11 Mei 2009

Nonton Video di Playstation 2

Pada Tips ini kita akan mencoba menggunakan console game PS2 sebagai media untuk memutar atau memainkan video" pribadi atau video" koleksi sendiri layaknya sebuah VCD Player atau DVD Player.
Dengan bantuan software pihak ketiga, maka PS2 kita yang sehari-harinya kita gunakan untuk main game, bisa juga kita fungsikan untuk memutar video" koleksi pribadi kita, entah itu video" hajatan atau video" lagu", ataupun video" yang berasal dari gadget video recorder sekelas Handphone atau MP5.

Intinya disini adalah, video" tersebut harus sebelumnya kita convert menjadi video dengan format AVI dengan codec DivX atau Xvid, baru setelah itu video" tersebut bisa kita lihat atau mainkan di PS2.

Software yang kita pake pada tips ini adalah software yang sebelumnya kita gunakan untuk memainkan format audio MP3, yaitu SMS.

SMS yang dimaskud disini bukan kependekan dari Short Messages Services (layanan pesan pendek), tapi SMS adalah software buat PS2 yang kita gunakan untuk memainkan atau memutar format audio dan video di PS2. Dan hal ini merupakan sala satu kelebihan software ini dibandingkan dengan software sejenisnya yaitu mendukung format audio dan video, jadi dengan satu software, kita sudah bisa menggunakannya untuk memainkan file audio (MP3) dan file Video (AVI) di console game Playstation 2.

Sekali lagi, inti dari trik ini adalah mengconvert format videonya menjadi AVI, dan pada contoh ini, saya coba mengconvert format video VCD, menjadi format yang didukung oleh SMS, yaitu format AVI.

Buka software convert videonya, dan pada contoh ini saya gunakan A-Z Video Converter Ultimate, dan tampilan pertamanya seperti gambar dibawah ini,



Setelah itu klik Add dan browse kefolder dimana file videonya yang akan diconvert, seperti pada contoh gambar dibawah ini,


Setelah itu klik Open, dan selanjutnya akan ditambahkan didaftar video yang ingin diconvert, seperti pada contoh gambar dibawah ini,


Dan jika ingin menambahkan lagi video yang lainnya, maka klik lagi Add dan selanjutnya caranya sama seperti sebelumnya, dan jika sudah tidak ada lagi video yang ingin diconvert, selanjutnya dipengaturan saya set seperti gambar dibawah ini,


Format video AVI dengan setting :
Codec : DivX, atau bisa juga dipilih codec Xvid dengan memilih dimenu dropdownnya.
Frame rate : 25 hz atau yg lain, semakin tinggi semakin bagus kualitas render videonya.
Sound codec : MPEG Layer 3 (MP3).
Ukuran video : 352/240, atau bisa juga dengan memilih yang Original saja.
Sementara untuk output file setelah diconvert saya pilih di desktop.
(pada gambar diatas terjadi kesalahan penempatan setting video dari program convertnya sendiri, dimana FrameRate bertukar tempat dengan AVI Codec)

Setelah semuanya sudah selesai kita atur, selanjutnya tinggal kita convert dengan mengklik seperti pada gambar dibawah ini,


Setelah itu videonya akan mulai diconvert seperti pada contoh gambar dibawah ini,


Tinggal tunggu proses convert selesai dan berhasil 100%, dan setelah itu, maka akan kita dapat file video yang berformat AVI dan sudah siap kita mainkan di PS2.

Langka selanjutnya tinggal mengcopy filenya aja ke harddisk PS2nya baik yang gunakan booting HDLoader (Harddisk dengan NA) atau USBAdvance (Harddisk external), caranya sama dengan tutorial sebelumnya ditips MP3 diPlaystation 2.

Cuma yang bedakan pada tutorial sebelumnya setelah kita bikin partisi dan bikin folder pada PSExplorer, sekarang namanya kita kasih nama Video atau terserah sesuai dengan selerah masing", begitu juga diharddisk externalnya kita bikin folder dengan nama Video atau nama yang lain sesuai dengan selera.

Setelah itu mainkan SMSnya dan Enjoy Dha.

Selesai.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini