08 Mei 2008

Tips mengganti tampilan HDD Loader Playstation 2

Tools yang digunakan :
hdl patch v0.8b gui.
  • Sediakan dua gambar dengan ukuran 512 x 448 pixel dengan format bmp 24 bit.
  • Buka dan jalankan software hdl patch v0.8b gui. Maka tampilan awalnya akan seperti gambar dibawah ini
  • Ditab HDL Files, Tentukan Unpacked HDL File, dalam hal ini ditujukan pada file *.elf, pada contoh diatas diarahkan pada HDLoaderUnpacked.elf. Dan centang pada kotak Use Unpacked HDL as Source Files.
  • Ditab Core Patches, Centang kotak dialog sesuai gambar dibawah ini

  • Ditab Compatibility Patches, centang kotak dialog sesuai gambar dibawah ini.
  • Ditab Customization, centang kotak dialog sesuai gambar dibawah ini.
  • Di Image Patching. Pada Patch Splash Image, tentukan gambar yang akan dimasukkan, dalam contoh diatas adalah hdl_splash.bmp. Pada Patch Main Image, tentukan gambar yang akan dimasukkan, dalam contoh diatas adalah hdl_mainlock.bmp. Dan untuk Patch texts, Patch font, Patch color, dan Patch Button Image, boleh Anda centang jika ada file yang lain yang ingin dimasukkan, boleh juga patch-patch tersebut tidak centang. Untuk Position screen isi dengan 82,2D. Dan untuk melihat tampilan klik Preview Images dan akan tampak seperti gambar dibawah ini, dan klik Close window untuk menutup tampilan gambar.

  • Ditab Other Patches, centang kotak dialog jika Anda ingin mengunci toolbar dan setting game, tapi jika Anda ingin menggunakan HDD Loader Anda untuk menginstal game dari PS2 atau ingin merubah settingan game dengan menekan tombol SELECT maka biarkan seperti tampak pada gambar dibawah ini.

  • Ditab GUI Options, Centang GUI Language sesuai dengan bahasa yang anda inginkan, dalam dibawah ini adalah English.

Setelah semuanya sudah diatur dan pastikan Pack ELF File when finished dicentang jika ingin file elf Anda dikompres, tapi jika tidak, biarkan saja kosong. Klik Apply Patches, kemudian Save dengan nama BOOT.ELF (harus huruf besar semua).

Untuk menginstal File BOOT.ELF yang tadi sudah dibikin ke HDD Playstation 2, Anda bisa menggunakan DEV21. Cara menginstal ada beberapa cara dan akan saya bahas pada posting
Cara instal BOOT.ELF ke HDD”.

Untuk merubah warna huruf dari tampilan menu, Anda dapat merubahnya dengan mengedit hdl_colors.txt seperti tampilan dibawah ini.
Tanda biru (6 digit) merupakan kode huruf, sementara tanda kuning (2 digit) merupakan transparansi dari huruf, nilainya dari 00 sampai dengan 80, semakin tinggi nilainya semakin kontras hurufnya dari gambar latar. Dibawah ini Anda bisa melihat sebagian dari kode warna yang bisa Anda gantikan seperti contoh tanda biru diatas :

FF0000

FF9000

FFFC00

0F9101

42FF00

00FFF0

1200FF

FC00FF

AEAEAE

FFFFFF

000000

BF5100


Klik link dibawah ini untuk download softwarenya
HDL Patch GUI 0.8b r2j.rar
boot files.zip

9 komentar:

  1. Gan saya mau tanya ni,...saya kan punya PS2 FAT HDLoader ketika main game kok sering macet, kira2 apa ya yang bermasalah mohon bantuannya...trims ;((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya macet itu apanya mas :-?, bisa lebih dijelasin atw lebih detail masalah nya mas


      Dari pengalaman dulu main game dengan booting HDLoader lancar" aja mas, selama game yang dimainkan meman support atau bisa dimainkan menggunakan HDLoader, disamping game yang diinstal tersebut tidak bermasalah/rusak/corrupt

      Hapus
    2. macet sama dengan blank waktu game berjalan tiba2 gam berhenti bergerak gak bisa jalan lagi,

      oya mas saya ada codebreaker bisa jalan lancar di ps2 saya seri 30001, ps2 saya pakai booting HDLoader, tapi waktu saya coba jalankan codebreakernya di ps2 saya yang satunya seri 30004 gak bisa mas/blank, kira2 kenapa ya mas mohon bantuannya.

      Hapus
    3. Kalau tidak salah ingat perna juga mengalami seperti itu mas, dan waktu itu game yang bermasalah saya hapus kemudian saya instalkan ulang dari DVD Game yang lain yang saya pastikan baik data gamenya atau tidak ada yang bermasalah sama gamenya dengan cara DVD game tersebut saya coba langsung mainkan dulu di PS2 pakai optik baru setelah itu DVD Game tersebut saya instal ke harddisk PS2 pakai winhiip.

      Tapi kalau sudah dipastikan game yang diinstal tidak bermasalah, kemungkinan harddisk mas yang ada bermasalah, kalau memang masalahnya dari harddisk, mas format ulang saja dulu harddisknya baru menginstal lagi semua game-nya.

      Masalah Codebreaker
      Coba mas samakan dulu semua setting modchip PS2 30004 dengan setting modchip 30001.

      Jika masih belum juga jalan codebrkernya
      Coba mas gunakan UlaunchELF dan gunakan tools MISC/ - Hddmanager.
      Mas periksa isi dari harddisk PS2-nya, biasanya tertulis begini
      PP.HDL.judul game
      Jika ada mas dapatkan yang pada judul game cuma ditampilkan nomer saja (bukan nama game), maka mas hapus/remove pada bagian tersebut
      Sory saya lupa juga nama persis dari partisi yang dibuat oleh codebreaker tersebut soalnya sudah lama sekali :) , kalau mas ragu untuk menghapus/remove data yang saya maksud, maka posting aja dulu kembali disini nama-nya, mungkin saya bisa coba" ingat lagi apakah data tersebut yang saya maksud atau bukan ;)

      Kalau tidak ada data yang seperti saya maksud yang mas temukan di harddisk PS2 nya, maka mas coba gunakan codebreaker versi yang lain.

      Hapus
    4. masih bingung tentang codebreaker mas, setting udah saya samakan mas hddnya saya ganti dengan hdd yang saya gunakan di ps2 seri 30001 tapi blank juga :-s mas boleh minta link codebreaker v8.0 sampai v9 :-) :-?, saya download di internet gagal terus banyak link yang udah eror, sedangkan cbr punya saya juga downloadnya dari situs mas bahar :d

      Hapus
    5. Codebreaker yang saya dpat mas, ya.. yang saya upload diblog ini, kalau versi yang lainnya engga punya mas, soalnya kemarin" codebreaker itu yang jalan di PS2 yang saya gunakan tes :), jadi engga kepikiran buat cari versi yang lainnya.

      Kalau versi cbr selain yag ada diblog ini, mungkin ada teman" yang lain bisa bantu ;)

      Kalau ada link download codebreaker yang sudah mati diblog ini, mas tulis aja dikomentarnya link yang sudah mati, nanti saya coba cari/perbaharui link downloadnya (mudah"an file nya masih ada saya simpan, soalnya trkadang saya lupa diharddisk mana saya simpan file yg saya butuhkan :d

      Hapus
    6. oya tulisan PP.HDL.judul game yang mas bahar maksut udah saya hapus tapi tetep hank juga, haduh jadi pusing juga ;((

      Hapus
    7. :) kalau bener ada file yang saya maksud dan sudah bener mas sudah menghapusnya, artinya codebreaker PERNAH jalan di PS2 yang mas gunakan tersebut, karena nanti ada file tersebut dibuat codebreaker kalau pernah codebreaker jalan normal pada PS2-nya. Dan jika benar demikian seharusnya codebreaker sudah bisa jalan normal lagi di PS2nya karena file pengaturan codebreaker sebelumnya sudah mas hapus.

      Coba mas tekan" :K: setelah mas perkirakan codebreakernya seharusnya sudah jalan (tapi dilayar TV msh blank item)

      Kalau msh belum juga bisa :d, mungkin ada teman" yg lain bisa bantu masalahnya ;)

      Hapus
  2. Bos kok eror ya setiap di apply patc??
    Apa HDD nya jg perlu dicolok ke leptop jg??

    BalasHapus
Catatan: (cara menyisipkan item pada komentar)
Menyisipkan video = <i rel="youtube">URL YOUTUBE</i>
Menyisipkan gambar = <i rel="image">URL GAMBAR</i>
Menyisipkan kode = <i rel="code">KODE</i>
Menyisipkan kode panjang = <i rel="pre">KODE</i>
Menyisipkan judul = <b rel="h3">JUDUL ANDA</b>
Menyisipkan catatan = <b rel="quote">CATATAN</b>
Menyisipkan link = <a href="URL LINK">KETERANGAN</a>
Efek tulisan tebal = <strong>TEKS ANDA</strong>
Efek tulisan miring = <em>TEKS ANDA</em>

Satrio Bahar © 2008 Template by SkinCorner
Gunakan Mozilla Firefox untuk Optimalkan Tampilan Blog Ini