06 Desember 2009

Rip PES 2010

Pada trik ini kita akan mencoba memperkecil file game PES 2010 agar nantinya kapasitas file gamenya bisa lebih kecil dari sblumnya untuk selanjutnya kita instal keharddisk PS2.

File-file PES 2010 standar yang saya dapat seperti gambar dibawah ini,



Pada gambar diatas terdiri dari beberapa file afs, dimana sebagian dari file afs itu adalah file" afs yang sama dengan bahasa yang berbeda, hal ini dikarenakan di PES 2010 mendukung beberapa bahasa, jadi file afsnya akan diload oleh engine PES 2010 sesuai dengan pilihan bahasa yang kita pilih saat awal masuk digamenya.

File afs yang sama dengan bahasa yang berbeda diantaranya adalah

  • E_TEXT.AFS
  • N_TEXT.AFS
  • H_TEXT.AFS
  • R_TEXT.AFS
  • T_TEXT.AFS

Dari kelima bahasa yang didukung oleh PES 2010, maka tentunya kita lebih mengerti jika kita menggunakan bahasa Inggrisnya, jadi untuk itu untuk memperkecil file gamenya, maka file bahasa yang lainnya kita hapus saja.

Dan file AFS yang memuat data bahasa Inggris berada pada file E_TEXT.AFS, jadi setelah keempat bahasa lainnya sudah kita hapus, maka yang tinggal filenya seperti dibawah ini,


Setelah ini alangka baiknya jika file SLES_555.87 dan ROMLIST.DIR kita ganti dengan file ini, tujuannya agar menyesuaikan perubahan yang sudah kita lakukan, dan menjaga agar saat kita tidak sengaja memilih bahasa yang lainnya (selain Inggris) dimenu pilihan bahasa, program gamenya tidak hang.

Setelah ini kita bisa langsung merebuilt kembali gamenya menjadi file ISO.

Tapi bagi yang ingin meripping gamenya lebih jauh lagi, maka kita bisa meripping lagi file" video yang ada difolder PSS, bisa dengan menurunkan kualitas videonya dengan software pss down atau menggati file videonya dengan file video lainnya yang ukurannya lebih kecil seperti pada tutorial yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Dan selain itu kita juga bisa merip file 0_SOUND.AFS dan E_SOUND.AFS dengan cara menurunkan bitrate dari file adx yang ada pada file AFS tersebut dengan menggunakan AFS Ripper (DKZ Tools) seperti yang sudah dijelaskan pada tutorial sebelumnya.

Seperti pada contoh dibawah ini setelah file gamenya saya ripping,


Pada gambar diatas, kalau besar filenya tinggal 794 MB, dan besar file tersebut sebenarnya masih bisa kita perkecil lagi, cuma imbasnya terjadi penurunan kualitas dari video, audio, dan gambar dari PES 2010.

Setelah tidak ada lagi yang ingin kita rip, selanjutnya kita bisa merebuiltnya kembali menjadi file ISO.

Selesai.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini