04 Oktober 2010

Merubah Nama File ELF Game buat OPL

Pada OPL atau Open PS2Loader revisi saat tulisan ini saya posting, dimana setiap nama elf game digunakan sebagai patokan untuk menampilkan gambar cover, icon, background yang sudah tersedia saat judul game tersebut dipilih didaftar item OPL.

Dan yang saya maksud file elf ini adalah file executable dari gamenya seperti:


  • SLUS_209.46 (GTA SA)
  • SLPM_663.74 (WE 10)
  • SLUS_214.47 (GH 2)
  • PBPX_952.01 (GOW 1)
  • PBPX_952.01 (Dinasti Warriors 5)
  • PBPX_952.01 (Time Crisis 2)
  • dan lain-lain


Dan mengingat atau terkadang beberapa game mempunyai nama file elf yang sama (seperti pada contoh diatas), belum lagi game-game editan yang sudah pasti mempunyai nama file elf yang sama seperti game editan guitar hero 2, GTA SanAndreas, dan beberapa game editan lainnya yang sejatinya masih menggunakan engine game yang sama.


Dan tentunya saat game yang memiliki file elf yang sama ini diinstal dalam satu media, maka bisa dipastikan semua game tersebut menggunakan satu gambar cover yang akan ditampilkan ditema opl saat judul" game tersebut dipilih didaftar item, dan hal ini tentunya tidak menarik jika dilihat dari sisi tampilan tema yang kita punya, walaupun sebenarnya tidak memberikan pengaruh apapun pada game tersebut saat dimainkan.


Agar setiap game memiliki tampilan cover masing", walaupun file elf setiap game tersebut pada mulanya sama, maka tentunya salasatu dari game yang sama nama file elfnya kita rename/rubah nama filenya, umpamanya saya ambil pada contoh ini adalah game yang mempunyai file elf PBPX_952.01 yang sama.


  • PBPX_952.01 (GOW 1)
  • PBPX_952.01 (Dinasti Warriors 5)
  • PBPX_952.01 (Time Crisis 2)


Okey....


Dari ketiga game tersebut, kita akan merename 2 file elf game, dan disini tidak ada aturan game mana yang akan dirubah nama file elfnya, sesuaikan saja dengan keinginan masing-masing.


Dan agar kita punya patokan, maka pada contoh ini game yang akan direname file elfnya adalah Dinasti Warriors 5 dan Time Crisis 2, sementara untuk God of war 1 tetap pada file elf PBPX_952.01.


Dan kedua file elf yang akan dirubah pada contoh ini, akan saya berinama untuk file elfnya sebagai berikut :


  • Dinasti Warriors 5 akan berubah menjadi PBPX_952.02
  • Time Crisis 2 akan berubah menjadi PBPX_952.03


(jadi untuk membedakan ketiganya, saya rubah karakter terakhir dari setiap file elfnya)


Karena pada contoh ini sudah ditentukan nama file elf dari tiap gamenya, maka game yang akan dirubah namanya diextract dan diuraikan filenya di PC, seperti pada contoh ini untuk game Dinasti Warrior 5 yang saya punya akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Dan kemudian file elfnya kita rubah nama filenya, dan pada contoh ini akan direname menjadi PBPX_952.02.


Dan setelah direname akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Karena file elfnya sudah berubah dari sebelumnya, maka kita harus merubah juga source pada file SYSTEM.cnf dengan menyusuaikan nama file elf baru gamenya dengan cara.


Buka Notepad dan drag SYSTEM (SYSTEM.cnf) pada window notepad, dan pada contoh ini akan seperti pada gambar dibawah ini.



Seperti yang terlihat pada gambar diatas, kalau untuk source atau tujuan bootnya masih tertulis file elf yang lama yaitu PBPX_952.01.


Kemudian source yang lama kita ganti dengan source nama file baru elf gamenya yang sudah kita rename, dalam hal ini adalah PBPX_952.02. Dan setelah diganti akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Okey....


Setelah ini kita save dengan menekan CTRL+S atau klik File >> Save.


Sekarang tinggal kita buat menjadi file iso dengan menggunakan Sony CDVDGen PS2.


Dan cara merebuilt game menjadi iso file dengan menggunakan CDVDGen ini sudah dijelaskan pada tutorial terdahulu, yang penting pada tahap ini bada bagian Tab Volume di kolom Disc Name diisi sesuai dengan nama file elf barunya seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Setelah file isonya sudah jadi, maka langka selanjutnya tinggal kita instal keharddisk internalnya dengan menggunakan WinHIIP (pengguna PS2Fat+NA) atau menginstal keharddisk externalnya dengan menggunakan USBUtil (Pengguna game USB).


Sekarang untuk gamenya sudah selesai, dan langka selanjutnya untuk cover, icon, background (jika ada) kita sesuaikan nama filenya sesuai dengan nama file elf barunya, jadi pada contoh ini akan menjadi:


Untuk gambar cover, nama filenya adalah PBPX_952.02_COV.jpg

Untuk gambar icon, nama filenya adalah PBPX_952.02_ICO.png

Untuk gambar background, nama filenya adalah PBPX_952.02_BG.jpg


Selanjutnya pada contoh ini untuk game Time Crisis dirubah juga nama file elfnya dengan cara seperti yang diuraikan diatas, cuma yang bedakan disini adalah nama file elf untuk game Time Crisis menjadi PBPX_952.03.


Dan gambar cover, icon, background untuk game Time Crisis akan menjadi:


Untuk gambar cover, nama filenya adalah PBPX_952.03_COV.jpg

Untuk gambar icon, nama filenya adalah PBPX_952.03_ICO.png

Untuk gambar background, nama filenya adalah PBPX_952.03_BG.jpg


Selesai.

5 komentar:

  1. ASS.WR. WB, tRIMS BANYAK MAS ATAS INFO NYA SMG DRIDHOI ALLAH SWT, AMINN,. ingin bertanya lagi mas :
    1). sy sdah bikin VMC dan sdh dpsg di HD external ( terbaca) cuman masalahnya VCM ini tdak bs menyimpan game, semua game yang disimpan masuk ke MC PS2(slot 0 yg utk booting opl/OPL 0.7 + VMC rev 455 IND),gmn cara settingnya/install spy game2 yang mau disimpan langsung masuk ke VCM (buatan)?
    2). Untuk gme Burnout Revenge Tdk jaln saat booting (hang), pdhl di daftar game burnout R ini jalan dengan OPL, sdh sya cb saran mas SB HD dformat, Di defrag dll, tp hasilnya nihil, apa hrus setting kompabilitas gamenya ? (gmn caranya Mas?), trims seblmnya

    BalasHapus
  2. Mau share aja mungkin aja banyak yang udah tau.
    Ternyata setlah saya ganti boot file hd loader dengan opl langsung jalan di ps dengan na.dan list game langsung kedetek di list hd.saya juga sudah bisa jalankan game di flash disk buat vmc.thanx mas bahar.selain itu mulai.jadi sekarang isi game tetap pake winhip.

    untuk dianta coba ganti mode gamenya.aku pernak dinaty warior 6 tanpa mode gak jalan setelah aku pilih 12345 jalan.kayaknya modenya hampir sama dengan hd loader.

    untuk mmc booting na setelah maen game di cabut aja terus pas mau maen game di list game di pejet segitiga di ada pilihan vmc di pilih default bila vmc na dinamai sesuai game misal slus*** misal mau satu mmc di pake buat berapa game harus di tulis manual.
    aku sudah coba buat gta dan gow di satu vmc dengan nama gta.dan kalo buat gta kayaknya harus di mcO atau lubang 1 saya coba di lubang dua atau mc1 gak kedetek.
    aku pake hd internal buat VMC dan saya pikir sam aklo pake hd external,tinggal di folder vmc dikasi vmc yang dibuat mas bahar untuk 8,16,32.

    sory kepanjangan

    BalasHapus
  3. Nah, Makasih Om Bahar.
    Ini dia info yang saya cari. Ternyata, keluhan saya didengar, soal cover art game :D

    BalasHapus
  4. Terimakasih bung. Minta Izin untuk Copy tutorialnya...

    BalasHapus
  5. :)) Yang minta izin atau yang tidak.... Silahkan gunakan tutorial sebagaimana mestinya...
    Terserah.... Yang penting jangan dimakan :)) b-(

    BalasHapus
Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini