04 Desember 2009

Proteksi File di Memory Card PS2

Pada trik yang lalu telah kita bahas, bagaimana caranya agar data yang tersimpan didalam MC PS2 tidak bisa dicopy ke memory card yang lain lewat browser PS2.
Dan pada trik kali ini kita akan mencoba memproteksi lebih jauh lagi agar file yang tersimpan di memory cardnya selain tidak bisa dicopy tapi juga tidak bisa dihapus dari browser PS2.

Trik ini sebenarnya sama dengan trik sebelumnya, yaitu filenya kita mulai dulu dengan membuat file psu nya, dan selanjutnya file psu ini kita instal ke MC PS2nya dengan menggunakan uLaunchELF.

Cara membuat file psunya agar file tersebut agar tidak bisa dicopydan dihapus sebagai berikut.

Pertama-tama tentunya kita siapkan file yang akan kita bikin file psunya, dan biasanya untuk file yang tersimpan di MC umpamanya itu merupakan file booting, maka filenya terdiri dari file elf dan file icon, seperti pada contoh gambar dibawah ini,





Selanjutnya buka PS2 Save Converter, yang tampilan pertamanya seperti gambar dibawah ini,





Selanjutnya kita drag satu persatu file yang akan kita bikin file psu, dan setelah semua filenya sudah didrag masuk diwindow ps2 save converter, maka pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini,





Setelah itu klik Properties, dan akan seperti gambar dibawah ini,





Selanjutnya pada Name kita isi dengan nama folder tempat dimana file" tersebut akan ditempatkan setelah kita masukkan di MC PS2, dan karena pada contoh ini kita akan membuat sebuah file booting yang mana file booting itu slalu kita simpan didalam folder BOOT, maka untuk UNNAMED SAVE kita ganti dengan BOOT, sementara untuk settingan lainnya agar filenya nanti tidak bisa dicopy dan dihapus seperti gambar dibawah ini,





Setelah itu klik OK, dan akan seperti gambar dibawah ini,






Selanjutnya tinggal kita save dengan mengklik seperti gambar diatas, dan selanjutnya akan seperti gambar dibawah ini






Tentukan dimana file psunya akan kita simpan, serta ktik juga nama file psunya dan yang paling penting juga adalah pastikan untuk Save as type nya adalah Memory Linker (*.psu). Dan setelah itu klik Save.

Tunggu beberapa saat, dan setelah itu file psunya sudah selesai dibikin, pada contoh ini file disimpan difolder BOOT seperti contoh gambar dibawah ini,





Selanjutnya file psu ini kita copy keflashdisk, kemudian kita instal ke MC PS2 dengan menggunakan uLaunchELF, dan cara instal file psu ini bisa dibaca pada tutorial sebelumnya.

Dan setelah filenya sudah selesai kita instal di MC PS2, maka untuk mengetahui berhasil atau tidaknya file yang sudah kita lindungi, maka masuk dibrowser PS2 kemudian pilih icon file yang sudah diproteksi dan selanjutnya tekan Segitiga untuk masuk dioptions, dan untuk opsi File Protections akan menjadi Copying Prohibited dan Deleting Prohibited.

Sementara jika kita memaksa untuk mengcopynya, maka akan ada peringatan kalau filenya tidak bisa dicopy (This Data Cannot be copied), begitu juga jika kita memaksa untuk menghapus datanya, maka akan ada peringatan kalau file ini tidak bisa dihapus (This data cannot be deleted).

Selesai.


Catatan :
Tips ini tidak mempan/tidak berlaku buat teman" yang sering mengcopy atau menghapus file dari MC dengan menggunakan uLaunchELF.
Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini