10 Agustus 2010

Cara Membuat MC HDLoader Instaler

Pada tips kali ini kita akan mencoba membuat MCBooting yang mana MCBooting ini dapat digunakan diPS2 untuk menginstal HDLoader tanpa menggunakan lagi UlaunchELF dalam penggunaannya atau dengan kata lain MCBooting yang akan kita bahas ini adalah MCBooting yang secara otomatis menginstal HDLoader keharddisk PS2nya saat PS2nya dinyalakan atau dibooting.

Sebagaimana sudah dijelaskan pada tutorial yang terdahulu dimana untuk menginstal HDLoader keharddisk PS2 kita menggunakan software yang bernama DEV2 Installer (DEV2I.ELF).

Dan agar HDLoadernya bisa sukses dibaca oleh installernya, maka HDLoadernya dirubah namanya menjadi BOOT.ELF kemudian menempatkannya dalam satu folder bersama software instalernya dalam hal ini adalah DEV2I.ELF.

Setelah itu tinggal kedua file tersebut dicopy ke FD dan kemudian HDLoadernya diinstal ke harddisk PS2 dengan menjalankan DEV2I.ELF lewat bantuan UlaunchELF, atau bisa juga kedua file tersebut diburning ke CD/DVD dan HDLoadernya diinstal lewat Optic PS2nya (smuanya udah dijelaskan pada tutorial terdahulu).



Sementara bagi sebagian teman", cara tersebut masih terkadang merepotkan, dan lebih menginginkan yang lebih simple lagi dimana HDLoader beserta installernya sudah disimpan memang di memorycard PS2nya dan saat ingin menginstal HDLoadernya ke harddisknya tinggal menancapkan aja MCBooting HD Loader Installernya, tanpa membutuhkan lagi flashdisk atau bantuan UlaunchELF, dalam artian semua berjalan secara otomatis kali ye sengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi

Untuk memudahkan membuat MCBooting jenis ini, maka sudah saya ubah dikit installernya agar bisa digunakan bersamaan dengan HDLoadernya di Memory Card PS2, dan cara menggunakan softwarenya sebagai berikut

Download dulu aplikasinya Teman..., kemudian extract dan akan mendapatkan file" seperti dibawah ini.


Okley.... Sama ji tho seperti gambar diatas...

Sekarang penjelasan file"nya sebagai berikut

  • BOOT.ELF itu adalah Installernya
  • HDLR.ELF adalah HDLoader yang nantinya akan diinstal keharddisk PS2nya.
  • icon.ico dan icon.sys adalah Icon foldernya jika nanti dicopy di memorycard PS2nya.

Jadi file tersebut diatas sudah lengkap Installer beserta HDLoader, dan Icon MCnya.

Jadi jika teman" ingin menginstal HDLoader dari hasil editan teman" sendiri, maka HDLodernya direname atau nama filenya dirubah dulu dengan nama HDLR.ELF (harus huruf besar semua), kemudian copy dan gantikan file HDLR.ELF seperti pada contoh gambar diatas.

Selanjutnya tinggal keempat file tersebut dicopy ke memorycard PS2nya dan dipaste didalam folder BOOT dengan menggunakan bantuan UlaunchELF

Atau bisa juga keempat file tersebut dibuat dulu menjadi file psu seperti yang sudah dijelaskan pada tutorial terdahulu, lalu setelah jadi file psunya, baru kemudian diinstal ke MCnya dengan menggunakan bantuan UlaunchELF.

Setelah keempat file tersebut sudah berada diMC pada folder BOOT, maka MCBooting HDLoader Installernya sudah selesai dan sudah bisa digunakan pada PS2 yang sudah ganti dengan modchip modbo atau matrix dengan cara :

Tancapkan MCBooting HDLoader Instalernya, kemudian nyalakan PS2nya dan tahan tombol R1 Stik PS2nya sampai masuk diproses instal HDLoadernya, setelah itu tinggal ikuti atau tunggu aja proses instalasi HDLoadernya sampai selesai.

Dan setelah proses instalasi berhasil, cabut MCBootingnya, kemudian PS2nya reset/nyalakan kembali dan setelah itu HDLoadernya akan boot dari harddisknya sesuai dengan yang diinstal dari MCbootingnya.

Jadi dengan MCBooting ini, Instal HDLoadernya lebih simple, serta buat teman" yang punya usaha soal MCBooting, bisa mencoba membuat MCBooting jenis ini, kemudian menawarkannya kepengguna HDLoader yang belum tau atau kga sempat melihat Blog Ini sengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi

Selesai.

topi

15 komentar:

  1. Apa bisa juga digunakan untuk menginstal OPL diharddisk ps2 tebal

    BalasHapus
  2. Bisa mas Andy, tinggal ubah aja nama file OPLnya menjadi HDLR.ELF, kemudian copy/gantikan file HDLR.ELF sebelumnya.
    Dan tempatkan HDLR.ELF (opl yang sudah direname) bersama BOOT.ELF (Instaler DEV2) didalam folder BOOT di MC, setelah itu tinggal tekan R1 stik saat awal booting PS2 (modchip modbo), dan ikuti instalasinya sampai selesai.
    Setelah berhasil, maka PS2 Fat mas sudah siap menggunakan OPL.
    tinggal menggunakan aja MC untuk menyimpan setting OPLnya, karena untuk revisi sekarang belum bisa menyimpan setting utama OPL di harddisk internal.

    BalasHapus
  3. bos awal mula saya mau mengisi permainan di hardish ps2 saya,eh malah hardishnya ke format...
    yang saya tanyakan langkah apa saja yang harus saya lakukan supaya hardish terbaca di ps2 saya lagi.....
    tolong dong tutorial langkah2 yang harus saya lakukan,,,

    BalasHapus
  4. silahkan baca tutor yang sudah ada diblog ini. anda akan menemukan semua yang anda inginkan. nd malah nambah ilmu lagi. salam.

    BalasHapus
  5. mas mau nanya, saya pake 90006, menggunakan usbadvance dan USBUtil (macam2 versi dicb), installnya sukses dan bisa baca judul gamenya saja, sdang untuk main tidak bisa Please wait looding terusss.., tdk bsa kebuka, stelah saya cek dgn Ulaunch (buka : mass) ternyata FD(usb2)/HDD externalnya tdk bisa terbuka sy cb ambil FD yg lain (lama Usb1) & cb cek lg dg Ulaunch ternyata gampang dibk utk liat isi FD (Usb1), Bagaimana solusinya spy HDD External sy bisa digunakan (Seagate baracudda 7200 40 GB)/ FD (usb2) bs digunakan Pd SCPH-90006 sdh sy cb format dan install lwt Usb Extreme V. DOS ternyata hasilnya sama ?,.. TRims

    BalasHapus
  6. Kalau memang mas mau gunakan USBAdvance, maka PS Slim mas (90006) harus diganti modchipnya ke modbo4 dan optiknya jangan dilepas.
    Tapi sebaiknya mas menggunakan OPL saja, soalnya lebih banyak game yang bisa jalan, ketimbang menggunakan USBAdvance.
    Dan agar harddisk externalnya bisa sukses digunakan, maka mas gunakan konektor USB HD External seperti pada contoh gambar yang sudah diuploadkan mas Alifbunda, dan pastikan untuk format HD externalnya FAT32 (formatnya pake USBxtrem versi DOS), dan untuk instal gamenya pake aja USBUtil

    BalasHapus
  7. asslamualaikum mas bahar. ps saya sudah matrix. kemaren saya mengcopy iso w11 terbaru ke HD. tapi tidak mau di jalankan (hang).
    saat di bawa ke toko ps, yg punya bilang bahwa system booting nya harus di upgrade.
    nah yg saya bingung, memang ada ya versi upgrade dari boot.elf ??

    BalasHapus
  8. coba pake boot di hdl patch gui versi 0.8b versi 2j, kadang untuk game bola kalo pake boot lama yg blm di patch atau filenya msh 2,83mb ga bisa jalan, tp kalo pake file boot yg 0.8b versi 2j yg filenya udah di patch di jamin game bola ga ada masalah

    BalasHapus
  9. aslmkm bos satrio..sy sdh buat mchdloader..tp stlh sy tekan R1 saat logo matrix...terakhir muncul ERROR HDD TDK KONEKSI..
    Kira2 kerusakanx dmn? Apkh hdd,NA atau mesinx ya?
    Hdd nya seagate 160gb bs trbaca oleh winhiip..
    Trus gmn tekhnik utk ngecek kerusakan NA tanpa hrs dites ke ps2hd yg lain?..
    Mhn petunjukx..
    Ps2:scph 50006,motherboard GH-023.
    Thx.

    BalasHapus
  10. @amrin :
    dicoba terus sampai berhasil mas.
    kadang memang seperti itu, HDnya nggak ke detek.

    BalasHapus
  11. mas, ps 2 saya khan instalan awalnya khan hdloader.exe. cuma saya mau ganti menjadi skin kreasi saya sendiri mas. tapi koq saya sudah mencoba berkali-kali dengan mc booting saya baik yang bergambar skin kreasi sendiri maupun mcboot yg berformat hdloader.exe tetap tidak bisa mas,, so bagaimana cara untuk merubah skin dengan kreasi saya mas.. apakah harus mengganti AN dahulu atau ada solusi lain.. mohon sarannya mas..

    BalasHapus
  12. Mas Satrio.. boot untuk PS yang berlogo hdloader.exe saya koq ga bisa konek ya mas,, kenapa ya mas.. kira-kira apa yang rusak ya mas..

    BalasHapus
  13. MAS MW TNYA tlong di jwb, semua yg mas ajarkan sudah saya kerjakan dan berhasil, tapi di bgian akhirnya stlah aku tkan R1 di layar tv bertuliskan ERROR HDLoader tidak di temukan...knp? tanggung mas sudah thap akhir ,tolong ksih jwbannya

    BalasHapus
  14. Gufron pamekasan madura : Mas satrio,saya sangat awam dengan ps2.mohon pencerahannya.Ps2 saya Sony scph 50000, NA , Non optic,HDD pata seagate 80gb,chip matrix V.1.93.Awalnya layar tv blank merah.Ilmu dari mas satrio saya gunakan.saya chek di winhip pakai pc.ternya seluruh data game " ada dan Lengkap".Nah,agar kembali sehat,hdd saya format ulang di winhip dengan pilihan format full hdloader 28bit.karena ps2 sy tanpa optik,nantinya akan saya coba untuk membuat mcinstaller / mchdloader (biar hardisk nantinya bisa booting ).tapi mas,saat saya menancapkan flashdisk di slot yg tersedia,flashdisk tidak tampil di layar tv.Kalau memoricard-nya tampil dilayar tv.bagaimana mas,apa flashdisk harus juga diformat dulu pakai winhip,atau bagaimana mas.mohon pencerahannya.Semoga mas satriyo sekeluarga selalu sehat dan diberkahi ALLAH.amin (gufronburhanuddin@yahoo.co.id)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena harddisknya sudah diformat full yang artinya game beserta booting-nya sudah kehapus dan harddisk kembali seperti baru lagi

      Yang pertama-tama (penting) dulu mas usahakan adalah bagaimana caranya agar ulaunchelf bisa mas jalankan di ps2 tersebut, karena untuk melihat isi dari flashdisk kita gunakan software ulaunchelf tersebut (isi flashdisk tidak bisa dilihat dibrowser ps2 layaknya mc)

      Cara" menjalankan ulaunch bisa mas coba baca-baca disini.

      Untuk lebih lengkap caranya memasang harddisk di ps2 tebal, bisa mas baca-baca disini.

      Jika ada masalah, jangan sungkan komentar balik diblog ini, saya coba bantu mas sampai ps2nya bisa normal lagi, asal masalahnya bukan dari kerusakan ps2nya (hardwarenya), soalnya maklum kalau soal hardware pengalaman saya masih kurang mas.

      Hapus
Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini