12 Juli 2013

Cara Instal File Game 4 GB+ di HD External pada OPL #2

Pada postingan yang lalu sudah dibahas tentang cara menginstal game yang memiliki besar file lebih besar dari 4 gigabyte dengan menggunakan usbutil, dimana file game setelah diinstal pada harddisk external atau flashdisk-nya di part-part sesuai dengan format yang dibaca oleh open ps2loader.

Tapi bagaimana jika teman-teman tetap ingin menggunakan iso game format di harddisk external atau flashdisknya. Tentunya jika demikian file game yang  besar filenya lebih dari 4 gigabyte kita usahakan gimana caranya agar filenya bisa 4 gigabyte atau lebih kecil dari 4 GB.

Tentunya cara yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan tehnik ripping game atau cara dimana kita mengurangi besar file game aslinya tanpa perlu merusak game itu sendiri atau dengan kata lain besar file game tersebut bisa berkurang dan game-nya tetap bisa kita mainkan dengan normal.

Salah satu cara-cara meripping sudah pernah saya bahas diblog, bagi teman-teman yang memerlukan informasinya, silahkan search saja diblog ini.

Untuk lebih jelas tentang apa yang kita bahas pada postingan ini, maka saya akan ambil contoh salah satu game-nya yakni  Suikoden V (SLUS_212.91) dimana file game iso sekitar 4,19 GB.

Tentunya dengan besar file tersebut, file iso game Suikoden V (SLUS_212.91) tidak bisa kita copy langsung ke harddisk external atau flashdisknya.

Nah....

Setelah saya coba lihat-lihat file game yang digunakan oleh Suikoden V (SLUS_212.91), ternyata ada yang bisa kita rip yaitu pada video yang digunakan dengan format *.PSS.

Untuk tehnik mengedit file video pss sudah pernah saya bahas diblog ini, bagi teman-teman yang memerlukan info-nya bisa klik saja disini.

Dan setelah saya edit/kurangi sedikit besar file videonya, maka pada contoh ini besar file video yang digunakan oleh Suikoden V (SLUS_212.91), seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Sebelum diedit

Sesudah diedit

Dan setelah dibuat menjadi file iso kembali, maka besar file Suikoden V (SLUS_212.91) tinggal 3.773.202.432 bytes atau 3,51 GB, seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Nah... kalau besar file-nya sudah segitu, tentunya sudah bisa di copy file iso game Suikoden V (SLUS_212.91) ke harddisk external atau flashdisk-nya untuk kita mainkan lewat Open PS2Loader mode USB Games dengan format Iso Game hehehe.

Seperti pada contoh gambar dibawah ini setelah file iso Suikoden V (SLUS_212.91) sudah selesai saya copy ke flashdisk


Catatan
  • Trik ini bisa kita terapkan juga pada game yang lainnya, asalkan mempunyai format game yang sama.
  • Tidak semua game mempunyai tehnik ripping yang sama, semua tergantung dari struktur atau file-file yang digunakannya oleh game tersebut.
  • Trik ini bisa juga kita gunakan untuk meripping game baik yang besar file-nya 4 GB keatas atau yang lebih kecil dari 4 GB buat tujuan untuk memperkecil file iso game.
  • Silahkan explorasi file game yang teman-teman akan ripping, dan alangka baiknya mencari juga tehnik ripping game di forum yang lain untuk melengkapi skill teman semua twink.

Selesai.

Dan contoh lain game-nya bisa teman-teman baca di postingan berikutnya






2 komentar:

  1. gan saya mau tanya
    saya punya PS2 dah di install mcboot dan oplnya
    tapi sekarang kalau mau load list gamenya tau-tau hang padahal dah ganti HDD

    tolong bantuannya gan ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, postingan dan komentar yang serupa dengan permasalahan mas sudah ada tuh diblog ini, mas cari saja ya, biar lebih lama" juga nongkrong diblog ini :d

      Hapus
Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini