05 Oktober 2009

Open USB Loader

Trimakasih buat Qintil atas sharingnya diforum

Open USB Loader merupakan software yang jalan diPlaystation 2, sejenis dengan USBAdvance dan USBLoader, yang mana kegunaan software" tersebut adalah Untuk kita gunakan memainkan game Playstation 2 lewat port USB PS2.

Jadi dengan bantuan software" tersebut, kita tinggal menyimpan semua permainan dalam sebuah media penyimpanan yang kita hubungkan dengan PS2 lewat koneksi USB, dan saat software" tersebut kita jalankan diPS2, maka akan membaca game" yang tersimpan dalam media penyimpan (Harddisk/Flashcard) sehingga kita bisa memainkan game tersebut dan tidak perlu menggunakan cd/dvd game lagi.

Open USB Loader pada saat tips ini saya tulis (ver.041), masih merupakan software dalam tahap pengembangan, artinya masih ada kemungkinan adanya penambahan fitur atau kemampuan softwarenya serta perbaikan" yang lebih mengarah kepengembangan dan kestabilan softwarenya dimasa yang akan datang.

OpenUSBLoader ini merupakan software open source dari IFCARO yang merupakan pengembangan dari software USBAdvance, yang mana projeknya terdiri dari 2, diantaranya adalah OpenUSBLoader_USBA yang menggunakan module (IRX file) original USBAdvance dan OpenUSBLoader yang menggunakan modul ISOFS oleh Jimmikaelkael.


Karena OpenUSBLoader versi 0.41 modulnya blum sempurna dan masih butuh pengembangan, maka pada tips ini saya lebih memilih OpenUSBLoader_USBA versi 0.41 yang mana kelebihan dan kekurangan yang sempat saya coba dan saya bandingkan dengan USBAdvance sebagai berikut
  • Interface atau tampilan OpenUSBLoader lebih dinamis dibandingkan dengan USBAdvance, karena dengan adanya menu icon yang bergerak-gerak, serta dilengkapi dengan tema atau skin yang bisa kita ganti" sesuai dengan keinginan kita (tema/theme tersedia) tanpa perlu membikin ulang softwarenya kembali seperti saat kita membikin skin untuk USBAdvance. Tema/Theme (skin) OpenUSBLoader merupakan bagian" gambar latar dan icon yang bisa kita bikin sesuka hati sesuai dengan kreatifitas kita masing".
  • Optik PS2 Slim bisa kita lepas dan OpenUSBLoader bisa jalan dalam keadaan case/penutup PS2Slim terbuka (Swit Off), beda dengan USBAdvance yang mana softwarenya akan hang saat masuk dilist game jika kita melepas optiknya atau case/penutup PS2Slim dalam keadaan terbuka.
  • Setting chip (MODBO 4) untuk Macrovision Fix bisa ON,atau OFF, beda dengan setting chip untuk USBAdvance yang Macrovision Fixnya harus OFF karena jika tidak, maka USBAdvance akan hang saat masuk dilist game.
  • Karena prinsip kerjanya sama dengan USBAdvance, maka kita bisa gunakan USButil untuk menginstal dan mengedit gamennya yang kita instal di harddisk atau di flashcard, serta cara" mengedit game" USBAdvance yang bermasalah saat kita mainkan bisa kita terapkan buat game" yang bermasalah di OpenUSBLoader.

Sementara kekurangannya yang sempat saya deteksi antara lain
  • Konektor harddisk atau flashcard harus sudah dicolok diport USB PS2 baru kita jalankan OpenUSBAdvance, karena blum ada semacam pendeteksian perangkat (harddisk/flashcard) saat tersambung dengan PS2 atau saat kita cabut/putuskan hubungan dengan PS2, sehingga saat perangkat gagal dibaca, maka softwarenya akan hang, dan PS2nya direset dan baru softwarenya dijalankan kembali.
  • Loading game agag bermasalah diPlaystation 2 yang sudah ganti chip MODBO 3
  • Karena masih dalam tahap pengembangan, kadang saat merubah tema atau warna tulisan, softwarenya hang saat kita save settingannya. dan sebagian menu masih dalam pengembangan dan belum bisa diaktifkan/difungsikan.
  • Kontrol penggunaan tombol" stik untuk mengakses menu"nya saat kali pertama kita pake softwarenya sedikit membingungkan, terutama saat merubah settingannya.

Mengingat softwarenya masih dalam tahap pengembangan, apalagi softwarenya Opensource dimana semua pihak bisa memberi kontribusi untuk pengembangan softwarenya, maka bisa jadi pada versi" selanjutnya kekuranganya bisa diminimalkan dan tidak menutup kemungkinan para gamers lebih memilih OpenUSBLoader ketimbang USBAdvance sebagai booting memainkan game lewat USB PS2.

Untuk mempermudah dalam pembuatan booting OpenUSBLoader ini, maka sudah saya bikin file psunya, tinggal teman" instal di MC PS2

OpenUSBLoader_USBA_versi 0.41 (Indonesia)
OpenUSBLoader_USBA_versi 0.41 (English)

Sementara Tema/Theme nya sudah saya bikinkan sekalian (Sorry sengihnampakgigi cuma 2 tema untuk percobaan)

WindowXP
Naruto
(cara bikin temanya akan kita coba bahas dipostingan selanjutnya)

Cara Instalasinya sebagai berikut

Instal booting OpenUSBLoader (psu file) yang ingin digunakan di MC PS2 dengan menggunakan Ulaunch.

Sementara untuk Temanya, download dan akan mendapatkan file RAR, contohnya Naruto.rar dan extract dan akan mendapatkan file seperti gambar dibawah ini


Dan didalam folder Naruto akan mendapatkan beberapa file format gambar RAW, seperti pada contoh gambar dibawah ini,


Setelah itu file tema ini kita copy ke harddisk external atau flashdisk, caranya sebagai berikut

Pertama-tama bikin dulu folder diharddisk external atau flashdisk dengan nama folder USBLD, seperti pada contoh gambar dibawah ini


Baru setelah itu kita copy masuk folder temanya beserta isinya kedalam folder USBLD (jumlah tema tidak mengikat), dan setelah temanya kita copy masuk, pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini,


Okley... Selesai dan sudah siap beraksi

Nyalakan PS2 dan booting OpenUSBLoadernya, dan setelah berhasil, maka pada awal langsung kemenu USB Games, tunggu sebentar dan setelah itu judul game yang ada diharddisk external atau flashdisknya akan dibaca.

Gunakan tombol dpad atas dan bawah untuk memilih judul permainan, dan tekan takbole untuk memainkan gamenya.

Sementara untuk menggeser atau memilih menunya gunakan tombol dpad takbole dan takbole,

Dan untuk mengganti atau menerapkan temanya, gerakkan kemenu Settings kemudian diConfigure theme tekan takbole, dan setelah itu akan masuk dimenu theme configuration.

Dimenu Theme configuration terdiri dari 3 pengaturan diantaranya
Background color (pengaturan warna dasar window)
Text color (pengaturan warna tulisan)
Selected theme (pengaturan tema)

Pilih Selected theme dengan menggunakan tombol dpad bawah, dan setelah tersorot, tekan takbole, kemudian kita ganti dengan menggunakan tombol dpad bawah dan selanjutnya nama theme yang sudah kita simpan di harddisk external atau flashdisk akan dibaca satu persatu, dan setelah nama tema yang diinginkan sudah tampil, selanjutnya tekan takbole.

Kemudian gerakkan lagi ke Save changes dan tekan takbole untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan. Dan jika warna tulisan tidak kentara atau tidak jelas dibaca karena pengaruh warna gambar tema, maka gunakan tombol dpad atas dan sorot kembali Text color, rubah kode warnanya (RGB) sesuai dengan selerah masing", dan jika dirasa warna sudah sesuai kemudian tekan takbole,

Setelah dirasa tulisan sudah jelas dan tidak ada lagi yang mau dirubah, selanjutnya sorot kembali Save changes dan tekan kembali takbole untuk menyimpan perubahan, dan selanjutnya tekan takbole untuk keluar dari menu Theme configuration.

Selesai.


1 komentar:

Rahmat mengatakan... #

program in apa bisa buat PS2 Slim model 90006..?

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini