07 November 2008

Tips Virtual MC Di PS2 Harddisk

Pada tips ini, sama dengan tips sebelumnya, yaitu membuat firtual memory card PS2 di Flashdisk, jadi dengan adanya virtual MC ini, maka fungsih dari memory card PS2 dapat digantikan oleh Flashdisk yang tentunya memiliki kepasitas yang jaul lebih besar ketimbang kapasitas MC PS2.


Yang membedakan pada tips kali ini adalah, pada tips sebelumnya virtual MCnya khusus untuk PS2 yang masih berfungsih optiknya, dan sekarang pada tips ini kita akan mencoba bikin vitual MC untuk PlayStation 2 yang menggunakan harddisk dengan booting HDLoader atau dengan kata lain trik ini untuk PS2 yang menggunakan harddisk dan network HD.


Untuk lebih jelasnya kita mulai aja tipsnya.


Pertama-tama kita harus bikin semacam virtual MC diflashdisk, dan cara bikinnya bisa melihat postingan sebelumnya yang ngebahas sola virtual MC ini, Setelah udah jadi virtual mcnya diflashdisk maka akan ada dua file untuk Virtual mc ini, seperti contoh gambar dibawah ini,




Seperti contoh gambar diatas, file memorycard0.bin dan memorycard0.mci adalah file virtual mc, dan ukuran virtual mc tersebut adalah 8mb.

Setelah virtual MCnya udah siap diflashdisk, sekarang kita beralih lagi ke gamennya.

Maksudnya disini adalah, kita akan mengedit gamennya terlebih dahulu agar supaya setiap kali gamenya mau dimainkan, maka yang pertama-tama dicek adalah keberadaan virtual MCnya di port USB, dan jika ditemukan maka, save filenya akan dirubah/dialihkan ke port USB yaitu pada virtual MC yang ada diflashdisk, sehingga game yang akan dimainkan menganggap kalau ada MC yang terpasang.

Cara ngedit file gamenya, sama dengan cara ngedit game DownhillDomination, yaitu kita menambahkan file elf pada game, dan file elf inilah yang akan pertama-tama diload ketika akan mulai permainan dan selanjutnya baru ngeload file elf game.

File elf yang saya maksud disini adalah file Elf Virtual MC yang sudah saya rubah namanya menjadi SLUS_999.99, file inilah yang akan kita tambahkan difile gamennya.

Pada contoh kali ini saya akan mencoba bikinnya di game Winning Eleven 10.

Sebagaimana kita ketahui bersama file game WE10 itu ada beberapa file diantaranya seperti gambar dibawah ini,

Dan selanjutnya, copy dan paste file SLUS_999.99 ini didalam folder file game dan akan seperti gambar dibawah ini,

Dan Setelah itu kita akan mengedit file SLUS_999.99 ini, tujuannya agar supaya setelah game load file SLUS_999.99 ini, selanjutnya akan ngeloat file elf game bersangkutan bersama file IMGnya, dimana dalam contoh ini adalah game WE10, maka file elf dari WE10 ini adalah SLPM_663.74, dan file IMG adalah IOPRP300.IMG yang berada dalam folder IOP, seperti terlihat digambar diatas.

Untuk mengedit file SLUS_999.99 ini dibutuhkan software Hex Editor, buka software hex editor, pada contoh ini saya gunakan ftweak-hex, maka caranya, Klik kanan difile SLUS_999.99 kemudian klik Properties, dan akan seperti gambar dibawah ini



Setelah itu klik Hex Editor, dan akan seperti gambar dibawah ini,



Sekarang tekan Ctrl + F, untuk mengaktifkan mode pencarian, kemudian ketik IOPRP234.IMG, setelah itu klik Find, dan akan seperti gambar dibawah ini,

Digambar diatas terlihat cdrom0:\IOPRP234.IMG;1

File IOPRP234.IMG inilah yang akan kita rubah sesuai dengan file IMG game yang kita edit.

Pada contoh ini file IMG dari WE10 adalah IOPRP300.IMG yang berada difolder IOP, maka setelah tulisan tersebut diganti akan berubah menjadi,

cdrom0:\IOP\IOPRP300.IMG;1

Kenapa sampai ditambahkan lagi IOP dibelakan file IOPRP300.IMG,

Kenapa bukan cdrom0:\IOPRP300.IMG;1 aja,

Soalnya file IOPRP300.IMG bukan berada diluar bersama file" yang lain, tapi file IOPRP300.IMGnya berada didalam folder IOP, jadi untuk menyesuaikan tujuan/source perintahnya/command programnya maka harus ditulis juga nama foldernya dulu baru file IMGnya, karena kalau cuma menulis cdrom0:\IOPRP300.IMG;1, itu artinya file IOPRP300.IMG berada diluar bersama dengan file" ELFnya padahal file IOPRP300.IMG tersebut berada difolder IOP.

Jika sudah akan seperti gambar dibawah ini,



Setelah itu tekan lagi Ctrl + F untuk memunculkan mode pencarian, kemudian ketik SLPS_250.88, setelah itu klik Find, dan akan seperti gambar dibawah ini,

Digambar diatas terlihat cdrom0:\SLPS_250.88,

SLPS_250.88 inilah file elf yang akan kita ganti dengan file elf game yang sementara kita edit.

Pada contoh ini game yang kita edit adalah WE10, dan file elf WE10 adalah SLPM_663.74, maka SLPS_250.88 kita ganti dengan SLPM_663.74, dan akan seperti contoh gambar dibawah ini,



Setelah itu klik OK,

Sekarang kita beralih mengedit file SYSTEM game yang sedang kita edit.

Tujuan dari mengedit file SYSTEM ini adalah untuk memindahkan tujuan file boot pertama pada suatu ke boot file SLUS_999.999.

Pada contoh ini, game yang kita edit adalah WE10, maka isi perintah file SYSTEMnya adalah ngeboot file SLPM_663.74, dan yang kita inginkan adalah boot pertamanya adalah file SLUS_999.99, maka tentu temen" sudah tau jlanjutannya, yaitu mengganti tulisan perintah SLPM_663.74 menjadi SLUS_999.99, untuk lebih jelasnya kita coba ngeditnya,

Buka dulu Notepad, kalau mau lebih cepat tekan Win + R, trus ketik notepad dan Enter, maka akan seperti gambar dibawah ini,



Kemudian Drag masuk file SYSTEM ke window Notepad
(trik ngeDRAG file sudah saya postingin caranya dibeberapa postingan, untuk jelasnya trik ini, silahkan baca" postingan yang ada diblog ini).

Dan setelah itu akan seperti gambar dibawah ini




Kemudian tulisan SLPM_663.74 kita ganti dengan SLUS_999.99, dan setelah itu akan seperti gambar dibawah,




Setelah itu tekan Ctrl + S, untuk mensavenya.

Setelah itu tinggal direbuilt kembali filenya menjadi file iso dengan menggunakan CDVDGen dengan Disc Name SLUS_999.99, pada contoh kali ini adalah file WE10 maka diTab Volume CDVDGen akan seperti gambar dibawah ini



Dan di TAB Directory, akan seperti gambar dibawah ini




Digambar diatas terlihat file SLUS_999.999 didrag masuk pada urutan terakhir.


Setelah itu simpan menjadi file iml kemudian convert file imlnya dengan menggunakan Ultra ISO atau DKZtools atau software compile file iml ke iso lainnya.


Setelah selesai jadi file ISO, instal keharddisk PS2 dengan menggunakan Winhiip.


Dan untuk memulai menggunakan Virtual MCnya, Tancapkan flashdisknya yang sudah ada isinya file virtual mc di port USB baru kemudian menyalakan PS2, setelah itu log in kehdloader seperti biasanya dan pilih gamennya yang sudah kita edit, Dan sambil nunggu loading game segera nyanyiin lagu Air Supply...... MC....Oooo....GoodBye... ^-^ just kidding.




VirtualMC8mb (Extract file virtual MC ini, kemudian copy ke flashdisk, dan flasdisknya dengan virtual mc 8mb sudah siap digunakan)
Untuk kapasitas yang lain saya sertakan di CD Tutorial yang sekarang.


FileSLUS&SYSTEM_W10_Virtual mc (file ini sudah saya edit & tinggal dicopy masuk di file we10 lainnya, trus direbuilt jadi file ISO)

2 komentar:

  1. gak bisa di download filenya???

    makasih....,

    BalasHapus
  2. http://psx-scene.com/forums/images/smilies/thumbsup.gif

    BalasHapus
Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini