16 Februari 2009

Edit Data Base PES 2009

Pada Tips kali ini kita akan mencoba mengedit database PES 2009, atau dengan kata lain, kita akan mencoba mentransfer pemain antar Club" yang ada dalam game PES 2009.
Pada tips ini saya gunakan DataBase Editor V. 3, salah satu tools dari DKZ Studio.
Agar supaya Data Base editor bisa membaca boot file dari PES 2009, maka terlebih dahulu kita harus mengedit dulu konfigurasi dari Data Base editor ini.
Untuk lebih jelasnya, kita mulai aja tipsnya,
Pertama-tama buka Data Base Editor, dan tampilan pertamanya seperti gambar dibawah ini,
Setelah itu klik Options, kemudian klik Configuration atau tekan F5, dan akan seperti gambar dibawah ini,
Setelah itu klik SLES_535.44 seperti gambar diatas, Kemudian klik Clone, dan SLES_535.44 akan diduplikat seperti gambar dibawah ini,
Setelah itu Klik pada SLES_535.44 dan ganti dengan nama boot file dari PES 2009, yaitu SLES_554.06, beserta size dan base anddresnya, dan isi seperti gambar dibawah ini,
Kemudian untuk data lainnya isi seperti gambar dibawah ini,
Mulai dari Faces (Facek001.bin) sampai dengan Special Faces (y001.bin) di isi ID = 0
Setelah itu klik Accept, dan sekarang Data Base Editor udah siap digunakan untuk mengedit pemain pada game PES 2009.
Setelah itu, kita mulai mengedit Data Base dari PES 2009 dengan mengklik File dan klik Open, setelah itu akan seperti gambar dibawah ini,
Klik pada tanda panah merah seperti pada contoh gambar diatas dan browse kefolder dimana file" PES 2009 diextract di PC, dan klik file yang dibutuhkan, setelah semua udah selesai, akan seperti gambar dibawah ini,
Setelah itu Klik Accept dan akan seperti gambar dibawah ini,
Pada gambar diatas terlihat beberapa tab", dan yang akan kita bahas pada tips ini adalah mentransfer pemain.
Jadi setelah itu klik pada tab sengihnampakgigi, dan akan seperti gambar dibawah ini,
Umpamanya, pemain yang akan kita teransfer adalah Huntelaar dari Ajax ke Real Madrid.
Pada Database editor ini, kita diberikan kemudahan dalam mentransfer pemain, artinya, jika kita tau Club asal dari pemain yang akan kita transfer, maka tinggal kita pilih Liga tempat Club pemain yang akan kita teransfer, Contohnya pada gambar dibawah ini
Pada gambar diatas, Huntelaar berada diclub Ajax pada liga Netherland,
Sementara jika kita tidak mengetahui club asal pemain yang akan kita teransfer, maka kita pilih Nama Pemainnya saja dan aktifkan All Player A-Z dengan mengklik tanda panah merah pada contoh gambar diatas, kemudian scroll ke huruf awal nama pemain yang akan kita teransfer, seperti pada contoh gambar dibawah ini,
OK, Sekarang kita mulai mentransfernya dengan cara, Klik nama pemain yang akan kita teransfer, kemudian disebelah kanannya, scroll dan cari Club tempat pemain akan diteransfer,
Pada contoh ini, Pemainnya bernama Huntelaar dan akan diteransfer ke Real Madrid, dan akan seperti gambar dibawah ini
Setelah itu tinggal diklik Register Player, maka Pemainnya yang dulunya berada di Club Ajax, akan pindah ke Club Real Madrid, seperti pada contoh gambar dibawah ini,
Untuk mengatur posisi urutan pemainnya, tinggal klik 2X pada pemain yang akan digeser urutannya, setelah muncul menu Drop Down, tinggal klik nama pemain yang akan digantikan, setelah itu pemain akan bertukar urutan.
Setelah transfer pemain sudah selesai dan tidak ada lagi yang akan kita teransfer, maka sekarang kita save perubahan yang sudah kita buat dengan mengklik File trus Klik Save, dan akan ada pesan yang muncul jika Savenya telah berhasil seperti gambar dibawah ini,
Klik OK, dan selanjutnya tinggal kita rebuilt kembali filenya ke ISO, dan setelah itu tinggal kita instal kembali ke HD PS2 bagi pengguna HDLoader dengan menggunakan Winhiip.
Selesai.


1 komentar:

Aris Safrudin mengatakan... #

mas klo edit PES 2010 atau PES 2011 bisa ga??
soalnya saya ga punya PES 2009.
Kalo bisa gimana caranya?
terima kasih

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini