25 Agustus 2013

Cara Install dan Main Game PS1 di PS2 Fat HDD-OSD

Pada postingan ini akan kita coba bahas bagaimana cara menginstall game PS1 untuk selanjutnya bisa kita mainkan di PS2 Fat yang menggunakan HDD-OSD (Browser versi 2).

Emulator PS1 yang digunakan adalah PSX POPS Emulator atau biasa juga dikenal dengan POPS-00001 yang digunakan bersama dengan HDD-OSD (browser versi 2).

Sebelum melanjutkan membaca postingan ini, terlebih dahulu teman-teman membaca cara upgrade browser versi 2 atau HDD-OSD di PS2 tebal, karena postingan ini berkaitan dengan postingan tersebut.

Berkat dukungan dari para pemerhati game console, maka game PS1 sudah bisa kita mainkan di PS2 Fat dengan menggunakan emulator yang cara instalasinya semakin mudah jika dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya yang dikenal dengan nama POPStarter, dimana saat tulisan ini saya posting sudah sampai pada revisi 12.

Game PS1 nantinya setelah selesai di install di harddisk PS2 yang menggunakan NA (network adapter), bisa  langsung dimainkan di browser HDD-OSD dengan cukup memilih icon-icon game PS1-nya, terus memainkannya.

Untuk game PS1 yang di support oleh PSX POPStarter Emulator ini bisa teman-teman lihat disini atau search saja di google.

Untuk lebih jelasnya kita akan mulai membahasnya.

Pertama-tama tentunya kita persiapkan game PS1 yang akan kita install atau mainkan di PS2. Dan pada contoh ini game yang akan saya coba install adalah Game WILD 9 NTSC-U SLUS_004.25 dan Harvest Moon Back to Nature [U] SLUS_011.15.


Biasanya format image game PS1 itu adalah cue/bin, tapi jika menemukan format image game PS1 mempunyai format image yang lain, maka tentunya teman-teman harus mengubahnya ke-format cue/bin terlebih dahulu.

Seperti pada contoh game wild 9 (SLUS_004.25) yang saya download di salah satu situs penyedia rom game console untuk saya coba gunakan dalam keperluan tulisan ini, mempunyai format setelah saya extract cue/ecm, maka format ecm tersebut kita convert dulu menjadi bin dengan cara yang bisa teman-teman baca disini.

Sementara untuk game Harvest Moon Back to Nature (SLUS_011.15) setelah saya download dan extract mempunyai format iso, maka format iso tersebut kita convert dulu menjadi bin/cue dengan cara yang bisa teman-teman baca disini.

Okey...

Selanjutnya dari format image cue/bin kita patch lagi ke format yang dibaca oleh emulator POPS dengan menggunakan bantuan software CUE2POPS v 2.0.

Download CUE2POPS kemudian extract difolder tempat file image bin/cue game PS1-nya atau satukan dalam satu folder CUE2POPS dengan cue/bin game PS1-nya seperti pada contoh gambar dibawah ini.


CUE2POPS versi 2 ini merupakan program yang jalan di dos, jadi untuk menjalankan programnya salasatu caranya dengan masuk dulu di dos (cmd) baru mengetik-kan perintahnya.

Perintah penggunaan atau command dari CUE2POPS versi 2 ini bisa teman-teman lihat pada file README.TXT yang bersama dengan program-nya.

Dan perintah yang saya gunakan untuk mem-patch file cue/bin game PS1-nya pada contoh ini adalah sebagai berikut :

CUE2POPS_2_0.EXE nama_file_gamePS1.cue IMAGE0.VCD

Dan pada contoh ini untuk menjalankan perintahnya saya memilih menggunakan bat command yang tentunya teman-teman sudah pada tahu semua cara penggunaannya, dimana kita buat dulu file file bat dengan Notepad kemudian menuliskan perintah-nya.

Setelah itu jalankan file bat dan proses patch-nya akan dimulai seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Tunggu sebentar, dan setelah berhasil akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Pada folder dimana file cue/bin tersimpan akan ada file IMAGE0.VCD dibuat seperti pada contoh gambar dibawah ini.


File IMAGE0.VCD tersebut adalah file bin yang sudah dipatch agar nantinya bisa dibaca oleh emulator-nya.

Sekarang kita lanjutkan ke membuat partisi yang dibutuhkan pada harddisk-nya.

Sebelum melangka ke membuat partisi, ada baiknya kita mengerti dulu pengaturan nama-nama dan susunan partisi yang nanti kita butuhkan serta file-file apa saja isi dari setiap partisi tersebut.

Mudah-mudahan contoh gambar dibawah ini bisa memperjelas mengenai nama partisi berikut isi setiap partisi-nya.

Penjelasan

Seperti pada contoh gambar diatas kalau didalam partisi __common dibuat folder POPS.

Kemudian didalam folder POPS terdapat dua file yaitu disc0 dan EXECUTE.ELF serta dibuat folder buat menampung Virtual MC beserta BIOS.BIN dan OSD.BIN dengan nama folder sesuai dengan nama partisi game-nya
Umpamanya
nama partisinya adalah PP.SLUS_004.25.WILD_9
maka nama folder-nya adalah  SLUS_004.25.WILD_9
Kita bisa membuat beberapa folder game sesuai dengan kebutuhan. Sementara Virtual MC dibuat sendiri oleh emulator-nya dan BIOS.BIN dan OSD.BIN bisa disertakan, bisa juga tidak (tergantung kebutuhan).

Sementara dibawah partisi __common kita buat lagi partisi-partisi yang nantinya menampung file game PS1yang sudah dipatch (IMAGE0.VCD) beserta file EXECUTE.KELF. Dan untuk penulisan partisi gamenya sama dengan penulisan partisi APPS yang sudah dibahas pada postingan yang lalu, umpamanya nama partisinya
PP.SLUS_004.25.WILD_9
Kita bisa membuat beberapa partisi sesuai dengan jumlah game yang ingin dimasukkan pada harddisk-nya atau sesuai dengan kebutuhan.

Okey...

Kalau sudah mengerti tentang nama-nama partisi beserta nama-nama file dan folder yang ada didalam tiap partisi tersebut, maka download file-file yang dibutuhkan dibawah ini

Normal-No_Debug_POPStarter Rev.12

File tersebut setelah didownload dan extract akan mendapatkan 2 folder yaitu NO_DEBUG dan NORMAL

  • NO_DEBUG berisi file-file pendukung POPStarter r 12 dimana saat emulator tersebut digunakan/dijalankan tidak ditampilkan debug program saat awal dijalankan hingga masuk di game PS1 (jika disupport).
  • NORMAL berisi file-file pendukung POPStarter r 12 dimana saat emulator tersebut digunakan/dijalankan menampilkan debug program saat awal dijalankan hingga masuk di game PS1 (jika disupport).
Sekarang pilih salah satu yang ingin digunakan, lalu kemudian kita akan copy ke harddisk PS2 dengan menggunakan bantuan uLaunchELF, dengan tentunya membuat semua dulu partisi beserta folder yang dibutuhkan seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Untuk membuat partisi dan folder kita bisa menggunakan uLaunchELF Evil dengan cara yang sama seperti cara membuat partisi untuk APPS di HDD-OSD yang sudah saya bahas pada postingan yang lalu.
(yang belum mengerti cara membuat partisi yang dibutuhkan, ada baiknya kembali membaca tulisan saya tersebut...okey)

Seperti pada contoh gambar dibawah ini setelah saya buat partisi buat game WILD 9 dan Harvest Moon Back to Nature di harddisk-nya.


Seperti pada contoh gambar diatas
  • PP.SLUS_011.15.HARVES1 merupakan partisi buat game Harvest Moon Back to Nature
  • PP.SLUS_004.25.WILD9 merupakan partisi buat game WILD 9
  • kita masih bisa menambahkan partisi-partisi game PS1 lainnya sesuai dengan yang dibutuhkan.

Sementara pada partisi __common setelah saya buat folder POPS akan seperti pada gambar dibawah ini.


Dan di dalam folder POPS setelah saya copy file-file yang dibutuhkan beserta membuat folder-folder game sesuai dengan nama partisi yang sudah saya buat sebelumnya untuk game Wild 9 dan Harvest Moon, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Seperti pada contoh gambar
  • folder SLUS_004.25.WILD9 merupakan nama folder yang sesuai dengan nama partisi sebelumnya untuk game WILD 9.
  • folder SLUS_011.15.HARVES1 merupakan folder yang sesuai dengan nama partisi sebelumnya untuk game Harvest Moon Back to Nature.
  • Kita masih bisa menambah folder-folder yang lain sesuai dengan nama partisi game yang ingin dimasukkan.
Pada folder-folder game tersebut nantinya akan disimpan Virtual Memory Card setiap game bersangkutan yang dibuat sendiri oleh emulatornya saat akan melakukan awal save pada game tersebut, seperti pada contoh gambar dibawah ini untuk Harvest Moon Back to Nature.
(setelah saya mencoba ber-nostalgia dan melakukan save game dengan salah satu game favorit yang sudah kebanyakan saya lupa cara memainkannya) hahaha


Okey...

Sementara pada partisi game-nya kita isi image game yang sudah dipatch dengan cara yang sudah saya jelaskan diatas. Seperti pada contoh dibawah ini saat saya copy image game WILD 9 pada partisi-nya.


Seperti pada contoh diatas kalau besar file IMAGE0.VCD (image wild 9) 565.782 KB membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencopy dari flashdisk ke harddisk PS2.

Mending minum se cangkir kopi dulu sambil menunggu selesai transfer image game-nya hahaha

Sementara untuk game Harvest Moon Back to Nature yang besar file IMAGE0.VCD 209.957 KB membutuhkan waktu sekitar 7 menit (kalau tidak salah ingat)

Tunggu hingga proses transfer file image-nya selesai.

Dan setelah selesai akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Okey...

Kalau sudah tidak ada lagi file yang ingin di copy atau ditransfer, maka pekerjaan sekarang kita lanjutkan di komputer untuk memberi icon dan keterangan lainnya tentang partisi game PS1 yang sudah kita buat.

Cara menambahkan icon dan keterangan pada partisi game yang sudah kita buat sama dengan yang sudah dibahas di  cara menambahkan icon buat APPS pada postingan sebelumnya dengan menggunakan bantuan HDL_Dump (AKuHAK).

Untuk lebih jelasnya lagi sudah saya buatkan file pendukung buat menambahkan icon dan lainnya yang dibutuhkan pada postingan ini yang bisa teman-teman jadikan sample buat games lainnya.

Wild9HDD-OSD_Inject_iconNothers
Harves1HDD-OSD_Inject_iconNothers

Download dan extract, maka akan mendapatkan files seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Penjelasan

hdl_dump.exe
Merupakan program hdl_dump yang jalan di DOS, sehingga untuk menggunakan programnya kita ketikkan perintahnya di DOS atau menggunakan script BAT Command.

list.ico
Merupakan icon yang nantinya akan digunakan dipartisi-nya atau icon yang akan ditampilkan dibrowser HDD-OSD.

BOOT.KELF
Merupakan aplikasi kelf

Cek Partisi.bat
Merupakan scrip bat command untuk melakukan perintah periksa partisi diharddisk PS2-nya, dimana perintahnya sebagai berikut:
hdl_dump.exe toc hddx:
x merupakan alamat drive harddisk PS2-nya, gunakan WinHIIP untuk mengetahui alamat harddisk PS2-nya seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Seperti pada contoh gambar diatas kalau harddisk PS2 berada pada Drive 1, maka jika akan melihat keterangan partisi harddisk-nya perintahnya menjadi
hdl_dump.exe toc hdd1:
Begitupun juga jika alamat drive-nya 2, maka kode-nya hdl_dump.exe toc hdd2: (dan seterusnya), Okey...

Sementara untuk mengedit/merubah printah dari script Cek Partisi.bat bisa menggunakan Notepad.

Tujuan melakukan cek partisi adalah untuk memberikan gambaran tentang isi/nama dari partisi-partisi yang akan kita edit nantinya, tapi jika teman-teman merasa isi/nama partisi-nya masih ingat dengan jelas, maka cek partisi tidak perlu dilakukan.

Seperti contoh gambar dibawah ini, jika Cek Partisi.bat dijalankan.


Install.bat
Merupakan script bat untuk melakukan perintah install pada partisi yang ditentukan di script-nya. Dan untuk perintah install-nya sebagai berikut:
hdl_dump.exe modify_header hddx: PP.xxxxx
x merupakan alamat drive harddisk PS2-nya seperti yang sudah dijelaskan diatas.
PP.xxxxx merupakan nama dari partisinya yang akan kita install-kan icon dan file-file pendukung lainnya.

Jadi seperti pada contoh ini jika alamat drive harddisk-nya adalah hdd1: dan nama partisi yang akan kita edit/install adalah PP.SLUS_004.25.WILD9, maka perintahnya menjadi
hdl_dump.exe modify_header hdd1: PP.SLUS_004.25.WILD9
Script Install.bat bisa kita edit dengan menggunakan Notepad.

system
Merupakan file cnf untuk mengatur booting aplikasi-nya, dan file ini bisa dibuat/diedit menggunakan Notepad, dan isi dari file system ini sebagai berikut
BOOT2 = pfs:/nama_file_elf_atau_kelf
VER = 1.01
VMODE = PAL/NTSC
HDDUNITPOWER = NICHDD
nama_file_elf_atau_kelf merupakan nama file aplikasinya yang kita sesuaikan dengan nama file yang di-copy sebelumnya pada partisi di harddisk PS2-nya.

Seperti pada contoh ini kalau nama file kelf yang dicopy pada partisi PP.SLUS_004.25.WILD9 adalah EXECUTE.KELF, maka penulisan untuk file system.cnf menjadi
BOOT2 = pfs:/EXECUTE.KELF
VER = 1.01
VMODE = PAL/NTSC
HDDUNITPOWER = NICHDD

icon.sys
Merupakan pengaturan untuk tampilan icon-nya, dimana format penulisan kodenya seperti pada contoh dibawah ini.
PS2X
title0 = Keterangan icon baris pertama sekitar 16 karakter
title1 = Keterangan icon baris kedua sekitar 16 karakter
bgcola = 128
bgcol0 = 20,20,60
bgcol1 = 20,20,60
bgcol2 = 20,20,60
bgcol3 = 20,20,60
lightdir0 = 0.5000,0.5000,0.5000
lightdir1 = 0.0000,-0.4000,-0.1000
lightdir2 = -0.5000,-0.5000,0.5000
lightcolamb = 24,24,24
lightcol0   = 48,48,43
lightcol1   = 26,33,50
lightcol2   = 14,14,38
uninstallmes0 =
uninstallmes1 =
uninstallmes2 = 
Jadi umpamanya seperti pada contoh ini, kalau yang akan kita buat adalah dari game PS1, maka untuk title-nya saya tulis seperti contoh kode dibawah ini.
PS2X
title0 = WILD 9
title1 = PS1 Games
bgcola = 128
bgcol0 = 20,20,60
bgcol1 = 20,20,60
bgcol2 = 20,20,60
bgcol3 = 20,20,60
lightdir0 = 0.5000,0.5000,0.5000
lightdir1 = 0.0000,-0.4000,-0.1000
lightdir2 = -0.5000,-0.5000,0.5000
lightcolamb = 24,24,24
lightcol0   = 48,48,43
lightcol1   = 26,33,50
lightcol2   = 14,14,38
uninstallmes0 =
uninstallmes1 =
uninstallmes2 =
File icon.sys ini bisa kita edit dengan menggunakan Notepad.

Okey...

Jadi.... jika sudah dipastikan semua file pendukung dan kode-nya sudah benar, maka kita tinggal melakukan instalasi dengan meng-klik Install.bat.

Dan pada contoh ini setelah saya klik Install.bat seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Ok... proses menginstall game PS1 di browser HDD-OSD sudah selesai.

Lepaskan hubungan harddisk dengan PC, dan pasang kembali harddisk-nya di PS2.

Dan pada contoh ini setelah masuk di browser HDD akan seperti pada gambar dibawah ini.


Dan jika dilihat Options dari setiap game PS1-nya akan seperti pada contoh gambar dibawah ini



Untuk memainkan game PS1-nya, pilih icon game pada browser HDD tekan Kali dan selamat bernostalgia...

Selesai.


Info
Untuk tombol IGR (In Game Reset) atau tombol untuk keluar dari game PS1 (saat sedang main) untuk kembali kebrowser HDD dengan menekan kombinasi tombol
L1+SELECT+START
Kemudian pada pilihan, gunakan tombol d-pad ke kiri kemudian tekan Linkaran


19 komentar:

  1. tutorial gan satriio mantep banget buat ane yg masih newbie :b) :b)
    gan satrio,POPS-00001 ni cara kerjanya sama gk dengan psxloader.elf ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau maksudnya PS2PSXe (ffgriever)
      Iya mas cara kerjanya mirip, yaitu sebagai emulator, tapi cara instalasi dan module" yang digunakan beda, jadi cara menggunakan dan game yang disupport-nya juga ada perbedaan :)

      Untuk sementara saya coba bahas emulator ini buat yang menggunakan hdd-osd, nanti kalau sudah kelar saya coba bahas juga buat pengguna yang tidak menggunaka HDD-OSD (kalau saya bisa)

      Hapus
  2. cara menggunakan ps1 popstarter menggunakan ulauch bisa gak mas??,
    Jadi file popstarter sama gamenya kita simpan di flasdisk terus kita gunakan ulaunch untuk eksekusinya, bisa gak yah kira2???.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menjalankan game PS1nya bisa mas lewat file elf emulatornya disimpan di flashdisk atau MC untuk menjalankannya,

      Tapi kalau game-nya tetap dipartisi HDD internal, karena emulatornya baca data gamenya kesitu :)

      Hapus
  3. Gan anee mau nanya, kenapa pas ane nge copy.in file Execute.elf sama disc0 ke hdd nya itu gabisa setiap di reset dia malah ilang lagi gan ? padahal ane pake ulaunchelf 442 evil gan . giamana yah solusinya gan ? ane bingung ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya mungkin sama harddisk PS2 nya, yang pernah saya coba tidak ada masalah mas.
      Mungkin perlu mas repair dulu harddisk PS2 nya pakai WinHiip ,baru coba copy ulang lagi

      Hapus
  4. Gan nanya nih, kalau main game ps1 lewat flasdisk apa juga bisa gan
    soalnya ps1 saya yang tipis
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Update terbaru POPStarter Revision 13, sudah mendukung direktori mass, jadi mas bisa menggunakan flashdisk atau harddisk external untuk main game ps1, baik di ps2 slim maupun yang tebal lewat usb.
      http://3.bp.blogspot.com/-gOGLBE_DJ44/VRnrt-8xBmI/AAAAAAAAI8Y/2-YcQSaZ_ns/s1600/snapshot20140825035446.jpg

      Sumber :
      POPStarter Revision 13, WIP 02
      Lebih lanjut mas bisa baca" disini

      Hapus
    2. BUATIN TUTOR NYA JUGA DONG BUAT YG DI MASS/External Device

      Hapus
  5. gan minta code buat file bat nya donk, ane krg paham cara buat2 file batch gitu.
    thanks

    BalasHapus
  6. Minta file batch nya donk ( patch.bat ) buat contoh gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya coba search dari atas postingan, tidak ada saya dapat tulisan patch.bat selain di komentar mas, jadi maaf saya bingung apa yang mas maksud

      Hapus
  7. haduh mohon bantuannya saya udah coba beberapa kali cara masukin dari cmd gmna ya ini saya coba masukan yang sama kayak di atas tpi hasilnya kok nihil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa lebih lengkap info masalahnya, seperti script bat nya yang mas bikin itu bagaimana isinya, serta nama file bin/cue nya itu apa?.

      Karena kalau cuma mas tulis caranya seperti dikomentar mas, maaf saya juga bingung :)

      Hapus
  8. kalo ps2 hdd nya ada game ps2 nya Dan diinstal itu bakalan ilang gk

    BalasHapus
Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini