Terkadang untuk keperluan dalam mengedit file game" khususnya yang berkenaan dengan gambar, kita dihadapkan pada kasus dimana gambar pengganti yang harus kita buat harus sesuai dengan format gambar aslinya, karena jika formatnya sudah tidak seperti sebelumnya, besar kemungkinan gambar pengganti yang sudah kita buat saat gamenya kita mainkan, tampilannya tidak seperti yang kita harapkan, artinya disini adalah model gambarnya saja yang berubah, tapi formatnya tetap sama dengan sebelumnya.
Pada contoh ini gambar yang saya ambil adalah gambar untuk game WE10, dimana gambar ini merupakan gambar yang formatnya transparan atau gambar yang bukan satu ukuran penuh, atau gambar gimana yach... bingung juga nih ngejelasinnya.
Gambarnya yang akan dijadikan contoh kalau kita liat disoftware GGS seperti dibawah ini.
Pada contoh ini gambar yang saya ambil adalah gambar untuk game WE10, dimana gambar ini merupakan gambar yang formatnya transparan atau gambar yang bukan satu ukuran penuh, atau gambar gimana yach... bingung juga nih ngejelasinnya.
Gambarnya yang akan dijadikan contoh kalau kita liat disoftware GGS seperti dibawah ini.
Gambarnya berada pada file J_TEXT.AFS pada file nomer 326.
Kita bisa mengetahui suatu gambar itu transparan atau bukan dengan cara mengklik-klik mask seperti gambar dibawah ini,
Terlihat kalau gambar diatas masknya terdiri dari 2 warna, yaitu putih dan hitam, dimana gambar yang bagian hitam adalah posisi atau model gambar yang akan ditampilkan nanti digamenya, sementara warna yang putih adalah gambar transparan atau gimana ya...
Mmm... bagian dari gambar yang tidak diletakkan.
Maksudnya gini
Seperti pada gambar dibawah ini.
Pada gambar diatas terlihat gambar yang saya beri garis biru.
Pada saat gambarnya ditampilkan ketika kita mainkan gamenya, maka model gambar yang diletakkan adalah segiempat atau semua aray dalam kotak garis biru tersebut. jadi jika gambar yang kita bikin tidak transparan,maka saat ditampilkan akan berbentuk segiempat seperti gambar diatas, padahal keinginan kita gambarnya berbentuk lingkaran.
Jadi agar gambar yang warna putih tidak terlihat atau tidak diletakkan/ditampilkan, maka gambarnya kita bikin yang transparan, bukan warna putih tersebut merupakan bagian dari gambar tersebut.
Jadi jika gambarnya yang kita bikin sudah benar, maka kita bisa memeriksanya seperti yang sudah dijelaskan diatas, yaitu dengan cara mengklik mask, dan gambar yang berada pada posisi warna hitam nanti yang akan ditampilkan.
Sebagai perbandingan mana gambar jenis transparan, mana yang bukan, maka coba klik gambar disebelahnya seperti gambar dibawah ini.
dan setelah itu klik mask, maka tampilan gambar yang bukan jenis transparan akan seperti gambar dibawah ini,
Terlihat kalau semua warna mask nya adalah hitam, artinya semua bagian gambar tersebut diletakkan saat kita mainkan gamenya.
Mudah"an udah mengerti yach, soalnya bingung juga nih ngejelasinnya.
Sekarang kita lanjutkan ketahap pembuatan gambarnya.
Karena disini kita sudah mengetahui kalau jenis gambar yang kita akan edit adalah jenis transparan, maka alangka baiknya kalau gambarnya kita extract dengan cara klik kanan pada gambarnya, kemudian klik Save as, seperti pada contoh gambar dibawah ini,
Setelah itu simpan gambarnya ditempat yang mudah kita dapat.
Setelah itu file gambarnya kita buka di software pengolah photo, pada contoh ini saya gunakan photoshop.
Dan setelah filenya dibuka akan seperti gambar dibawah ini
Pada gambar diatas sudah terlihat kalau bagian gambar yang kotak" kecil adalah bagian gambar yang transparan atau bagian kosong dan tidak ada gambarnya.
Sebelum kita mengedit lebih lanjut gambarnya, terlebih dahulu gambarnya kita jadikan RGB dengan cara sebagai betikut
Klik Image >> Mode >> RGB Color, seperti gambar dibawah ini,
Setelah itu gambar yang sebelumnya terindex akan berubah menjadi RGB, dan selanjutnya kita sudah bisa mulai merubah model gambarnya sesuai dengan keinginan kita.
Alangka baiknya bagian gambar yang akan kita edit kita berikan dulu garis bantu, tujuannya agar gambar nantinya yang kita edit tidak keluar dari area gambar atau melebih batas tampilan gambarnya nanti, umpamanya seperti contoh gambar dibawah ini,
Pada gambar diatas sudah saya berikan garis bantu horisontal dan vertikal pada gambar yang akan kita edit.
Jadi nantinya dalam pembuatan model gambar penggantinya tidak keluar dari garis bantu yang sudah kita berikan sebelumnya.
Kita bisa bikin model gambarnya sesuai dengan kemauan kita, yang penting model gambarnya tidak keluar dari batas garis bantunya, karena jika keluar dari batas dari gambar sebelumnya, dikuatirkan ukuran gambarnya kebesaran, dan malah gambarnya akan terpotong setelah ditampilkan pada waktu kita memainkan gamenya.
Pada contoh ini, saya cuma menambahkan tulisan aja digambarnya, dan setelah selesai, akan seperti contoh gambar dibawah ini,
Terlihat pada gambar diatas kalau tulisan By SatrioGame berada didalam garis bantunya, dan seandainya kita ingin merubah model gambarnya bisa juga, yang jelas gambarnya tidak melebihi dari garis bantu yang sudah kita berikan.
Umpamanya modelnya seperti gambar dibawah ini
Atau model" lainnya yang sesuai dengan selerah masing".
Kalau sudah tinggal kita index kembali gambarnya seperti semula dengan cara
Klik Image >> Mode >> Indexed Color seperti pada contoh gambar dibawah ini
Dan setelah itu akan seperti gambar dibawah ini,
Pada Palette pilih Local (Selective)
Dan pada Colornya kita isi sesuai dengan jumlah color yang disyaratkan pada gambar aslinya.
Colornya bisa kembali kita liat di GGS seperti pada contoh gambar dibawah ini,
Pada contoh ini syarat untuk colornya adalah 256 colors, maka diphotoshop kita masukkan jumlah colornya sebanyak 256, seperti pada contoh gambar dibawah ini,
Dan jangan lupa harus mencentang juga Transparency, seperti yang terlihat digambar diatas, dan setelah itu klik OK
Setelah itu tinggal kita Save dengan format PNG.
Okley... Gambar sudah siap dan sekarang tinggal kita insert masuk difile WE10 dengan menggunakan GGS, dan setelah filenya selesai didrag digambar yang ingin kita ganti, maka akan seperti gambar dibawah ini,
Dan kita bisa mencek gambarnya apa sudah sesuai dengan format sebelumnya atau blum dengan cara mengkli kembali mask, dan jika gambarnya sudah cocok seperti yang diharapkan, maka gambar masknya terdiri dari warna hitam dan putih seperti gambar dibawah ini,
Tapi jika ternyata setelah mengklik mask terus tampilannya seperti gambar dibawah ini,
Maka gambarnya bukan seperti yang disyaratkan, dan hal ini terjadi karena kliru saat mengedit gambarnya diPhotoshop atau program" pengolah gambar lainnya yang digunakan.
Selesai.
Mudah"an mas D (Bekasi) dan W (Sengkang) dan teman" yg lainnya yang punya masalah yg sama engga bingung lagi.
0 komentar:
Posting Komentar
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>