22 Januari 2013

Cara Edit Info Game Tema OPL 0.9

Info Game merupakan fitur baru yang ditambahkan pada tema OPL 0.9, dimana pada Info Game ini ditampilkan lebih detail lagi mengenai Info game yang sementara kita pilih di OPL.

Fitur Game Info ini bisa kita aktifkan dan nonaktifkan dari menu setting OPL, jadi penggunaannya terserah sama user-nya, apa ingin digunakan atau memilih untuk di nonaktifkan yang artinya tema dari OPL-nya seperti tampilan sebelumnya pada OPL versi 0.8.

Fitur dari Game Info ini dalam penampilannya pada tema OPL versi 0.9 membaca dari sebuah file cfg dari setiap gamenya, yang artinya disini adalah setiap game memerlukan satu file cfg yang kita gunakan untuk menyimpan semua keterangan mengenai info game tersebut.

Untuk membuat file cfg game info ini sangat mudah sekali dan dapat kita buat dengan menggunakan software text editor semacam notepad atau menggunakan software khusus cfg editor buat tema OPL 0.9 ini.

Dan pada postingan ini akan saya coba bahas semuanya dengan menggunakan kedua cara tersebut.

Untuk lebih jelasnya kita mulai saja membahasnya.

Software yang kita gunakan untuk membuat atau mengedit kembali file cfg ini bernama OPL CFG Maker yang dibuat oleh Miguel Angel (maovx) yang bisa teman-teman download disini.

OPL CFG Maker ini membutuhkan Net Framework 4, jadi sebelum menjalankan software ini, pastikan di komputer teman-teman sudah terinstal Microsoft Net Framework 4

Tampilan pertama setelah program ini kita jalankan dikomputer seperti gambar dibawah ini.


Setelah itu kita tentukan pada folder mana kita akan membuat atau simpan file cfg nanti dengan mengklik pada Choose Directory seperti pada contoh gambar diatas.

Setelah itu kita tentukan dimana akan kita simpan file-file cfg-nya nanti. Dan pada contoh ini file-file cfg-nya saya simpan di flashdisk pada folder CFG seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Setelah itu klik OK.

Selanjutnya kita sudah bisa mulai membuat file cfg game-nya, dan pada contoh ini saya akan membuat file cfg info game untuk Burnout Revenge yang mempunyai nama ID Game SLUS_212.42, maka pada kolom Game ID kita masukkan nama ID Game-nya seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya pada kolom Title kita ketik judul dari game-nya, dalam contoh ini adalah Title=Burnout Revenge seperti pada gambar dibawah ini.


Selanjutnya pada kolom Genre kita isi lagi dengan jenis dari game-nya seperti
  • Genre=Fighting (jika merupakan jenis game berkelahi atau game aksi seperti game Smackdown, dan sejenisnya)
  • Genre=Action (jika merupakan jenis game aksi seperti GTA Series, God of War, dan sejenisnya)
  • Genre=Adventure (jika merupakan game petualangan yang biasa juga kita kenal dengan nama game RPG seperti Final Fantasi, Kingdom Hearts, Xenosaga, dan sejenisnya)
  • Genre=Racing (jika merupakan jenis game balapan seperti Burnout Series, NFS Series, SRS, MotoGP Series, dan sejenisnya)
  • Genre=Shooter (jika merupakan jenis game tembak menembak seperti Black, dan sejenisnya)
  • Genre=Sport (jika merupakan jenis game olahraga seperti WE10, PES Series, NBA Series, dan sejenisnya)
Dan pada contoh ini game Burnout Revenge termasuk kategori game balapan mobil, maka pada kolom Genre kita isi Racing atau Balapan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Selanjutnya pada kolom Developer kita isi dengan nama dari pembuat atau pengembang dari game-nya.

Dan pada contoh ini untuk game Burnout Revenge penerbitnya adalah Developer=Electronic Arts (sumber).

Maka pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah.


Selanjutnya pada kolom Release kita isi kapan game tersebut diterbitkan.

Dan pada contoh ini untuk game Burnout Revenge diterbitkan pada tanggal Release=13 September 2005 (sumber), maka pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah.


Selanjutnya pada kolom Description kita isi mengenai keterang dari game, disini bisa kita isi mengenai apa saja yang bisa menggambarkan dari game yang sementara kita buatkan file cfg untuk info game-nya.

Dan pada contoh ini untuk game Burnout Revenge saya isi keterangannya sebagai berikut

Description=Game balapan mobil liar dijalanan padat kendaraan, Berbagai kendaraan dan track yang menantang serta efek tabrakan yang memukau, membuat game ini menarik untuk kita mainkan.

Keterangan diatas merupakan contoh saja, teman-teman masih bisa lebih berkreasi lagi sesuka hati, yang penting keterangan yang kita tulis tidak keluar dari game yang sementara kita edit file cfg-nya.

Dan setelah itu, pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah ini.


Selanjutnya pada kolom Region terdiri dari 2 pilihan yaitu,
  • Region=NTSC
  • Region=PAL

Dan pada contoh ini untuk game Burnout Revenge region NTSC (sumber), akan seperti pada contoh gambar dibawah ini


Kemudian pada kolom Players kita isi jumlah pemain yang disupport oleh game tersebut, seperti:
  • Players=1 (jika game tersebut hanya mendukung 1 pemain saja atau game yang tidak mendukung multiplayer seperti God of War dan sejenisnya).
  • Players=2 (jika game tersebut mendukung 2 pemain atau game yang bisa multiplayer seperti GTA, dan game sejenisnya).
  • Players=3 (jika game tersebut hanya mendukung maksimal 3 pemain dengan menggunakan multitap).
  • Players=4 (jika game tersebut bisa dimainkan oleh 4 pemain dengan menggunakan multitap).

Jadi pada contoh ini untuk game Burnout Revenge yang mendukung 2 pemain pada mode multiplayer-nya, maka untuk kolom Players kita pilih 2 seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sekarang pada kolom Aspect kita isi dukungan game tersebut sama TV yang digunakan, dimana untuk pengaturan kode Aspect-nya sebagai berikut:
  • Aspect=S (jika game tersebut hanya mendukung tampilan pada TV standar 4:3 - Aspect Ratio Standard untuk 480i, 480p, dan 576i).
  • Aspect=W (jika game tersebut mendukung tampilan pada TV layar lebar atau widescreen 16:9 - Aspect Ratio Widescreen untuk 480i, 480p, 576i, dan 1080i).
  • Aspect=W1 (Hack Widescreen: 16:9 menggunakan Hack Widescreen ps2rd, ps2rd ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk menjalankan game standar (4:3) agar bisa ditampilkan dengan normal di layar lebar (16:9))

Pada contoh ini dimana untuk game Burnout Revenge mendukung tampilan layar lebar (widescreen) pada menu setting game-nya (sumber), maka pada kolom Aspect kita pilih W seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sekarang pada kolom Scan kita isi mode video yang bisa didukung oleh game tersebut. Pada sebagian game mode video ini bisa kita akses dengan menekan kombinasi tombol stik saat loading awal masuk game-nya, dimana pengaturan kodenya untuk Scan ini sebagai berikut:
  • Scan=480i (Game yang mendukung 480i).
  • Scan=480p (Game yang mendukung 480p dan kita harus masuk ke menu pengaturan permainan untuk memilih opsi ini).
  • Scan=480p1 (Game yang mengharuskan kita menekan Segitiga dan Kali saat loading game untuk mendapatkan pilihan 480p dari permainan).
  • Scan=480p2 (Game yang mengharuskan kita untuk menekan Linkaran dan Kali saat loading game untuk mendapatkan pilihan 480p dari permainan).
  • Scan=576i (Game yang hanya mendukung 576i (kebanyakan game PAL).
  • Scan=720p (Mudah-mudahan di masa mendatang OPL dapat mendukung progresif scan yang lebih tinggi, baik secara internal maupun dengan pihak ke-3 homebrew).
  • Scan=1080i (Game yang mendukung 1080i).
  • Scan=1080p (Mudah-mudahan di masa mendatang OPL dapat mendukung progresif scan yang lebih tinggi, baik secara internal maupun dengan pihak ke-3 homebrew).
Dan pada contoh ini untuk game Burnout Revenge dimana mendukung  480p jika kita tahan tombol Segitiga dan Kali saat loading pertama masuk game-nya (sumber), maka pada Scan kita isi dengan 480p1 seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sekarang pada Rating kita berikan peringkat game ini dalam arti keseluruhan, yang artinya disini adalah penilaian kita berikan terhadap game tersebut meliputi segala aspek seperti alur cerita ( game play), kontrol game-nya, video, audio, dan segala aspek yang memberikan nilai tersendiri pada game tersebut dibandingkan dengan game sejenisnya.

Pengaturan untuk pemberian rating ini sebagai berikut:
  • Rating=0 (Defaul, jika tidak ada penilaian terhadap game tersebut).
  • Rating=1 (jika dianggap game tersebut tidak baik untuk dimainkan).
  • Rating=2 (jika dianggap game tersebut lumayan untuk dimainkan).
  • Rating=3 (jika dianggap game tersebut lumayan baik untuk dimainkan).
  • Rating=4 (jika dianggap game tersebut baik sekali untuk dimainkan).
  • Rating=5 (jika dianggap game tersebut sangat baik dari segala aspek dibandingkan dengan game sejenisnya dan pantas untuk dimainkan).

Seperti pada contoh ini untuk game Burnout Revenge saya berikan peringkat bintang 4 (sumber review)

Untuk memberikan rating bintang, kita klik dan geser pada tombol ratingnya ke kanan hingga sesuai dengan jumlah rating yang kita inginkan. Seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sementara untuk rating ESRB kode pada file cfg-nya sebagai berikut
ESRB=3
ESRB=10
ESRB=17
ESRB=18
ESRB=everyone (huruf kecil)
ESRB=teen (huruf kecil)
Dan pada contoh ini untuk game Burnout Revenge ESRB-nya adalah E10+ for Everyone 10 and older (sumber 1) (sumber 2 = Burnout revenge ESRB), Maka pada contoh ini kita klik pada gambar ESRB seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Pada Device Compatibility kita tentukan game tersebut bisa jalan normal pada Game USB (HD External), Game HDD (HD Internal), Game ETH (game via ethernet), dimana kode pada file cfg sebagai berikut:
Compatibility=All (game bisa jalan di USB/ETH/Internal HDD).
Compatibility=1 (game hanya bisa jalan di USB/HD External).
Compatibility=2 (game bisa jalan di USB & ETH).
Compatibility=3 (game bisa jalan di USB & HDD/HD Internal).
Compatibility=4 (game bisa jalan di ETH & HDD/HD Internal).
Compatibility=5 (game hanya bisa jalan di ETH).
Compatibility=6 (game hanya bisa jalan di HDD/HD Internal).
Pada contoh ini untuk game Burnout Revenge bisa semua jalan pada device yang kita gunakan, maka kita klik/tandai semua pada kotak device seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sementara pada Compatibility Mode kita tandai jika membutuhkan setting tertentu pada game tersebut agar bisa jalan normal di OPL.

Dan pada VMC Memory Card ditandai sesuai dengan VMC yang digunakan oleh game tersebut (fitur ini aktif jika kita mengedit file cfg yang sudah jadi sebelumnya dan pada pengaturannya menggunakan VMC)

Setelah tidak ada lagi yang ingin kita ubah, maka selanjutnya kita simpan denga mengklik tombol Save.

Setelah itu file cfg game-nya sudah selesai kita buat seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sementara pada media yang kita gunakan menyimpan file cfg seperti pada contoh ini file cfg saya simpan di flashdisk pada folder CFG akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Dan jika file cfg ini kita buka dengan menggunakan notepad akan seperti contoh gambar dibawah ini


Dengan berpedoman pada contoh diatas, maka file cfg untuk info game ini bisa juga kita buat langsung dengan menggunakan Notepad atau text editor lainnya, dimana setiap kodenya kita atur sesuai yang dibutuhkan dengan mengetikkan secara manual, dengan berpedoman pada kode yang sudah saya uraikan diatas (kode tulisan yang saya Bold dan tandai  dengan huruf warna HIJAU).

Dan semua file cfg untuk info game ini kita simpan didalam folder CFG seperti pada contoh gambar dibawah ini saya simpan di flashdisk (untuk digunakan main game USB) pada folder CFG bersama dengan folder-folder lainnya pendukung dari tema OPL seperti folder ART dan folder pendukung lainnya yang dibutuhkan oleh OPL.


Dan jika kita lihat info game ini yang sudah kita edit jika ditampilkan pada tema OPL 0.9 nanti seperti pada contoh gambar dibawah ini (preview info game saya gunakan dari tema opl 0.9 angry bird SW).


Gimana OPL versi 0.9 ?, Tambah Kren khan sekarang tema-nya

Gambar game info dari tema open ps2loader 0.9 diatas merupakan salasatu contoh saja, kita masih bisa mengutak atik dan mengembangkan tampilan tema-nya agar lebih bagus lagi.

Untuk Preview 2 gambar seperti yang terlihat pada info game Burnout Revenge kita buatkan/siapkan juga sebelumnya yang masing-masing file gambar tersebut kita beri nama
ID_Game_SCR.jpg dan ID_Game_SCR2.jpg 
Jadi untuk gambar preview dari Burnout Revenge yang nama ID game-nya adalah SLUS_212.42, kita beri nama gambarnya SLUS_212.42_SCR.jpg dan SLUS_212.42_SCR2.jpg dan disimpan didalam folder ART bersama dengan gambar-gambar cover dan icon pendukung tema-nya, dan Insya Allah akan saya coba bahas lebih lengkap lagi pada postingan yang lain tentang cara menampilkan tema OPL 0.9.

Selesai.


34 komentar:

ruben mengatakan... #

thx mas...

faz z mengatakan... #
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Anonim mengatakan... #

request posting cara ganti splash awal opl!

Satrio Bahar mengatakan... #

maksudnya splash awal opl itu yang mana mas?

Anonim mengatakan... #

Maksudnya seperti hdloader itu punya 2 splash/gambar

Tampilan/gambar awal masuk opl
biasanya kan gambar aslinya ya opl
mw diganti dg gambar lain (kreasi sendiri)
*OPL 0.8 rev536 Indonesian ini kan udah diedit
gambar awalnya ada web blog ini dan bahasa internalnya indonesia

*OPL 0.8 rev536 Indonesian ini emang yang terbaik menurut aq (bisa main nascar rumble, tenchu wrath of heaven tanpa blank putih rikimaru)

Kalau bisa diedit lagi tampilan loadingnya
dan gambar awalnya

Sebelumnya terima kasih

Satrio Bahar mengatakan... #

kalau maksud mas logo OPL-nya pernah saya tulis salasatu cara menggantinya diblog ini, tapi saya hapus postingan itu lagi, karena saya anggap tidak ada gunanya, malah justru bisa di salah gunakan orang seperti contohnya mengubah logo OPL dengan gambar yang tidak ada hubungannya dengan OPL serta menghilangkan tulisan GET IT Free AT PSX_SCENE.COM, padahal program OPL itu sifatnya Free/gratis digunakan oleh siapa saja.

Tapi kalau mas ingin tahu juga, alangka baiknya jika mas langsung tanyakan pada para pengembangnya di psx-scene.com

Kalau mau bicara yang OPL terbaik, jelas OPL versi baru mas, untuk saat ini yaitu 0.9.1.
Dan soal bahasa bisa kog kita ubah dengan cara sala satunya bisa mas baca disini

Anonim mengatakan... #

OPL 0.8 rev536 Indonesian ini emang yang terbaik MENURUT AKU SENDIRI,

Apakah mas pernah coba main game Nascar Rumble Racing (SLES 501.20) & .Tenchu Wrath Of Heaven(SLUS 203.97)di OPL 0.9.1, kalau Nascar tidak jalan sama sekali & Tenchu blank putih untuk Rikimaru. Dan untuk main via jaringan/PS2SMB loading ke list/daftar game nya lebih lama. (Karena aku dirumah via PS2SMB)Itu Kekurangannya.

Emang sih kalo update pasti ada kelebihan...
- Ditambah view info
- Bisa reconnect
- Loadingnya lebih cepat
- Support HD Pro

Sebenarnya file master opl sudah didownload dari https://github.com/jimmikaelkael/open-ps2-loader (ini sih revisi 503)tapi belum tahu cara packed menjadi file elf

Dan soal bahasa tidak ada masalah. Disini aku pakai bahasa daerah kami Kayuagung (Sum-Sel)
Hampir semuanya udah ditranslate ke bahasa Kayuagung
- Ulaunch.elf
- OpenPS2Loader.elf
- HDLoader.elf
- SMS.elf
- PS2PSXe.elf

Pertanyaan :
1. Apakah file OPL.elf bisa dibuka (dilihat isinya)?

2. Apakah file OPL.elf bisa diedit?

3. Apakah nama file software menggabungkan file menjadi OPL.elf?

Satrio Bahar mengatakan... #

1. file elf Bisa dilihat, pake hex editor juga bisa cuma terbatas, untuk editnya syaratnya ngerti kode hex tentunya. kalau source programnya sendiri bahasa c bisa mas ikuti di acc ifcaro bitbucket dan ngeditnya pakai text editor dengan code c tentunya

2. Tentu sekali bisa diedit, karena opl merupakan project open source, tapi yang namanya open source, ngeditnya yang terbukalah, artinya codenya yang ditambahkan diketahui juga oleh orang lain dan code yang ditambahkan mudah dikembangkan lagi, untuk lebih jelasnya silahkan ke psx-scene untuk lebih detailnya jika mas ingin menyumbangkan code untuk perbaikan/kestabilan opl.

"Kalau saya dulu cuma nyumbang bahasa Indonesia saja beserta tema-tema yang bisa dipakai secara gratis untuk semua orang"

3. di psx scene sudah lama dibahas, mas coba saja tanyakan disitu karena orang-orang disitu jauh lebih pintar dari saya, kalau tidak salah pake linux


"Maaf, saya selalu sarankan ke psx scene jika itu berkaitan dengan utak-atik opl diluar dari pengaturan opl itu sendiri, karena di psx scene merupakan tempat pengembangan opl, dan bagi orang-orang open source saling menghargai/menghormati kredibilitas sesamanya. dan di blog ini cuma untuk istilahnya perkenalkan opl saja,
dan kalau itu berkaitan dengan pengembangan isi dari opl, Saya sendiri ke psx scene untuk posting-nya, bukan di blog ini saya tulis"

Anonim mengatakan... #

Terima Kasih!!!

Saya cuma tamat SD

Saya tidak mengerti bahasa diforum psx-scene

Oya ini OPL Kaskus jadi berarti Kaskus tidakmenghargai/menghormati kredibilitas sesamanya

Satrio Bahar mengatakan... #

Kalau soal bahasa mas, sama saya juga tidak terlalu mengerti bahasa Inggris.
Sedikit bagi pengalaman dulu saya mas menyikapi persoalan komunikasi dengan orang-orang luar. dulu sebelum saya bikin blog ini atau awal-awal saya bikin blog ini, saya mencari informasinya sebagian besar dari teman yang ada diforum berbahasa asing, baik itu bahasa Inggris, Spanyol, dan bahasa yang samasekali tidak bisa saya baca apalagi untuk bisa mengerti, tapi yang namanya ke ingin tahuan, terpaksa berusaha mengerti maksud dari bahasa tuan rumah "bahasa forum-nya" dengan cara menggunakan google translate, walaupun terkadang amburadul terjemahannya, tapi setidaknya ada yang bisa saya mengerti sedikit hehehe.

Kaskus dan psx-scene itu sama mas sebagai suatu komunitas/forum orang-orang yang berbagi ide dan terbuka, yang bedakan cuma bahasa forumnya saja dan orang-orang yang bergabung disitu.
Dan kalau ada memang varian dari OPL yang namanya OPL Kaskus seperti yang mas bilang, itu lain lagi ceritanya, dan saya rasa itu sah-sah saja, namanya juga open source gitulah banyak dikembangkan oleh orang yang gabung dalam satu komunitas.

Dan saya sarankan ke psx-scene karena disitu kumpul para pengembangnya OPL yang saya bahas di blog ini, tapi tidak menutup kemungkinan di forum yang sejenis juga bisa mas gabung.

Dan maaf saya tidak tahu kalau ada variant dari OPL yang namanya OPL Kaskus atau OPL yang dikembangkan di Kaskus, tapi seandainya di blog ini saya bahas OPL yang dikembangkan dikaskus, maka tentu saja jika itu mengenai utak atik isi dari OPL Kaskus diluar dari pengaturan standar OPL Kaskus-nya, maka saya juga tidak tulis diblog ini, tapi saya ke kaskus juga postingnya.

bibiet boiz mengatakan... #

trim mas infonya sangat bermanfaat sekali, ijin copas

Satrio Bahar mengatakan... #

Silahkan Mas ;)

bibiet boiz mengatakan... #

ok sekali lagi makasih

Anonim mengatakan... #

Maz satrio saya sudah edit file cfg nya ko pas tekan x langsung main game ga muncul tema apa yg mz satrio buat....
kesalahanya pd apanya yah....???

Satrio Bahar mengatakan... #

maz gunakan opl 0.9 keatas.
Kemudian masuk di pengaturan opl 0.9 dengan menekan START, kemudian masuk di Display Settings
terus pada menu Theme mas pilih tema 0.9, salasatu contohnya sudah saya buatkan disini.
Kemudian pada Display Info Page kita On kan, selanjutnya pilih OK, keluar dan Save pengaturannya.

Catatan:
Untuk memasukkan tema dan gambar" pendukung tema-nya sama percis cara-nya pada opl versi 0.8

Anonim mengatakan... #

Matur suwun mz satrio atas infonya....!!!!
Rental TEGAL.....

Satrio Bahar mengatakan... #

Sama", Terimakasih juga sudah berkunjung diblog ini ;)

Anonim mengatakan... #

Asslmualaikum..mz satrio apakah tombol start dan segitiga pada opl bisa di non aktifkan...kalau bisa pimen carane...???
seperti pada opl childproof ada sebagian yg di hilangkan dan di non aktfkan...!!!

aanderlen mengatakan... #

mas satrio saya mau tanya ni,...di tempat saya ada rental ps2 bootingnya pakai OPL, cuma ketika ps2-nya di restart keluar tulisan OPL seperti biasa trus keluar lagi tulisan TRENGGULI GAME USBLOADER, hanya beberapa detik saja tulisan itu menghilang baru muncul daftar game, yang saya mau tanyakan, kemungkinan tulisan TRENGGULI GAME USB LOADER itu kan pastinya buatan sendiri, kira2 Mas Satrio tau cara buatnya gak, kalau bisa tolong tipsnya Mas, pengen banget bisa dah cari info kemana2 tapi gak nemu, tolong bantuannya ya MAS makasih.

Satrio Bahar mengatakan... #

OPL standar tidak ada fitur buat nonaktifkan tombol tersebut mas, untuk menonaktifkan atau mengganti fungsi tombolnya, source codenya yang mas edit, kemudian compile lagi menjadi file elf.

Untuk detail caranya saya tidak bisa posting mas (baru mikir cara tulisnya sudah pusing),
Sekedar info saja, untuk source code OPL bisa mas cari di bitbucket

IFCaro
DoctorXYZ
DoctorXYX (OPL+GSM

Untuk code opl menggunakan bahasa C/C++ search aja digoogle untuk pelajari kode program ini. (kalau ada kemauan mudah kog hehehe)

Untuk compile dari source code opl menjadi file ELF bisa mas coba baca disini dan buat dukungan yang baru coba baca disini

Semua link tersebut menggunakan bahasa Inggris dan saya rasa kalau cuma soal bahasa tidak ada masalah, tergantung dari kemauan kita saja untuk belajar ;)

Satrio Bahar mengatakan... #

Maaf saya tidak bisa tulis tips-nya mas, pusing saya mikirnya hehehe, kalau mau mas belajar, lihat komentar saya diatas tu mas

ap3lgila mengatakan... #

wah dah lama gak kesini nih..
liat2 ada postingan baru :p

sekarang bisa tulis2 koment y mas?? kren, cocok bgt buat tempat curhat..

mas mo nanya masalah OPL 0.9:

1: menu setting'a banyak yg ditambahin mantap,
loading'a juga kerasa lebih cepat ktimbang yg ver 0.8 salut buat para develover'a.
tapi beberapa ada yg saya gak ngerti..
klo bole request bikin postingan tentang setting OPL 0.9 yg lengkap'a

2: saya dah download dan sy coba perbedaan paling besar ky'a di setting network'a y??
di OPL 0.9 setting ip ps2 ko gak bisa di edit y??
sy yg gak tau atau emang gitu??
sy coba load pake setting opl lama saya yg sudah di edit ip ps2'a ko malah stuck di splash screen y

tolong pencerahanya??

Satrio Bahar mengatakan... #

hehehe, nulis yang biasa" aja mas sekarang udh susah, apalagi kalau mau nulis yang lengkap, soalnya waktu saya buat nongkrong depan PS2 tu buat tes ini itu + ambil gambar buat tulisan udh engga seperti dulu lagi, sekarang sibuk sama urusan kerjaan utama mas.
Ini juga baru mau balik kerumah ini seharian urus kerjaan, dan paling entar langsung tidur hehehe

ap3lgila mengatakan... #

oh gtu y.. yah sayang bgt dong yah.. :(

padahal blog'a bagus bgt lho,,
saya pertama kali belajar trik2 ps2 dari sini dan ngerasa terbantu bgt..

y udah d,yg penting tetap smanget :)

sy mw nanya satu lagi ni mas,opl 0.9 kan gak bisa edit IP ps2'a jadi solusinya untuk share game ps2 ke lebih dari satu ps2'a gmana??
udah semaleman nyoba masih buntu :P

Satrio Bahar mengatakan... #

Hehehe.. Bener banget kata mas, kita hidup tu harus semangat, palagi jika kita sebagai kepala keluarga, harus semangat kerja buat anak istri,

Maaf mas, untuk soal itu belum pernah juga saya tes, jadi belum tau juga masalah IP PS2 di opl 0.9.
Coba search aja di google mas, bukan cuma blog ini aja yang bahas soal PS2, sudah banyak sekarang blogger yang lain membahasnya juga, atau coba ke psx-scene.com buat thread-nya

ap3lgila mengatakan... #

wah gmana y,, buat yg lokal masalah ps2 dari dulu ngintip ksini mulu c..disini lengkap+gampang dimengerti :)
baru ini aja bisa koment langsung.. :P

ya masalah yg diatas udah terpecahkan,ternyata masalah'a kyk'a opl 0.9 agak kurang bisa make setting opl lama. tadi pas sy hapus opl.cfg yg lama baru bisa diedit IP ps2'a haha...

tapi ada masalah baru lagi.. :(
IGR path dah disetting ke BOOT masih balik ke ps2 browser

agan2 yg punya solusi tolong pencerahannya..
sambil nunggu sy akan coba utak-atik trus!!
banzaiii...

Riyano mengatakan... #

Sumpah Nih Blog bagus bangat.... Thnk bangat ya. Ini semua sangat membantu

Satrio Bahar mengatakan... #

sip (y), thanks juga sudah berkunjung diblog ni ;)

aanderlen mengatakan... #

Mas bahar bagaimana cara mengatasi badsector pada HDD ps2, saya udah coba semua softatware komputer tapi gak berhasil juga, apakah ada software ps2 kusus untuk memperbaiki badsector mas :-? tolong bantuannya mas trims

Satrio Bahar mengatakan... #

Gini, HDD/harddisk yang digunakan PS2 itu kan adalah harddisk komputer, jadi untuk memperbaiki harddisk itu lebih ke hal" yang berkaitan dengan permasalahan komputer.

PS2 dan beberapa perangkat elektronik lainnya seperti MP3/MP4 player dan sejenisnya, lebih kepada perangkat yang menggunakan fungsi penyimpanan data pada harddisknya.

Untuk masalah badsector harddisk, mungkin lebih baik search aja digoogle mas, banyak teman" blogger kita yang membahas soal ini terutama blogger yang fokus bahas permasalahan perangkat komputer yang sebagian diataranya sudah berpengalaman menangani permasalahan badsector harddisk ini.

Pengalaman saya soal harddisk lebih kepada badsector harddisk gara" dari segi penggunaan software, tapi mas sudah katanya coba semua menggunakan cara memperbaiki dengan software komputer tapi belum bagus" juga, jadi kemungkinan badsector yang terjadi diharddisk mas lebih kepada perangkat keras harddisk itu sendiri, dan untuk masalah seperti itu, pengalaman saya bisa dibilang engga ada mas :d

Anonim mengatakan... #

Mas Satrio sblmnya thanks bgt postingannya,Very very usefull... :b) x-) yg sy ingin tnyakan,,ukuran kedua image bwt screenshot itu brp x brp pixel mas,atau apakah bebas, trus ntar otomatis brubah ukurannya pas di layarTV ssuai yg di overlay gtu? :-? $-)

Satrio Bahar mengatakan... #

Kalau yang bagus-nya sih se-ukuran pixel dari overlay pendukung dari gambar yang digunakan oleh tema-nya (SCR_overlay.png dan SCR_overlay2.png).

Tapi setiap tema itu ukuran pixel dari gambar overlay tema-nya beda-beda, jadi mas sesuaikan gambar screenshot itu tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar :)
Karena jika terlalu kecil, tampilannya nanti dilayar TV tidak terlalu bagus, sebaliknya jika terlalu besar pixelnya maka pastinya besar juga filenya yang mempengaruhi kecepatan loading dari temanya.

Yang saya pakai untuk gambar jpg sekitar 202x139 pixel dan 250x175 pixel dengan resolusi 72 pixel, quality 5 (medium)

Anonim mengatakan... #

Wah iya mas bisa,overlay nya sih persegi panjang miring2 gmn gtu,aq pake thema batman itu lho mas,,ok mas strio bahar,thx alot :T: 8-)

Satrio Bahar mengatakan... #

Sip (y)

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini