18 September 2010

Virtual Memory Card PS2 (VMC)

Virtual memory card atau disingkat dengan VMC merupakan sebuah file virtual memory card yang fungsinya sama dengan memorycard standar dari PS2 yaitu untuk menyimpan file atau save game, cuma bedanya jika virtual memorycard wujudnya berupa software yang bisa kita simpan baik dimedia penyimpan seperti harddisk ataupun flashdisk.
Jadi karena VMC ini bisa disimpan dimedia penyimpanan seperti yang digunakan untuk menyimpan file" game buat PS2 yang menggunakan harddisk, baik itu PS2 yang menggunakan harddisk internal, maupun yang menggunakan harddisk external, maka dengan VMC ini, kita tidak memerlukan lagi memory card standar PS2 untuk menyimpan save permainan, atau dengan kata lain fungsih dari MC PS2 digantikan oleh VMC ini.

Virtual memorycard ini sebenarnya sudah pernah dibahas pada tutorial yang terdahulu, dimana untuk membuat VMC ini kita membutuhkan software yang bernama HD Project yang dijalankan terlebih dahulu dikonsole PS2nya, yang artinya VMCnya kita buat di PS2nya.

Dan bagi teman" yang pernah mencoba menggunakan software ini, tentunya udah mengetahui beberapa kekurangan dari software ini, diantaranya adalah VMC baru bisa dibuat jika softwarenya dijalankan di PS2nya, dan dalam pembuatan VMCnya membutuhkan proses yang lumayan lama terutama jika membuat VMC dengan kapasitas diatas 8mb, belum lagi terkadang dalam proses mengformat VMC sering mengalami hang atau gagal format, terutama untuk VMC dengan kapasitas yang besar (diatas 8mb).

Dan pada tips kali ini kita akan mencoba lagi membuat VMC yang pastinya lebih mudah dalam proses pembuatan filenya, karena VMCnya dibuat langsung dikomputer, dan prosesnya juga sudah cepat dan tidak perlu lagi menunggu proses format virtual memorycardnya seperti yang kita alami saat membuat VMC dengan HD Project.

Software yang kita pergunakan kali ini adalah software yang dikembangkan oleh POLO (salasatu pengembang dari OPL dan VMC) yang bernama Virtual PS2 Memorycard Maker yang gambar tampilan pertamanya seperti dibawah ini.



Selanjutnya untuk menggunakan softwarenya termasuk mudah untuk kita gunakan, dimana seperti yang terlihat pada gambar diatas pada bagian Vmc Path merupakan path dimana file VMC nantinya disimpan setelah proses pembuatannya.

Sementara pada Vmc Size merupakan ukuran VMC (dalam mega bytes) yang akan kita buat, dan untuk merubah ukuran besar kapasitas VMC umpamanya 32 mb, maka cukup dengan mengklik tanda arah atas seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Setelah itu pada Vmc Number merupakan VMC untuk slot apa yang akan kita buat, dimana jika ingin membuat VMC untuk slot mc0 (slot kiri memorycard di PS2) maka klik atau centang pada Memorycad 0, sementara jika ingin membuat VMC untuk slot mc1 (slot kanan memorycad di PS2) maka klik atau centang pada Memorycard 1.

Umpamanya kita akan membuat VMC untuk slot mc0, maka pada Memorycard 0 dicentang seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya untuk membuat VMCnya dengan ukuran yang sudah ditentukan sebelumnya, dimana seperti pada contoh ini kalau VMC nantinya yang akan dibuat dengan kapasitas 32Mb, maka tinggal diklik aja START CREATION seperti pada contoh gabmar dibawah ini.


Selanjutnya akan ada proses pembuatan VMCnya seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Dan setelah proses selesai dan berhasil, maka akan ada konfirmasi seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Klik OK, dan proses pembuatan VMCnya sudah selesai (Cepat cekali....)

VMC yang baru dibuat bisa dilihat difolder dimana VMC tersebut kita simpan, seperti pada contoh ini VMC yang baru dibuat saya simpan difolder VMC di Desktop, dan contoh VMCnya akan seperti pada gambar dibawah ini.


Selanjutnya VMC ini sudah siap digunakan, umpamanya digunakan di OPL yang dikembangkan oleh CrazyC.

VMC yang baru kita buat ini layaknya memorycard ps2 yang baru atau baru diformat yang tidak mempunyai save game apapun isinya.

Dan umpamanya kita menginginkan agar VMC yang baru ini memuat savegame lama yang masih tersimpan di memorycard ps2, atau dengan kata lain kita ingin memindahkan savegame yang ada di memorycard ps2 ke VMC ini dengan tujuan agar save game lama bisa diload dari VMCnya, maka caranya sebagai berikut:

18 komentar:

dzaky internisti mengatakan... #

kk SG, kok VMCnya ga bisa di buka??? apa mesti pakai komputer tertentu??=?

Satrio Bahar mengatakan... #

Sama mas, saya juga engga bisa buka VMC di komputer. Saya hanya bisa membuat VMCnya dan caranya diatas tuh...
Semetara untuk dasar membuka VMCnya saya gunakan ulaunchelf, tapi kerjanya bukan di komputer, tapi di PS2.

Robby mengatakan... #

VMC makernya ada yang lain ga bos..kyknya korup tuh filenya ga bisa run di windows xp gw....bisa di kirim ulang ga, ke email gw aja. robby.radhika@gmail.com

Jremos mengatakan... #

@robby | coba install microsoft .NET framework 2.0. pasti jalan.

eCreative mengatakan... #

Sudah di pasang NET Framework 2.0 juga tetep gak jalan... kenapa ya??? Mohon bantuannya

Satrio Bahar mengatakan... #

Kalau VMC Makernya tidak bisa run dengan normal di PCnya, maka VMC siap pake sudah saya buatkan, tinggal digunakan aja sebagaimana mestinya

VMC pack ini terdiri dari 8mb,16mb,24mb,dan 32mb, dan tiap vmc terdiri dari VMC0 dan VMC1 beserta file txt cara Instalasinya.

Saya sarankan menggunakan 8mb saja, soalnya semakin besar vmc yang digunakan akan berpengaruh sama kecepatan load dan save permainan, dan lagian 8mb saya rasa sudah lebih dari cukup untuk menampung permainan karena setiap game memiliki vmc masing"

Alifbunda_Pasuruan mengatakan... #

@Mas Bahar: Agak bingung, nih mas.
"8mb saya rasa sudah lebih dari cukup untuk menampung permainan karena setiap game memiliki vmc masing2"
brarti 1 VMC hanya untuk satu game saja, ya? kalo kita punya 50 game, brarti butuh 50 file VMC juga?

Satrio Bahar mengatakan... #

kalo kita punya 50 game, brarti butuh 50 file VMC juga?....
Kalau mas mau....Knapa tidak :))

Setiap file VMC dirubah namanya berdasarkan nama file elf gamenya (ex=SLPM_663.74_VMC0.bin), agar saat kita tentukan pengaturannya diOPL untuk vmcnya secara default akan mendeteksi file vmc sesuai dengan nama elf gamenya.
Tapi tidak menutup kemungkinan satu file vmc bisa juga digunakan oleh beberapa game dengan mengaturnya terlebih dahulu disettingan vmcnya (bukan setting vmc default lagi yang digunakan).

Alifbunda_Pasuruan mengatakan... #

"Tapi tidak menutup kemungkinan satu file vmc bisa juga digunakan oleh beberapa game dengan mengaturnya terlebih dahulu disettingan vmcnya (bukan setting vmc default lagi yang digunakan)"

memang bisa kok, mas. sudah aku pake kok, 1 vmc untuk beberapa game. kan ribet kalo harus harus satu vmc untuk 1 game....? :)

gamemania mengatakan... #

saya uda ikutin tutorialnya (VMC di PS2HD)...tp koq pas jalanin game selalu selalu gelap (ga bs msk game)....minta pencerahannya dunk Om.....

iwan mengatakan... #

vc kok g ke deteck yahhh apa ada yang salah?? bisa g kalo pake flashdisk?? n kalo di harddisk eksternal gmana caranya?? tolong di bantu coz mc ku yang 1 dead n udah tak kubur. thanks

Anonim mengatakan... #

mao tny nii bang nii perlu d ganti ga ice ps2 ny, kiri2 pasang ice pa

Irwan mengatakan... #

Asskum . . .
mas mo nanya nih. saya pke HDD internal+OPL.
saya uda buat vmc nya masing2 8MB dan uda saya rename sesuai nama kode game nya,trus saya taruh di hdd0:+OPL/VMC/ ,n game uda saya seting di OPL pke VMC masing2.
tp kok tetep game nya gak mau baca VMC nya yah mas?
kira2 apa yg salah. mohon solusinya.
thks.

rr mengatakan... #

mas gmna kita bisa tau file elf untuk PES 2011??

Anonim mengatakan... #

Mas Satrio...maaf aq org awam,,,ku udh coba,,udh ad file VMC -nya di Fdisk,,,tapi kok gk kebaca di PS2 q,, memang gk pake OPL sih,,tpi apa VMC berguna cm PS yg ada OPL???,,,kalo msh pake kaset gmn?? mohon tunjukan jalan terangnya...

Ryan mengatakan... #

Mas Satrio...mohon pencerahan,,mw nanya,,cara agar FDisk bisa terbaca di PS2 gmn?? tq

Satrio Bahar mengatakan... #

kalau masih pake kaset (CD/DVD Game) atau yang gunakan HDLoader, maka mas harus mengedit kembali game-nya dengan menambahkan file agar save game tersebut dipindahkan ke VMC yang ada diflashdisk, caranya salah satunya pernah saya bahas disini (contoh game downhill domination).
Dan tidak semua game bisa diedit/mendukung cara tersebut.

Untuk membuat VMCnya pakai cara disini

Karena cara membuat VMC pada halaman ini untuk OPL versi terdahulu yang dikembangkan sendiri oleh CrazyC.

Pakai OPL versi baru lebih mudah sebenarnya mas kalau mau gunakan VMC, karena game tidak perlu diedit, karena opl sendiri yang otomatis memindahkan save game ke VMC jika fiturnya diaktifkan. dan OPL sendiri bisa juga digunakan membuat VMC sendiri yang didukungnya.

Satrio Bahar mengatakan... #

Cara Flashdisk agar terbaca di PS2 mudah sekali mas, colokin aja FDisknya di port USB PS2,hehehe.

Flashdisk normal begitu mas hubungkan diport usb PS2 langsung dibaca mas, cuma buat melihat isinya, mas gunakan uLaunchELF.

Ibarat Komputer juga jika mas hubungkan flashdisk dengan port USB Komputer, maka flashdisknya langsung kebaca juga, cuma kalau mau melihat isinya, maka mas harus membuka/gunakan Explore (windows).

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini