14 Oktober 2009

Instalasi PS2 Slim di HD Pro

Pada tips yang lalu sudah kita uraikan bagian" dari HD Pro, dan pada tips kali ini kita akan mencoba memasang PS2 Slimnya di HD Pro.

Sebelum memasang PS2 Slimnya di HD Pro, Saya anjurkan agar membuat dulu mc bootingnya, dimana mcbooting ini berisi free mc boot dan booting untuk menginstal HDloader dan mengupgrade firmware chip Modbo 4 agar nantinya chip modbo 4 yang kita pasang di PS2 Slimnya langsung membooting HDLoader saat PS2 Slimnya kita nyalakan.

Jadi disini fungsih mc bootingnya sendiri cuma sekedar untuk menginstal atau mengupgrade firmware chipnya, dan jika proses instal hdloader dan upgrade firmware selesai, maka mcbootingnya tidak digunakan lagi.

Untuk memudahkan proses bikin mcbootingnya, maka instal free mcbooting ini (+ booting upgrade chip modbo4) ke memory card PS2 dengan menggunakan ulaunch pada PS2 Slim yang ingin kita pasangkan HDPro, caranya adalah :

  • Copy kedua file tersebut kedalam satu folder di flashdisk.
  • Kemudian jalankan Ulaunch dan pilih FreeMCBoot, dan setelah itu ikuti instruksi instalasinya (Proses selengkapnya tentang cara instal free mc boot bisa dibaca" pada tutorial sebelumnya).
  • Setelah proses instalasi freeMCBoot selesai, maka secara otomatis booting upgrade chipnya (BOOT.ELF) juga diinstal di MCnya.
Setelah itu coba gunakan mcbooting di PS2 Slimnya, dan setelah mcbooting udah berhasil booting keproses instalasi HDloader dan upgrade chip, maka keluar/hentikan dulu proses instalasinya, karena kita akan melanjutkan proses pemasangan PS2 Slimnya di HD Pro.

Postingan Update 09-09-2013

Link Free MC BOOT 1.5 dan 1.6 +BOOT diatas sudah mati dan tidak saya perbaharui lagi link download-nya karena FMCB versi baru sudah ada.
Buat dan gunakan FMCB (Free MCBoot) yang dibahas pada postingan ini atau langsung mencari update FMCB terbaru disini

Sementara untuk file BOOT atau HDLoader buat HDPro di copy ke flashdisk dan jalankan dengan menggunakan bantuan uLaunchELF yang ada beserta di instalasi FMCB versi terbaru, untuk selanjutnya melakukan instalasi HDLoader HDpro pada harddisk PS2 dan upgrade modchip modbo 4

Pertama-tama kita satukan dulu titik jumper slot kabel flexible HDPro dan chip Modbo 4 (chip bersama dengan HDPro) dengan cara sebagai berikut:

Untuk memudahkan proses penyambungan titik jumper slot kabel flexible dan chip, maka terlebih dahulu baik di slot kable flexible maupun chipnya kita berikan/solderkan timah secukupnya pada titik" jumpernya. seperti pada contoh gambar dibawah ini,



Pada contoh gambar diatas untuk titik jumper chip modbo 4 nya yang kita beri timah dulu secukupnya adalah titik" pada M, N, O, P, Q, T, U, V, R, W, RST, GND, 3.3v. Sementara untuk titik" A, I, H, G, B, Y, SX, CX tidak kita gunakan pada instalasi chip modbo 4 di HD Pro.

Setelah itu tinggal kita rapatkan ujung pcb slot kabel flexible HD Pro dengan ujung pcb chip modbo 4. Dan alangka baiknya jika ujung pcb slot kabel HD Pro berada diatas ujung pcb chip modbo 4, sehingga titik" jumper keduanya bersentuhan dengan huruf titik" jumper yang sama, dan setelah itu tinggal kita solder kembali timahnya untuk menyatukan timah yang ada dititik slot HD Pro dengan timah yang ada dititik chip modbo 4.

Sementara untuk titik jumper GND dan 3.3v kita hubungkan keduanya dengan menggunakan kabel jumper. gambarnya kira" seperti pada contoh dibawah ini,


Okley, sekarang tinggal kita cari tempat atau posisi untuk meletakkan chipnya di mobo PS2 Slim, dan setelah itu kita rekatkan chipnya dimobo PS2nya dengan lem (bersama dengan chip).

Setelah itu kita pasang lagi jumper dari chip ke mobo PS2 Slim dengan berpedoman kepada diagram jumper chip, dan titik jumper yang dipasang adalah titik M, N, O, P, Q, T, U, V, R, GND, 3.3v, RST.

Dan untuk titik W2 pada slot HDPro kita pasang jumpernya ke mobo PS2 Slim pada titik jumper chip W pada diagram jumper chipnya, sementara untuk titik W dichipnya tidak perlu lagi kita pasang jumpernya di mobo PS2 Slim.

Dan setelah semua jumper chip sudah dipasang di mobo PS2 Slim, maka pada contoh ini yang saya gunakan sample adalah PS2 Slim type SCPH - 77006 NTSC akan seperti gambar dibawah ini,


Setelah itu rapikan posisi letak chip dan rapikan juga kabel" jumpernya dengan memberikan isolasi kertas, dan pada contoh ini seperti gambar dibawah ini.


Setelah itu pasang kabel flexible dislotnya, dan setelah kabel flexible terpasang, pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini.


Setelah itu lipat kabel flexiblenya dan pasang kembali plastik pelindung mobo PS2 Slim, baru setelah itu memasang kembali pelat yang ada diatasnya, seperti pada contoh gambar dibawah ini.



Sebelumnya periksa baik" jangan sampai ada kabel jumper yang terjepit dilubang bautnya, dan setelah dirasa tidak ada masalah dan platnya dirasa sudah terpasang dengan baik, maka selanjutnya kita kencangkan pemasangannya dengan membautnya.


Okey... Mobo PS2 Slim sudah siap dan tinggal kita letakkan ditempat yang sudah disediakan di casing HDPronya.

Agar nantinya mobo PS2 Slim terpasang dengan baik pada dudukan dibox HDPronya, maka alangka baiknya untuk type 77006, tiang pada box HDPronya kita patahkan saja, agar nantinya mobo PS2 Slimnya terpasang dengan rapat dan rapi, tiang yang saya maksud adalah tiang yang dekat dengan lubang baut seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sementara untuk type PS2 Slim yang lain, tinggal kita sesuaikan saja dengan model lubang pada mobo PS2 Slimnya.

Langka selanjutnya adalah memasukkan mobo PS2 Slimnya ke box HDPro dengan pertama-tama masukkan dulu bagian depan dari mobo PS2 Slim (bagian port stik & usb) dislot atau lubang yang ada di HDPronya, baru kemudian rapatkan lagi dibagian belakan mobo PS2 Slim (bagian colokan power & AV) dicasing HD Pronya, dan setelah itu letakkan/tempatkan tombol resetnya yang sudah disediakan dicasing HDPronya. Dan pada contoh ini setelah semuanya dipasang ditempatnya akan seperti gambar dibawah ini.





Setelah itu pasang kabel flexible yang dari slot di mobo PS2 Slim ke slot yang ada dibox HDPronya, dan setelah terpasang pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini.


Setelah itu tinggal kita pasang lagi casing penutup atasnya, dan disini yang kita gunakan sebagai penutup bagian atas adalah tetap menggunakan casing dari penutup PS2 Slimnya, dan setelah terpasang pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini.


Kemudian kita pasang bautnya dari bawah box HDPro, jadi sebelumnya HDPronya kita balik dulu baru kita pasang bautnya. lubang bautnya terdiri dari 6 lubang seperti tampak pada contoh gambar dibawah ini.


Setelah ke 6 baut sudah kita pasang dengan sempurna, maka proses pemasangan PS2 Slim di HDPro udah selesai. dan tampilannya dari depan dan belakan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Sekarang instalasi harddisknya di box HDPronya.

Untuk cara instalasi Harddisknya akan kita bahas pada postingan selanjutnya.

Dan bagi Teman" yang kepingin mencoba kemampuan HDPro dan kesulitan mendapatkan perangkatnya, silahkan hubungi ABAH GAME callme



0 komentar:

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini