26 Juni 2008

Tips Mengurangi Data Instal Game ke Harddisk

Tips 1 dari 2

Ide ini muncul, terinspirasi dari pertanyaan temen kita 7u1ch1

Trimakasih banyak buat 7u1ch1

Sebenernya tips ini bukan satu"nya tips untuk mengurangi data instal game ke harddisk, jadi tidak menutup kemungkinan diluar sana ada tips yang serupa dan mungkin lebih baik lagi, Tapi jika temen" belum mendapatkan solusi yang lain, bisa gunakan cara dibawah ini.
Tips yang akan saya bahas disini adalah, gimana caranya agar supayah data" game yang engga dibutuin atau engga pernah juga diliat kalau sementara main dihilangkan saja, agar supayah sisa datanya bisa dipake untuk instal game lain ke harddisk. Yang paling sering diabaikan dalam main game adalah video" nya, sebagian besar orang main game, apalagi kalau mainnya dirental-rental game, pengembang atau video" game langsung di skip saja, mereka engga memerlukan atau engga mau tau akan hal tersebut, jadi buat pemilik rental" game bisa membuang saja video yang ada di game tersebut, tinggal juga engga dibutuin, cuma bikin penuh harddisk.

format video yang dibaca oleh Playstation2 adalah file PSS, Sebenernya trik ini cuma mengganti data video game dengan data video yang lain yang besar filenya lebih kecil dari data video sebenernya. jadi file videonya tetep ada cuma diganti dengan yang lain. Dan tips ini cuma bisa berlaku digame" yang memliki file PSS, jadi untuk memastikan suatu game memiliki file PSS, temen" harus memeriksa data" game yang akan dirubah.
Untuk lebih jelasnya, kita mulai aja tips ini.

Jika data gamenya masih dalam format CD/DVD, Masukkan CD/DVD gamenya di DVD Rom PC (Komputer), Buka aplikasi ISO Buster, dan secara otomatis isobuster akan membaca data" game didalam CD/DVD game tersebut, setelah itu extract ke dalam PC dengan mengklik kanan pada logo ISO (warna merah), kemudian klik Extract nama game, Tentukan lokasi penyimpanan tempat game akan diextract, kemudian klik OK, tunggu hingga proses pengcopyan file" game ke harddisk PC selesai.

Tapi jika data gamenya tersimpan diharddisk PS2. Hubungkan harddisk PS2 dengan PC, bisa lewat kabel IDE atau lewat USB. Buka aplikasi Winhiip, Pilih drive Playstation 2, tandai game yang akan anda rubah data instalnya, kemudian klik Extract Image(s), Tentukan lokasi penyimpan di PC dan klik OK. Tunggu hingga proses exctract selesai dan Anda akan mendapatkan file ISO. Buka aplikasi IsoBuster, Klik File, kemudian klik Open Image File, pilih file image (ISO) yang tadi anda simpan di PC, kemudian klik Open. Extract file image tersebut (caranya seperti cara diatas).

Jika data" game sudah diextract di PC, tinggal anda memeriksa/mencari data" file PSSnya , untuk lebih cepatnya anda bisa menggunakan fasilitas search file windows, Klik kanan di folder tempat anda extract data" game tadi kemudian pilih Search..., masukkan key *.PSS (Anda memerintahkan windows untuk mencari file PSS dengan sembarang nama file), kemudian klik Search. Windows akan memunculkan file PSS jika ada. Tapi sebagian game merubah file extensi (tiga karakter sesudah titik) dari file videonya yang sebenernya file tersebut adalah file PSS, contohnya digame Mortal Kombat Armageddon, extensi dari file videonya dirubah menjadi SFD yang sebenernya file tersebut adalah file video PSS. Jadi untuk memastikan file yang anda curigai sebagai file PSS, anda bisa menggunakan aplikasi PSS_demux, Anda tinggal mendrop file yang anda curigai sebagai file PSS ke windownya, dan jika file tersebut adalah file PSS, secara otomatis akan mengextracknya menjadi file M2V dan WAV, tapi jika bukan,..... ketipu ni yeee.. sorry cuma bercanda, Ada juga koq penjelasannya.
Jika sudah dapat file videonya, tinggal kita ganti dengan file video yang sudah saya siapkan, tinggal anda download. Dan cara gantinya adalah, rubah nama file beserta extensinya yang sudah anda download percis dengan nama dan extensi file yang akan anda ganti, umpamanya pada game gitar hero 2,
Jika sudah selesai dan pastikan nama file dan extensinya tidak berbedah dari data sebelumnya, tinggal kita pack kembali dengan menggunakan aplikasi CDVDGEN. caranya sebagai berikut
Buka aplikasi CDVDGEN, kemudian klik Create new project, kemudian klik OK. Pilih CD-ROM Master Disc jika game yang akan anda pack kembali medianya CD, sementara jika game yang anda pack kembali adalah DVD maka pilih DVD-ROM Master Disc, jika sudah, klik OK. Pilih Tab Volume, kemudian di kotak Disc Name, isi sesuai nama file game yang anda pack sekarang, misalkan game gitar hero 2 yang sedang anda kerja, maka isi dengan nama SLUS-21447. sementara dikotak Producer Name, isi sesuai dengan selerah anda, dan untuk License Area, isi dengan Japan jika gamenya game japan, sementara jika gamenya inggris isi dengan Amerika. Pilih Tab Directory, masukkan/drop semua data game sesuai urutannya masing" (untuk melihat urutannya anda bisa membuka kembali Iso buster dan buka file game yang sementara anda kerja, bisa dari file dari CD/DVD game yang anda masukkan di DVD Rom PC atau anda buka file iso yang tadi anda extract dengan winhiip), umpanya yang anda kerja adalah gitar hero 2, maka susunan file di isobuster dan cdvdgen sebagai berikut
Jika semua data sudah anda drop masuk dan pastikan susunan filenya ditap Volume harus sama dengan susunan file di isobuster. Klik File, kemudian klik Export iml file, tunggu prosessnya sampai selesai, dan anda akan mendapatkan file IML. Buka aplikasi UltraIso, kemudian klik File, kemudian pilih Compile IML to ISO..., Cari file iml yang sudah anda bikn tadi, kemudian klik Open, Tunggu hingga proses compile selesai, dan anda akan mendapatkan file ISO, Selanjutnya terserah anda, mau file isonya diinstal masuk ke harddisk ps2 pake winhiip atau cuma disimpen aja di PC. Dibawah ini dapat temen" liat perbedaan file game gitar hero 2 dan fredom fighter setelah diinstal keharddisk PS2.
Untuk menghindari kesalahan/kehilangan game6, saya sarankan tes dulu file game yang sudah anda rubah, mainkan dan pastikan engga ada yang bermasalah baru file aslinya anda hapus. Tips ini cuma sebagian dari trik cara kita meminimalkan file instal game, dan temen" bisa mencoba-coba lagi, siapa tau dapat yang lebih baik lagi, Untuk yang punya trik lain untuk meminimalkan file instal game, bisa kasih masuk caranya di ruang cating, atau bisa juga kirim ke emailku, entar aku yang posting diblog ini, karena ilmu anda sangat berguna buat temen" kita yang slalu kekurangan space kosong diharddisk PS2nya.
Klik link dibawah ini untuk mendownload softwarenya.
Tips 2 dari 2
Tips yang kedua ini adalah, menghilangkan file yang sama sekali tidak berguna jika game dimainkan lewat Harddisk, Sebenernya trik disini bukan sama sekali menghilangkan datanya, tapi file" yang tidak dibutuhkan kita ganti dengan file" kosong.
Untuk lebih jelasnya kita masuk ketipsnya, Pertama-tama extract dulu file game yang mau diedit filenya di komputer, caranya dapat Temen" liat ditips 1 dari 2 diatas. Disini saya ambil contoh game Smackdown Pain, dan teman" bisa melihat bahwa setelah diextract di Harddisk Komputer, maka akan didapatkan file" seperti gambar dibawah ini
Diatas dapat temen" liat file" yang ada dikotak merah adalah file" Dummy yang jika gamenya dimainkan lewat Harddisk, maka file Dummy.DAT ini tidak berguna. Dan temen" bisa mencoba game" yang lain dan kalau modelnya seperti contoh game diatas atau bisanya cuma angka saja tapi extensinya adalah DAT, maka tips ini dapat Temen" gunakan untuk mengedit filenya.
Jika extensi file dikomputer anda tidak muncul, terlebih dahulu Temen" harus memunculkannya di Windows explorer, caranya, masuk diexplorer terus klik Tools, pilih Folder Options..., dan pilih Tab View, hilangkan tanda centang di Hide extensions for know file types, seperti gambar dibawah ini.
Jika sudah muncul extensinya, tinggal kita ganti file" Dummynya dengan file kosong, Cara bikin file kosongnya gampang buanget, Anda tinggal bikin file TXT, kemudian Temen" pake file TXT ini untuk mengganti file Dummy.Dat tersebut dengan nama file dan extensi yang sama, tapi jika temen" lebih seneng download filenya, Temen tinggal download file yang dibutuhkan dalam tips ini yang sudah saya siapkan.
jika sudah didownload, extract, dan Temen" akan menemukan 3 file, yaitu :
  • FILEPSS.PSS (File yang akan kita gunakan untuk mengganti file" PSS yang ada pada game)
  • FILEM2V.M2V (File yang akan kita gunakan untuk mengganti file" M2V yang ada pada game)
  • FILEKOSONG.DAT (File TXT yang sudah saya rubah extensinya jadi DAT dan digunakan untuk mengganti file" Dummy.DAT yang ada pada game)
Pake FILEKOSONG.DAT untuk mengganti file" Dummynya dengan terlebih dahulu merename nama file sesuai dengan nama file yang ingin Temen" rubah, Contohnya seperti gambar dibawah ini.
Jika tahap ini sudah selesai dan pastikan semua file yang kita ganti sesuai dengan nama dan extensi file sebelumnya, maka kita pack kembali menjadi file iso, Caranya, Buka CDVDGEN, dan caranya seperti uraian di tips 1 dari 2 diatas.
Pada contoh game ini, Temen" bisa liat seperti gambar dibawah ini.
Dan jika sudah, save dengan File IML, caranya seperti yang ada di tips 1 dari 2 di atas, dan gunakan Ultra Iso untuk mengcompile file IML menjadi file ISO, caranya seperti ditips 1 dari 2 diatas, dan jika sudah menjadi file ISO, tinggal gunakan Winhiip untuk menginstalnya ke harddisk PS2, pada contoh game ini, Temen" bisa liat besar file setelah file Dummynya dirubah dan diinstal di Harddisk PS2.
Selesai.
CDVDGEN

2 komentar:

  1. Tipsnya sangat berguna... Terima kasih.
    Tapi ada sedikit trouble Boss. Untuk link download FILE.ZIP yang kedua, linknya invalid/broken.
    Mohon pembetulan Boss.... Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Mantanstab2 bos tutornya, thx for sharing )|(

    BalasHapus
Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini