07 Mei 2009

Mengatasi MCBooting USBAdvance Gagal Booting

Sebelum kita uraikan apa yang akan kita bahas pada tips kali ini, terlebih dahulu saya perjelas bahwa yang akan kita bahas nantinya adalah ketika kita sudah berhasil membuat skin dengan gambar sesuai dengan keinginan kita, tapi usbadvancenya gagal ngeboot diplaystation 2.
Dan trik ini bisa dicoba-coba terapkan jika sudah memastikan masalahnya bukan sama PS2nya, tapi murni dari USBAdvance yang sudah kita edit.

Dan USBAdvance gagal booting disini maksudnya adalah, ketika waktu ngeboot USBAdvancenya dari MCBooting, tapi pada saat waktunya sudah masuk dibooting usbadvance, tapi kondisinya malah ps2 mengalami gagal booting yang mengakibatkan tampilan dilayar TV jadi itam atau blank.

Untuk menganalisa masalah gagal booting MCBooting usbadvance, kita bisa mencoba membooting dulu USBAdvance yang original, dan jika saat menggunakan USBAdvance yang original, PS2 berhasil ngeboot dengan normal tapi setelah menggunakan USBAdvance yang sudah kita edit ternyata PS2nya mengalami gagal booting atau blank, maka bisa dipastikan kalau masalahnya sama USBAdvance yang sudah kita edit, dan jika ini terjadi, maka lanjutkan membaca trik dibawah ini.

Beberapa cara bisa kita coba jika USBAdvance yang kita edit mengalami gagal booting, tapi sebelumnya kita pastikan dulu bahwa USBAdvance yang sudah kita edit tidak error di programnya, hal ini bisa kita cek dengan cara memboot USBAdvancenya dengan menjalankan dulu uLaunchELF, dan nanti di-uLaunchELF kita pilih USBAdvancenya dengan cara manual, dan saat kita pilih dan jalankan USBAdvance mengalami kegagalan atau hang, bisa dipastikan kalau USBAdvance yang kita edit udah rusak programnya dan memang tidak bisa kita gunakan, tapi jika USBAdvance bisa jalan dengan normal, maka kita bisa mengedit ulang USBAdvance agar bisa ngeboot langsung dari MCBooting dengan cara sebagai berikut:


  1. Membuat MCBooting USBAdvance dengan file tidak dipack.
  2. Membuat MCBooting USBAdvance dengan menghilangkan gambar Splashnya.
  3. Membuat MCBooting USBAdvance dengan bantuan modifikasi uLaunchELF.
Ketiga trik diatas akan kita coba bahas satu persatu.

Cara Pertama

Membuat MCBooting USBAdvance dengan file tidak dipack maksudnya disini adalah, skin USBAdvance yang sudah kita edit atau kita patch gambar splash atau gambar mainnya tidak kita pack atau press atau perkecil datanya setelah selesai, jadi disini ukuran skin USBAdvance akan lebih besar jika dibandingkan jika skin USBAdvance yang dipack.

Dan untuk lebih mudahnya membuat skin USBAdvance jenis ini, saya udah tambahkan fungsih software bikin skin dengan menu format tidak berfungsi yang sudah dipostingin sebelumnya dengan membuat skin USBAdvancen dengan fungsih tanpa mengepack filenya.

Cara pakenya sebagai berikut:

Pada saat tampilannya seperti gambar dibawah



Ada 2 Pilihan yang bisa kita pilih, dan dalam hal ini agar filenya tidak dipack, maka kita pilih dan tekan angka 2, dan akan seperti gambar dibawah ini


Setelah itu tekan Enter dan akan seperti gambar dibawah ini


Selanjutnya tinggal pilih jenis model skin yang diinginkan, dan cara selanjutnya seperti ditips sebelumnya.

Tinggal ikuti instruksinya sampai selesai, dan setelah itu kita akan mendapatkan skin USBAdvance yang menu format sudah tidak berfungsi dan filenya tidak dipack, selanjutnya file USBAdvance ini kita copy ke MCBooting.

Cara Kedua

Membuat MCBooting USBAdvance dengan menghilangkan gambar Splashnya, maksudnya disini adalah, Skin USBAdvance hanya terdiri dari gambar main saja, sementara gambar Splashnya sudah dihilangkan atau tidak ditampilkan lagi, jadi saat ngeboot USBAdvance langsung masuk kegambar main atau dimenu pilihan game USBAdvance.

Caranya sama dengan diatas, cuma pada saat memilih model atau jenis model skinnya, kita pilih nomer pilihan

  • 2, jika menginginkan USBAdvancenya dalam bahasa Indonesia.
  • 4, jika menginginkan USBAdvancenya dalam bahasa Inggris.

Seperti pada contoh gambar dibawah ini,


Selanjutnya tinggal ikuti instruksinya, dan setelah proses selesai akan mendapatkan skin USBAdvance dengan menu format sudah tidak berfungsi dengan gambar splash sudah dihilangkan dan selanjutnya file ini kita copy ke MCBooting.

Cara Ketiga

Membuat MCBooting USBAdvance dengan bantuan modifikasi uLaunchELF, artinya disini adalah kita akan menggunakan bantuan uLaunchELF sebagai software yang pertama dibooting di MC dan selanjutnya kita pergunakan fungsih shortcutnya untuk memboot usbadvance yang juga tersimpan diMCBootingnya.

Jadi disini yang pertama kali dibooting adalah uLaunchELF selanjutnya dengan menekan tombol tertentu yang sebelumnya kita setting di-uLaunchELF-nya untuk memboot USBAdvancenya.

Jadi disini agar tampilan gambar booting nantinya keliatan rapi atau beraturan, maka sebaiknya skin USBAdvancenya kita gunakan yang hanya menggunakan gambar main saja, jadi nanti yang seakan-akan menjadi gambar splashnya adalah gambar background dari uLaunchELF yang kita simpan juga diMCBootingnya.

Untuk lebih jelasnya trik ini, udah saya bikin contoh filenya dalam format psu, silahkan teman" menginstalnya di MCBootingnya. agar lebih mengerti maksud dari trik ini.

Selesai.

2 komentar:

  1. Mas bahar saya mau namya ni :-? saya gak pernah berhasil bikin booting USBAdvance, apa karna filenya yang gak bener ya, pernah coba di seri 7 slim, FAT seri 30000,30001 dan 30004.

    file usbadvance-nya hasil download soalnya aku gak bisa bikin sendiri :d, kira2 apa yang salah ya mas mohon penjelasannya (f)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jawab sesuai pertanyaan-nya ya mas :)

      Diblog ini tidak ada cara membuat booting USBAdvance, yang ada paling membuat MC booting USBAdvance atau mengedit skinnya. Dan kalau mas mau memang belajar bikin booting USBAdvance, mas cari dulu sourcecode-nya, trus mas pelajari code serta cara compilenya menjadi file elf kembali.

      Saran
      USBAdvance itu program lama yang sudah tidak dikembangkan lagi, banyak game yang tidak disupport sekalipun mas gunakan trik DNAS yang ada dibahas juga diblog ini, ada baiknya mas gunakan Open PS2 Loader yang merupakan pengembangan dari USBAdvance juga, namun dalam seiring perkembangan sourcecode nya mengalami perubahan dimana banyak game yang disupport tapi dengan syarat data game yang dibacanya harus tidak error (terfragmentasi).

      Hapus
Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini