18 Desember 2009

Trik Mencari Gambar Kostume di PES 2010

Pada kesempatan ini kita akan mencoba salasatu trik yang mungkin bisa kita terapkan untuk mempermudah dalam mencari nomer file gambar kostume di PES 2010 yang nantinya akan kita edit gambar kostumenya.

Kostume di PES 2010 berada pada file 0_TEXT.AFS dan E_TEXT.AFS. dimana pada file 0_TEXT.AFS memuat gambar kostume yang digunakan oleh playernya, sementara pada file E_TEXT.AFS memuat data gambar kecil yang merupakan preview dari kostume pemain yang akan kita mainkan.


Seperti pada contoh gambar dibawah ini merupakan data gambar kostume yang ada difile 0_TEXT.AFS setelah kita lihat di GGS




Sementara pada file E_TEXT.AFS, data gambar kecil kostumenya pada file 35 dan 36 seperti contoh gambar dibawah ini,




Berdasar dari kedua gambar diatas yang berada pada file yang berbeda, maka kita bisa mencari model gambar yang akan kita edit dengan mencari gambar yang mirip dari salasatu gambar diatas.


Umpamanya kita akan mencari gambar yang ingin kita ganti dengan berdasar pada gambar kecilnya, maka terlebih dahulu mainkan dulu game PES 2010nya di PS2, kemudian pilih negara atau club yang akan kita edit kostumenya, dan ikuti pilihan menunya sampai pada pilihan kostume pemain dengan preview gambar kecil seperti contoh gambar diatas, kemudian berdasar dari gambar kecil yang tampil di TV, kemudian kita cari gambar yang sesuai dengan gambar yang ditampilkan dilayar TVnya di file E_TEXT.AFS pada nomer file 35 dan 36 seperti pada contoh gambar diatas.


Sementara jika kita ingin mencari kostumenya dengan berdasar pada gambar yang ada difile 0_TEXT.AFS, maka sebelumnya mainkan lagi gamenya di PS2nya dan pilih negara atau club yang ingin kita edit kostumnya dan ikuti menunya sampai kita masuk kemode bertanding, mainkan sebentar gamenya dan pause permainan, dan setelah itu kita bisa mengamati gambar kostume yang dipakei oleh playernya dan mencari model kostumenya yang sesuai difile 0_TEXT.AFS.


Setelah kita sudah mendapatkan gambar dari salasatu trik diatas, maka untuk mencari gambar pasangannya di file satunya, maka kita bisa menggunakan trik" sebagai berikut.


Berdasar pada gambar kecil di E_TEXT.AFS


Umpamanya kita akan mencari kostumenya dengan berdasar dulu pada gambar kecil di file nomer file 35 yang ada difile E_TEXT.AFS, dan kita ambil contoh seperti gambar diatas.


Kita asumsikan gambar yang akan kita edit adalah gambar pada nomer file 96, seperti contoh gambar dibawah ini,




Disini kita sudah dapat gambar kecilnya, dan untuk gambar yang satunya yang ada difile 0_TEXT.AFS, kita bisa mencarinya dengan memeriksanya juga satu"...sengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi .....capek donk..


Okley...sammma..saya juga capeq tuh kalau disuruh lagi periksa atu", dan untuk itu saya coba bikin sebuah rumus yang mungkin bisa kita gunakan untuk mencari file gambar satunya di 0_TEXT.AFS, dan rumusnya sebagai berikut


( nomer gambar - 1 ) x 12 ) + 6082 = nomer file 0_TEXT.AFS


Jadi berdasar dari rumus diatas, maka untuk gambar kecil pada nomer gambar 96 sebagai berikut


( 96 - 1 ) x 12 ) + 6082 =

( 95 x 12 ) + 6082 =

1140 + 6082 = 7222


Jadi dengan rumus diatas, maka didapat kalau gambar kecil 96, maka gambar pasangannya di 0_TEXT.AFS adalah 7222.


Nah setelah kita dapat nomer filenya, langsung meluncur dah....dan gambar yang dimaksud seperti pada contoh gambar dibawah ini,





Sekarang kita ambil contoh satu lagi, umpamanya gambar kecilnya adalah 5, seperti pada contoh gambar dibawah ini




Berdasar dari rumus diatas, maka gambar pasangannya difile 0_TEXT.AFS adalah


( 5 - 1 ) x 12 ) + 6082 =

( 4 x 12 ) + 6082 =

48 + 6082 = 6130


Nah....kita sudah dapat nomer gambarnya, selanjutnya meluncur lagi dha ke 0_TEXT.AFS, dan cari nomer file 6130 yang contoh gambarnya seperti dibawah ini,





Nah...sampai disini udah ngerti khan rumus gado"nya..sengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi


Disini atau pada gambar yang kita dapat adalah gambar untuk kostume satu, sementara untuk kostume duanya, tinggal kita loncati atau tambahkan 3 aja dari file gambar satu, seperti pada contoh ini gambar kostume duanya adalah 6130+3=6133




Sementara jika gambarnya berada pada nomer file 36, maka untuk mencari gambar pasangannya di file 0_TEXT.AFS rumusnya sebagai berikut


( nomer gambar - 1 ) x 12 ) + 5818 = nomer file 0_TEXT.AFS


Dan cara menggunakan rumusnya sama dengan sebelumnya, umpamanya diasumsikan gambar yang akan kita edit berada pada gambar 4 pada nomer file 36 seperti pada contoh gambar dibawah ini,




Berdasar dari rumus untuk file 36, maka pasangan gambar 4 adalah


( 4 - 1 ) x 12 ) + 5818 =

( 3 x 12 ) + 5818 =

36 + 5818 = 5854


Sekarang sudah kita dapat nomer filenya yaitu 5854, tinggal kita cari nomer file tersebut di 0_TEXT.AFS, dan filenya seperti pada contoh gambar dibawah ini,




Setelah kita sudah dapat nomer gambarnya di 0_TEXT.AFS, maka kita bisa lanjutkan lagi mencari kembali gambar kostume kecilnya di E_TEXT.AFS yang lain lagi yang berada pada file 37 sampai dengan file 183


Berdasar pada gambar kostume player di 0_TEXT.AFS


Sementara bagi yang ingin mencari lebih dulu gambarnya dari file 0_TEXT.AFS, disini kita harus bikin patokan pencarian gambar terlebih dahulu. Maksudnya disini adalah yang kita cari adalah gambar kostume satu yang akan kita edit, dan untuk mengetahui mana kostume satu di file 0_TEXT.AFS adalah dengan memperhatikan kostume untuk kipernya (gambar kostume dengan kaos tangan), dari gambar kostume kiper setelah 2 gambar kita lewati, maka itulah gambar kostume satu.


Umpamanya seperti contoh dibawah ini yang kita asumsikan kostumenya akan kita edit.




Pada contoh gambar diatas adalah kostume untuk kipernya (7387), dan untuk kostume satunya tinggal kita loncati atau tambahkan 3 dari nomer file kostume kipernya, jadi pada contoh ini 7387+3=7390, seperti pada contoh gambar dibawah ini untuk kostume satu,





Dan setelah gambar satu sudah kita dapat nomer filenya, maka untuk mencari gambar pasangannya di E_TEXT.AFS, selanjutnya rumus diatas tinggal kita balik dan menjadi sebagai berikut


Jika file di 0_TEXT.AFS lebih kecil dari 6082, maka rumus yang kita pake adalah


( nomer file - 5818 ) : 12 ) + 1 = no. gambar di file 36 E_TEXT.AFS


Tapi jika nomer file tersebut lebih besar sama dengan 6082, maka rumus yang kita gunakan adalah


( nomer file - 6082 ) : 12 ) + 1 = no. gambar di file 35 E_TEXT.AFS


Jadi berdasar dari rumus diatas, karena file yang kita cari adalah 7390 lebih besar dari 6082 maka


( 7390 - 6082 ) : 12 ) + 1 =

(1308 : 12 ) + 1 =

109 + 1 = 110


Nah...udah dapat nomer gambarnya yaitu 110, selanjutnya tinggal kita cari nomer gambar dinomer file 35 pada file E_TEXT.AFS, seperti pada contoh gambar dibawah ini,




Jadi dari kedua cara mencari gambar kostume tersebut, terserah cara mana yang teman" mau pake, tapi secara pribadi, saya lebih memilih menggunakan cara pertama, yaitu melihat dan mendapatkan dulu gambar kecilnya di file E_TEXT.AFS, baru kemudian menggunakan rumus gado"nya untuk mencari gambar kostume pasangannya di file 0_TEXT.AFS, karena jumlah gambar yang kita periksa di nomer file 35 pada file 0_TEXT.AFS jauh lebih sedikit dibandingkan jika kita mencari dulu gambarnya di file 0_TEXT.AFS.


Dan untuk edit gambar kostumenya akan kita bahas pada postingan selanjutnya


Selesai.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini