08 Februari 2010

Emulator Sega Genesis untuk Playstation 2

Emulator yang akan kita bahas kali ini adalah emulator buat game" sega genesis, dan kegunaan dari emulator ini adalah, agar game" sega tersebut bisa kita mainkan kembali lewat konsole game Playstation 2.

Emulator sega ini sendiri bisa kita mainkan di PS2 dengan menggunakan harddisk dan NA, dan untuk memainkan emulator ini bisa kita mainkan lewat optik dengan tentunya memburningnya ke CD-R, bisa juga kita mainkan lewat MC Booting, bisa juga kita mainkan lewat harddisk ps2.


Untuk lebih jelasnya, kita mulai bahas dulu emulator sega genesisnya terlebih dahulu.


Sega genesis pada saat awal masuk diprogramnya, langsung membaca device di PS2nya, seperti pada contoh gambar dibawah ini,




Setelah itu akan masuk dimenu awal yang tampilannya seperti pada contoh gambar dibawah ini,




Pada MAIN MENU ini terdapat beberapa menu seperti yang terlihat pada gambar diatas, diantaranya


  • Rom List, merupakan menu untuk explorer file dimana file" game seganya kita simpan.

  • Option, merupakan menu untuk pengaturan dari emulator sega genesisnya.

  • Save Manager, merupakan menu untuk pengaturan save dan load file save_game sega genesisnya.

  • Credits, merupakan keterangan mengenai emulator genesisnya.


Jika ingin langsung memainkan game seganya, maka pada tahap ini pilih Rom List dan tekan kali, dan akan tampil menu" device yang bisa kita akses untuk mencari file" game genesisnya yang kita simpan sebelumnya, dan tampilan menunya seperti pada contoh gambar dibawah ini,




Menu"nya diantaranya :


  • CD-ROM, merupakan path ke optic, atau device yang dibaca adalah CD atau DVD yang kita masukkan di DVD Rom PS2nya.

  • Memory Card 1, merupakan path kememory card yang kita masukkan diport mc0 di PS2nya.

  • Memory Card 2, merupakan path kememory card yang kita masukkan diport mc1 di PS2nya.

  • USB Stick, merupakan path keusb, jadi disini bacanya bisa keflashdisk atau keharddisk externalnya, tergantung device apa yang kita tancapkan diport usb PS2nya.

  • boot, merupakan partisi dari harddisk ps2 networknya (jika di PS2nya terdapat harddisk dengan network adaptor/NA)

  • HDLoader Settings, merupakan partisi dari harddisk ps2 networknya (jika di PS2nya terdapat harddisk dengan network adaptor/NA)

  • ROM, merupakan partisi yang ada di harddisk ps2 networknya (kebetulan pada contoh ini, sebelumnya sudah saya buat partisi di harddisk ps2nya yang saya berinama ROM)

  • PGEN 1.1, merupakan partisi dari harddisk ps2 networknya yang merupakan tempat nantinya save game sega genesisnya disimpan jika pada settingnya kita atur untuk save filenya keharddisk, dan partisi ini secara otomatis dibuat oleh sega genesis saat pertama kali kita jalankan di PS2nya.


Karena kita sudah tau dari menu" dari emulator sega genesis ini, maka langka selanjutnya adalah cara menjalankan emulatornya sendiri di PS2nya.


O..iya untuk game atau men2ROM, download sepuasnya disini siul


Seperti yang sudah kita uraikan diatas, kalau emulator sega ini bisa kita jalankan di ps2nya dengan berbagai cara asalkan PS2nya menggunakan harddisk dengan Network Adaptor (NA), dan untuk lebih jelasnya maka akan kita coba membahasnya



star Memainkan lewat optic


Untuk memainkan emulator sega ini lewat optic, maka tentunya file emulator ini beserta file" gamennya yang kita namakan ROM, kita burning ke CD-R. Dan untuk mempermudah teman", maka sudah saya buatkan file" yang tinggal kita tambahkan file" ROM (gamennya), dan selanjutnya membuatnya menjadi file image (bin/cue, atau iso).


Download filenya dan setelah itu extract dan akan mendapatkan file" seperti contoh gambar dibawah ini,




Terlihat pada contoh gambar diatas kalau nama file dan foldernya sebagai berikut


  • Folder ROM

  • BOOT.ELF (file elf emulator sega genesis)

  • DUMMY.000

  • SYSTEM


Dan pada folder ROM ini kita tempatkan file" game genesisnya.


Dan didalam folder ROM tersebut sudah saya isi 2 file game sega genesis sebagai contoh, seperti pada contoh gambar dibawah ini.




Jadi seperti gambar diatas, kalau file" game sega genesisnya extensinya adalah zip, dan tidak perlu kita extract lagi file zip tersebut, dan untuk game" sega lainnya, tinggal teman" tambahkan sesuai dengan kebutuhan.


Setelah game" seganya sudah selesai kita tambahkan, maka langka selanjutnya tinggal merebuilt atau membikin kembali file elf, dummy, system dan folder rom beserta isinya tersebut menjadi file image (bin/cue atau iso dan cara bikin file image bisa dibaca" pada postingan terdahulu), dan setelah file imagenya sudah selesai, selanjutnya tinggal kita burning ke CD-R dengan menggunakan NERO (cara burning file image bisa dibaca pada postingan yang terdahulu).


Cara memainkannya


Jalankan CD emulator sega genesisnya lewat optic PS2, tunggu beberapa saat hingga programnya berhasil diload hingga masuk dimenu sega genesis.


Setelah masuk dimenu, pilih Rom list dan tekan kali.


Setelah itu maka program sega akan membaca semua source atau device yang ada di ps2 tempat dimana emulator sega tersebut dijalankan, dan nama source yang ditampilkan seperti yang sudah kita jelaskan diatas, dan selanjutnya tinggal kita pilih menu CD-ROM dan tekan kali, dan selanjutnya pilih lagi folder ROM dan tekan kali, setelah itu akan dibaca semua file" game sega genesisnya yang sebelumnya sudah kita simpan difolder ROM, pilih gamenya, tekan kali dan mainkan dhaaa...



star Memainkan lewat MCBooting


Download dan instal file psu ini ke memory card ps2nya, dan bagi pengguna ps2 yang masih menggunakan chip standar dari toko, maka dimcbootingnya juga kita instalkan free mcboot (soal instal file psu dan free mcboot bisa dibaca-baca pada postingan" terdahulu).


Sementara untuk menyimpan file" gamenya, maka kita bisa menyimpannya di memory card ps2nya juga, tapi tentunya dengan keterbatasan kapasitas memory, jadi alangka baiknya jika file" gamenya kita simpan aja diflashdisk atau pada partisi harddisk PS2nya.


Cara memainkannya


Booting emulator sega genesisnya dari mcbootingnya, dan setelah emulatornya berhasil diload dan masuk dimain menu, maka pilih Rom List dan tekan kali, kemudian kita pilih menu Memory Card 1 atau 2 jika game seganya kita simpan juga diMC ps2nya, tapi jika game" seganya kita simpan diflashdisk, maka pilih USB Stick dan tekan kali, tapi jika kita simpan dipartisi diharddisk PS2nya, maka tinggal kita pilih nama partisi yang sudah kita buat, selanjutnya tinggal cari dimana kita simpan game" seganya, setelah itu pilih gamenya dan mainkan Dhaaa...



star Memainkan lewat HDloader + NA (PS2 Tebal)


Download dan instal file image (iso) keharddisk ps2nya dengan menggunakan Winhiip.


Sementara untuk penyimpanan file" gamenya, maka kita bisa melakukan dengan beberapa cara diantaranya :


  • File" game/rom bisa kita simpan di harddisk PS2nya dengan sebelumnya buat partisi dips2nya (seperti cara kita menyimpan file gamenya pada emulator buat SNES pada tips terdahulul).
  • File" gamenya bisa kita simpan di MC atau flashdisk.


Cara memainkannya

Jalankan PS2 dengan booting HDLoader, kemudian didaftar gamenya, pilih emulator seganya yang sebelumnya sudah kita instal dengan menggunakan Winhiip, dan setelah emulatornya berhasil diload dan dijalankan oleh HDLoader, maka langka selanjutnya tinggal mencari tempat dimana file game seganya kita simpan seperti cara" yang sudah kita jelaskan diatas.


Selamat bernostalgia....peluk


Selesai.

4 komentar:

Anonim mengatakan... #

game'y, harus format apa ya?
Kok aku gk ke baca trus, game'y,..?

Satrio Bahar mengatakan... #

tu sudah saya sertakan gambar file game-nya, extensinya zip

firman zayden mengatakan... #

maaf saya mau nanya nih gan,,
knapa banyak game yg tdk bisa dimainkan,hanya sebagian game saja yg bisa dimainkan,,???
saya memakai ps2 hd internal NA

Terima Kasih..

Satrio Bahar mengatakan... #

Kemungkinan dari emulator-nya mas, dan versi emulatornya yang saya punya, cuma itu yang saya upload-kan :d

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini