21 Agustus 2013

Cara inject ELF ke DVDELF.bin untuk Aplikasi di HDD-OSD

Pada postinga ini akan kita bahas cara untuk menggabungkan atau memasukkan/meng-inject file ELF ke DVDELF.bin, dimana hasil dari proses inject tersebut akan kita pergunakan untuk file booting aplikasi di browser HDD-OSD (browser versi 2).

Untuk lebih jelasnya, kita mulai saja membahas-nya.

Sebelum kita melakukan proses inject, maka tentunya kita perlu menyiapkan dulu file DVDELF.bin.

Dan file DVDELF.bin ini bisa kita dapatkan dari dumping console PS2 yang kita punya dengan menggunakan bantuan software dvdelf_dumper.

Cara menggunakan dvdelf_dumper mudah saja, tinggal kita copy ke flashdisk, kemudian kita jalankan di PS2 dengan bantuan uLaunchELF.

Tunggu beberapa saat sampai proses dumping DVDELF.bin selesai, dan setelah itu file DVDELF.bin akan berada di flashdisk-nya dimana file dvdelf_dumper-nya kita jalankan.

Okey...

Sekarang kita lanjut meng-inject file elf ke dvdelf.bin dengan cara:

Software yang akan membantu kita melakukan proses inject-nya adalah FMCB Installer.

Umpamanya seperti pada contoh ini saya akan coba dumping file aplikasi OPL (elf), maka tentunya kita persiapkan dulu file elf-nya. Kemudian file elf tersebut kita rename atau ubah namanya menjadi EMBED.ELF.

Setelah itu file elf yang sudah kita ubah nama-nya menjadi EMBED.ELF kita copy bersama DVDELF.bin didalam folder instalasi FMCB pada folder INSTALL\INJECT\, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Kemudian FMCB Installer-nya kita copy ke Flashdisk dan akan kita jalankan di PS2 dengan menggunakan bantuan uLaunchELF.

Seperti contoh gambar dibawah ini setelah FMCB Installer saya copy ke flashdisk.


Okey...

Sekarang hubungkan FD dengan PS2, kemudian jalankan uLaunchELF, pilih FREE_MCBOOT.ELF di path mass:/ dan tekan Linkaran

Setelah itu installer FMCB akan dijalankan, dan tampilan pertamanya seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Karena disini kita cuma ingin melakukan inject elf, maka untuk install-nya pilih saja Normal Instal dan tekan Kali

Kemudian akan ada pesan kalau akan menginstal FreeMCBoot di Memory Card.

Pilih OK dan tekan Kali

Dan jika ada pesan lagi kalau tidak ada BOOT.ELF, lewati dengan memilih OK dan tekan Kali

Selanjutnya akan dimulai proses install dan inject-nya, tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Okey... proses inject-nya sudah selesai.

Sekarang buka uLaunchELF untuk kita gunakan mengambil file elf yang sudah diinject pada proses sebelumnya.

Dan file elf tersebut berada di MC (memory card) pada folder B*EXEC-SYSTEM dengan nama osdmain.elf.
* merupakan kode region dari setiap console PS2 yang kita gunakan.

Trik inject file elf ini sebenarnya pada instalasi FMCB merupakan cara untuk mengganti osd/booting yang akan digunakan oleh FMCB-nya, seperti pada contoh ini dimana file elf yang diinject adalah OPL, maka pada saat FMCB-nya kita gunakan di PS2 langsung masuk atau membooting OPL dan tidak seperti lagi booting standard FMCB yang langsung ke browser-nya.
Seperti pada contoh gambar dibawah ini kalau file osdmain.elf berada pada folder BEEXEC-SYSTEM, karena kebetulan PS2 yang saya gunakan untuk mengambil gambar ss untuk keperluan tulisan ini adalah PS2 region Eropa (SCPH-39004).


Copy osdmain.elf ke flashdisk dan dilanjutkan pekerjaan di komputer.

Langka selanjutnya mengedit header dari osdmain.elf dengan hex editor, dan pada contoh ini saya gunakan HxD Hex Editor yang bisa di download disini atau disini..

Open HxD editor dan drag osdmain.elf (pada contoh ini adalah opl yang sudah di-inject di dvdelf.bin) pada window HxD editor, dan akan seperti pada contoh gambar dibawah


Kemudian drag lagi DVDELF.bin ke window HxD editor, dan pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah ini


Sekarang coba klik-klik antara tab DVDELF.bin dengan osdmain.elf berganti-gantian, maka akan terlihat perbedaan kode header pada setiap file tersebut.

Na... disini kita akan menyamakan kode header atau awal dari DVDELF.bin ke osdmain.elf, maka pada contoh ini kode yang berbeda sampai pada offset 47.

Maka klik dulu dan pastikan yang aktif adalah tab DVDELF.bin, kemudian tandai kode hex mulai dari awal sampai dengan kode akhir yakni pada contoh ini adalah offset 47 dengan cara klik Edit >> Select block... atau tekan CTRL+E dan isi kode awal dan akhir sesuai dengan yang kita butuhkan.

Pada contoh ini Start-offset = 0 dan End-offset = 47, maka akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya klik OK, maka mulai dari offset awal sampai dengan offset akhir akan ditandai/diblock seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Kemudian kode yang sudah diblock dicopy dengan meng-klik Edit >> Copy atau tekan CTRL+C.

Kemudian klik pada tab osdmain.elf, dan pastikan posisi cursor berada pada offset 0 atau awal kode, kemudian paste kode yang sudah kita copy dengan meng-klik Edit >> Paste write atau tekan CTRL+B.

Selanjutnya kode osdmain.elf yang lama akan ditimpa atau digantikan dengan kode DVDELF.bin yang sebelumnya di-copy seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Okey...

Sekarang coba lagi klik-klik antara tab osdmain.elf dan tab DVDELF.bin secara berganti-gantian, dan pastikan tidak ada lagi kode yang berbeda.

Setelah itu osdmain.elf kita save dengan meng-klik File >> Save atau tekan CTRL+S, dan pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah ini.

Okey...

Sekarang osdmain.elf yang sudah kita edit tersebut sudah siap digunakan untuk booting aplikasi pada browser HDD-OSD yang bisa teman-teman baca disini.

Selesai.

Sample file elf yang sudah saya inject di DVDELF.bin



6 komentar:

  1. mas koq gagal truss yach injecting code to dvdelf error

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, komentar yang tidak lengkap dan tidak jelas seperti komentar mas ini nih yang bikin malas saya jawab :))
      Jenis komentar seperti ini sudah banyak tu diblog ini mas :)), bingung saya bacanya, maksudnya bertanya apa tebak"an yah :))

      Kasih lengkap dong komentarnya cara mas melakukan inject elf-nya, beserta PS2 apa yang mas pakai, trus DVDELF.bin yang digunakan yang mana, kemudian file elf yang mas inject itu apa?, trus diatas kan banyak tahapannya, jadi kasih lebih lengkap tahap gagalnya dimana?
      Itu kalau mas memang mau bertanya :)

      Tapi kalau cuma sekedar komentar sich... ya saya asik" aja :d (lumayan buat ramain komentar blog :)) )

      Hapus
  2. mas kalau file elf yang dipakai file hdloader bisa ga,maksudnya buat aplikasinya yang direname menjadi EMBED.ELF itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru" saya coba inject hdloader dan berhasil dipatch di FMCB dan sudah diedit juga headernya, tapi blank saat digunakan di browser HDD-OSD.

      Dan untuk permasalahan seperti ini atau gagal saat file elf diinject di FMCB karena besar file elf-nya, bisa kog diatasi mas, caranya mudah saja, tinggal kita gunakan saja PATINFO, maka file elf tersebut bisa kita jalankan lewat browser hdd-osd.

      Nanti kalau sudah kelar postingan" yang sekarang, akan saya coba bahas juga cara mengedit dan penggunaannya ;)

      Hapus
    2. Terima kasih pak satrio,
      Saya sdah mau coba untuk file hdloader tapi ketika masuk untuk menggunakan hdl dump bingung caranya.Apakah bisa menggunakan program yang diberikan pak satrio SMSto HDDOSD dan apakah perlu dirubah filenya dari SMS untuk HDLoader.karena saya lebih suka menggunakan hdloadernya

      Hapus
    3. Bukan, maksud saya bukan seperti itu, walaupun nantinya kita akan mem-patch icon, info game, dan lainnya menggunakan hdl_dump, tapi sebelumnya kita berurusan dulu dengan Hex editor :)
      Jadi mas sabar/tunggu saja ya, karena saya tidak bisa jawab disini, karena sebagian caranya belum pernah saya posting sebelum-nya. caranya edit sebenarnya gampang, cuma menjelaskannya yang rumit, karena pakai hex editor lagi.

      Tapi kalau sudah butuh sekali... silahkan mas search saja digoogle atau gabung diforum-forum luar seperti di ASSEMbler forum atau di psx-scene forum, atau ke the iso zone forum, karena saya tidak bisa buat postingnya sekarang soalnya postingan dan tautannya yang sekarang saja belum beres, belum lagi saya punya kerjaan utama yang harus saya dahulukan juga, nanti sudah mendingan baru urus hobby utak atik blog, Okey ;)

      Hapus
Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini