03 Mei 2010

Format Harddisk (lanjutan)

Format harddisk yang akan kita bahas pada postingan ini adalah format harddisk FAT/FAT32 yang digunakan oleh pengguna harddisk external pada boot loader game Open PS2Loader dan USBAdvance.

Pada postingan terdahulu udah perna kita bahas soal format harddisk ini, baik itu memformat harddisk dengan menggunakan aplikasi bawaan windows maupun dengan menggunakan software pihak ketiga semacam usb xtreme versi dos.

Dan pada postingan ini kita akan memformat harddisknya dengan menggunakan software pihak ketiga juga yang bernama HP USB Disk Stroge Format Tool.

Dan dari nama softwarenya aja sudah bisa kita tebak, kalau software tersebut berfungsi untuk memformat media penyimpanan semacam harddisk atau flasdisk yang kita sambungkan dengan PC lewat USB.

Cara menggunakan software ini juga tergolong sangat mudah, karena interface dari softwarenya sendiri mirip dengan tool format bawaan windows, dan untuk lebih jelasnya, kita mulai aja mencoba menggunakan software ini.

Buka HP USB Disk Stroge Format Tool, dan tampilan pertamanya akan seperti gambar dibawah ini.


Seperti pada contoh gambar diatas, kalau media yang dideteksi oleh softwarenya adalah media penyimpanan data yang terkoneksi dengan PC lewat USB dalam hal ini adalah Flashdisk Kingston dengan type DT 101 II PMAP dengan maksimal kapasitas sekitar 7646 MB (8 giga) dengan huruf drive yang digunakan flashdisknya adalah G:\.

Sekarang kita sudah bisa memulai memformat, dan karena disini (di Playstation 2) format harddisk yang kita gunakan adalah format FAT, maka sebelumnya untuk File System kita ubah dan pastikan formatnya ke FAT seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Setelah File systemnya sudah kita set ke FAT/FAT32, maka selanjutnya untuk Format options pada Quick Format kita centang jika media yang ingin kita format yakin tidak ada masalah sama harddisk/flashdisknya dan proses formatnya akan berjalan dengan cepat.

Tapi jika ingin agar proses formatnya benar-benar harddisk atau flashdisknya diformat (bukan direset), maka jangan centang pada quick format dan proses format pada opsi ini akan berjalan agag lama jika dibandingkan dengan mencentang quick formatnya.

Dan pada contoh ini saya anggap kalau flashdisk yang akan diformat tidak ada masalah, maka untuk opsi Quick Format saya centang seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Dan setelah ini tinggal klik Start untuk memulai proses formatnya, setelah itu akan ada konfirmasi kalau semua data pada media yang akan diformat akan hilang, seperti pada contoh gambar dibawah. ini.


Klik Yes, dan proses format akan dimulai.

Setelah proses format selesai dan berhasil, maka akan ada konfirmasi mengenai media yang sudah diformat seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Klik OK dan tutup softwarenya.

Setelah ini tinggal diinstalkan game keharddisk/flashdisknya dengan menggunakan USBUtil dan selanjutnya digunakan pada boot loader game Open PS2Loader atau USBAdvance.

Selesai.

1 komentar:

  1. mas kalo mau remove/delete/unformat Winhiip gimana caranya yah dari hardisk?
    tolong sms ke no saya
    0856 849 2233
    makasih banyak mas.
    karena saya jarang online.
    mohon bantuannya.

    BalasHapus
Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini