27 September 2010

Membuat Partisi di HD Internal untuk OPL

Sebelumnya...


Sekarang kita lanjutkan membahas cara membuat partisi dengan menggunakan PS2 PFS Explorer.

Koneksikan HD External dengan komputer melalui kabel IDE atau dengan menggunakan kabel converter IDE to USB.


Setelah itu jalankan PS2 PFS Explorer dan tampilan pertamanya seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Klik seperti pada contoh gambar diatas (lingkaran merah), kemudian klik Lanjutkan, dan setelah itu pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini.



Klik seperti pada tandah panah merah digambar diatas untuk memilih harddisknya.


Dan seperti yang terlihat pada gambar diatas, kalau harddisk yang dideteksi adalah 2, yakni HDD 0 dan HDD 1. Dan untuk partisi harddisk externalnya biasanya letaknya pada harddisk HDD 1, maka arahkan pointer di HDD 1 kemudian klik kiri mouse seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Tunggu beberapa saat, dan klik seperti pada tandah panah merah digambar dibawah ini.



Setelah itu klik pada tab Partisi >> Buat baru, seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Selanjutnya ketik nama partisinya OPL, dan tentukan besar kapasotas partisinya seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Dan pada contoh ini untuk besar partisi saya set ke 128 mb (bisa lagi diatas, tergantung kebutuhan), dan setelah itu klik Ok, maka partisi dengan nama OPL dengan besar 128 mb akan dibuat diharddisk PS2nya seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Selanjutnya klik pada partisi +OPL seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Selanjutnya kita buat folder dengan nama sebagai berikut

  • ART

  • THM

  • VMC


Cara membuat foldernya dengan mengklik pada Buat Folder Baru, atau bisa juga dengan mengklik kanan mouse pada bagian window sebelah kanan, dan klik pada Buat Folder baru seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Selanjutnya berinama folder yang akan kita buat, seperti pada contoh ini folder pertama dibuat bernama ART.



Klik OK, maka folder ART akan selesai dibuat.


Selanjutnya buat lagi folder dengan nama THM dan VMC seperti pada cara kita sebelumnya, dan setelah semuanya sudah selesai dibuat, maka klik dulu Putuskan HD, dan setelah itu klik lagi Hubungkan HD.


Selanjutnya klik 2X pada partisi +OPL, dan pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini.



Karena ketiga foldernya sudah selesai dibuat, maka langka selanjutnya tinggal mengcopy file" yang dibutuhkan pada setiap foldernya, dan pada contoh ini kita mulai mengcopy semua gambar yang sudah dipersiapkan kedalam folder ART, dengan cara:


Klik dulu folder ART, dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Selanjutnya klik pada Tambah File, atau bisa juga dengan mengklik kanan mouse pada window bagian sebelah kanan, dan klik pada Tambah File seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Selanjutnya browse kefolder dimana gambar"nya disimpan, dalam hal ini gambar untuk Cover, Icon, dan Background (jika menginginkannya). setelah tandai gambar yang akan dipindahkan dan klik Open.


Tunggu hingga proses penambahan file selesai, dan pada contoh ini setelah prosesnya selesai akan seperti pada gambar dibawah ini.



Selanjutnya kita isi lagi temanya pada folder THM dengan terlebih dahulu mengklik folder THM, dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Selanjutnya kita buat lagi folder dengan mengklik Buat Folder Baru.


Dan setelah itu berinama foldernya sesuai dengan nama temanya, umpamanya thm_VISTA seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Klik OK dan foldernya akan dibuat seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Selanjutnya klik pada folder temanya, pada contoh ini adalah thm_VISTA, dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Selanjutnya klik pada Tambah File, dan browse kefolder dimana file tema untuk thm_VISTA disimpan, kemudian tandai dan klik Open.


Dan setelah itu pada contoh ini setelah proses penambahan file berlangsung seperti pada gambar dibawah ini.



Selanjutnya jika masih ada tema yang ingin ditambahkan, maka klik dulu pada folder THM, lalu kemudian membuat folder tema lagi seperti pada cara kita sebelumnya.


Dan pada contoh ini setelah beberapa file tema yang sudah dimasukkan pada folder THM akan seperti pada gambar dibawah ini.



Sementara pada folder VMC tinggal kita masukkan file virtual mc dengan cara seperti cara kita sebelumnya.


Dan setelah tidak ada lagi yang ingin ditambahkan, maka selanjutnya klik Putuskan HD seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Setelah ini tutup PS2 PFS Explorer dan lepaskan harddisk PS2nya di PC, dan harddisk dengan partisi +OPL berikut file-file yang diperlukannya dalam OPL new gui loader sudah selesai kita buat, tinggal kita pergunakan sebagaimana mestinya.


Selesai.

14 komentar:

dianta mengatakan... #

Mas SB trims, atas artikelnya sangat membantu, dan sdh sy cb berhasil, banyak game yang jalan dgn OPL, ada sebagian yang ndak jalan spt Hot wheels, godai, down force yang kebetulan favorit anak sy, sdh sy cb tips sampeyan mengganti USB.irx, injector dan di patch dgn USButil tp hasilnya nihil apa game ini mmg tdk support?, atau ada tips lain mas ? trims atas bantuannya

Satrio Bahar mengatakan... #

@ dianta |Sorry... semua gamenya engga ada saya punya mas, jadi engga bisa saya pastikan bisa jalan atau tidak. Mungkin teman-teman yang lain ada yang bisa bantu

terminal ps mengatakan... #

mas sb..mw tanya dikit nih..sy sdh berhasil bkin parisi d hdd internal..trs itu mksudnya buat apa?apakah partisi itu bs buat OPL bgtu? trs kl mw isi partisinya kok di USb util tdk terdetek,,ato di isi manual lewat TAMBAH FILE game2nya yg sdh jd d hdd external/usb?mohon penjelasanya.terimakasih n mohon penjelasnya

yayes mengatakan... #

bagimana cara isi game ke harddisk untuk opl

Anonim mengatakan... #

mas kalau pake harddisk eksternal buat ps2 slim gmana caranya?? udah pake software di atas tetapi hdd tidak kedetek knapa ya?

Chesterfield mengatakan... #

ane coba bantu jawab buat yayes:
1.pake software USBUTIL http://adf.ly/yto yang ada di side bar blog ini...
ada dua metode ni, masukin game via cdvdrom ato via file *****.ISO
coba liat tutorial bulan juli 2009
semoga bisa membantu...:))

Anonim mengatakan... #

kalo untuk hd eksternal gmana ya cara bwt partisinya

Top Game mengatakan... #

Mas SB saya mau tanya nih, OPL rev 501 new gui saya botting lsg pakai Dev ke Hd internal(Network Adapter)tampilan OPL nya sdh bisa keluar dan bisa dimainkan tapi pas mau di save setting konfigurasinya kok error saving ya? tapi kalau di bantu colok mc, bisa disave mas. apa memang bgt atau ada cara lain nya, Terima Kasih

Satrio Bahar mengatakan... #

Iya.. itu muncul pesan error, karena waktu mau disave/ditulis konfigurasi utama opl, tidak ditemukan MCnya.
Dan untuk revisi opl sekarang (standar) baik ifcaro maupun crasyc, setting utamanya hanya bisa disimpan di mc

Top Game mengatakan... #

Ok, makasih ya mas atas penjelasannya.. )|(

ph mengatakan... #

mas SATRIO... sy punya hd cpu internal 200 GB yg masih saya pake di komputer yg rencananya sebagian buat game PS2. Bisa di partisi gak ya? Pake apa kira2 dan buatnya? Kan musti di format melalui Winhip. Mohon pencerahannya. TNX.

Ruben Cell mengatakan... #

tutor nya di dalam folder OPL cuma ada VMC THM ARC ..itu OPL nya tarok dimana Mas?

Ruben Cell mengatakan... #

maksud Ku OPL yg di riname jadi BOOT.elf nya di simpan dimana?

Satrio Bahar mengatakan... #

kalau file elf OPL mas instal pakai DEV2 Instaler, caranya sama percis menginstal HDLoader.

Menggunakan PS2 PFS Explorer untuk mengcopy langsung file elf OPL yang direname menjadi boot.elf pada partisi __boot kemungkinan error mas. chip tidak bisa membacanya saat ps2 booting, dan akibatnya tampilan layar TV jadi merah, makanya cara tersebut tidak saya sarankan.
Kecuali buat teman" yang sudah banyak pengalaman utak-atik ps, engga apa" mencobanya ;)

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini