14 November 2010

Open PS2 Loader di PS2 Fat HDD

Open PS2 Loader atau OPL merupakan boot loader game yang bisa digunakan untuk memainkan game dari Harddisk External (USB Game) dan Harddisk Internal (HDD Game).

Dan pada postingan kali ini khusus akan kita coba bahasa mengenai OPL di PS2 Fat yang menggunakan harddisk Internal dengan Network Adaptor (NA), yang mana sebelumnya para penggunanya lebih dulu mengenal HDLoader sebagai boot loader game untuk memainkan permainan yang sudah terinstal di harddisk dengan menggunakan Network Adaptor (NA).


OPL sebenarnya sudah lama bisa digunakan untuk memainkan game dari harddisk internal layaknya menggunakan HDLoader, cuma pada revisi 482 kebawah (baca readme and detailed changelog), untuk penggunaannya masih memerlukan memorycard untuk menyimpan semua setting untuk pengaturan di OPL, dan baru pada revisi OPL 483 keatas (dan OPL v 0.8 setelah dirilis) sudah mendukung atau OPL sudah mempunyai kemampuan untuk membaca setting yang tersimpan di harddisk Internal dan sekaligus menampilkan judul-judul game yang terinstal di harddisk internalnya tanpa memerlukan memorycard lagi untuk menyimpan atau membaca setting utamanya.

Jadi dengan adanya kemampuan ini hasil dari metode Dlanor kemudian programnya diperbaharui oleh Izdubar, maka penggunaan OPL di PS2 Fat dengan Network Adaptor lebih praktis lagi dan tentunya lebih memudahkan buat PS2 yang sudah ganti modchip modbo atau matrix.

Berikut cara instalasi OPL pada PS2 yang sudah ganti modchip Modbo atau Matrix.

Pertama-tama tentunya OPL diinstal keharddisk Internalnya dengan menggunakan DEV2 Installer atau menggunakan metode menginstal dengan menggunakan PS2 PFS Explorer, dan untuk metode instalasi ini sudah dijelaskan pada postingan yang terdahulu buat HDLoader, dimana cara instalasinya bisa juga diterapkan untuk menginstal Open PS2 Loader di harddisk internal.

Setelah OPL sudah selesai diinstal diharddisk Internalnya, maka langka selanjutnya adalah membuat partisi di harddisk untuk menyimpan semua file-file yang dibutuhkan oleh OPL, yang mana untuk membuat partisinya sudah dijelaskan pada tutorial sebelumnya dengan menggunakan uLaunchELF atau PS2 PFS Explorer.

Setelah partisinya yang bernama +OPL sudah dibuat di harddisknya, maka langka selanjutnya adalah mengatur dulu settingan OPL agar saat booting pertamanya langsung membaca harddisk internalnya dengan cara.

Pastikan untuk pengaturan bootmode modchip sudah diset ke DEV2 (caranya sudah dijelaskan dibeberapa postingan terdahulu), dan jangan lupa pada proses awal ini memorycard (MC) tetap ditancapkan di PS2.

Dan setelah OPL berhasil dijalankan, maka langka selanjutnya adalah mengatur settingan utamanya dengan terlebih dahulu menekan START dan masuk di Settings dan atur :

HDD device start mode = Auto
Start device = HDD Games

Sementara untuk pengaturan lainnya tinggal sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Setelah pengaturan game sudah tidak ada lagi yang mau dirubah, maka langka selanjutnya menekan OK dan simpan pengaturannya di MC.

Kemudian untuk pengaturan settingan game, atur juga jika memang dibutuhkan (tergantung dengan game yang terinstal diharddisk masing-masing), dan setelah itu simpan juga pengaturannya di MC.

Okey....

Matikan PS2 dan langka selanjutnya jalankan uLaunchELF dan copy semua pengaturan OPL yang tersimpan di MC pada folder OPL, kemudian paste pada partisi hdd0:/+OPL/

Jadi nantinya pada partisi +OPL akan seperti dibawah ini (tergantung dari kebutuhan masing-masing)

APPS
ART
THM
VMC
conf_apps.cfg
conf_compatibility.cfg
conf_dnas.cfg
conf_last.cfg
conf_opl.cfg
conf_vmc.cfg

Penjelasan :

  • APPS adalah folder untuk menyimpan aplikasi (jika diinginkan).
  • ART adalah folder untuk menyimpan gambar cover, icon dan background yang dibutuhkan OPL (jika diinginkan).
  • THM adalah folder untuk menyimpan tema OPL (jika diinginkan).
  • VMC adalah folder untuk menyimpan file virtual mc (jika diinginkan dan dibutuhkan).
  • conf_apps.cfg adalah konfigurasi yang memuat pengaturan aplikasi di OPL (jika diinginkan).
  • conf_compatibility.cfg adalah konfigurasi yang memuat settingan setiap game (jika diperlukan).
  • conf_dnas.cfg adalah konfigurasi yang memuat pengaturan dnas (jika diperlukan).
  • conf_last.cfg adalah konfigurasi last played game (jika diperlukan).
  • conf_opl.cfg adalah konfigurasi utama OPL (sangat diperlukan)
  • conf_vmc.cfg adalah konfigurasi penggunaan virtual mc setiap gamenya (jika diinginkan dan dibutuhkan).

Okey.....

Setelah semuanya sudah selesai diatur, maka sekarang PS2 Fat dengan modchip modbo/matrix dengan harddisk internal + Network adaptor (NA) sudah bisa digunakan memainkan game dengan OPL tanpa membutuhkan lagi memorycard setiap akan memulai menjalankannya.

Sementara buat PS2 Fat yang masih menggunakan modchip bawaan dari distributor atau PS2 tanpa modchip (tanpa tempelan chip), maka untuk menjalankan OPL tetap menggunakan memorycard dengan Free MCBoot dimana untuk settingan OPLnya bisa disimpan di MC atau harddisk internalnya.

Selesai.

20 komentar:

Indra Bane mengatakan... #

mas satrio... langkah2 diatas yang mas satrio berikan sudah saya lakukan di PS2 saya yang sudah menggunakan chip, tp kenapa ya mas setelah setingan saya simpan di MC trus saya copy menggunakan Ulaunch elf ke hdd0:/+OPL/, saya hanya copy conf_opl.cfg saja,kemudian PS saya shutdown, setelah dinyalakan kembali tapi OPL'nya masih keluar menu setting,Display settings dll tidak langsung keluar menu HDD games, kalo pake MC baru bisa keluar menu HDD games'nya... mohon pencerahan'nya ya mas satrio yang baik... hehe!

puguh mengatakan... #

mas apakah dengan OPL,kita bisa memainkan emulator mame yg di masukkan ke hdd external?

Arie mengatakan... #

apa bisa hd external[fat32] untuk opl dibuat dengan kapasitas 32gb lebih
makasi

REZA mengatakan... #

betul mas indra bane, saya jg udah mencoba tutorial di atas, tanpa memori tetap ga bisa nyimpan setingan?

Donaldbebek38 mengatakan... #

makasih mas Bahar, setelah saya coba dan berhasil tapi untuk THM jadi tidak berfungsi, tanya lagi mas Bahar untuk OPL 0.8 kapan rilisnya?
untuk teman yg belum berhasil coba pakai OPL 0.7 rev485 English yang ada di postingan, saya pakaiitu berhasil.

prass mengatakan... #

opl 0.7 rev 485 ndk ada masalah dlm toturial diatas, tp VMC n THM jd off.
saya menggunakan rev 501 cfg ttp hrs dr mmc, setiap di save sll error, tp VMC n THM terdeteksi.
da yg bisa spy semua bs jln? tx

REZA mengatakan... #

terima kasih...emeng betul yg pakai english, kalo yg pake indo ga bisa? untuk THM bisa berfungsi ko? ga ada masalah dgn THM?

Indra Bane mengatakan... #

iya mas reza pake english bisa, tp pake yg indonesia jg bisa lho mas asal opl nya pake opl 0.7 rev 480 ke atas, kemarin saya pake yg rev 480 jd msh tetap harus pake mmc booting...!
thank's ya mas satrio...!

rahmat mengatakan... #

sementara begini para master keuntungan dari opne ps 2 loader itu untuk menghilangkan biaya na tapi kalo masih pake na gmana sama aja

Satrio Bahar mengatakan... #

Bagi teman" yang kesulitan menampilkan tema di HD Internal pada opl 0.7 rev 485, coba gunakan yang ini. (berisi bahasa Indonesian dan english)

OPL itu merupakan revisi 485 juga, cuma untuk delay HDD di tambahkan menjadi 20 dan 30. silahkan coba gunakan sala satunya dan diinstal di hd internalnya, dan jangan lupa setting utama opl yang sudah dicopy dipartisi +OPL/ sudah diset menggunakan tema yang tersimpan juga di hd internalnya pada partisi +OPL/THM/

REZA mengatakan... #

tampilan menu gamenya ko ada usb game dan hdd game, gimana caranya biar tampilan menu gamenya cuma hdd game aja? padahal usb gamenya sudah saya off?

REZA mengatakan... #

boot opl di hdd network ko game mortal combat shaolin monk ga jalan? apanya ya? mohon mas sb pencerahannya? sekalian cara ngilangin usb game di daftar menu permainan opl di hdd network? biar yg ke baca hdd game saja?

Anonim mengatakan... #

sama om MKSM hank alias diam seribu bahasa walaupun suda di setting modenya bermacam2 mode tetap aja hank ya??? barangkali udah ada yg ketemu solusinya share dunk...heheh tq satrio game i love you full

Ragil mengatakan... #

lho... punyaku MKSM di OPL 0.8 tanpa setting mode segala bisa lancar jaya. Cuma Downhill Domination yang tiba-tiba hang padahal sebelumnya lancar jaya dan sudah aku install ulang tetap hang juga. Trus Tenchu 3 juga macet di tengah jalan. Ada yang mau kasih solusi???

gamemania mengatakan... #

Sama dgn mas Indra Bane n mas Reza...config OPL ga bs diload tanpa MC...solusinya dunk mas Bahar...klo THM ga jln c ga masalah yg penting VMC n load config dr HD internal.THX

ian_kampret mengatakan... #

mas, ps2 saya menggunakan hd sata dan tanpa NA,trus masih menggunakan MC, saya mau ganti gambar splash dan gambar main. caranya menggunakan software apa? mohon pencerahannya sangat saya harapkan. terima kasih

Anonim mengatakan... #

mas sb tolong dung buat postingan game+ mode aktifnya

Anonim mengatakan... #

ass mas SB & temen2, mau nanya nih,ada beberapa game ane coba kgak bisa(hang pas mau main) padahal di opl termasuk yg kompitibel,..HDD da di format ulang terus game na di defragmen, al hasil gagal maning,(DESERT STROM SLES_551.23,JET LI SCUS_972.79, WARRIOR OROCHI2 SLES_553.82) yg ntu mas gamenya, apa ada mode yg harus diaktifkan, need help//////////.

wira game mengatakan... #

MKSM install pakai HDhandines dijamin berhasil. Saya udah alami sendiri.

CR7 GAME mengatakan... #

Bos SB saya uda coba hdd+na saya install pake opl 0.8 tema keluar cuma cover & backgroundny ada keluar dan ada yang tidak padahal semua game uda saya buat gambar cover & backgroundnya sesuai kode regionnya, trus kok di daftar gamenya abjadnya gx berurutan ya dari A - Z..??
Tolong dibantu soalnya uda 2 minggu ini saya coba di 5 ps yang berbeda hasilnya sama, cover & BG ada yang keluar dan ada yang tidak..??

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini