21 November 2009

Edit GTA SA : Skill Senjata CJ

Skill senjata disini adalah kemampuan CJ menggunakan senjata,dan standar GTA SA untuk kemampuan menggunakan senjata pada CJ pada awalnya hanya bisa menggunakan 1 senjata saja dan seiring dengan seringnya kita gunakan senjata tersebut, maka skill untuk senjata yang CJ gunakan akan bertambah hingga skill yang disyaratkan tercapai, maka saat itu si CJnya punya kemampuan menggunakan double senjata tertentu secara bersamaan.
Sementara untuk skill senjata untuk CJ selain dengan cara seperti diatas, skill bisa juga didapat dengan cepat dengan menggunakan cheats atau menyesuaikan scripnya, atau bisa juga dengan mengakali file yang mengatur soal skill senjata tersebut.

Dan pada tips ini kita akan mencoba mendapatkan skill CJ dengan mengakali data di game GTA SA yang mengatur soal skill senjata tersebut.

Pada standar GTA SA, tiap senjata sudah ditentukan batas skill yang harus dicapai, dan skill akan selalu bertambah setiap kali atau setelah CJ menggunakan senjata tersebut.

Umpamanya untuk mendapatkan skill senjata UZI, maka CJ harus selalu menggunakan senjata UZI, dan setiap kali senjata UZI digunakan maka skill untuk senjata UZI akan bertambah dan setelah batas yang sudah ditentukan tercapai baru CJ bisa menggunakan 2 senjata UZI secara bersamaan.

Jadi agar Skill senjata bisa langsung tercapai saat gamenya baru pertama kita mainkan, maka salasatu yang bisa kita lakukan adalah dengan mengubah batas skill dari setiap senjatanya, atau dengan kata lain kita hilangkan saja batas dari skill tiap senjata tersebut, jadi dengan begitu maka CJ sudah dianggap mencapai skill yang disyartakan.

Bingung yach.....? soal

Sammmma... Saya juga bingung ngejelasinnya..

Untuk lebih jelasnya kita langsung aja mengeditnya.

File yang mengatur soal skill ini adalah WEAPON.DAT yang berada didalam folder DATA, seperti contoh gambar dibawah ini,



File WEAPON.DAT ini bisa kita edit dengan menggunakan software standard windows yaitu Notepad, dan untuk melihat isi dari file WEAPON.DAT ini, tinggal kita buka atau drag aja dinotepad dan akan seperti gambar dibawah ini


Pastikan sebelum mengedit file untuk pengaturan Word Wrap dinotepadnya tidak kita centang seperti pada contoh gambar diatas.

Dan pada contoh gambar diatas terlihat data mengenai senjata di GTA SA ini, dan data yang memuat soal skill ini berada pada kolom ke 7 sesudah kolom Anim Grup, seperti gambar dibawah ini


Wkwkwk... kalau susunan datanya seperti diatas, cuma yang sudah biasa aja yang edit akan mengerti maksudnya.

Okley.....

Untuk lebih mudahnya teman" mengenali data mana yang mesti kita rubah, maka data" diatas sudah saya perbaiki susunannya agar teman" lebih mudah mengenalinya seperti pada gambar dibawah ini,


Nah...klo seperti diatas susunan gambarnya maka tentu kita lebih mudah mengenali data" mana aja yang akan kita ubah.

Seperti pada contoh gambar diatas, pada kolom yg ditandai dengan warna merah adalah grup animasi dari senjata yang ada di GTA, sementara pada kolom yang ditandai warna biru adalah batas dari skill senjata yang mesti dicapai oleh CJ baru bisa menggunakan double senjata tertentu.

Seperti yang diuraikan sebelumnya yaitu agar CJ bisa langsung menggunakan double senjata, maka batas dari skillnya kita jadikan aja 0, jadi disini CJ sudah dianggap mencapai batas skill senjatanya, dan setelah datanya kita rubah, maka akan seperti gambar dibawah ini,



Pada contoh ini semua senjata untuk batas skillnya saya kasih 0.

Setelah itu tinggal kita save untuk menerapkan perubahannya.

Dan sekarang tinggal kita gunakan file WEAPON.DAT ini dan mengcopynya difolder tempatnya file ini berada yaitu pada folder DATA seperti yang diuraikan pada awal tutorial ini.

Setelah itu tinggal kita rebuilt semua file" GTA SA menjadi ISO, dan untuk menjaga agar GTA SA baik yang masih standar ataupun GTA yang sudah kita edit jalan dengan normal setelah diinstal diharddisk dengan booting HDLoader, baik yang menggunakan NA maupun HDPro, maka sebaiknya merebuilt filenya menjadi file iso dengan menggunakan CDVDGenPS2, dan pada saat mendrag file"nya kewindow Directory CDVDgen, maka susunan filenya seperti gambar dibawah ini


Jika gambar diatas masih kurang jelas, maka susunan filenya sebagai berikut

folder ANIM
folder AUDIO
CLOTHES.NM
CREDITS.NM
CUTSCENE.NM
folder DATA
FILELOAD.NM
INIT.NM
JPEG.NM
MC.NM
folder MODELS
folder MOVIES
MPEG.NM
SLUS_209.46
STREAM.INI
folder SYSTEM
SYSTEM.CNF
folder TEXT

Okley....

Untuk proses selanjutnya, sama dengan cara merebuilt file game ke iso pada beberapa postingan yang udah kita bahas sebelumnya.

Setelah proses bikin ISO sudah selesai, tinggal kita instal ke harddisk PS2nya, dan saat kita memainkan gamenya, maka coba mendapatkan senjata, atau untuk lebih cepatnya gunakan saja cheats untuk mendapatkan senjata buat CJ dan setelah itu.......


Dorrrr....dorrrr......dorrr........tumbuk

CJ udah bisa langsung beraksi dengan double senjata (senjata tertentu).

Celesai.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini