18 September 2010

Isi MC PS2 ke VMC

Sebelumnya : Virtual Memory Card PS2


Pertama-tama yang perlu dipersiapkan dulu adalah flashdisk atau HD External serta UlaunchELF sebagai software yang akan kita gunakan untuk mengelola VMC ini.


Copy atau pindahkan VMC yang sudah jadi ke Flashdisk atau HD Externalnya, kemudian koneksikan dengan PS2 dan jalankan UlaunchELF di PS2nya.


Setelah masuk dibrowser Ule, kemudian pilih path mass, dan sorot VMC yang akan kita kelola, umpamanya seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Pada contoh gambar diatas file VMC yang saya sorot bernama memorycard0.bin (VMC 32mb).


Setelah ini, kemudian tekan R1 untuk memunculkan menu Ule, seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Karena pada contoh ini VMC yang kita kelola adalah mc0, maka pada menu Ule pilih Mount vmc0: seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Setelah itu tekan Lingkaran, maka akan terbuka path baru dari VMCnya, seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Sekarang kita sudah bisa memindahkan save file dari memorycardnya kepath virtual memorycardnya (vmc0:/).


Masukkan memorycard ps2 dislotnya yang ingin save filenya dipindahkan ke VMCnya. dan pada contoh ini save game yang akan saya pindahkan adalah save file dari WE10 yang ada pada memorycard slot kiri (path mc0).


Tekan Segi tiga untuk keluar kebrowser, dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Seperti yang terlihat pada gambar diatas kalau pada browser ule terdapat path baru dengan nama vmc0:/, path tersebut merupakan path dari VMCnya yang sedang dikelola.


Selanjutnya copy save file yang ingin dipindahkan ke VMC dengan terlebih dahulu menandai filenya seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Selanjutnya tekan R1 kemudian pilih Copy dan tekan tekan Lingkaran.


Selanjutnya masuk kepath VMC, dan paste dengan menekan R1, kemudian pilih Paste dan tekan Lingkaran.


Maka semua file yang dicopy tadi dari memorycard akan dipindahkan ke virtual mcnya seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Terlihat seperti pada contoh gambar diatas kalau save file WE10 sudah pindah ke VMCnya (Path: vmc0:/).


Jika sudah tidak ada lagi savefile yang ingin dipindahkan dari memorycard lainnya, maka tekan SELECT untuk keluar dari browser UlaunchELF.


Setelah ini, maka VMCnya sudah terisi save game sesuai dengan isi dari save game memorycard ps2nya, tinggal kita gunakan sebagaimana mestinya.


Selesai.


Catatan :


Jika saat membuka save game dipath memorycard kesulitan untuk mengenali nama" save gamenya, maka kita harus merubah cara penampilan nama file save game dari Ulenya dengan merubah setting Modenya untuk Show Content ke Game Title + Details dengan cara :


Tekan L1, kemudian tekan Kotak, setelah itu tekan Segi tiga untuk kembali kebrowser, seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Setelah itu semua savegame akan ditampilkan dengan nama sesuai dengan nama game dari savegamenya.



17 komentar:

  1. Bung Satrio, apakah VMC ini bisa untuk booting OPL? Mirip FMCB begitu?

    BalasHapus
  2. Ngga bisa mas, VMC tuh cuma untuk simpan save game, itupun VMCnya baru bisa digunakan jika loader game yang kita gunakan mengalihkan savegame ke virtual MCnya, seperti OPL+VMC ide dari POLO yang dikembangkan sekarang oleh CrazyC (Untuk update revisi softwarenya ada disidebar kiri bagian tab Software)

    BalasHapus
  3. Kalo aku sudah berhasil bikin VMC-nya dan transfer saved game-nya dari memori card ke VMC-nya dan VMC-nya aku simpan di harddisk external tempat game-game PS2-nya, namun kenapa ya kok VMC-nya gak bisa dibaca oleh OPL-nya (OPL 474 + VMC). Misal untuk game God Of War di VMC ada datanya dan sewaktu di game list OPL-nya aku sorot God Of War lalu tekan :S: trus set default tekan :K: lalu save setting tekan :K: tapi kenapa muncul "error save setting!" , aduh tolong dong apa permasalahannya? =? =? =? =()

    BalasHapus
  4. mas bahar, kemaren aku lihat di glodok kok bisa membuat opl langsung booting dari hardisk eksternalnya tidak memakai memory card lagi utk naruh file open ps2loader.elf , tapi tetap keluar freemcboot lgsg ke menu game di usb game, kalo mas bahar bisa minta tolong di ulas bagaimaa caranya ?

    BalasHapus
  5. saya ada 2 kiriman dari glodok, mesin seri 10 k samua, mmc ditaruh semuanya di slot 2, mungkin keliatan mas adim mmc slot 1 kosong, emang kosong di slot 1, mmcnya adanya di slot 2? jd buat nyimpen file boot dan fmcb jg temanya di mmc slot 2? atau bisa jd pake vmc? kalo pake vmc saya blm pernah nyoba? hbsnya terlalu ribet? lgian jg mmc skarang harganya murah trus kebanyakan jalan buat boot file opl?

    BalasHapus
  6. atau bisa juga mmc di patri ke dalam mesin/ dipatri mmc ke slot pake kabel kalau misalnya itu berada di slot 1. karena saya pernah nemu yang gituan.

    BalasHapus
  7. mas bahar, gima caranya codebreaker supaya bs langsung di boot di MC tnpa harus lewat Ulaunchelf? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  8. Mas bisa menggunakan MCBooting, atau mas ganti saja ulauncelfnya dengan codebreaker dengan menggunakan nama file yang sama, jadi saat awal booting bukan lagu ulaunchelf, tapi codebreakernya
    (Tutorial soal MCBooting udah beberapa yang saya postingkan diblog ini, searc aja)

    BalasHapus
  9. mas aku ake hd external udah ada partisi opl dan vmc sudah berhasil di buat pake opl. tetapi saat main game kok vmc tidak terbaca knpa ya??? =?

    BalasHapus
  10. mas satrio vmc ku setelah di isi kok g ke detek knapa ya?

    BalasHapus
  11. VMCnya kok jadi korup setelah diupdate ya?? mohon pencerahan...

    BalasHapus
  12. VMC yang dibuat opl, isinya tidak dapat dibaca oleh ulaunchelf (ver.4.42) meski bisa di-mount, tetapi bisa dibaca oleh game ybs. Ada yg bisa menjelaskan ???

    BalasHapus
  13. Mas Satrio, sdh sy ikuti caranya dari awal dan berhasil mount vmc. Tp saat sy mainkan game kok tidak terdeteksi VMC nya? Mohon pencerahan lagi, trims.

    BalasHapus
  14. kolo copy save game dari mc ke vmc. vmcn malah jadi error / rusak.

    BalasHapus
  15. Wah dari tahun kemarin" ternyata banyak ya bermasalah copy dari MC ke VMC, sorry baru sempat lihat lagi halaman postingan ini :d

    Mas gunakan ulaunchELF versi 4.42a, dan barusan saya coba, save game bisa dibaca dan dicopy baik dari VMC ke MC maupun sebaliknya dari MC ke VMC dengan cara seperti diatas juga mas.
    Dan VMC tersebut bisa dibaca tanpa error oleh opl 0.8 dan opl 0.9

    BalasHapus
  16. gan kalau vmc nyimpen filenya dimana di HDD atau dimana nantinya kalau sudah dimount? apakah ketika mc boot dilepas vmc masih tetep ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. vmc tersimpan di HDD (bisa mas lihat pada gambar ss postingan diatas) dan vmc tetap ada di HDD sekalipun mcbootnya mas lepas.
      vmc tersimpan dalam folder VMC

      Hapus
Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini