22 Mei 2009

Deteksi Kerusakan Stik/Controller

Stik sering kali setelah dipake beberapa kali atau bahkan stiknya baru kita beli langsung tidak bisa kita fungsikan lagi, entah karena sebagian dari tombol" tidak berfungsih atau ngaco, atau malah sama sekali tidak ada respon dari stiknya ketika kita pake main game.

Pada tips kali ini, saya mencoba memberikan trik yang bisa kita gunakan untuk mendeteksi bagian" mana dari stik yang rusak, dan pada tips yang terdahulu sudah diuraikan cara mengganti kabel serta cara mendekteksi kerusakan kabel stinya dengan membuat alat pengukur kabel stik dari bahan yang mudah kita dapat dan bikinnya juga tergolong mudah, sekalipun bagi yang tidak terlalu mengerti soal elektronik.

Yang pertama-tama bisa kita lakukan untuk mendeteksi kerusakan stik caranya cukup sederhana adalah sebagai berikut:

PS2 dalam kondisi menyala dan game sedang dimainkan, setelah itu tancapkan stik yang ingin kita deteksi masalahnya diport PS2nya, dan jika:

Lampu analog langsung menyala, artinya kabel Stik tidak ada masalah, masalahnya mungkin dari PCB, tombol" atau karet stiknya.
Lampu analog tidak menyala atau nanti menyala kalau kita tekan tombol analog, artinya masalahnya bisa sama kabel atau IC Stik.

Setelah kita sudah yakin masalahnya bukan sama kabelnya, maka selanjutnya kita bisa mencek tombol" apa saja yang sementara trobel atau lagi bermasalah, cara menceknya sebagai berikut :

Kita bisa menggunakan CD Game Tekken 3 untuk Playstation 1, dengan cd game ini kita bisa gunakan sebagai cd deteksi kerusakan stik/kontroller PS2 dan PS1 dengan cara tentunya CD game Tekken 3nya kita mainkan diPS1nya dengan menggunakan Stik yang masih normal kondisinya, setelah itu masuk dimenu konfigurasi tombol, dan setelah itu dilayar TV akan muncul 2 gambar Stik.

Setelah itu tancapkan Stik yang mau kita tes kerusakannya.dan tekan tombol" stiknya, dan jika tombolnya berfungsih dengan baik, maka gambar stik dilayar TVnya akan menampilkan tombol mana yang sementara kita tekan, dan jika ada tombol yang sementara trobel atau ngaco, maka gambar stik dilayar TVnya akan menampilkan tombol" yang sedang mengalami trobel atau menganggap kalau tombol tersebut kita tekan, pada hal sementara tombol" tidak ada yang ditekan.

Jadi dari keterangan gambar stik dilayar TVnya, kita bisa mendeksi tombol" apa saja yang lagi bermasalah, dan selanjutnya kita mencari dan perbaiki sumber masalahnya.

Trik diatas sebenernya disamping ada kelebihannya yaitu dengan menampilkan gambar Stik beserta tombol"nya dilayar TV dan dilengkapi informasi tombol yang sementara ditekan, juga memiliki kekurangan yang tentunya kekurangannya ini temen" sudah pada tau smua yaitu trik ini hanya bisa kita pake jika kita masih mempunyai playstation 1 dan CD game Tekken3, tapi kalau umpamanya sudah tidak punya PS1........,gimana ?

Triknya jual PS2nya terus beli PS1, sengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi Sorry bercanda.

Alternatif lain yang bisa kita gunakan untuk mendeksi kerusakan stik adalah, kita bisa menggunakan game Winning eleven 10.

tepuktangan Tambah kren & ngetop aja nih WE yang satu ini

Caranya sebagai berikut :

Mainkan game Winning Eleven sebentar dengan menggunakan stik yang normal, setelah itu tekan Start dan game akan PAUSE, setelah itu pilih Replay, dan game akan masuk kemode replay permainan yang tadi kita mainkan, tekan Kali agar replay berhenti,

Setelah itu cabut stiknya yang normal dan ganti dengan stik yang mau kita tes.

Setelah itu tinggal kita tes semua tombol" stiknya dengan memperhatikan tampilan dilayar TVnya, dan jika tombolnya kita tekan dan berfungsih normal maka tombol dilayar TVnya akan menyala dan tampilan replaynya akan berubah sesuai dengan fungsih tombol yang kita tekan, dan jika pada saat kita tidak menekan tombol" tapi ditampilan replay dilayar TVnya menganggap kalau ada tombol yang ditekan, maka untuk mengetahui tombol apa yang sementara trobel, maka kita bisa memperhatikan tombol" apa dilayar TV yang lagi menyala.

Dan setelah sudah didapat masalahnya, selanjutnya kita bisa mencari sumber masalah dan memperbaikinya.

Fungsih tombol" di Replay WE10

Analog kanan (arah kanan dan kiri) : Memajukan atau memundurkan tampilan replaynya.
Analog kiri (arah atas dan bawah) : Untuk Menzoom Player atau posisi bolanya.
Analog kiri (arah kiri dan kanan) : Untuk rotasi sudut pandang tampilan replaynya dari kanan atau kiri.
L1 : untuk rotasi kekanan sudut pandang replaynya.
R1 : Untuk rotasi kekiri sudut pandang replaynya.
L2 dan R2 : Untuk mengganti tampilan player.
takbole : Untuk Play replay.
takbole : Untuk Pause replay.
takbole : Untuk Save Replay.
takbole : untuk mengganti sudut pandang camera
Select : Untuk aktif/nonaktif tollbar.
Start : Untuk keluar dari replay.


Kerusakan yang biasa terjadi & solusinya

Sala satu tombol tidak berfungsi
Solusi
Bersihkan PCB Stik dan karet stik terutama tombol yang tidak berfungsih dengan menggunakan cotton bud yang kita basahi dengan alcohol.
Periksa jalur tombol, siapa tau ada yang putus.
Ganti karet stik.
Rendam PCB Stik (tanpa analog) dengan Tinner Super beberapa saat, setelah itu keringkan dan coba diblower ICnya.
Tombol Analog Ngaco.
Solusi
Buka dan bersihkan potensiometer yang ada dikedua sisi analognya dengan menggunakan cotton bud yang kita basahi dengan alkohol.
Cabut tuas analog, dan tarik/renggangkan per kecil yang berada dibagian bawah tuas analog.
Ganti Analog.
Tombol L atau R ada yang tidak berfungsih.
Solusi
Bersihkan PCB dan karet Stik untuk L dan R dengan Cotton bud yang dibasahi dengan alcohol.
Ganti karet stik L atau R.
Cek/perbaiki kabel fleksibel untuk tombol L atau R.
Tombol L1 Ngaco
Solusi
Bersihkan PCB dan karet Stik untuk tombol L dengan Cotton bud yang dibasahi dengan alcohol.
Ganti karet stik L
Cek/perbaiki kabel fleksibel untuk tombol L
Cek/perbaiki kabel fleksibel yang menempel antara PCB Analog dan PCB Stik.
Tombol analog tidak normal
Solusi
Kadang plastik tombol analog pecah, dan jika ini terjadi, ganti plastik tombol analognya.
Posisi analog tidak kembali pas keposisi tengah, cabut tangkai analognya dan renggangkan sedikit pernya.
Tombol analog tidak kembali keposisi tengah saat sudah ditekan biasanya tangkai bagian bawah analog yang patah, ganti Analognya.
Permainan Sering PAUSE Sendiri.
Solusi
Bersihkan PCB dan karet Stik Star
Ganti Karet Stik Startnya.
Potong/Ganti Kabel stiknya.
Tidak ada tombol yang berfungsih
Solusi
Potong/ganti kabel Stiknya.
Rendam PCB stiknya (tanpa analog) beberapa saat dengan Tinner Super, dan setelah itu keringkan dan coba blower ICnya.
Pergi tidur dan istirahat, dan setelah itu pergi beli lagi stik baru gelakguling

Masih banyak kemungkinan penyebab tidak berfungsinya stik dengan nomal, tapi yang paling sering terjadi adalah kabel yang putus dan analog, dan yang perlu juga diperhatikan adalah kedua ujung kabel yang menempel di PCB, yang mana kabel ini menghubungkan antara PCB Stik dengan motor listriknya jangan sampai ujung kabelnya bersentuhan/koslet langsung saat kita menggunakan/mentes stiknya di PS2, karena jika sampai ini terjadi, maka bisa " IC Stik hangus dan stiknya tidak bisa kita gunakan lagi.
Selesai.


4 komentar:

Anonim mengatakan... #

gan stik saya ngaco suka jln sendiri diganti analog nya udah, karetnya udah semua dah diganti ama yang baru kira2 apanya y gan?apa tegangan tak normal.... (stik nya yang pake mika)

Satrio Bahar mengatakan... #

Biasanya sih mas kalau sudah dipastikan analog tidak bermasalah, kemungkinan dikabel fleksibelnya ada yang yang putus, baik kabel fleksibel di papan analog-nya (biasanya terdiri dari 8 jalur), maupun pada papan tombol L/R (1 kabel biasa terdiri dari 3 atau 4 jalur).

Tapi kalau sudah saya cek tidak ada yang bermasalah, begitupun juga jalur" pada pcb-nya, maka langka selanjutnya cek ke toko game berapa harga buat beli stik yang baru :))

Anonim mengatakan... #

oh..gtu...thank's gan....kyanya harus dilembiru ni..... ;(( ;((

Satrio Bahar mengatakan... #

Dipake 2/3 hari itu stik, udah kembali modalnya tu mas :), ya... sambil bagi-bagi rejeki buat teman-teman kita yang punya usaha jual part" PS2.
Dan anak" yang main juga nantinya tambah semangat lagi main, karena setidaknya stik yang dia pakai dalam kondisi mulus lagi ;)

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini