19 September 2010

Cara Membuat conf_apps.cfg

Pada OPL revisi baru, selain memuat nama-nama atau judul game pada menu game yang aktif, OPL juga bisa menampilkan judul" aplikasi PS2 dan menjalankan programnya saat kita pilih dimenu OPL.

Aplikasi PS2 maksudnya ini adalah program yang jalan diPS2 seperti uLaunchELF, HDLoader, USBAdvance, SMS, Codebreaker, MCFormat, Emulator game, dan beberapa lagi program lainnya, dan semua aplikasi" tersebut kita simpan dimemory card PS2 atau diharddisk external/flashdisk.

Dan untuk memilih atau menjalankan aplikasi tersebut di OPL, tinggal kita pindahkan menu aktif ke APPS, dan setelah itu semua aplikasi yang sudah kita atur sebelumnya akan ditampilkan dimenu APPS OPL, pilih nama aplikasi, dan setelah itu OPL akan menjalankan programnya.

Tapi secara standar, isi menu APPS ini tidak muncul di OPL (revisi saat tulisan ini saya posting) jika tidak ada file yang mengatur aplikasinya, dan file yang mengatur aplikasi ini bernama conf_apps.cfg, yang kita buat secara manual, karena dipengaturan utama OPL (untuk revisi sekarang) belum ada yang mengatur soal pengaturan setting conf_apps.cfg ini.

Membuat file conf_apps.cfg bisa dibilang sangat mudah sekali, yang penting kita sudah mengerti bagaimana cara memasukkan kode-kode yang diperlukan pada file conf_apps.cfg ini. Dan pertama-tama yang harus kita pahami dulu adalah kode-kode dari setiap tujuan device tempat dimana aplikasi-aplikasi tersebut disimpan, dimana :

  • Untuk kode alamat device jika aplikasi disimpan di memorycard slot 0 (slot kiri MC PS2) adalah mc0:/
  • Untuk kode alamat device jika aplikasi disimpan di memorycard slot 1 (slot kanan MC PS2) adalah mc1:/
  • Untuk kode alamat device jika aplikasi disimpan diharddisk external atau flashdisk adalah mass:/
  • Untuk kode alamat device jika aplikasi disimpan diharddisk internal pada partisi +OPL adalah pfs0:/ (thanks to Izdubar)
  • Untuk kode alamat device jika aplikasi disimpan di PC (ethernet path) pada OPL SMB adalah smb0:/ (thanks to Izdubar)

Umpamanya aplikasi MCFORMAT.ELF kita simpan dimemorycard slot 0 pada folder APPS, maka untuk kode alamat lengkap devicenya sebagai berikut:

mc0:/APPS/MCFORMAT.ELF

Umpamanya lagi, aplikasi CODEBREAKER.ELF kita simpan diharddisk external atau flashdisknya pada folder APPS, maka untuk kode alamat lengkap devicenya sebagai berikut:

mass:/APPS/CODEBREAKER.ELF

Okey.... Mudah"an sampai disini sudah dimengerti.

Sekarang format kode yang kita cantumkan di conf_apps.cfg ini sebagai berikut :

Judul/Nama Aplikasi=Alamat Lengkap Device Aplikasi

Berdasarkan dari format kode diatas, maka untuk kode yang kita tulis di file conf_apps.cfg jika:

Umpamanya aplikasi MCFORMAT.ELF kita simpan dimemorycard slot 0 pada folder APPS, maka untuk kode yang ditulis pada file conf_apps.cfg ini adalah:

Format MC PS2=mc0:/APPS/MCFORMAT.ELF

Format MC PS2 itu merupakan nama menu aplikasi mcformatnya nanti yang akan ditampilkan dimenu APPS OPL.

Umpamanya lagi, aplikasi CODEBREAKER.ELF kita simpan diharddisk external atau flashdisknya pada folder APPS, maka untuk kode yang ditulis pada file conf_apps.cfg ini adalah:

Cheats Game=mass:/APPS/CODEBREAKER.ELF

Cheats Game itu merupakan nama atau judul aplikasi codebreakernya nanti yang akan ditampilkan dimenu APPS OPL.

Sementara untuk aplikasi lain, caranya sama dengan diatas, tinggal kita sesuaikan dengan alamat lengkap device tempat dimana aplikasinya disimpan dengan judul atau nama aplikasinya yang akan ditampilkan nantinya pada menu APPS OPL.

Okey.... Sampai disini saya harap sudah dipahami, dan jika masih bingung posting aja masalahnya dikomentar dibawah.

Sekarang setelah kita sudah mengerti cara penulisan kode-kode yang harus kita tulis difile conf_apps.cfg, maka langka selanjutnya kita mulai membuat file konfigurasi untuk aplikasi di OPL.

Buka Notepad (standar bawaan windows), dan saya rasa semua teman" udah pada tahu.

Setelah itu tulis kode-kode yang diperlukan sesuai dengan petunjuk yang sudah kita bahas diatas.

Dan umpamanya pada contoh ini saya menyimpan semua aplikasinya seperti pada keterangan dibawah ini.

Untuk MCFORMAT.ELF, disimpan di memorycard slot 0 pada folder APPS.
Untuk HDLOADER.ELF, disimpan di memorycard slot 0 pada folder APPS.
Untuk CODEBREAKER.ELF, disimpan di flashdisk/hd external pada folder APPS.
Untuk SMS.ELF, disimpan di flashdisk/hd external pada folder APPS.
Untuk SNES.ELF, disimpan di flashdisk/hdexternal pada folder APPS.
Untuk SEGAGENESIS.ELF, disimpan di memorycard slot 0 pada folder APPS.

Maka kode yang harus kita tulis pada notepadnya adalah sebagai berikut:

Format MC PS2=mc0:/APPS/MCFORMAT.ELF
HDLoader=mc0:/APPS/HDLOADER.ELF
Cheats Game=mass:/APPS/CODEBREAKER.ELF
AV Player=mass:/APPS/SMS.ELF
Emulator Nintendo=mass:/APPS/SNES.ELF
Emulator Sega=mc0:/APPS/SEGAGENESIS.ELF

Dan pada notepad akan seperti pada contoh gambar dibawah ini


Selanjutnya diSave as dengan mengklik File >> Save as seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya akan terbuka window Save as, dan isi keterangan yang diperlukan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Seperti yang terlihat pada gambar diatas dimana pada File name diisi dengan nama conf_apps.cfg, dan pada Save as type dirubah ke All Files.

Setelah itu klik Save, dan file pengaturan setting APPSnya sudah jadi, dan berada pada folder dimana kita simpan sebelumnya, seperti pada contoh ini kalau filenya saya save difolder Setting APPS.

Setelah ini, kemudian file conf_apps.cfg kita copy atau pindahkan lagi ke memorycard PS2nya dan dipaste pada folder OPL dengan menggunakan software uLaunchELF.

Sampai tahap ini, untuk pengaturan setting APPS di OPL sudah selesai, tinggal kita ubah lagi untuk pengaturan utama dari OPLnya sendiri.

Dan untuk merubah pengaturan utama OPLnya, caranya tinggal jalankan OPL, kemudian setelah masuk dibooting OPL, tekan START, dan masuk dimenu configuration, dan setelah itu pada pilihan menu Applications start mode pilih:

  • Auto, jika menginginkan menu APPS secara otomatis dijalankan saat awal pertamakali masuk di OPL.
  • Manual, jika menginginkan menjalankan menu APPS secara manual di OPL.

Setelah ini, simpan pengaturan setting utama OPL.

Untuk mencobanya, restart ulang OPLnya dan setelah masuk di menu OPL, gunakan tombol Dpad untuk mengakses atau mengganti-ganti tampilan menu aktif dari OPL, dan pilih menu aktif untuk APPS, setelah beberapa saat, maka semua setting aplikasi yang kita masukkan di file conf_apps.cfg akan ditampilkan dimenu APPS OPL.

Untuk menjalankan aplikasinya tinggal pilih judul appsnya trus tekan Kali

Selesai.

14 komentar:

REZA mengatakan... #

mas sb, kalo file boot opl di taruh di mmc slot 2 caranya gimana mas sb?

Satrio Bahar mengatakan... #

Kalau hd internal, OPLnya disimpan aja diharddisknya (path hdd0:/_boot/) dan setting boot mode modchip ke DEV2, dan di MCnya tinggal mas simpan setting utamanya saja, dan MCnya bisa mas simpan dislot 2.

Kalau HD External coba pake Free MCBoot 1.8 dan pada configurasi (FREEMCB.CNF) bisa mas gunakan tutorial yang disini
Dan MCnya bisa mas simpan di slot 2

Atau ada saran dari teman" yagn lain ?

mamat mengatakan... #

mas tolong bantu saya kalo aktifin theme opl nya gimana, sama OPLnya versi berapa?, saya sudah download themnya yang rooneey, trima kasih sebelumnya...

REZA mengatakan... #

terima kasih mas sb? tp sayang kalo di hdd external harus pake fmcb, saya pengenya settingan opl di taruh di slot 2 tapi tanpa install fmcb?

Satrio Bahar mengatakan... #

@ Mamat | Jika mas menggunakan
* HD Internal, maka mas bikin partisi di Harddisknya dengan menggunakan Ule atau PS2 explorer dengan nama +OPL, kemudian didalam partisi OPL mas bikin lagi folder dengan nama THM, kemudian didalam folder THM mas bikin lagi folder thm_Rooney, dan didalam folder thm_Rooney mas simpan semua file dari hasil extract theme yang mas download.

* Jika menggunakan HD External, mas bikin folder THM di Harddisknya, kemudian didalam folder THM mas bikin lagi folder denga nama thm_Rooney, kemudian paste semua file dari hasil extract theme yang sudah mas download.

Dan untuk mengaktifkan themenya tinggal mas masuk dikonfigurasi utama dengan menekan START, dan pilih nama themenya, simpan perubahan dan restart OPLnya, maka themenya akan berubah sesuai dengan nama theme yang mas pilih.

@ REZA | Karena saya pikir biar gimana untuk OPL tetap menggunakan MC, maka biar lebih optimal MCnya maka kita gunakan Free MCBoot, dan lagian Free MCBoot bisa mengenali/membaca booting dari MC1 (Slot 2, tergantung dari konfigurasinya), sementara untuk modchip modbo saya rasa DEV1 hanya untuk slot 1 aja (mc0)

ardi mengatakan... #

gak bisa masuk ke forum...

mamat mengatakan... #

OK.... mas bahar trim atas penjelasannya...

Ragil mengatakan... #

harddisk-ku kok aneh ya? sudah berulang kali gonta-ganti theme OPL 0.7 rev 478 tetep gak bisa didetect sama opl 0.7 rev 478-nya padahal waktu pakai OPL 0.6 bisa tuh!, akhirnya aku coba-coba bikin theme OPL 0.7 rev 478 di flash disk kingston 2GB yang cuma bisa aku install game 1 buah yaitu BLACK, ehhh ternyata bisa dan gonta ganti theme juga gak masalah. Apakah harddisk-nya harus aku format ulang? aduhhhh.... sayang ya karena game yang terinstall sudah banyak. Adakah solusi lain???

Satrio Bahar mengatakan... #

@ ardi | Memang forumnya sudah ditutup mas, krna format blog utama sudah kembali keformat awalnya sebelum forum tuh dibuat yakni pada halaman postingan dilengkapi dengan form komentar dibawahnya, jadi bagi teman" yang masih suka komentar dan masih mau berbagi gratis diblog nih, maka silahkan gunakan form komentar yang sudah ada disebagian besar halaman postingan. Ini diterapkan untuk meningkatkan statistik traffic visitor diblog utama

@ mamat | OK... Sip )|(

@ Ragil | Komentar mas rada aneh juga tuh :)).. Sebenarnya harddisk yang mas gunakan tuh harddisk external (USB) atau internal (PS2 Fat+NA), sementara tema yang mas gunakan itu yang mana, serta cara menempatkan temanya diharddisknya caranya gimana?,
Dan sebenarnya untuk OPL 0.7 revisi terbaru untuk masalah tema sudah saya coba uraikan dibeberapa komentar termasuk dimasalahnya mas mamat (diatas tuh), dan jk mas membaca dan mencoba memahaminya... maka saya yakin mas engga prlu dibuat aneh ama harddisknya endiri)|(

Izdubar mengatakan... #

For info, you are not limited to "mass:" and "mc0:" / "mc1:" for launching your ELF.

You can use any of your devince, as long as they are started.

For ethernet path, you must use the "smb0:" prefix (and/or maybe "smb:").

For the HDD, you must use "pfs0:" as prefix. "pfs0:" directly point to "hdd0:+OPL/" so let's say for a file that you can see in uLE under:

hdd0:+OPL/APPS/CB9.2.ELF

you must use in your conf_apps.cfg:

pfs0:APPS/CB9.2.ELF

Anonim mengatakan... #

bang bahar mo nanya nie..apa yang harus saya isikan di hdd xternal saya,soalnya OPL ver.480 tidak bisa menampilkan skin atau tema OPL yang versi lama (0.7)yang blm direvisi.

yasin mengatakan... #

mas satrio gimana caranya supaya hdd xternal saya mampu dideteksi cover art dan themanya oleh OPL yang udah saya upgrade ke revisi 480 yang udah saya isikan ke mc,soalnya hdd xternal saya isinya masih yang lama.trus apa aja yang harus saya tambahkan di hdd xternal itu supaya art dan temanya muncul,soalnya yang muncul cuma judul gamenya.thanks

Satrio Bahar mengatakan... #

Mas yasin bikin dulu folder dengan nama ART, trus simpan semua gambar covernya disitu dengan sebelumnya covernya mas sesuaikan namanya dengan nama gamenya, cover bisa mas dapat disini.

Setelah itu buat lagi folder dengan nama THM, trus buat lagi didalamnya folder temanya, umpamanya namanya thm_Yasin.
Setelah itu mas bisa bikin sendiri temanya atau download tema yang sudah jadi disini, kemudian extract dan copy semua file"nya didalam folder thm_Yasin.

Jalankan OPL dan masuk dipengaturan utamanya dengan menekan START dan masuk di Settings, kemudian atur untuk

USB device start mode = Auto
Default menu = USB Games

Setelah itu pilih OK dan masuk lagi di Display settings, kemudian pada Theme mas atur agar menggunakan tema yang mas masukkan tadi diharddisk externalnya, yakni thm_Yasin.

Tinggal Save pengaturan di MC

saiful mengatakan... #

mas kok pakai opl 0.7 rev.480 kagak bisa ke detect temanya nich padahal udah bikin folder THM terus di dalamnya thm_judul tema kok tetep kagak bisa,gimana yach?

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini