25 September 2010

Membuat Partisi di HD Internal untuk OPL

OPL atau Open PS2Loader merupakan salasatu boot loader game harddisk yang support baik pada pengguna harddisk external (USB), maupun pada pengguna harddisk Internal atau pengguna PS2 Fat/ tebal yang dilengkapi dengan seperangkat harddisk beserta network adapternya.

Bicara tentang bootloader game, maka salasatu bootloader game yang mumpuni saat tulisan ini saya posting adalah OPL atau Open PS2Loader yang lebih dulu dikenal dengan nama Open USBLoader yang pada tulisan terdahulu sudah saya prediksikan akan menjadi salasatu bootloader game yang akan menarik banyak hati para pencita console game PS2 yang menggunakan media penyimpanan game dari harddisk untuk selanjutnya meload dan memainkan gamenya, karena dibalik layar, OPL merupakan project open source yang mana setiap orang bisa ikut memberi kontribusi buat pengembangannya.

Dan sekarang OPL ini masih terus disempurnakan oleh para pengembangnya serta para tester" yang slalu aktif memberikan masukan mengenai bug program ataupun masalah kompabilitas module game terhadap OPLnya, dan para pengembang dari OPL ini diantaranya: IFCaro, Jimmikaelkael, Volca, Polo, Izdubar, Misfire, Eugene Plotnikov, Marcus R. Brown, Eric Young, Werner Lemberg, CrasyC, Dlanor serta beberapa lagi yang belum sempat saya ingat nama-namanya, termasuk pada para pengembang dari GSKit dan PS2SDK yang digunakan untuk membangun OPL ini, diantaranya: Raizor, Linuzapp, Hiryu, Tyranid, Clement, Warren, Drakonite, Mrbrown, Lukasz, Emoon, Pixel, Satanskji, Mrhtford, Chipnat, Stefan, Neovanglist, Blackdroid, Raipsu, Myria, Radad, Oopo, Herben, Kaylakaze, Neil Stevens, Gawd, Csh, Oobles, Pukko, Karmix, Adresd, Loser, Ragnarok2040, dan lainnya.

Orang-orang yang saya sebutkan diatas yang telah berjasa hingga OPL bisa kita dapat secara Gratis...., dan digunakan untuk membantu kita dalam memainkan game yang tersimpan pada harddisk di Playstation 2.

Jadi... jika yang membuatnya saja memberikan kepada kita secara Mudah dan Gratis, dan ada orang" yang HANYA menyebarkan atau membaginya sampai minta bayaran, maka itu sich namanya TERLAAALUu....... ihikhikihikhikihikhik Malu Ach....

Makanya, untuk Update revisi OPL (disidebar kiri pada tab Software) di blog ini dari dulu sampai revisi terbaru yang bisa saya dapat, Insya Allah akan terus disediakan secara Gratis pula, baik OPL dari repository IFCaro (OPL Standar), maupun dari CrazyC (OPL+VMC)

Okley... Kita kembali ke Labtoop...sengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi

Maksudnya kembali kepokok bahasan....sengihnampakgigi

Membuat partisi di harddisk internal dasar-dasarnya sudah dijelaskan pada postingan terdahulu yang bisa juga diterapkan untuk Instalasi OPL di harddisk internal, dan pada kesempatan ini saya coba jelaskan lebih khusus lagi untuk OPL.

Software yang digunakan untuk membuat partisi di harddisk internalnya bisa menggunakan uLaunchELF yang prosesnya agag sedikit lambat dan cukup merepotkan sengihnampakgigi, bisa juga membuat partisi harddisk PS2nya dilakukan di PC dengan menggunakan software PS2 PFS Explorer yang prosesnya lebih cepat dari pada menggunakan uLaunchELF.

Dan kedua cara tersebut akan dijelaskan semua pada postingan kali ini, karena masing-masing sebenarnya memiliki kelebihan yang sifatnya relatif kepada setiap pengguna.

Kita mulai dari membuat partisi harddisk internalnya dengan uLaunchELF.

Karena yang digunakan membuat partisi adalah uLaunchELF (ule), dimana uLaunchELF ini merupakan salasatu aplikasi yang jalan di PS2, maka tentunya teman" akan membuat partisi harddisknya langsung dari console PS2, maka cara membuatnya sebagai berikut:

Jalankan uLaunchELF dan masuk di FileBrowser, setelah itu pilih path MISC/ dan tekan Lingkaran,


Setelah itu akan masuk kemenu tools dari UIaunchELF yang diantaranya sebagai berikut :

  • PS2Browser
  • PS2Disc
  • PS2Net
  • PS2PowerOff
  • HddManager
  • TextEditor
  • JpgViewer
  • Configure
  • Load CNF --
  • Load CNF ++
  • Set CNF_Path
  • Load CNF
  • ShowFont
  • Debug Info
  • About uLE
  • USDSYS

Seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya pilih HddManager dan tekan Lingkaran, dan tunggu beberapa saat sampai proses pembacaan harddisk internalnya, dan setelah itu pada contoh ini akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya tekan R1 untuk munculkan Menu dan pilih Create, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya tekan Lingkaran.

Kemudian tulis nama partisinya menjadi OPL, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Pilih OK dan tekan Lingkaran, setelah itu tentukan besar kapasitas partisi yang dibuat seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Untuk mengubah besar kapasitas partisi, tekan tombol Dpad kanan., dan setelah itu tekan Lingkaran.

Kemudian akan muncul konfirmasi lagi menanyakan akan membuat sebuah partisi baru seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Pilih OK dan tekan Lingkaran.

Tunggu hingga prosesnya selesai, dan setelah itu maka partisi +OPL akan selesai dibuat dan berada pada bagian paling bawah seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sekarang keluar dari HDD Manager dengan menekan Segit dan kembali ke FileBrowser.

Selanjutnya pilih path hdd0:/ dan tekan Lingkaran, tunggu beberapa saat hingga data/partisi diharddisk internalnya selesai dibaca, dan pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini.


Masuk didalam partisi +OPL dengan memilihnya dan menekan Lingkaran.

Selanjutnya kita buat beberapa folder lagi untuk keperluan OPL, diantaranya folder yang kita buat adalah

Folder ART
Folder THM
Folder VMC

Setelah itu tekan R1 untuk memunculkan menu dan pilih New Dir seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Tekan Lingkaran, kemudian tulis nama folder yang ingin dibuat, umpamanya seperti pada contoh dibawah ini nama folder yang saya buat pertama adalah ART.


Setelah nama foldernya selesai ditulis, kemudian pilih OK dan tekan Lingkaran, maka folder dengan nama ART akan selesai dibuat.

Selanjutnya buat lagi folder lainnya dengan cara seperti sebelumnya, dan setelah semua folder selesai dibuat akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Okey...

Ketiga foldernya sudah selesai dibuat, dan masing-masing folder diisi dengan

  • Untuk folder ART diisi gambar untuk keperluan theme OPL (jika menginginkannya) diantaranya adalah gambar cover, gambar icon, serta gambar background.
  • Untuk folder THM diisi dengan themes OPL (jika menginginkannya).
  • Untuk folder VMC diisi dengan file virtual mc jika teman" menggunakan OPL+VMC (jika menginginkannya.

Seperti pada contoh gambar dibawah ini pada folder ART setelah terisi gambar yang diperlukan.


Sementara pada folder THM setelah saya isi dengan beberapa tema dari OPL new gui akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Dan pada folder VMC seperti pada contoh gambar dibawah ini setelah saya masukkan satu file virtual mc yang diperuntukkan buat WE10 sebagai contoh buat tulisan ini.


Okley.....

Saya rasa untuk keperluan membuat partisi OPL (untuk revisi saat tulisan ini saya posting) pada harddisk internal sudah selesai dengan menggunakan uLaunchELF.

Sekarang kita lanjutkan membahas cara membuat partisi dengan menggunakan PS2 PFS Explorer.

Selanjutnya...

18 komentar:

  1. opl untuk sementara ini software sangat bagus, tp kelemahan yg paling mendasar dari opl adalah install game baru ga langsung gamenya jalan? mesti install ulang 2 atau 3 kali baru gamenya jalan, kadang2 sampe 4 kali atau lebih install game tetap ga mau jalan, sampe saya stress, kalo udah begitu langsung saya format lg hardisknya, baru gamenya jalan semua? apa emang begitu cara kerja opl kalo mau install game baru hardisk harus di format biar gamenya jalan? masa mau install bola baru trus hardisk harus di format lagi biar game bola barunya jalan? kan kedengaranya lucu? game saya defragment sudah, install dari hardisk ke hardisk sudah tp blm ada kestabilan game baru yg di install jaminan gamenya bisa jalan? kadang macet hang warna putih, saya delet install lg trus macet di warna gelap, saya delet lg trus install eh macetnya di formasi, kalo udah begitu dari pada saya cape langsung sumua game saya format? wkt saya pake usbadvnce ga kaya gini? install 1 game langsung jalan, 2 atau lebih ga ada masalah, ga ada kemacetan game? saya mohon penjelasan mas sb, cara2 install game baru di opl baik install 1 game, 2 game atau lebih ( penambahan game ) langsung install langsung jalan gamenya? jd ga perlu hardisk diformat lg?

    BalasHapus
  2. Agar komentar mas bisa lebih optimal untuk pengembangan OPL, maka sebaiknya mas posting komentarnya di forum http://www.psx-scene.com, agar para team pengembang OPL mencoba memahami masalah mendasar yang mas hadapi.

    Dan sekedar saran kalau sebaiknya untuk awal menginstal game diharddisknya, maka mas mendefrag dulu harddisk externalnya (bukan file iso gamenya), dan untuk setiap game yang mau diinstal sebaiknya didefrag dulu file isonya di PC, baru setelah itu diinstal diharddisk externalnya.
    Sementara jika karena sesuatu hal terpaksa game diremove dari harddisk externalnya, maka kemungkinan harddisk externalnya akan terfragmentasi datanya lagi, maka sebaiknya sebelum menginstalkan lagi game, maka sebaiknya defrag dulu harddisk externalnya (bukan file iso gamenya) baru setelah itu mencoba menginstal kembali game yang ingin ditambahkan.
    Jika masih mengalami kendala, silahkan mas ke forum http://www.psx-scene.com (untuk login dan posting komentarnya saya rasa mas Reza udah tau khan :) ), karena kemungkinan disitu orang"nya lebih mengerti masalah sebenarnya.

    Defrag pake PowerDefrag

    BalasHapus
  3. makasih mas sb atas penjelasannya, akan saya coba? untuk masuk ke psxscene forum kendalanya saya ga bisa bahasanya?

    BalasHapus
  4. OK.. Sip )|(

    Terkadang saat bergabung pada suatu forum yang memiliki bahasa yang tidak mudah kita mengerti, maka jalan yang biasa saya lakukan dimana saat saya mencoba bergabung pada suatu forum yg bahasanya sulit saya pahami seperti forum yang berbahasa Spanyol, Prancis, Brazil, atau bahasa lainnya, maka saya mencoba menggunakan bantuan dari Google Translate, dimana cara saya adalah, bahasa yang ingin saya posting saya ketik dulu dinotepad, baru setelah itu mempastenya disource translate google, dan teng....teng...
    Hasil translate dari google udah jadi... tinggal copy hasil translate dan paste diform komentar, Posting dha..

    Kita Tidak Akan Pernah Benar, Jika Takut Salah.
    Kita Tidak Akan Pernah Tau, Jika Takut Mencoba.


    Sedikit bagi rahasia Ilmu yang saya dapat di Internet tuh (Soal Game PS2) bisa dibilang 90% saya dapat dari teman" yg ada diforum luar negeri (Forum berbahasa English, Spanish, French, and other)
    Saya berkomunikasi dengan mereka" menggunakan bantuan dari Google translate

    BalasHapus
  5. gimana kalo mas sb aja yg tanya ke sana? he.he.he.he...

    BalasHapus
  6. :)) gimana caranya saya yang mau tanya mas, la wong saya engga tau percis masalah mas sebenarnya. Karna persoalan yang saya tanyakan bukan saya yang mengalaminya sendiri (pastinya lum perna ngalamin), bisa" kalau ditanya kembali dibilangin komentar Rekayasa atau bisa jadi dianggap komentar tidak masuk akal donk :))

    BalasHapus
  7. kayaknya tanyanya gini kali ya mas sb? kenapa kalo install game2 baru di opl kadang2 ada game yg ga jalan? terutama install 2 game baru atau lebih? apa pengaruh usbutilnya apa pengaruh software oplnya? apa pengaruh yg lain?

    BalasHapus
  8. :)) gitu yah...
    Tapi selama ini kalau untuk saya mas memang kadang ada game yang pertama saya instal bisa jalan normal, tapi setelah saya remove karena gamenya saya edit kembali, dan waktu saya instal langsung kembali memang terkadang game jadi hang, padahal saya pastikan kalau data game tidak ada yang bermasalah, dan waktu itu saya menguraikan kembali gamenya dan mencoba merebuilt ulang menjadi ISO file, kemudian mendefragnya, setelah instal ulang pake USButil, dan ternyata gamenya sudah bisa berjalan normal kembali, dan akhirnya setiap kali mau instal game, maka file isonya saya defrag dulu baru install, dan hasilnya sampai sekarang jalan seperti seharusnya.
    Jadi jk saya berkomentar kaya gitu... :) maka artinya komentar saya direkayasa donk
    (berbeda dari kenyataan yang pernah saya alami)

    Coba deh mas Reza yang langsung aja kesumbernya, ibarat didunia nyata, Agar dokter bisa menganalisa dengan baik pasiennya, maka seharusnya yang berkonsultasi langsung tuh orang yang sedang sakit, karena jika konsultasinya diwakilkan sama orang lain, maka kemungkinannya bisa jadi dokternya salah memberikan resep atau malah bisa jadi dokternya marah" karena menganggap kita mempermainkannya. Okey, Cobalah....

    BalasHapus
  9. Numpang Info bos SB. Terimakasih sudah menyediakan link download dan tutorial Open ps2 loader versi indonesia. Saya coba download dan saya praktekkan petunjuk yang di berikan bung SB, dan jreng..jreng..jreng.. :| setelah sekian lama Console ps2slim ku tidak bisa di pake karena optiknya sudah lemah, akhirnya bisa jalan lagi berkat opl. terimakasih juga buat yang telah susah payah membuat OPL. Sekedar info dari yang telah saya alami untuk memasukan game ke hardisk, jika kita menggunakan hardisk external kecil, saya pakai Usb util, tetapi jika menggunakan hardisk external besar, saya menggunakan USB insane. jika mau mengganti game yang lama dengan yang baru (misalnya WE 10-11 mau di ganti dengan yang ter baru WE 10-12) maka install dulu WE 10-12 nya, baru hapus WE 10-11 nya. dan untuk hardisk external laptop, merk BuffXXX 250GB harga didaerahku 400ribuan, bisa loading lebih cepat 5-10 detik dari merk lain. pernah saya isi 110 game dari file ISO yang sebelumnya saya buat dengan USB Util dari DVD Game ps2, dan hasilnya semua bisa di mainkan tanpa ada yang hang di tengah jalan...

    BalasHapus
  10. sekedar sharing saja, bahwa harus diketahui setiap segala sesuatu pasti ada kelebihan kekurangan. dalam hal opl, "kelemahannya" memang pada format fat32, karena mas reza menggunakan external. pada kasus external, sementara ini opl hanya mampu mengenali fat32, dan membutuhkan file2 yang bener2 tidak mengalami fragmentasi. jika ada 1 file saja yang mengalami fragamentasi, katakan saja game sepak bola, maka game tsb tidak akan jalan/hang. masalah fragmentasi memang tidak mudah. aplikasi powerdefrag yang mas reza gunakan juga tidaklah sempurna betul. banyak aplikasi serupa yang bahkan banyak lebih tidak sepurna lagi, apalagi bawaan windows. banyak hal yang membuat sesuatu jadi tidak sempurna. Lantas, kenapa setelah di format jadi lancar? karena tidak ada lagi data, sehingga tidak terjadi fragmentasi. fragmentasi akan muncul bila data sudah mulai di akses, dan media penyimpanan tsb sudah mulai penuh dengan data2. Data2 tersebut diambil dan digunakan oleh prosesor secara acak, sehingga besar kemungkinan data2 tersebut tidak rapi dalam penempatannya kembali, dan menimbulkan fragmentasi. Disinilah peran powerdefrag. Membuat semua data kembali rapi. Tetapi seperti yang saya katakan, hasilnya tidaklah selalu sempurna. Kenapa? Mungkin memang powerdefragnya, mungkin hasil rip gamenya, mungkin (seperti yang mas bahar katakan) file iso-nya yang dikomputer juga terfragmentasi, media yang mengalami bad sector, virus, atau hal lain yang belum diketahui. Format ulang jelas ampuh. Tapi jelas pilihan terakhir.
    Beda halnya kalau mas reza menggunakan opl dengan smb (seperti yang saya gunakan pada rental ps milik saya). Kompatibel dengan ntfs, pembacaan data yang relatif lebih cepat, dan tidak peduli dengan fragmentasi. Tapi jelas pasti ada kelemahannya, yang sementara ini, tidak ada masalah bagi rental saya.
    Mungkin seperti ini yang bisa saya sharing. Jika ada kekurangan, mohon dimaklumi.

    BalasHapus
  11. maaf mas bahar., mau bahas lagi cara bikin free MC bootnya untuk OPL ini mas mungkin di posting terdahulu kita pernah mas pernaH posting juga tetpi ituka umum yang untuk opl gmana mas? terkadang kita punya masalah baru malah lupa dengan yang lama ini untuk sekedar merefresh kembali,.. trus carabikinnya supaya memory berada di slot 2 mungkin para pembaca posting mas bahar juga terutama yang baru masih bingung sory ya agak lemot... mikrnya hehehe.., satu lagi mas kalo mau ganti theme OPL dari OPL versi 7 rev 455 itu gmana setelah saya masuk setting trus skin saya rubah menjadi statis tetapi di theme nya ada tulisan agar kita bisa memakai theme yang kita inginkan itu gmana mas..., makasih sebelunya salam kenal rahmat di lampung...

    BalasHapus
  12. kalo untuk install 1 game baru sih ga ada masalah, kebanyakan bisa jalan gamenya ,cuma kendalanya kalo langsung install 2 game atau lebih, ini permasalahan muncul? kadang2 untuk ngejalanin 3 game baru, saya memerlukan wkt 1 jam bahkan lebih agar 3 game itu bisa jalan, misal saya mau masukin game we 8, we 10, we pes 2010 semuanya game baru, saya remove game lamanya trus saya install 3 game baru tadi..eh yg jalan cuma 1 game? 2 game ga jalan, sy remove lg 2 game yg ga jalan, sy install ulang gamenya trus saya coba tetep hang/macet gamenya, sy remove lg gamenya dan sy cari game lain yg besar kapasitas giganya misal game urband regent saya remove jg, trus sy install 1 game aja, ini baru jalan gamenya, trus saya cari lg game yg kapasitas giganya besar lg untuk saya remove, saya remove game the warrior, trus sy install game bola baru yg ke 3, ini baru jalan lg gamenya? tetapi game urbang regent dan game the warior yg sudah saya remove trus sy install ulang lg, gamenya ga akan jalan? biasanya saya relakan game yg sudah saya remove, yg penting game bola baru semuanya jalan, ini solusi yg biasa saya terapkan, kalo solusi seperti itu udah ga bisa, langsung saya format hddnya trus install ulang game lg? cara mas sb jg sudah saya terapkan, hasilnya sama saja, cara mas donald jg sudah sy terapkan, ya hasilnya tetap cm 1 game yg bisa jalan, jg solusinya mas admin, apakah ada cara atau trik yg jitu install game opl di usbutil agar install 2 game atau lebih langsung jalan semua gamenya? jd prmasalahannya nginstall gamenya bukan 1 game tp 2 game atau lebih? terima kasih atas sharingnya, mudah2an opl makin stabil dan tetap jaya di udara he..he..he..he..

    BalasHapus
  13. @ Mamat | Soal pengaturan Free mcboot mas bisa baca disini. dan disitu saya rasa sudah sangat jelas karena disertai dengan contoh penerapannya, malah Open ps2loader sendiri yang saya jadikan contohnya, Tapi jika tulisan itu belum bisa dimengerti juga, :) artinya saya ikut bingung juga cara ngejelasinnya lagi ama mas.
    Free MCBoot itu bisa dibilang lahirnya di http://www.psx-scene.com juga, jadi mungkin mas bisa coba" juga ke forum tuh, karena disitu master"nya kemungkinan lebih tau menjelaskannya.

    Sementara untuk menerapkan/memilih tema opl yang sudah ada diharddisknya, maka pertama-tama, masa harus mengaktifkan/menjalankan salasatu start device.
    Umpamanya jika mas menggunakan harddisk extrnal, maka mas merubah setting untuk USB device start mode = auto, dan pada Default menu = USB Games dan save settingnya.
    Kemudian keluar dari menu setting konfigurasi dgn menekan :L:, dan OPL akan meload data game yang ada di device USB dan menampilkan semua nama" game yang ditemukan di hd externalnya, dan setelah itu tekan kembali Start untuk masuk dimenu konfigurasi, dan setelah itu mas baru bisa memilih tema yang tersimpan didevice usbnya dengan merubah pada Theme , setelah itu jangan lupa save settingnya kembali

    BalasHapus
  14. Dari beberapa komentar teman" diatas, sudah sangat jelas kalau penyebab game hang di opl saat melakukan instal setelah melakukan remove game itu karena fragmentasi data, dan bukan karena software USBUtilnya.
    Jadi secara logis, agar gamenya bisa jalan normal terus saat selesai diinstal, maka hindari fragmentasi data.
    Tapi bagi yang sering instal remove game, saya rasa menghindari data fragmentasi itu sangat susah sekali. jadi mungkin agar tidak terlalu capek atau tidak sampai menginstal keseluruhan game kembali, maka sebaiknya waktu pertama kali menginstal game diharddisknya usahakan instal dulu game" yang paling disukai ditempat masing yg kemungkinan untuk diremove tidak ada atau kemungkinannya kecil sekali untuk kita remove dari harddisknya (contoh=smackdown pain), dan terakhir" baru diinstal game yang paling sering atau paling besar kemungkinan kita selalu instal remove trus game tersebut (contoh=WE10).
    Dan disamping itu kita juga harus hapal urutan menginstal game diharddisknya, umpamanya:

    1. Smackdown pain
    2. NFS Mostwanted
    3. NFS Underground 2
    4. GOW 2
    5. Captain Tsubaza
    6. Bazara
    7. PES 2010
    8. GTA
    9. WE10

    Kerna kebetulan ada lagi PES 2011 yang baru, dan PES 2010 yang akan diganti, maka sebelum menginstal PES 2011, maka mulai dari urutan PES 2010 sampai urutan trakhir (GTA,WE10) dihapus semua dulu, baru mencoba menginstal kembali game yang sudah diremove beserta game barunya.
    Dan urutannya kini menjadi

    1. Smackdown pain
    2. NFS Mostwanted
    3. NFS Underground 2
    4. GOW 2
    5. Captain Tsubaza
    6. Bazara
    7. GTA
    8. PES 2011
    9. WE10

    Jadi kemungkinan data terfragmentasi bisa dihindari, dan kita tidak perlu harus memulai dari awal kembali menginstal semua gamenya.

    BalasHapus
  15. saya sudah cukup mengerti mas sb, cuma kalo gamenya sudah saya sort gimana? padahal saya ga hapal urutan install game2nya? tutorial tema opl di internal sudah sy coba, dan berhasil keluar gambar backroundnya, tp ko urutan gamenya acak begitu ya? urutan gamenya ga sesuai abjad? kira2 apanya yg salah?

    BalasHapus
  16. mas kalo OPL di ps slim compatible gak trus pake hd internal 3.5"?

    BalasHapus
  17. mas SB, cara format hd external 2.5 320gb gmn?
    supaya game bisa jalan di OPL?
    program formatnya apa?
    karena kalo pake HP USBdisk Storage, hd tidak terformat semua..
    mohon penjelasannya....:) thank

    BalasHapus
Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini