21 April 2009

Edit gambar background PES 2009

Pada tips kali ini, kita akan mencoba-coba mengedit atau mengganti gambar dari gambar game PES 2009 sesuai dengan kreatifitas kita masing".

Dan yang akan kita coba" ganti pada tips ini adalah gambar tampilan atau gambar latar dari PES 2009.

Software yang kita gunakan untuk mengganti gambar di PES 2009, tidak beda jauh dengan yang kita pake dalam mengedit gambar WE10, diantaranya :

GGS (game graphic studio), yang kita pake untuk menginsert masuk gambar pengganti kefile PES 2009.

Software pengolah foto yang kita gunakan untuk mengedit gambar" penggantinya.

Untuk lebih jelasnya trik ini, kita mulai lagi tipsnya.

Untuk memudahkan trik ini, pertama-tama kita sediakan dulu gambar" penggantinya, dan software yang akan kita gunakan untuk mengedit gambar" penggantinya adalah software pengolah gambar, dan pada contoh ini saya gunakan photoshop.

Yang pertama-tama kita coba edit adalah gambar pembuka sekaligus gambar untuk pilihan menunya, yang gambarnya originalnya seperti dibawah ini,


Sebelum kita membuat gambar penggantinya, terlebih dahulu saya coba uraikan gambarnya dan cara render gambarnya di PES 2009, agar kita engga salah" nantinya bikin gambar penggantinya.

Gambar diatas berukuran 512 X 512 Pixel, dan sebenernya gambar diatas terdiri dari 2 gambar tampilan.

Jadi setiap gambar berukuran 512 X 256 Pixel, yang masing" gambarnya akan ditampilkan menjadi sekitar 512 X 512 Pixel setelah dirender saat gamenya kita mainkan di PS2.

Artinya gini :

Setiap gambar aslinya berukuran 512 X 256 Pixel, tampilannya seperti gambar dibawah ini,



Dan setelah dirender saat kita mainkan gamenya, ukurannya akan ditampilkan dilayar TV dengan ukuran sekitar 512 X 448 Pixel, maka gambarnya akan berubah tampilannya kira" seperti dibawah ini,



Catatan :
Gambar warna hitam ditepi atas dan bawah tidak ditampilkan dilayar TV.

Jadi setiap gambar yang nantinya kita bikin, pertama-tama kita bikin gambarnya dalam ukuran 512 X 448 Pixel, dan nanti setelah jadi baru kita resize ukuran setiap gambarnya menjadi 512 X 256 Pixel, baru kemudian kedua gambar tersebut kita gabung menjadi satu dalam satu gambar dengan ukuran menjadi 512 X 512 Pixel.

Tujuannya kita perhatikan ukuran gambar disini, agar nantinya gambar yang kita bikin saat ditampilkan dilayar TV, sesuai dengan ukuran gambar yang semestinya, gambar tidak gepeng atau lonjong.

Okey,.... Masalah ukuran gambar saya kira temen" udah ngerti, dan sekarang saya coba lagi menguraikan cara kerja atau cara render kedua gambar tersebut saat ditampilkan dilayar TV.

Agar engga bingung ngejelasinnya, saya sebut saja untuk gambar bagian atas dengan SPRITE ATAS, sementara gambar bagian bawah dengan SPRITE BAWAH.

Saat gamenya kita mainkan, yang pertama-tama ditampilkan gambarnya adalah gambar SPRITE ATAS, baru kemudian setelah kita menekan sembarang tombol, maka gambar SPRITE ATAS akan dizooming lebih kurang sekitar 50%, baru kemudian gambar SPRITE BAWAH ditampilkan lagi dan diletakkan dibagian bawah gambar SPRITE ATAS.

Berdasar dari situ, maka gambar SPRITE ATAS harus kita buatkan semacam gambar dengan lubang ditengah atau...Bingung nih ngejelasinnya.

Tujuan dibikin semacam lubang ditengah gambar pada SPRITE ATAS, agar setelah gambar SPRITE ATAS dizooming, maka gambar SPRITE BAWAH akan keliatan dari lubang pada gambar SPRITE ATAS, kira" begitu cara rendernya.

Dan untuk lebih jelas lagi, kita bikin aja gambar penggantinya, dan setelah jadi pada contoh gambar yang saya bikin seperti gambar dibawah ini,


Warna putih pada gambar diatas adalah lubang pada gambarnya, dan untuk lebih jelasnya lagi, gambar psdnya bisa dibuka diphotoshop, dan tampilannya di photoshop seperti gambar dibawah ini,


Setelah gambarnya selesai, baru kemudian kita index warnanya menjadi 256 Color dengan cara,

Klik Image >> Mode >> terus klik Indexed color..., seperti gambar dibawah ini


Dan selanjutnya isi keterangan seperti gambar dibawah ini,


Setelah itu klik OK.

Dan sekarang tinggal kita save dengan mengklik File >> trus klik Save as... atau tekan CTRL + SHIFT + S, dan save menjadi format PNG seperti gambar dibawah ini



Klik OK, dan gambar penggantinya udah selesai,

Sekarang kita bikin lagi gambar backgroundnya yang lain, yang gambar originalnya seperti gambar dibawah ini,


Kita bikin lagi gambar penggantinya sesuai dengan ukuran gambar seperti diatas, yaitu 512 X 512 Pixel,

Dan umpamanya gambar penggantinya seperti gambar dibawah ini,


Untuk lebih jelasnya gambarnya, bisa dibuka gambar psdnya diphotoshop yang tampilannya seperti gambar dibawah ini,


Dan setelah gambarnya diedit, sekarang kita index colornya menjadi 256 color, caranya sama dengan cara kita sebelumnya, dan setelah itu save gambarnya dengan format PNG seperti cara kita sebelumnya.

Okey, 2 gambar pengganti udah selesai,

Sekarang kita bikin lagi gambar background yang ketiga, yang gambar originalnya seperti gambar dibawah ini


Gambar ini berukuran 512 X 256 Pixel dengan kedalaman warna 16 color,

Sedikit mengenai gambar diatas, pada saat gambar tersebut dirender atau ditampilkan dilayar TV, maka ukuran gambarnya akan menjadi sekitar 512 X 448 Pixel. dan tampilan dilayar TV akan seperti gambar dibawah ini


Jadi untuk membuat gambar penggantinya, maka terlebih dahulu gambar kita bikin dengan ukuran 512 X 448, nanti setelah jadi baru kemudian kita rubah ukurannya menjadi 512 X 256 Pixel.

Umpamanya gambar penggantinya setelah jadi seperti gambar dibawah ini,


Untuk lebih jelasnya ukuran gambar diatas atau ingin mengganti gambarnya, buka gambar psdnya diphotoshop, dan tampilannya akan seperti dibawah ini,


Setelah gambarnya sudah kita edit, maka selanjutnya kita rubah ukuran gambarnya menjadi 512 X 256 pixel dengan cara,

Klik Image >> trus klik Image Size..., seperti gambar dibawah ini,


Dan setelah itu isi keterangan seperti gambar dibawah ini,


Setelah itu klik OK, maka ukuran gambar akan berubah menjadi 512 X 256 pixel, dan tampilannya akan seperti gambar dibawah ini,


Setelah itu kita rubah lagi index colornya menjadi 16 color dengan cara,

Klik Image >> Mode >> terus klik Indexed color..., seperti gambar dibawah ini


Dan selanjutnya isi keterangan seperti gambar dibawah ini,


Klik OK dan gambar akan diindex color menjadi 16 warna, seperti contoh gambar dibawah ini,


Setelah itu kita save dengan format PNG seperti cara kita sebelumnya,

Okley, gambar pengganti sudah 3 yang jadi, dan sebenernya masih banyak lagi yang bisa kita rubah, silahkan temen" explorasi sendiri sesuai dengan kreatifitas kita masing",

Selanjutnya gambar" pengganti yang kita bikin tadi, kita insert masuk difile game dengan menggunakan software GGS.

Kita akan mulai menginsert dengan gambar pengganti pertama yang kita bikin,

Buka GGS, dan open file Iso game atau file E_TEXT.AFS, dan pada contoh ini saya buka file E_TEXT.AFS, dan akan seperti gambar dibawah ini


Setelah itu buka nomer file 315, dan akan seperti gambar dibawah ini,


Setelah itu klik kanan dilogo Game Graphic Studio kemudian klik Open, seperti gambar dibawah ini,


Setelah itu buka gambar pengganti yang sudah kita bikin, dan setelah itu pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini,


Selanjutnya gambarnya kita drag ke gambar yang ingin kita ganti yaitu pada gambar 2, seperti contoh gambar dibawah ini


Setelah itu, maka gambarnya akan terganti, seperti contoh dibawah ini,


Okley, satu gambar pengganti sudah selesai.

Sekarang kita insert lagi gambar pengganti yang kedua, yang contoh gambarnya seperti dibawah ini,


Maka gambar yang diganti berada pada :

Nomer file 248
Nomer file 315 pada gambar 1
Nomer file 323 pada gambar 33

Cara menginsert gambarnya sama dengan cara kita sebelumnya.

Sekarang kita akan menginsert lagi gambar pengganti berikutnya yang gambarnya pada contoh ini seperti gambar dibawah ini,


Maka gambar yang diganti berada pada :
Nomer file 219
Nomer file 220

Cara menginsert gambarnya sama dengan cara kita sebelumnya.

Sekarang ketiga gambar pengganti sudah selesai kita insert masuk difile game PES 2009.

Selesai.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini