membantu banget bagi saya pemilik rental PS 2

Satrio Bahar mengatakan... #

Mas coba baca cara" membuat MCBooting yang sudah saya tulis dibeberapa postingan diblog ini

Search aja dikotak pencarian dengan keyword membuat MCBooting di bagian kanan atas blog ini dibawah widget Pilih Bahasa

Sip (y) , Terimakasih juga sudah berkunjung diblog ini.

Satrio Bahar mengatakan... #

Sip (y)

tholib mengatakan... #

mau tanya nih,,, perbdaan versi 0.94c Beta. ama versi 0.93a apa mas?
keduanya kan sama-sama fmcb 1,8c?

Satrio Bahar mengatakan... #

Untuk lebih jelasnya, silahkan mas gabung disini

Pengembangnya nongkrong disitu, jadi bisa lebih jelas menguraikan kenapa installer FMCB 1.8c-nya diupdate :d

Forumnya bahasa Inggris, dan saya rasa kalau cuma persoalan bahasa tidak ada masalah, semuanya tergantung dari kemauan untuk belajar aja ;)

hendi arvianto mengatakan... #

mas ko pas setting free mc configuration tulisannya ga ada, yang ada reload configurasi. mohon pencerahannya mas

Satrio Bahar mengatakan... #

Waktu mas instal itu VMCB 1.8c lewat installer-nya, semua file dan folder-nya tidak ada yang dipisahkan, jadi nantinya diflashdisk seperti gambar dibawah ini.
http://2.bp.blogspot.com/-IFbMkUyZm_c/Uf7S81ctfVI/AAAAAAAAIBE/HyvmY70IFdI/s1600/fmcb+installer.jpg

Baru mas menjalankan FMCBInstaller.elf di PS2 lewat ulaunchELF.

Tujuannya biar semua file" pendukung termasuk untuk pengaturan konfigurasi VMCB-nya ikut juga ke-install

Anonim mengatakan... #

gan satrio fmcb 1.91 dh kluar ,cara masukin file sms dan opl sekalian konfigurasinya gimana tuh gan ane masih bingung,tolong bantuannya gan?

Satrio Bahar mengatakan... #

Saya coba kelarin dulu bahas soal HDD-OSD, dan jika sudah lumayan, saya coba bahas lagi soal FMCB Installer versi 0.94D dan H yang didalamnya FMCB 1.9 sama FHDB.

Saya juga lagi banyak kerjaan utama jadi coba sesuaikan saja saat ada waktu luang , saya lanjutkan sedikit-sedikit kelarin postingan-nya

Bagi yang sudah butuh info soal FMCB 1.9 dan FHDB yang mantaps buat pengguna PS2 Tebal harddisk internal :d , silahkan coba gabung dulu disini, Okey... ;)

Anonim mengatakan... #

mksih gan buat infonya,klo forum psx scene ane dh gabung dari dlu cuma ane malu tanya ma mereka soalnya mereka hacker elite.
Ntar mlah di bully ma mereka jadi pusing deh.....:-s :d:d

Satrio Bahar mengatakan... #

Justru lebih bagus kalau bertanya langsung sama orang yang lebih mengerti.

Dan saya lihat orang" di psx scene dan forum" luar lainnya rata" baik" terutama moderator dan para pengembang-pengembang-nya.

Dan kalaupun ada terkadang komentar yang ditanggapi tidak enak, itu karena yang berkomentar memang yang minta :d
yang komentar/bertanya itu kan macam"
Ada yang bertanya karena memang tidak tahu. dan biasanya komentar yang seperti ini ditanggapi dengan baik.

Tapi ada juga yang berkomentar/bertanya karena cuma ingin mengacaukan thread orang, na yang komentar seperti itu yang biasanya tidak mendapat respon baik.
kan cuma dengan membaca komentar seseorang sudah bisa ketebak maksud-nya orang tersebut bertanya atau cuma scammer sekedar mengacau :d,
dan jenis komentar seperti itu juga banyak koq mampir diblog ini, tapi saya menyikapinya santai saja atau memilih tidak saya tampilkan :))

baym29 mengatakan... #

Makan saya jadi Nambah Nih Gara2 Blog Bang Satrio Alhamdulilah ;)

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini